Asip Kholbihi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Asip Kholbihi, S. H. M.Si.
Bupati Kabupaten Pekalongan
Petahana
Mulai menjabat
2016
Presiden Joko Widodo
Gubernur Ganjar Pranowo
Informasi pribadi
Lahir Banjarnegara
1 Februari 1967
Kebangsaan Indonesia
Relasi Dra. Hj. Munafah
Anak 4
Orangtua H. Anwar Amin (Alm)
Alma mater UNIKAL - UNDIP
Pekerjaan Bupati Kabupaten Pekalongan
Agama Islam

Asip Kholbihi, S.H. M.Si merupakan Bupati Pekalongan terpilih pada pilkada serentak 9 Desember 2015 berpasangan dengan Ir. Arini Harimurti. Karier politik Asip dimulai ketika menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Periode 2004- 2009 dan Periode 2009-2014 dari Partai Kebangkitan Bangsa. Pada pemilu legislatif 2014, Asip Kholbihi mencalonkan diri sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Jawa Tengah Dapil X (Kabupaten Batang, Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, dan Kabupaten Pemalang) melalui Partai Kebangkitan Bangsa dengan nomor urut 6 dan berhasil duduk sebagai Anggota DPRD Jawa Tengah Periode 2014- 2019 di Komisi D yang membidangi Bina Marga, Permukiman dan Tata Ruang, Pengelolaan Sumber Daya Air, Perhubungan dan Telekomunikasi, Pertambangan dan Energi, Perumahan Rakyat dan Lingkungan Hidup.

Asip Kholbihi adalah alumni Fakultas Hukum Universitas Pekalongan (Unikal) dan melanjutkan studi Magister Ilmu Politik Universitas Diponegoro Semarang pada tahun (2010-2012). Ditengah kesibukannya sebagai anggota legislatif, Asip masih menyempatkan waktu untuk membagi ilmunya di Universitas Wahid Hasyim maupun mengisi acara seminar-seminar yang diselenggarakan oleh Mahasiswa, Organisasi Kepemudaan, Pondok Pesantren dan Pemerintahan dan menjadi Dewan Penasehat Paguyuban Pedagang Konfeksi Kabupaten Pekalongan (2013-2018)

Sebagai Politisi PKB, Asip mempunyai bekal ilmu keagamaan yang cukup kuat karena telah menghabiskan waktu di Pondok Pesantren Miftahul Huda Pesantunan Kedungwuni dan kemudian terpilih mejadi Ketua Ikatan Pondok Pesantren Kabupaten Pekalongan (1998-2000). Berbekal kedekatannya dengan lingkungan pesantren dan kyai-kyai di Kabupaten Pekalongan berhasil mengantarkannya menjadi Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan di awal keterpilihannya sebagai anggota Legislatif periode 2004 - 2009 dari Dapil 2 Kab.Pekalongan (Kajen, Paninggaran, Kandangserang) dan Dapil 3 Kab.Pekalongan (Bojong, Sragi, Kesesi) pada pemilu legislatif 2009.

Selain menghabiskan menempuh pendidikan formal di Kampus maupun Pesantren, Asip juga mengikuti kursus dan seminar dari GTZ (2002) maupun dari Lemhamnas (2012) sebagai bekal dalam memimpin DPRD Kabupaten Pekalongan selama 10 Tahun. Asip saat ini berdomisili tetap di Kranji Kedungwuni Kabupaten Pekalongan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]