Anna dari Hohenstaufen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Makam Costanza di Gereja San Juan del Hospital (Valencia). Prasasti itu diterjemahkan sebagai Di sini berbaring Lady Costanza Augusta, Permaisuri Yunani

Anna dari Hohenstaufen (1230 – April 1307), nama lahir Costanza, merupakan seorang Permaisuri Nikea. Dia adalah putri Friedrich II, Kaisar Romawi Suci dan Bianca Lancia.

Ratu[sunting | sunting sumber]

Dia menikah dengan Kaisar Nikea Ioannis III Doukas Vatatzes sebagai bagian dari aliansi ayahandanya dan suaminya. Beberapa sejarahwan menganggap aliansi sebagai hasil dari permusuhan bersama mereka terhadap kepausan.[1] Pernikahan terjadi pada 1244; ini dicatat oleh catatan sejarah Georgios Akropolites dan Georgios Pachymeris. Costanza mengambil nama Anna setelah pernikahannya. Costanza baru berusia 14 tahun, dan didampingi ke Nikea oleh seorang pengasuh, Marchesa della Fricca. Menurut Georgios Akropolites, pengasuh menjadi gundik Ioannis III dan "saingan cinta" Anna.

Dalam waktu Marchesa datang untuk memiliki pengaruh yang cukup besar di istana. Nikephoros Blemmydes menyebutnya "permaisuri saingan". Akan tetapi, kritik negatif Blemmydes menghasilkan upaya dalam hidupnya oleh para pengikutnya. Blemmydes selamat, dan Marchesa kehilangan dukungan Ioannis III, yang memecatnya dari istana. Catatan Blemmydes kemudian dimasukkan dalam otobiografinya.

Janda[sunting | sunting sumber]

Constance tetap permaisuri sampai kematian suaminya pada 3 september 1254. Putra tirinya Theodoros II Laskaris naik takhta. Pada saat itu Friedrich II juga telah meninggal. Pachymeres mencatat dia tinggal di Nikea melalui masa pemerintahan kedua Theodoros II (1254–1258) dan cucunya, Ioannes IV Laskaris (1259-1261). Alice Gardner menyatakan bahwa dia masih berguna secara politik sebagai sandera terhadap sisa anggota Wangsa Hohenstaufen, terutama saudaranya Manfredi dari Sisilia.

Ioannes IV berada di bawah umur melalui pemerintahan singkatnya. Pemangku takhta dan rekan-pimpinannya adalah Mikhael VIII Palaiologos, yang manuver Ioannes IV ke samping. Setelah Nikea merebut kembali Konstantinopel dan mendirikan kembali Kekaisaran Bizantium, Mikhael menggulingkan Ioannes IV dan kemudian membutakannya. Menurut Pachymeres, sekitar waktu ini Mikhael jatuh cinta pada Anna dan berusaha untuk menikahinya, tetapi Parmaisuri yang janda menolaknya. Deno Geanakoplos menunjukkan "apa yang menentang pernyataan Pachymeres, bagaimanapun, adalah pertanyaan mengapa Mikhael, hanya untuk cinta Anna, akan bersedia mempertaruhkan hampir ekskomunikasi tertentu oleh Patriark Arsenios tanpa mendapatkan keuntungan politik yang penting." Tujuan Mikhael adalah untuk mendapatkan aliansi dengan Manfredi, tetapi dengan penolakan Anna, kemarahan istrinya sendiri, dan ancaman kecaman gerejawi oleh Arsenios, Mikhael menjatuhkan proposal. Dia diberi hadiah luar biasa dan diizinkan meninggalkan istana baru untuk Kerajaan Sisilia pada tahun 1263. Gerakan ini menjamin pembebasan Alexios Stratigopoulos, yang telah ditangkap oleh Despot Epirus, Mikhael II Komnenos Doukas.[2]

Sekali lagi dikenal sebagai Costanza, ia bergabung dengan istana Manfredi. Ketika dia terbunuh pada Pertempuran Benevento (1266) dan digantikan oleh musuh kemenangannya Carlo dari Anjou, Costanza melarikan diri dari Sisilia ke Aragon, di mana keponakannya, Custanza, adalah permaisuri Putra Mahkota Pero. Dia tinggal beberapa waktu di istana Raja Chaime I dari Aragon, tetapi akhirnya pensiun sebagai biarawati di sebuah biara di Valencia, di mana dia meninggal.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Alice Gardner, The Lascarids of Nicaea: the Story of an Empire in Exile (1912–1913)
  2. ^ Geanakoplos, Emperor Michael Palaeologus and the West. Cambridge: Harvard University Press, 1959, pp. 144f

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Anna dari Hohenstaufen
Lahir: 1230 Meninggal: 1307
Gelar penyandang kekuasaan
Didahului oleh:
Eirene Laskarina
Permaisuri Nikea
skt. 1244–1254
Diteruskan oleh:
Elena Asenina