All in dan The Hardest Thing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
All in dan The Hardest Thing
Episode Amphibia
Nomor episodeMusim 3
Episode 17 dan 18
Sutradara
  • Roxann Cole
  • Joe Johnston
  • Jenn Strickland (Hanya "All In")
Penulis
  • Gloria Shen, Jenava Mie & Michele Cavin ("All In")
  • Todd McClintock & Adam Colás ("The Hardest Thing")
Musik"As If It's Your Last" oleh Blackpink ("All In")
Tanggal siar
  • 7 Mei 2022 (2022-05-07) ("All In")
  • 14 Mei 2022 (2022-5-14) ("The Hardest Thing")
Durasi
  • 48 menit("All In")[1]
  • 29 menit("The Hardest Thing")[1]
Kronologi episode
← Sebelumnya
"The Beginning of the End"
Selanjutnya →

Final seri dua bagian Amphibia terdiri dari episode ke-17 dan ke-18 musim ketiga, episode ke-57 dan ke-58 secara keseluruhan, dan segmen ke-105 dan ke-106 secara keseluruhan: "All In" dan "The Hardest Thing". Kedua episode tersebut disutradarai oleh Roxann Cole dan Joe Johnston. "All In" ditayangkan di Disney Channel pada 7 Mei 2022, dengan "The Hardest Thing" ditayangkan pada minggu berikutnya.[2] Kedua episode tersebut mengumpulkan 0,35 juta penonton saat ditayangkan perdana.[3][4]

"All In" berputar di sekitar Anne, Sasha, dan sekutu mereka mencoba menghentikan Raja Andrias dan Darcy (yang Marcy dikendalikan oleh Inti) dari menaklukkan Bumi, sementara "The Hardest Thing" berputar di sekitar Anne, Sasha, dan Marcy mencoba untuk menyelamatkan Amphibia agar tidak dihancurkan oleh Core, yang telah menguasai bulan dan mencoba untuk menabrakkannya ke permukaan Amphibia.

Kedua episode, "All In" dan "The Hardest Thing", menerima pujian kritis dari penonton, kritikus, dan penggemar acara dengan pujian terhadap animasinya yang mengalir, akting suara, bobot dan nada emosional, penulisan, urutan tindakan, referensi budaya. , pesan berpengaruh positif, skor musik, pengembangan karakter, representasi LGBTQ, skala dan sinematografi dengan banyak yang menyebut film televisi sebagai kesimpulan pahit sempurna yang epik untuk tema dewasa dan busur karakter acara tersebut.[5][6]

Plot[sunting | sunting sumber]

All in[sunting | sunting sumber]

Episode dimulai dengan kilas balik Anne, Sasha, dan Marcy melakukan lelucon dengan pesta dansa anak anjing K-Pop. Setelah tertangkap, mereka dikirim ke kantor kepala sekolah. Sementara Sasha dan Marcy dibebaskan, Kepala Sekolah Murphy berbicara dengan Anne tentang teman-temannya yang mengikatnya untuk melakukan lelucon. Dia meminta Anne untuk menulis esai tentang ingin menjadi siapa dan apa yang ingin dia lakukan dalam hidupnya, lalu mengucapkan selamat ulang tahun lebih awal.

Kembali ke masa sekarang, Anne, Sasha, Sprig, Polly, Hop Pop, Grime, Olivia, Yunan, Frobo, Joe Sparrow, dan Domino 2 ditawan di kastil Andrias saat dia akan menyerang Bumi. Mereka semua berhasil melarikan diri dengan bantuan dari Frobo dan mendarat dengan selamat di kolam. Andrias kemudian mengumumkan rencana invasinya kepada orang-orang Los Angeles dan melepaskan pasukan robotnya bersama dengan dua bangau raksasa yang dikendalikan pikiran yang diakui Hop Pop sebagai orang yang membunuh Sprig dan orang tua Polly. Anne dan teman-temannya mencoba melawan Bangau, tetapi diselamatkan oleh Tuan X dan orang tua Anne, yang sekarang menjadi agen FBI. Mereka semua berkumpul kembali di sekolah dengan makan makanan Thailand buatan sendiri dan Polly meningkatkan Frobo dengan teknologi Bumi. Sementara itu, di dalam pikiran inti, Marcy bertemu dengan ayah Andrias, Raja Aldrich, yang menciptakan dunia fantasi untuk dinikmatinya agar dia dapat berasimilasi ke dalam Inti.

