Eirene Laskarina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Eirene Laskarina († 1239) (bahasa Yunani: Ειρήνη Λασκαρίνα, Eirēnē Laskarina) merupakan seorang Permaisuri Nikea. Dia adalah putri Theodoros I Laskaris,[1] kaisar Nikea dan Anna Angelina. Eyang  maternalnya adalah Kaisar Alexius III Angelus dan Efrosini Doukaina Kamaterina. Saudarinya Maria Laskarina menikah dengan Raja Béla IV dari Hongaria.

Eirene pertama menikah dengan jenderal Andronikos Palaiologos, dan setelah kematiannya ia menjadi istri Theodoros penerusnya yang ditunjuk, masa depan Ioannis III Doukas Vatatzes pada tahun 1212. Dengan Ioannis III ia memiliki seorang putra, masa depan Theodoros II Laskaris. Setelah kelahiran yang terakhir, dia jatuh dari kuda dan terluka parah sehingga ia tidak dapat memiliki anak lagi. Dia pensiun ke biara, mengambil nama monastik Eugenia, dan meninggal di sana pada tahun 1239, sekitar lima belas tahun sebelum suaminya.

Eirene banyak dipuji oleh para sejarahwan karena kesederhanaan dan kehati-hatiannya, dan dikatakan telah membawa melalui teladannya peningkatan yang cukup besar dalam moral bangsanya.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wikisource-logo.svg

Referensi[sunting | sunting sumber]

Eirene Laskarina
Lahir: ? Wafat: 1239
Gelar penyandang kekuasaan
Didahului oleh:
Marie de Courtenay
Permaisuri Nikea
1221–1239
Diteruskan oleh:
Anna dari Hohenstaufen