Arkan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Željko Ražnatović
Жељко Ражнатовић
Makam Arkan di Beograd
Informasi pribadi
Lahir
Željko Ražnatović

(1952-04-17)17 April 1952
Brežice, RS Slovenia,
RFS Yugoslavia
Meninggal15 Januari 2000(2000-01-15) (umur 47)
Beograd, Serbia, Republik Federal Yugoslavia
Sebab kematianLuka tembak
KebangsaanSerbia
Partai politikPartai Persatuan Serbia
Suami/istriNatalija Martinović (div. 1994)
(m. 1995)
Anak9
JulukanArkan
Informasi kriminal
Gugatan kejahatan
Hukuman kriminalTidak (dibunuh)
Dicari oleh
Interpol, Pengadilan Pidana Internasional untuk Bekas Yugoslavia
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Željko Ražnatović (Abjad Kiril Serbia: Жељко Ражнатовић, pelafalan dalam bahasa Serbo-Croatian: [ʐêːʎko raʐnâːtoʋitɕ]; 17 April 1952 – 15 Januari 2000) atau lebih dikenal sebagai Arkan (Abjad Kiril Serbia: Аркан), adalah seorang komandan pasukan paramiliter Garda Sukarelawan Serbia. Dia masuk dalam daftar buronan paling dicari Interpol pada dekade 1970-an dan 1980-an karena perampokan dan pembunuhan yang dilakukannya di sejumlah negara di Eropa, kemudian ia didakwa oleh PBB karena kasus kejahatan terhadap kemanusiaan yang dilakukannya selama perang di Bosnia dan Kroasia. Ražnatović, sampai kematiannya, adalah bos geng kriminal paling kuat di kawasan Balkan. Ia juga merupakan ketua klub suporter FK Crvena Zvezda yang dikenal dengan nama Delije. Dia tewas dibunuh pada Januari 2000.

Masa muda[sunting | sunting sumber]

Željko Ražnatović lahir di Brežice, sebuah kota perbatasan kecil di Štajerska, RS Slovenia, RFS Yugoslavia. Ayahnya bernama Veljko yang lahir di Rijeka Crnojevića dekat Cetinje di Montenegro dan ikut serta dalam pembebasan Priština (Kosovo) oleh kelompok Partisan selama Perang Dunia II.[1] Kemudian, Veljko menjabat sebagai perwira yang disegani di Angkatan Udara RFS Yugoslavia, di mana ia mendapatkan pangkat tinggi karena keterlibatannya di Perang Dunia II. Ia sedang berdinas di Stiria Slovenia pada saat anak keempatnya Željko lahir.[2]

Željko yang masih bayi menghabiskan sebagian masa kecilnya di Zagreb (RS Kroasia) dan Pančevo (RS Serbia), sebelum pekerjaan ayahnya membawa keluarga itu ke ibu kota Yugoslavia di Beograd (RS Serbia), yang dianggap Ražnatović sebagai kampung halamannya.

Ražnatović dibesarkan di Beograd[3] bersama tiga kakak perempuannya di keluarga yang menerapkan disiplin ketat ala militer di mana mereka sering dipukuli oleh ayahnya. Dalam sebuah wawancara tahun 1991 dia berkata: "Dia tidak memukul saya dalam arti sebenarnya, tapi ia menarik lalu membanting saya ke lantai."[4]

Di masa mudanya, Ražnatović bercita-cita menjadi pilot, seperti ayahnya. Karena orang tuanya yang terlalu banyak menuntut, tampaknya hanya ada sedikit kesempatan di mana ikatan emosional dapat dibangun antara orang tua dan anak. Orang tuanya akhirnya bercerai saat Zeljko masih remaja.[3]

Ražnatović ditangkap untuk pertama kalinya pada tahun 1966 karena mencuri dompet wanita di sekitar Taman Tašmajdan,[5] lalu ia menghabiskan satu tahun di penjara khusus remaja yang tidak jauh dari Beograd. Ayahnya kemudian mengirimnya ke kota pesisir Kotor untuk bergabung dengan Angkatan Laut Yugoslavia, tetapi Ražnatović punya rencana lain, di mana ia kabur ke Paris pada usia lima belas tahun. Pada tahun 1969, dia ditangkap oleh polisi Prancis dan dideportasi, di mana dia dijatuhi hukuman tiga tahun di pusat penahanan di Valjevo karena kasus perampokan. Selama periode ini, ia mulai membentuk dan mengorganisir gengnya di penjara.[3]

Di masa mudanya, Ražnatović berkawan akrab dengan teman ayahnya,[6] politisi Slovenia dan Menteri Dalam Negeri Federal, Stane Dolanc.[7] Dolanc adalah kepala polisi rahasia dan rekan dekat presiden Yugoslavia Josip Broz Tito.