Kembali ke sekolah, Anne dan Sasha kemudian membuat rencana. Anne, orang tuanya, Plantar, Domino 2, dan Frobo akan melawan bangau dan pasukan robot sementara Sasha, Grime, Yunan, Olivia, dan Joe Sparrow menyelinap ke kastil untuk menutup medan kekuatannya. Sementara itu di kastil, saat Darcy bersenang-senang menghancurkan kota, Andrias ingat hari pertama dia bertemu Marcy dan membuat rencananya ke Core untuk menghentikannya dan teman-temannya. Kembali ke masa sekarang, Anne dan timnya berhasil mengalahkan beberapa robot, tetapi menghadapi masalah saat Plantar takut pada bangau. Namun, mereka berhasil mengatasi ketakutan mereka, mengalahkan bangau menggunakan tarian berburu keluarga Plantar, dan membebaskan mereka dari kendali Andrias. Sementara itu, Sasha dan timnya berhasil menyusup ke kastil dan mencapai generator medan gaya. Namun, Sasha dan Grime dihadang oleh Darcy, yang melawan mereka.

Kembali ke luar, Andrias datang dengan setelan mech dan memberikan ultimatum kepada Anne. Jika dia bisa mengalahkannya dalam pertempuran maka dia akan membatalkan invasi, tetapi jika dia tidak bisa, dia akan menghancurkan kota. Anne menerima dan menerbangkan Domino 2 untuk memulai pertarungan. Anne kemudian mulai melawan Andrias dengan kekuatannya, sementara Sasha dan Grime mencoba melawan Darcy, yang mengakibatkan Darcy memotong lengan Grime saat dia mencoba menyelamatkan Sasha. Selama pertarungan Anne dengan Andrias, dia mengaku merasa kasihan padanya karena mengubur perasaannya dan menutup diri dari orang lain selama seribu tahun. Namun, selama pertarungan, Anne mulai kelelahan dan berada di ambang kekalahan, tetapi Tn. X dan orang tua Anne berhasil membuat Anne melanjutkan pertarungan dengan memainkan lagu favoritnya di seluruh kota. Sementara itu, di dalam benak Core, Marcy mulai menyadari bahwa apa yang dilihatnya tidak ada yang nyata, termasuk teman-temannya. Dia mengklaim dia sudah selesai melarikan diri dari kenyataan dan bahwa dia menolak Core dan Aldrich.

Anne masih terus melawan Andrias, tetapi saat dia di ambang kekalahan, Sprig kemudian muncul dengan selembar kertas yang dia temukan di terowongan tersembunyi keluarganya, dan dengan bantuan kacamata Tuan X, mengungkapkan bahwa itu adalah pesan dari Andrias. ' teman lama Leif. Leif mengungkapkan melalui pesan bahwa setelah menyembunyikan Kotak Bencana di Bumi, dia tahu dia tidak bisa kembali ke Newtopia jadi dia memulai hidup baru di Wartwood dan mendirikan keluarga Plantar. Namun, terlepas dari semua perubahan itu, dia tidak pernah melupakan atau berhenti mencintai Andrias atau semua saat-saat indah yang dia habiskan bersamanya dan Barrel. Dia juga berharap Andrias tidak menutup diri dari orang lain dan suatu saat nanti dia akan memaafkannya. Setelah mendengar ini, Andrias menangis dan sekarang benar-benar menyesali semua hal buruk yang telah dilakukannya. Darcy mencoba memaksa Andrias untuk terus bertarung, tetapi Sasha mampu mengalahkannya dengan memotong kabel koneksinya, sehingga menyebabkan Core dinonaktifkan dan membebaskan Marcy dari kendalinya. Anne kemudian mampu mengalahkan Andrias, yang membiarkan dirinya dikalahkan, mengakhiri pertempuran dan mengungkapkan bahwa Andrias adalah cyborg, begitulah cara dia bisa hidup selama seribu tahun.

