Araucaria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Araucaria
Rentang fosil: 250–0 Jtl
Jurasik[1]- sekarang
Araucaria columnaris
Araucaria columnaris
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Pinophyta
Kelas: Pinopsida
Ordo: Pinales
Famili: Araucariaceae
Genus: Araucaria
Juss.
Spesies

Lihat teks.

Araucaria adalah genus pohon konifer yang selalu berdaun dari famili Araucariaceae. Ada 19 spesies dalam genus ini, dengan sebaran yang sangat terpisah-pisah di New Caledonia (di mana 13 spesies adalah endemik), Pulau Norfolk, Australia timur, Irian, Argentina, Chili, and Brazil selatan.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Araucaria terutama merupakan pohon besar dengan batang tegak yang sangat besar, mencapai tinggi 30-80 m. Cabang horizontal yang menyebar tumbuh dalam gelungan dan ditutupi daun yang kasar atau mirip jarum. Pada beberapa spesies, daunnya berbentuk jarum dan lanceolate (panjang, lebar di tengah), sedikit tumpang-tindih satu sama lain, pada spesies lain daunnya lebar dan pipih, dan bertumpang tindih.

Pohon-pohon ini kebanyakan bersifat dioecious, runjung jantan dan betina berada pada pohon yang terpisah, meskipun kadang ada individu yang monoecious (junjung jantan dan betina dalam satu pohon) atau berganti kelamin sewaktu-waktu. Runjung betina biasanya berada tinggi di atas pohon, berbentuk bulat, dan beragam ukurannya antar spesies dari diameter 7-25 cm . Runjung-runjung itu mengandung 80-200 biji besar yang dapat dimakan, seperti kacang pinus meski lebih besar. Runjung jantan lebih kecil dengan panjang 4-10 cm, bentuk silindris sempit hingga lebar, lebarnya 1,5-5 cm.

Penyebaran[sunting | sunting sumber]

Banyak populasi Araucaria jika tidak semua merupakan relik (sisa-sisa penyebaran masa lalu), dengan distribusi yang terbatas. Mereka ditemukan di hutan dan dataran semak, dengan keterkaitan dengan tempat terbuka. Pohon-pohon mirip tiang ini merupakan fosil hidup, berasal dari masa Mesozoik. Catatan fosil menunjukkan bahwa genus ini dahulu juga ada di belahan Bumi utara hingga akhir periode Kapur.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Beberapa spesies Araucaria relatif umum dalam budidaya karena kebiasaan tumbuhnya yang simetris dan formal. Beberapa spesies penting secara ekonomi untuk produksi kayu dan biji yang dapat dimakan.

Nama[sunting | sunting sumber]

Genus ini familiar bagi banyak orang karena Teka-teki monyet Araucaria araucana yang khas. Nama Genus ini diambil dari nama Indian Arauco di Chili tengah dan Argentina barat daya yang teritorinya termasuk habitat alami spesies ini, dimana ia dikenal sebagai Pehuén. Penduduk pribumi Amerika ini, yang menyebut diri mereka sendiri Pehuenche ('orang Pehuén'), memanen bijinya untuk makanan. Tak ada nama vernakular (dalam bahasa Inggris) untuk genus ini; banyak spesies yang salah kaprah disebut 'pinus', meskipun mereka hanya berkerabat jauh dengan pinus (Pinus).

Klasifikasi dan daftar spesies[sunting | sunting sumber]

Runjung Araucaria sp. yang membatu dari Patagonia, Argentina berasal dari Periode Jurasik (sekitar. 210 juta tahun lalu)

Ada dua seksi dalam genus ini yang kadang diperlakukan sebagai genus terpisah:

Galeri[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hiroaki, Setoguchi; Osawa, Takeshi Asakawa; Pintaud, Jean Christophe; Veillon, Jean-Marie (1998). "Phylogenetic relationships within Araucariaceae based on rbcL gene sequences". American Journal of Botany. 85:11: 1507–1516. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]