Bianca Lancia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Potongan Codex Manesse menggambarkan minnesinger Konrad von Altstetten dengan kekasihnya, sering diidentifikasi sebagai Friedrich dan Bianca

Bianca Lancia d'agliano (juga disebut Beatrice dan Blanca; skt. 1210 – skt. 1246) merupakan seorang bangsawati Italia.[1] Dia adalah nyonya dan kemudian istri terakhir kaisar Hohenstaufen, Friedrich II. Pernikahan itu dilakukan ketika dia di ranjang kematiannya, oleh karena itu dianggap non-kanonik.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Mungkin lahir di Agliano di Piemonte, di mana nenek moyangnya dari keluarga bangsawan Ghibellin Lancia (atau Lanza), yang disebut Manfredo I (fl. 1160-1214) adalah lancifer tembiang dari Kaisar Friedrich Barbarossa, menjabat sebagai markgraf. Tidak ada sumber yang secara pasti menyatakan siapa orang tuanya, sejarahwan telah menawarkan tiga teori bahwa dia adalah cucu Manfredo I Lancia:

  1. sebagai putri dari putrinya (mungkin juga bernama Bianca), dengan seorang putra (nama tidak diketahui) Guglielmo di Moncucco dan Belda di Agliano.
  2. sebagai putri dari putranya Bonifacio di Agliano oleh seorang istri yang tidak diketahui.
  3. sebagai putri dari putranya Manfredo II, mungkin dari pernikahan dengan seorang wanita bernama Bianca, dari wangsa Maletta.

Jika dia adalah seorang putri Manfredo II, dia memiliki tujuh orang saudara kandung, empat orang saudara (Manfredo III, Guglielmo, Galvano dan Frederick) dan tiga orang saudari (Beatrice, Agnes dan Isabella).

Hubungan dengan Friedrich II[sunting | sunting sumber]

Bianca hidup sebagian besar hidupnya di Kastil Lancia Brolo, tempat tinggal leluhur keluarganya, Castello Normanno di Paternò dan kastil Gioia del Colle. Dia bertemu dengan Friedrich II, yang kemudian menikahi Yolande dari Yerusalem, pada tahun 1225 di Agliano dekat Asti. Mulai sekarang, dikatakan, keduanya mempertahankan hubungan romantis.

Menurut beberapa sejarahwan, Bianca adalah satu-satunya cinta sejati dari kehidupan Friedrich; yang lain menganggap ini sebagai berlebihan romantis. Hal ini tentu menguntungkan bagi kepentingan keluarga Lancia, yang disukai oleh Kaisar dengan jabatan politik di Italia (Manfredo III diangkat sebagai Vikaris Kekaisaran Romawi Suci utara dan Podesta Alessandria, Milan dan Chieri; Galvano menjadi Vikaris Kerajaan Toskana, Podesta dari Padova, Pangeran Salerno, Pangeran Fondi dan Marsekal Agung Sisilia, dan Friedrich ditunjuk sebagai Comte Squillace dan raja muda Puglia). Meskipun demikian, hubungan Bianca dan Friedrich adalah yang terlama dari seluruh hubungan Kaisar.

Setelah kematian Isabella dari Inggris, istri ketiga Friedrich, pada tahun 1241, dia diberkahi Bianca dengan kastil Monte Sant'angelo terletak di kota-kota di Vieste dan Siponto. Dengan ketentuan wasiat Gugghiermu II dari Sisilia, kastil adalah mahar tradisional permaisuri ratu Sisilia.

Bianca meninggal baik di kastil Paternò atau kastil Gioia del Colle.

Pernikahan dan keturunan[sunting | sunting sumber]

Babad Salimbene di Adam, dan juga Matius dari Paris menyatakan bahwa "confirmatio matrimonii di articulo mortis" ("upacara pernikahan pada saat-saat kematian") terjadi antara Bianca dan Friedrich ketika dia sedang sekarat. Bianca, rupanya, menginginkan pernikahan untuk keselamatan jiwanya dan keselamatan masa depan anak-anak mereka.[2][3] Namun pernikahan ini tidak dianggap kanonik oleh Gereja, mungkin karena fakta bahwa anak-anak Friedrich dan Bianca semuanya lahir di luar nikah.

Friedrich dan Bianca memiliki tiga orang anak bersama:

  • Costanza (1230-1307), yang menikah dengan Kaisar Nikea, Ioannis III Doukas Vatatzes, dan setelah itu namanya diubah menjadi Anna.
  • Manfredi (1232-1266), yang menggantikan ayahandanya sebagai penguasa Sisilia (awalnya sebagai pemangku takhta, sebelum merebut takhta untuk dirinya sendiri).
  • Violante (1233-1264), yang menikah dengan Richard Sanseverino, Comte Caserta.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Tidak diketahui persis kapan dia meninggal. Ada beberapa laporan yang saling bertentangan. Tanggal ini tetap hidup dalam berbagai karya referensi tetapi muncul hanya berdasarkan asumsi bahwa ia meninggal setelah kelahiran anak terakhirnya, dan sebelum pernikahan suaminya dengan istri berikutnya.

Ada laporan yang dapat dipercaya bahwa dia menikahi Friedrich ketika dia berada di ranjang kematiannya, dan bahwa putranya berusia 12 tahun saat ini. Bianca mungkin telah meninggal beberapa saat sebelum pernikahan putrinya dengan Ioannis Vatatzes pada tahun 1244.[4] Satu sumber menyatakan bahwa dia meninggal 20 tahun setelah dimulainya hubungannya dengan Friedrich, namun sumber yang sama menyatakan bahwa dia meninggal 20 tahun sebelum peristiwa yang terjadi pada tahun 1256.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Frederick II (Holy Roman Emperor), De Arte Venardi Cum Avibus, transl. & ed. Casey A Wood and F. Marjorie Fyfe, (Stanford University Press, 1961), 495.
  2. ^ Matthew of Paris, Mon. Germ. Hist. Scriptores XXVIII pp. 360-361
  3. ^ Cronica Fratris Salimbene di Adam, Ordinis Minorem, MGH SS XXXII p.349
  4. ^ By this time, Frederick II's longtime enemy, the Duke Frederick of Austria became his most important ally, and, to reinforce this new alliance, were make plans to a marriage between the Emperor and the teenager niece of the Duke, Gertrude. She refused the marriage.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Natale Ferro, "Chi fu Bianca Lancia di Agliano", in _Bianca Lancia d'Agliano, fra il Piemonte e il regno di Sicilia: Atti del convegno (Asti-Agliano, 28-29 aprile 1990)_, edited by Renato Bordone, Ricerche di storia locale 4 (Alessandria, 1992) pp 55–80. (in Italian) (Reference provided by Peter Stewart on soc.genealogy.medieval)
  • "Monumenta Germaniae Historica", using Search Term: "Salimbene, Bianca" will display: "Cronica fratris Salimbene de Adam ordinis Minorum" i.e. "The Chronicle of brother Salimbene de Adam, order of Minors"

Pranala luar[sunting | sunting sumber]