Aurelius

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Aurelius
Raja Asturias
Raja Asturias
Berkuasa768–774
Penobatan768
PendahuluFruela I
PenerusSilu
Lahirskt. 740
Asturias
Wafat774
San Martín del Rey Aurelio
Pemakaman
DynastyWangsa Asturias-León
AyahFruela dari Cantabria
Ibutidak diketahui
AgamaKatolik Roma

Aurelius (bahasa Spanyol: Aurelio) (skt. 740774) adalah Raja Asturias dari 768 hingga kematiannya.

Lahir di León, dia adalah putra Fruela dari Cantabria (putra Petrus dari Cantabria); keponakan Alfonsu I; dan sepupu pendahulunya, Fruela yang Kejam. Saudaranya, Bermudu I, kemudian bertakhta sebagai raja 789791.

Aurelius dipilih sebagai raja oleh bangsawan Asturias setelah Fruela membunuh saudaranya dan pada gilirannya dibunuh. Dia diyakini telah dimahkotai di Sama. Tampaknya pemerintahannya berjalan tenang dan damai, dibuktikan dengan hampir tidak ada penyebutan pemerintahannya dalam tarikh abad pertengahan. Satu-satunya peristiwa pemerintahannya yang diriwayatkan dalam tarikh adalah pemberontakan serf, yang ditaklukkan Aurelius. Lokasi pemberontakan tidak diketahui, tetapi ini adalah contoh pemberontakan anti-manorialisme pertama yang tercatat dalam sejarah Semenanjung Iberia. Diyakini bahwa, menurut tradisi pada masa itu, ia merundingkan perdamaian dengan kaum Muslim yang mendominasi negeri-negeri di selatannya melalui pertukaran pengantin, yang menurut legenda mengarah pada nama tempat El Entrego, yang kini menjadi jantung kota munisipalitas San Martín del Rey Aurelio.

Tampaknya kediaman utamanya dan ibu kota efektif Asturias selama pemerintahannya adalah munisipalitas San Martín del Rey Aurelio, yang saat itu merupakan bagian dari Langreo. Setelah bertakhta selama enam tahun, Aurelius meninggal di sana karena sebab alami pada 774. Tawarikh zaman itu tidak menyebutkan Aurelius memiliki istri atau keturunan. Ia digantikan oleh sepupu iparnya, Silu, suami putri Alfonsu I Adosinda.

Lokasi makam[sunting | sunting sumber]

Para sejarawan tidak setuju tentang disposisi sisa-sisa jasad Aurelius. Kronikus Asturias abad pertengahan tidak setuju satu sama lain. Ada yang mengatakan bahwa dia dimakamkan di dekat tempat tinggalnya di Lembah Langreo, di Gereja San Martín de Tours, San Martín del Rey Aurelio, di mana ada sebuah makam berukir "Rey Aurelio". Estoria de España atau Primera Crónica General, yang ditulis pada abad ke-XIII pada masa pemerintahan Alfonso X dari Kastilia, mengatakan bahwa jenazah Aurelius dimakamkan di munisipalitas Cangas de Onís.[1] Meskipun demikian, sejarawan Esteban de Garibay menyatakan bahwa Aurelius dimakamkan di samping ayahandanya Fruela dari Cantabria, di gereja San Miguel yang sudah tidak ada lagi di Yanguas, sebuah munisipalitas di Provinsi Soria.[2]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (dalam bahasa Spanyol) Ricardo del Arco y Garay, Sepulcros de la Casa Real de Castilla (1954), Instituto Jerónimo Zurita, Consejo Superior de Investigaciones Científicas, Madrid. OCLC 11366237. p. 132.
  2. ^ Anguiano Nieva, Mateo (1704). Compendio historial de la provincia de La Rioja, de sus santos y milagrosos santuarios (dalam bahasa Spanyol). hlm. 582–586. 

Referensi[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Fruela I
Raja Asturias
768–774
Diteruskan oleh:
Silu