Anne or Beast?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

"Anne or Beast?" adalah segmen pertama dari episode pertama seri televisi animasi Disney Channel, Amphibia. Cerita episode ini ditulis oleh Matt Braly dan Jack Ferraiolo dan disutradarai oleh Bert Youn. Pada episode tersebut, seekor katak berwarna pink yang bernama Sprig Plantar mencoba untuk menangkap sebuah mahluk misterius untuk membuktikan bahwa dirinya bertanggungjawab, hanya untuk ditangkap oleh remaja manusia yang bernama Anne Boonchuy.

Anne or Beast?
Episode Amphibia
Nomor episodeSeri Musim 1
Episode 1A

SutradaraBert Youn
PenulisMatt Braly
Jack Ferraiolo
Kode produksi103A
Tanggal siar17 Juni 2019 (2019-06-17)[a]
Durasi11 menit
Kronologi episode
← Sebelumnya
Selanjutnya →
"Best Fronds"

Episode ini ditayangkan perdana di Disney Channel[1] pada 17 Juni 2019 dengan ulasan positif yang kuat.[2][3] Episode tersebut mengumpulkan 0,39 juta penonton saat ditayangkan perdana.

Alur[sunting | sunting sumber]

Di luar kota Wartwood, penduduk asli gila bernama Wally "Bermata satu" meninggalkan pub dan "diserang" oleh makhluk aneh.

Sementara itu, keluarga Plantar, yang terdiri dari kakek Hop Pop, Sprig yang berusia 10 tahun, dan adik perempuan berudu Polly, datang ke kota untuk berbelanja. Hop Pop menugaskan Polly untuk mengawasi gerobak di atas Sprig yang lebih tua karena "kemarin adalah hari yang buruk". Wally yang tidak terluka berlari ke kota mengoceh dan mengoceh tentang makhluk dengan ciri-ciri tidak biasa yang konon sedang mencoba memakannya. Wally yang tidak terluka berlari ke kota mengoceh dan mengoceh tentang makhluk dengan ciri-ciri tidak biasa yang konon sedang mencoba memakannya. Penduduk kota amfibi gempar atas binatang yang seharusnya. Saat Walikota Toadstool berjanji bahwa sesuatu akan dilakukan, Sprig memutuskan bahwa dialah yang akan menangkap makhluk itu sehingga dia bisa mendapatkan kembali kepercayaan Hop Pop. Dia menyuap Polly dengan permen dan Sprig melompat ke hutan.

Sprig memulai pencariannya hanya untuk segera ditangkap oleh binatang buas yang ternyata merupakan gadis manusia Thai-Amerika bernama Anne Boonchuy yang telah tinggal di hutan selama seminggu. Dia menyelamatkan Sprig dari monster belalang sembah raksasa dan mulai belajar tentang satu sama lain. Anne datang dari dunianya dan menemukan dirinya di Amphibia melalui cara yang tidak diketahui. Sprig bersimpati padanya dan ingin membantunya. Sementara itu di kota, saat Walikota Toadstool mengubah penduduk kota menjadi gerombolan untuk memburu binatang itu, Hop Pop mengetahui bahwa Sprig hilang dan membawa Polly ke hutan untuk "menyelamatkannya". Semua orang mengejar dan mengikat Anne hanya untuk belalang sembah, serta yang lebih besar, untuk datang dan mulai menyerang katak. Sprig dan Anne bekerja sama dan mengalahkan belalang. Sprig kemudian memberi tahu semua orang bahwa Anne hanya mencoba untuk pulang dan mereka harus membantunya. Meskipun ada kekhawatiran, Hop Pop setuju untuk menerima keberadaan Anne.

Anne ingin segera pergi, tetapi Hop Pop memberi tahu dia bahwa dia tidak akan dapat melakukannya karena daerah sekitarnya tertutup pegunungan yang membeku selama musim dingin dan dia harus menunggu beberapa bulan. Sementara itu, dia harus tidur dengan keluarga Plantar di ruang bawah tanah mereka. Setelah Sprig mengucapkan selamat malam kepada Anne, dia mengeluarkan kotak musik dan membukanya, tetapi tidak terjadi apa-apa. Anne dengan sungguh-sungguh mendesah pada dirinya sendiri:

Sepertinya aku akan berada di sini untuk sementara...

Produksi dan penyiaran[sunting | sunting sumber]

Episode tersebut disutradarai oleh Bert Youn, ditulis oleh pembuat acara, Matt Braly,[4] dan editor cerita Jack Ferraiolo; dan storyboard oleh Youn, Kyler Spears, dan Yonatan Tal.

Pada 26 April 2019, sebelum episode tersebut Disney FanFest merilis video musik untuk versi vokal dari tema pembuka berjudul ″Welcome to Amphibia″ yang dibawakan oleh Celica Grey Westbrook[5] dan klip berdurasi dua menit[6] selama streaming langsung.[7] Awalnya direncanakan untuk digunakan sebagai lagu tema acara.

Pada 14 Mei 2019, Disney Channel merilis trailernya,[8] dengan Disney Channel merilis versi final dari intro 3 hari kemudian.[9]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Dave Trumbore dari Collider memberikan "Anne or Beast?" dan "Best Fronds" dengan peringkat 4 bintang, merasa bahwa mereka "[berfungsi] sebagai pengantar yang bagus untuk serial ini".[10]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Episode ini ditayangkan di DisneyNOW dan kanal YouTube resmi Disney Channel pada 14 Juni 2019.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ www.wdtvpress.com/disneychannel/shows/amphibia/
  2. ^ "Amphibia TV Review | Common Sense Media". www.commonsensemedia.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-12-01. 
  3. ^ Burbank, R. D. (2019-06-15). "TV Review: Disney Channel's "Amphibia"". LaughingPlace.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-12-01. 
  4. ^ Pedersen, Erik; Pedersen, Erik (2018-02-23). "Disney Channel Launching Toon Series 'Amphibia' & 'The Owl House', Renews 'Star Vs. The Forces Of Evil' For Season 4". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-12-01. 
  5. ^ Celica Gray - Welcome to Amphibia (From "Amphibia"), diakses tanggal 2022-12-01 
  6. ^ Fan Fest Sneak Peek | Amphibia | Disney Channel, diakses tanggal 2022-12-01 
  7. ^ Disney Channel Animation Celebration Panel | 2019 Fan Fest | Disney Channel, diakses tanggal 2022-12-01 
  8. ^ Official Trailer 🎥 | Amphibia | Disney Channel, diakses tanggal 2022-12-01 
  9. ^ Theme Song 🎶 | Amphibia | Disney Channel, diakses tanggal 2022-12-01 
  10. ^ Trumbore, Dave (2019-06-17). "Amphibia Review: Disney's New Animated Series Is a Hoppin' Good Time". Collider (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-12-01. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]