Setelah medan gaya turun, semua orang bergegas menuju Marcy, yang meminta maaf atas tindakannya. Anne dan Sasha memaafkannya, menyatakan bahwa dimanapun mereka berada, mereka akan selalu menjadi teman, dan semua orang saling berpelukan. Namun, helm Core aktif kembali dan menyelinap pergi. Saat Tuan X dan orang tua Anne membersihkan kerusakan, Anne dan semua temannya kembali ke Amphibia, di mana perlawanan masih melawan pasukan robot Andrias. Saat kastil tiba, Olivia menyatakan bahwa Andrias dan Core telah dikalahkan. Namun, saat semua orang mengira ini sudah berakhir, Sprig menyadari bulan semakin dekat.

The Hardest Thing[sunting | sunting sumber]

Melanjutkan episode terakhir yang tersisa, semua orang bersorak atas kemenangan mereka mengalahkan Andrias, ketika helm Core meledak ke luar angkasa, mengendalikan bulan, dan mendorongnya lebih dekat ke Amphibia. Ketika semua orang menyadarinya, Andrias mengungkapkan bahwa bulan adalah tempat proyek hewan peliharaan pertama Core dibuat dan bahwa bulan itu sendiri telah diubah menjadi perangkat kiamat yang dimaksudkan untuk menghancurkan Amphibia seandainya ia dibebaskan dari kendali Core. Marcy menyadari bahwa alasan Core melakukan ini adalah karena takut dilupakan, jadi Core akan menghancurkan Amphibia dan mengambil batu dari Calamity Box untuk dirinya sendiri. Mother Olm kemudian tiba, memberi tahu Anne, Sasha, dan Marcy bahwa ramalan itu sudah dekat dan mereka harus menghentikan Core. Saat semua orang bersiap-siap, Mother Olm memberi tahu Anne sementara batu itu sendiri tidak cukup kuat untuk menghentikan Inti, ada kekuatan tersembunyi yang akan bekerja ketika seseorang memiliki semua batu itu bersama-sama. Namun, biaya penggunaannya adalah nyawa pengguna.

Saat Anne tiba di kastil, Valeriana siap untuk mengembalikan kekuatan batu ke Anne, Sasha, dan Marcy. Ketiga gadis itu mendapatkan kekuatan super dan baju besi berwarna-warni, lalu terbang ke luar angkasa untuk menghentikan Core, tetapi Core itu melawan balik dengan pasukan robot luar angkasa. Sementara gadis-gadis itu melawan, Aldrich, melalui Core, mencoba meyakinkan Andrias untuk membantunya. Sebagai tanggapan, Andrias akhirnya melawan ayahnya dan Core, menghancurkan mahkotanya, dan memerintahkan pasukan robotnya untuk membantu para gadis menghentikan bulan. Namun, terlepas dari upaya terbaik mereka, Sasha dan Marcy mulai melemah karena mereka tidak terbiasa dengan kekuatan mereka seperti Anne. Anne memutuskan untuk menghentikan Core sendirian dengan mengambil ketiga batu tersebut untuk menggunakan kekuatan tersembunyi di dalamnya. Setelah berpelukan dan selamat tinggal, Anne mengirim Sasha dan Marcy kembali ke Amphibia dan bersiap untuk menghadapi Core.