Setiap kali Ražnatović berada dalam masalah, Dolanc membantunya, yang diduga sebagai hadiah atas jasa Raznatovic kepada polisi rahasia negara Yugoslavia (UDBA). Dolanc pernah berkata: "Satu Arkan lebih berharga daripada seluruh anggota UDBA."[7]

Karier kriminal[sunting | sunting sumber]

Eropa Barat[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1972, pada usia 20 tahun, Ražnatović bermigrasi ke Eropa Barat.[5] Di luar negeri, ia diperkenalkan dan terus berhubungan dengan banyak penjahat terkenal dari Yugoslavia, seperti Ljuba Zemunac, Ranko Rubežić, Đorđe "Giška" Božović, Goran Vuković, dll; yang semuanya juga kadang-kadang dikontrak oleh UDBA, dan semuanya telah dibunuh atau meninggal. Ražnatović mengambil julukan "Arkan" dari salah satu paspor palsunya. Pada tanggal 28 Desember 1973, dia ditangkap di Belgia setelah perampokan bank, dan dijatuhi hukuman sepuluh tahun penjara.[5]

Ražnatović berhasil melarikan diri dari penjara Verviers pada tanggal 4 Juli 1979.[5] ia ditangkap di Belanda pada tanggal 24 Oktober 1979, beberapa bulan kebebasannya sudah cukup untuk setidaknya dua perampokan bersenjata lagi di Swedia dan tiga perampokan lagi di Swedia. Belanda. Menjalani hukuman tujuh tahun di penjara di Amsterdam, Ražnatović kembali melarikan diri pada tanggal 8 Mei 1981 setelah seseorang memberinya pistol. Tanpa membuang waktu, lebih banyak perampokan terjadi, kali ini di Jerman Barat, di mana setelah kurang dari sebulan bebas ia ditangkap di Frankfurt pada tanggal 5 Juni 1981 setelah terjadi kekacauan di toko perhiasan. Dalam baku tembak berikutnya dengan polisi dia terluka ringan, sehingga dia ditempatkan di bangsal rumah sakit penjara. Keamanan yang lebih longgar memungkinkan Ražnatović melarikan diri lagi hanya empat hari kemudian, pada tanggal 9 Juni, diduga dengan melompat dari jendela, memukuli orang yang lewat pertama dan mencuri pakaiannya sebelum menghilang.[5] Penangkapan terakhirnya di Eropa terjadi di Basel, Swiss, selama pemeriksaan lalu lintas rutin pada tanggal 15 Februari 1983. Namun, ia berhasil melarikan diri lagi dalam beberapa bulan, kali ini dari penjara Thorberg pada tanggal 27 April.

Ada spekulasi luas bahwa Ražnatović berafiliasi erat dengan UDBA sepanjang karir kriminalnya di luar negeri.[5] Dia mempunyai keyakinan atau surat perintah di Belgia (perampokan bank, pelarian dari penjara), Belanda (perampokan bersenjata, pelarian dari penjara), Swedia (dua puluh perampokan, tujuh perampokan bank, pelarian dari penjara, attempted murder[8]), Jerman Barat (perampokan bersenjata, pelarian dari penjara), Austria, Swiss (perampokan bersenjata, pelarian dari penjara), dan Italia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Željko Ražnatović Arkan - život u trileru (16) Crna Gora moja otadžbina". 31 January 2000. Diakses tanggal 25 December 2015. 
  2. ^ Miloš Milikić Mido – Za naše nebo — Monografija prve klase letača Vazduhoplovnog učilišta 1945-1947. Belgrade 1995.
  3. ^ a b c "Internet Svedok - 916". Svedok.rs. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 January 2019. Diakses tanggal 1 March 2014. 
  4. ^ Dada Vujasinovic (8 April 1994). "Ratnik ogrezao u svetosavlju". duga. Diakses tanggal 1 March 2014. 
  5. ^ a b c d e f Filip Svarm (14 January 2010). "Arkanova ostavština". Vreme.com. 
  6. ^ Danas - Google Boeken. 18 December 2009. Diakses tanggal 1 March 2014. 
  7. ^ a b Partners in Crime: The Risks of Symbiosis Between the Security Sector and Organized Crime in Southeast Europe. CSD. 2004. hlm. 42–. ISBN 978-954-477-115-7. 
  8. ^ "Aftonbladet nyheter: Kriget om Kosovo". aftonbladet.se. 31 March 1999. Diakses tanggal 1 March 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]