Garda Sukarelawan Serbia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Garda Sukarelawan Serbia
добровољачка гарда
309 kakanjska brigada
Lencana Garda Sukarelawan Serbia
Dibentuk1990
Aliansi Serbia
 Krajina Serbia
 Republika Srpska
Tipe unitParamiliter
Jumlah personel500–1,000[1]
MarkasErdut
JulukanMacan Arkan (Arkanovi tigrovi )
Warna seragam  Merah   Biru   Putih (Warna nasional Serbia)
HimneArkan’s Delije[2]
Maskot Macan
PertempuranPerang Yugoslavia
Dibubarkan1996
Tokoh
Komandan pertamaŽeljko Ražnatović
Komandan ke-2Borislav Pelević
Komandan ke-3Milorad Ulemek
Komandan ke-4Zvezdan Jovanović
Insignia
Tanda pengenal

Garda Sukarelawan Serbia (bahasa Serbia: Српска добровољачка гарда, СДГ / Srpska dobrovoljačka garda, SDG), juga dikenal sebagai Macan Arkan atau Macan (bahasa Serbia: Арканово тигрови / Arkanovo tigrovi, Тигрови / Tigrovi), adalah satuan paramiliter sukarela Serbia yang didirikan dan dipimpin oleh Arkan yang beroperasi di Kroasia (1991–93) dan Bosnia (1992–95) selama Perang Yugoslavia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Satuan paramiliter ini dibentuk pada 11 Oktober 1990 oleh dua puluh anggota Delije, yang merupakan ultras FK Crvena Zvezda, sebuah klub sepak bola yang bermarkas di Beograd. Macan Arkan berada di bawah pengawasan Pertahanan Teritorial, sebuah tentara tetap yang bertanggung jawab atas keutuhan wilayah Yugoslavia di Republik Sosialis Kroasia yang sebagian besar dihuni oleh etnis Serbia selama paruh pertama tahun 1990-an. Garda Sukarelawan Serbia terdiri dari para preman dan kriminal yang dipersenjatai oleh pemerintah pusat di Beograd.[3]

Garda Sukarelawan Serbia mendirikan markas dan kamp pelatihan mereka di bekas fasilitas militer di Erdut. Mereka mulai beraksi pada pertengahan 1991 hingga akhir 1995, di wilayah Vukovar di timur Kroasia. Senjata dan perlengkapan perang yang mereka punya dipasok dan disediakan oleh aparat kepolisian Serbia selama perang di Kroasia dan Bosnia.

Perang di Kroasia dan Bosnia[sunting | sunting sumber]

Setelah perang berkecamuk di Kroasia pada musim gugur 1991 dan di Bosnia pada April 1992, Arkan dan satuan paramiliternya bergerak untuk menyerang berbagai tempat di wilayah ini. Di Kroasia, Macan Arkan bertempur di sejumlah tempat di Slavonia Timur.

Unit-unit paramiliter bertanggung jawab atas beberapa peristiwa pembersihan etnis yang paling keji. Dua dari unit yang telah memainkan peran utama dalam kampanye pembersihan etnis di BiH adalah Chetnik yang terkait dengan Vojislav Šešelj dan Macan Arkan yang terkait dengan Željko Ražnatović (Arkan), yang juga aktif di Republik Serbia... Macan Arkan juga mengadakan latihan militer yang disinyalir merupakan rencana untuk mengintimidasi penduduk Albania di Kosovo.[4]

— Laporan Komisi PBB tentang pembersihan etnis di Bosnia

Garda Sukarelawan Serbia di bawah pimpinan Arkan memainkan peran besar dalam pembantaian ratusan orang dan pembersihan etnis di Kroasia timur dan Bosnia-Herzegovina.[3][5] Pada musim gugur 1995, pasukan Arkan bertempur di daerah Banja Luka, Sanski Most dan Prijedor di mana mereka akhirnya kalah. Arkan memimpin langsung sebagian besar aksi perang, dan menghadiahkan perwira dan tentaranya yang berprestasi dengan kenaikan pangkat, pemberian medali, serta rampasan perang. Garda Sukarelawan Serbia secara resmi dibubarkan pada bulan April 1996. Selain Arkan, seorang anggota Garda yang terkenal adalah tangan kanan Arkan, Kolonel Nebojša Djordjević, yang dibunuh pada akhir tahun 1996. Tokoh penting lainnya adalah Milorad Ulemek, yang divonis hukuman kurungan 40 tahun karena keterlibatannya dalam pembunuhan Perdana Menteri Serbia Zoran Đinđić yang pro-barat pada tahun 2003.[6]

Dakwaan[sunting | sunting sumber]

Željko Ražnatović didakwa pada tahun 1997 oleh Pengadilan Pidana Internasional untuk Bekas Yugoslavia selaku komandan SDG, karena satuan paramiliter tersebut diduga bertanggung jawab atas berbagai kejahatan terhadap kemanusiaan, pelanggaran berat Konvensi Jenewa dan pelanggaran hukum perang, termasuk berperan aktif dalam upaya pembersihan etnis di Bijeljina dan Zvornik pada tahun 1992.

ICTY memvonis Garda Sukarelawan Serbia, di bawah pimpinan dan pengawasan Željko Ražnatović dengan sejumlah dakwaan:[7]

  • Menahan secara paksa sekitar tiga puluh pria non-Serbia dan seorang wanita tanpa makanan atau air, di ruangan sesak yang tidak memadai berukuran sekitar lima meter persegi.
  • Mengangkut dua belas pria non-Serbia dari Sanski Most ke tempat terpencil di desa Trnova, di mana sebelas pria dibunuh dan satu di antaranya terluka parah.
  • Pemerkosaan seorang wanita Muslim di bus di dekat Hotel Sanus di Sanski Most.
  • Mengangkut sekitar 67 pria non-Serbia dan seorang wanita dari Sanski Most, Šehovci, dan Pobrijeze ke lokasi terpencil di desa Sasina dan menembak mereka, menewaskan enam puluh lima tawanan dan melukai dua orang yang selamat.
  • Menahan paksa kira-kira 35 orang non-Serbia di ruang sesak yang tidak berventilasi berukuran sekitar lima meter persegi, memukuli mereka, dan merampas makanan dan air yang dibawa, yang menewaskan dua orang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Thomas (2006), pp. 43-44
  2. ^ "Svetomir Ilic Siki - Arkanove Delije" Diarsipkan 2021-10-29 di Wayback Machine.. NSA - Nasa Srpska Arhiva. Retrieved 28 June 2018.
  3. ^ a b Tony Judt; (2006) Postwar: A History of Europe Since 1945, chapter XXI; Penguin Books, ISBN 0143037757
  4. ^ The policy of ethnic cleansing (Final report of the United Nations Commission of Experts) Diarsipkan 2012-05-04 di Wayback Machine.
  5. ^ Michael A. Innes; (2006) Bosnian Security after Dayton: New Perspectives (Contemporary Security Studies) p. 75; Routledge, ISBN 041565369X
  6. ^ "INTERVJU, MILORAD ULEMEK LEGIJA: Niko u državi nema muda da obnovi suđenje". ekspres.net (dalam bahasa Serbian). EKSPRES. 1 Juni 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-10-17. Diakses tanggal 11 Juni 2018. 
  7. ^ "Salinan arsip" (PDF). Diarsipkan (PDF) dari versi asli tanggal 2020-11-21. Diakses tanggal 2020-10-25.