Ketika mereka kembali, mereka memberi tahu Plantar apa yang akan dilakukan Anne, jadi Sprig melompat ke Frobo untuk mencoba menghentikannya. Anne dan Sprig kemudian berpisah sambil menangis dan Sprig kembali. Anne kemudian menggunakan semua kekuatan dari batu untuk meluncurkan ledakan besar cahaya putih yang menghancurkan bulan, membunuh Inti dalam prosesnya. Namun, tubuh Anne kini berubah menjadi batu karena kekuatan tersebut dan jatuh ke Amphibia. Dia kemudian diselamatkan oleh Frobo, yang membawanya kembali ke teman-temannya, di mana dia meninggal. Tiba-tiba, Anne terbangun di dunia lain dengan sebuah rumah kecil. Dia memasuki rumah dan bertemu dengan entitas yang dikenal sebagai Penjaga, yang berwujud Domino kucing Anne. Penjaga mengungkapkan bahwa itu menciptakan batu 10.000 tahun yang lalu dan bahwa Anne adalah satu-satunya yang menggunakan kekuatan mereka untuk kebaikan. Itu juga menawarkan Anne untuk menggantikannya sebagai wali baru, tetapi Anne menolak, mengatakan bahwa dia masih memiliki seluruh hidupnya di depannya. The Guardian menerima ini dan membangkitkan Anne sehingga dia dapat menjalani hidupnya dan menjadi wali baru setelah meninggal karena sebab alami. Setelah kebangkitannya, teman-teman Anne dengan senang hati bersatu kembali dengannya. Anne kemudian menemukan pecahan batu di sakunya dan semua orang merayakan kekalahan Core.

Marcy menyatakan bahwa pecahan adalah perjalanan pulang satu arah, jadi gadis-gadis itu mengucapkan selamat tinggal kepada teman Amfibi mereka. Marcy mengucapkan selamat tinggal pada Oliva, Yunan, dan Andrias, Sasha mengucapkan selamat tinggal pada Grime, dan Anne mengucapkan selamat tinggal pada Plantar dan memberikan ponselnya kepada Sprig. Ketiga gadis itu kemudian pulang dengan mahkota bunga di kepala mereka, dan ketika portal ditutup, pecahan dan Kotak Bencana berubah menjadi debu dan menghilang. Dengan itu, katak, kodok, dan kadal air semuanya memutuskan untuk membangun kembali dunia mereka bersama.

Beberapa bulan kemudian, Amphibia kini telah dipulihkan kembali ke keadaan semula, dengan Andrias melayani waktunya dengan membantu memperbaikinya. Semua orang mulai hidup bahagia dengan Grime, Olivia, dan Yunan sebagai kodok dan kadal air delegasi untuk pemerintah Amphibia yang baru, Polly sekarang menjadi katak dewasa, dan Sprig membuat katalog semua makhluk di Amphibia menggunakan telepon Anne. Saat patung Anne dibangun di tengah Wartwood untuk menghormatinya, Sprig melakukan perjalanan bersama Ivy ke wilayah yang belum dijelajahi.

Sepuluh tahun kemudian di Bumi, Sasha (yang sekarang bekerja sebagai ahli fisiologi anak) dan Marcy (yang sekarang bekerja sebagai penulis komik web) pergi menemui Anne untuk ulang tahunnya yang ke-23. Anne sekarang bekerja sebagai ahli herpetologi di Aquarium of the Pacific, di mana dia merombak bagian amfibi agar terlihat persis seperti Amphibia, bahkan menamai Sprig katak merah muda kecil. Dia kemudian merayakan ulang tahunnya bersama teman-temannya, mengakhiri serial tersebut.

