Ordoñu I

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ordoñu I
Ordono1of Asturias.jpg
Raja Asturias
Berkuasa850–866
PendahuluRamiru I
PenerusAlfonsu III
Lahirskt. 821
Oviedo
Wafat27 Mei 866
Oviedo
Pemakaman
DynastyWangsa Asturias-León
AyahRamiru I
PasanganMuniadona atau Nuña
AnakAlfonsu III
AgamaKatolik Roma

Ordoñu I (skt. 82127 Mei 866) merupakan raja Asturias dari 850 hingga kematiannya.

Ia dilahirkan di Oviedo, dimana ia menghabiskan kehidupan awalnya di istana Alfonsu II. Ia mungkin dibesarkan di Lugo, ibu kota provinsi Galisia, di mana ayahandanya, Ramiru, diangkat sebagai gubernur. Di sana ia dididik, termasuk dalam seni militer.

Ordoñu diangkat menjadi gubernur Galisia ketika ayahandanya pergi ke Bardulia untuk menikahi Paterna (istri keduanya). Sementara tidak berada di tempatnya, Alfonso meninggal, dan para bangsawan memilih Comte Nepotianus sebagai raja. Ordoñu segera mulai mengumpulkan pasukan untuk membantu ayahandanya merebut takhta. Akan tetapi dia tidak dapat meninggalkan posnya di Galisia untuk membantu, dan pasukannya tidak digunakan. Ketika ayahandanya akhirnya menang, dia mengkonfirmasi Ordoñu di posisi sementaranya sebelumnya.

Pada 1 Februari 850, Ordoñu menggantikan ayahandanya sebagai raja. Karena dia adalah pewaris ayahandanya, dia adalah raja pertama Asturias yang naik takhta tanpa pemilihan. Konfrontasi pertamanya adalah dengan Basque, yang memberontak dengan dukungan Bani Qasi dari Zaragoza. Saat kembali ke Oviedo setelah mengalahkan para pemberontak, ia menerima berita tentang serangan Moor yang akan datang di Bardulia. Sebelum Moor dapat menyerang, dia menyergap musuh di dekat Ebro dan mengalahkan mereka. Kemenangan ini tidak banyak berarti dalam jangka panjang, karena gubernur Zaragoza, Musa ibn Musa al-Qasawi, membentengi kota Albaida (Albelda). Pada 859, Ordoñu mengalahkannya di Albelda dan mengepung serta meruntuhkan kota.

Dia mendukung pemberontak Muzarab, yang merugikannya di Guadacelete pada 854, tetapi kegagalan ini hanya menyemangatinya untuk memperkuat "Gurun Duero", wilayah berpenghuni antara cordillera Asturia dan sungai Duero. Dia mengarahkan Repoblación kota-kota León dan Talamanca,[1] Astorga, Tui, dan Amaya.[2]

Dia bermaksud untuk maju melawan gubernur Tutera dan kemudian mengendalikan semua akses ke Navarra dan Negara Basque, tetapi Keamiran Kordoba membalasnya dengan invasi dan penjarahan Álava. Di La Bureba, bangsa Arab mengalahkan Rodrigo, comte Kastila pertama, dan mengembalikan Reconquista selama bertahun-tahun.

Ordoñu menikahi Muniadona dan mereka memiliki enam anak termasuk pewarisnya, Alfonsu III. Dia meninggal di Oviedo dan jabatannya diwariskan kepada putra sulungnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Menurut Anales castellanos primeros, yang mencatat bahwa pada 860 Rodrigo dari Kastila menghancurkan yang terakhir.
  2. ^ Anales castellanos primeros memuji Rodrigo atas repopulasi tempat terakhir ini.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Ordoñu I
Lahir: skt. 821 Wafat: 27 Mei 866
Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Ramiru I
Raja Asturias
850–866
Diteruskan oleh:
Alfonsu III