Nepotianus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Nepotianus (Spanyol: Nepociano) adalah Raja Asturias yang menjabat secara singkat pada 842. Sebelumnya ia menjabat sebagai comes palatinus di bawah pendahulunya, Alfonsu II, yang terkait dengannya. Sifat hubungan ini dan legitimasi pemerintahannya diperdebatkan oleh para ulama.

Sumber-sumber selanjutnya menjadikannya saudara ipar Alfonsu, tetapi ini secara kronologis tidak masuk akal, juga tidak ada bukti untuk saudara perempuan seperti itu. Kronik paling awal hanya menyebutnya kerabat Alfonsu. Demikian juga dia kadang-kadang diidentikkan dengan seorang pria dengan nama ini yang muncul dalam piagam Raja Silo, tetapi jika dia sama, dia akan berusia sembilan puluhan pada saat dia merencanakan takhta.[1]

Dia tidak memegang mahkota terlalu lama. Pada tahun yang sama kerabat Alfonsu lainnya, Ramiru, mengalahkan Nepotianus di Pertempuran Jembatan Cornellana, di tepi sungai Narcea, dan kemudian menjadi raja sebagai Ramiru I.

Catatan dan referensi[sunting | sunting sumber]

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Besga Marroquín, Armando (2003). "El rey Nepociano de Asturias, monarca legítimo y vasco". Letras de Deusto. 33 (101): 9–41. 
  • Casariego, Jesús E. (1969). "Una revolución asturiana en el siglo IX: el interregno del conde Nepociano". Boletín del Instituto de Estudios Asturianos. 23 (68): 313–39. 
  • Collins, Roger (2012). Caliphs and Kings: Spain, 796–1031. London: Wiley Blackwell. ISBN 978-1-118-73001-0. 
  • Martínez Díez, Gonzalo (2005). El Condado de Castilla (711–1038): la historia frente a la leyenda. Vol. 1. Valladolid: Marcial Pons Historia. 
Didahului oleh:
Alfonsu II
Raja Asturias
842
Diteruskan oleh:
Ramiru I