Montase tempat-tempat tertentu di Amphibia ditampilkan dengan bidikan terakhir berupa foto grup Anne, Sasha, dan Marcy.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Judul dan durasi kedua episode diungkapkan oleh Matt Braly pada wawancara ScreenRant dan postingan twitter yang dia buat.[7] Dia bahkan berbicara tentang banyak pekerjaan, cinta, perhatian, dan usaha yang telah dia dan timnya lakukan dalam dua episode terakhir ini.[1][7] Matt Braly bahkan menyatakan bahwa episode sebelum kedua "The Beginning of the End" ini adalah bagian dari final karena mengarah ke episode ini dan sedikit lebih lama dari episode normal.[8] Matt Braly menganggap episode "The Hardest Thing" sebagai episode favoritnya.[9]

Brian Sounalath juga membuat rekaman suara terakhirnya untuk Tn. Boonchuy untuk "All In" pada 4 Maret 2022.[10] Dalam beberapa adegan papan cerita, Marcy awalnya seharusnya digambarkan dalam setelan penahanannya selama sisa final. Ada juga potongan adegan terakhir setelah kredit, di mana Anne yang telah meninggal pada usia 91 tahun karena penyakit Alzheimer, dikirim kembali ke dunia Penjaga untuk menggantikannya. Namun, Anne tidak ingat dan menghilang, lalu bidikan terakhir adalah batu yang digambarkan sebagai bintang jatuh.[11]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Ketika Braly sedang membuat dua episode terakhir dia mengklaim bahwa persahabatan antara Anne, Sasha, dan Marcy sangat kreatif terutama ketika mereka bertemu dengan teman baru lainnya di Amphibia yang membuat persahabatan mereka semakin kuat. Menyatakan "Anda akan kagum ketika Anda keluar dari persahabatan itu, di luar gelembung itu, dan Anda mulai bergaul dengan orang yang berbeda, karena hal itu membuka hal-hal berbeda dalam diri Anda."[7] Episode "Hardest Thing" juga disukai oleh komunitas LGBT karena menjelang akhir sebuah stiker berbentuk hati dengan warna bendera biseksual dapat dilihat di kaca spion mobil Sasha. Yang menyiratkan bahwa dia biseksual yang dikonfirmasi oleh Matt Braly, itu juga merujuk pada bagaimana pengisi suara Sasha juga biseksual. Bahkan mengisyaratkan bahwa ada kapal antara Lady Olivia dan Jenderal Yunan.

Hope Mullex dari The Geeky Waffle menyatakan bahwa episode "The Hardest Thing" sangat menyedihkan dan memiliki banyak konsekuensi, terutama bagian tentang Anne dan Sprig yang tidak pernah bertemu lagi. Mengklaim "Ini adalah pilihan demi pilihan di mana karakter kita harus memilih di mana mereka akan berakhir. Mereka harus mengucapkan selamat tinggal kepada orang yang mereka cintai tanpa kepastian untuk bersatu kembali."[12] Mullex bahkan mendeskripsikan "All In" sebagai roller coaster emosional di mana semua perjalanan karakter bersatu. Bahkan melengkapi perjalanan Anne untuk mencari tahu siapa dia seharusnya seperti yang terlihat di kilas balik. Dalam kata-katanya sendiri "All In" digambarkan sebagai "tontonan untuk ditonton" dan melengkapi bagaimana Matt Braly dan krunya harus bangga pada diri mereka sendiri."[13] Jade King di situs web budaya pop TheGamer memuji episode "All In" untuk pertarungan dramatis antara Anne dan Andrias dan Sasha dan Darcy. King bahkan menyatakan betapa gugupnya dia tentang episode tersebut karena banyaknya alur cerita individu yang digabungkan. Bahkan setelah Matt Braly memberitahunya sebelumnya untuk mengharapkan "blockbuster yang diisi dengan momen-momen epik dan hasil yang berharga."[14] Jade King juga memuji episode "The Hardest Thing" karena akhir yang menyentuh hati, bahkan mengomentari bagaimana narasi Anne adalah pernyataan yang bagus tentang arti dari acara itu sendiri. King memuji semua yang ditampilkan dalam episode untuk keindahan yang ditunjukkannya kepada kami dan momen emosional yang dimilikinya. Mengklaim "Episode terakhir adalah angin puyuh dari perpisahan yang ragu-ragu."[15]

Matthew Moorcroft dari Collider menempatkan episode "The Hardest Thing" sebagai salah satu dari 10 Final Acara Kartun Terbaik yang Masih Bertahan. Memuji acara tersebut karena "penulisan karakter tiga dimensi yang rumit, penceritaan yang menarik, dan mendorong batasan dari apa yang dapat ditampilkan di televisi anak-anak dengan beberapa momen tergelap dalam sejarah Disney Channel."[16] Moorcroft memuji bagian akhir untuk karakter yang menghadapi beban emosional mereka dan mengklaim bahwa "meskipun ada sifat pahit pada kepergian mereka, itu memiliki kedewasaan tidak seperti pertunjukan lain dan memungkinkan karakter kita untuk hidup jauh dari satu sama lain."[16]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c ""as stated in the interview, All In is about 48min and The Hardest Thing is about 29min. The episode leading up to them, The Beginning of the End is a bit longer than usual too. These three stories flow right into each other so you could say the series finale starts with TbotE"". Twitter. April 12, 2022. Diarsipkan dari versi asli (Tweet) tanggal 2022-04-12. 
  2. ^ "May 2022 Programming Highlights". Disney General Entertainment Content. April 20, 2022. 
  3. ^ Mitch Salem (May 10, 2022). "Saturday 5.7.2022 Top 150 Cable Originals & Network Finals". Showbuzz Daily. Diakses tanggal May 10, 2022. 
  4. ^ Mitch Metcalf (May 17, 2022). "Saturday 5.14.2022 Top 150 Cable Originals & Network Finals". Showbuzz Daily. Diakses tanggal May 17, 2022. 
  5. ^ "An Extra Long "Amphibia" Gives Us The Climactic Battle We've All Been Waiting For". June 15, 2019. 
  6. ^ ""Amphibia" Says Goodbye (Quite Literally) In Emotional Final Episode". June 15, 2019. 
  7. ^ a b c Hullender, Tatiana (April 12, 2022). "Matt Braly Interview: Amphibia Season 3". Screen Rant. 
  8. ^ Braly, Matt [@Radrappy] (Apr 12, 2022). ""as stated in the interview, All In is about 48min and The Hardest Thing is about 29min. The episode leading up to them, The Beginning of the End is a bit longer than usual too. These three stories flow right into each other so you could say the series finale starts with TbotE"". Twitter. Diarsipkan dari versi asli (Tweet) tanggal 2022-06-20. Diakses tanggal 2022-06-20. 
  9. ^ Braly, Matt [@Radrappy] (May 12, 2022). ""Really though, everyone who has touched the show up until this point has contributed to this final story. It's honestly my favorite episode of the show - full stop. See you on the other side!"". Twitter. Diarsipkan dari versi asli (Tweet) tanggal 2022-05-12. 
  10. ^ "Brian Sounalath on Instagram". March 4, 2022. Archived from the original on 2022-10-15. Diakses tanggal 2022-12-01. 
  11. ^ Johnston, Joe [@JoeTheJohnston] (May 16, 2022). "Thanks so much to all the Amphibia fans for watching our show till the end, here's a little behind the scenes treat for all ya'll, enjoy!" (Tweet). Twitter. 
  12. ^ Mullinax, Hope (May 21, 2022). "Amphibia Spoiler Review: The Hardest Thing". The Geeky Waffle (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal October 14, 2022. 
  13. ^ Mullinax, Hope (May 12, 2022). "Amphibia Spoiler Review: All In". The Geeky Waffle (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal October 14, 2022. 
  14. ^ King, Jade (May 9, 2022). "Amphibia More Than Delivered With All In, It Set A New Benchmark". TheGamer (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal October 14, 2022. 
  15. ^ King, Jade (May 16, 2022). "The Hardest Thing - Saying Goodbye To Amphibia's Calamity Trio". TheGamer (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal October 14, 2022. 
  16. ^ a b Moorcroft, Matthew (June 5, 2022). "10 Best Cartoon Show Finales That Still Hold Up". Collider. Diakses tanggal October 21, 2022. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]