Angel Beats!

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Angel beats)
Lompat ke: navigasi, cari
Angel Beats!
Angel Beats! DVD Complete Collection cover.jpg
Sampul DVD kompilasi Angel Beats! menampilkan karakter-karakter utama (dari kiri ke kanan) Yuzuru Otonashi, Yuri Nakamura, and Angel (Kanade Tachibana)
エンジェルビーツ!
(Enjeru Bītsu!)
Genre Aksi, Drama, Fantasi, Tragedi
Novel ringan
Angel Beats! Track Zero
Pengarang Jun Maeda
Ilustrator GotoP
Penerbit ASCII Media Works
Demografi Male
Majalah Dengeki G's Magazine
Tanggal terbit November 2009Mei 2010
Volume 1
Manga
Angel Beats! The 4-koma:
Bokura no Sensen Kōshinkyoku
Pengarang Jun Maeda
Ilustrator Haruka Komowata
Penerbit ASCII Media Works
Demografi Seinen
Majalah Dengeki G's Magazine
Tanggal terbit Desember 2009Oktober 2013
Volume 4
Seri anime TV
Sutradara Seiji Kishi
Produser
  • Kenji Horikawa
  • Hiro Maruyama
  • Hironori Toba
Penulis Jun Maeda
Penggubah Jun Maeda
Anant-Garde Eyes
Studio P.A.Works
Pelisensi
Siren Visual
Sentai Filmworks
Manga Entertainment
Jaringan CBC, MBS, RKB, TBS, TUT
Tayang perdana 3 April 201026 Juni 2010
Episode 13
Manga
Angel Beats!: Heaven's Door
Pengarang Jun Maeda
Ilustrator Yuriko Asami
Penerbit ASCII Media Works
Penerbit bahasa Inggris
Seven Seas Entertainment
Demografi Seinen
Majalah Dengeki G's Magazine
Dengeki G's Comic
Majalah bahasa Inggris ComicWalker
Tanggal terbit Mei 2010 – sekarang
Volume 8
Original video animation
Angel Beats!: Stairway to Heaven
Sutradara Seiji Kishi
Studio P.A.Works
Pelisensi
Siren Visual
Sentai Filmworks
Manga Entertainment
Rilis 22 Desember 2010
Durasi 24 menit
Manga
Angel Beats! The 4-koma:
Osora no Shinda Sekai kara
Pengarang Jun Maeda
Ilustrator Haruka Komowata
Penerbit ASCII Media Works
Demografi Seinen
Majalah Dengeki G's Magazine
Tanggal terbit Desember 2013 – sekarang
Volume 1
Original video animation
Angel Beats!: Hell's Kitchen
Sutradara Seiji Kishi
Studio P.A.Works
Rilis 24 Juni 2015
Durasi 29 menit
Permainan
Pengembang Key
Penerbit VisualArt's
Genre Novel visual
Platform Windows
Rilis JP 1st beat - 26 Juni 2015
Portal Anime dan Manga

Angel Beats! (エンジェルビーツ! Enjeru Bītsu!?) adalah serial anime Jepang yang diproduksi oleh P.A. Works bersama Aniplex dan disutradarai oleh Seiji Kishi. Cerita orisinal dikonsep oleh Jun Maeda, yang juga menulis dialog dan menggubah musiknya bersama dengan grup Anant-Garde Eyes. Desain karakter oleh Na-Ga. Maeda dan Na-Ga, keduanya berasal dari perusahaan novel visual ternama, Key, yang juga memproduksi Kanon, Air, dan Clannad. Anime ini tayang di Jepang sejak 3 April hingga 26 Juni 2010. Tiga serial manga telah diserialisasi di Dengeki G's Magazine: dua diilustrasi oleh Haruka Komowata, yang mana memulai serialisasi pada Desember 2009, dan satu lagi diilustrasi oleh Yuriko Asami, yang mana memulai serialisasi pada Mei 2010.

Plot[sunting | sunting sumber]

Angel Beats! mengambil latar di sebuah SMA yang bertindak sebagai Api Penyucian, di mana para siswanya belajar untuk menghilangkan sisa-sisa beban atau penyesalan dari kehidupan sebelumnya, sebelum melanjutkan ke kehidupan setelah kematian atau reinkarnasi. Luka dan kematian tidak ada di tempat ini, walaupun orang-orang di sekolah afterlife ini masih bisa merasakan sakit atau hal lain seperti yang mereka lakukan semasa hidup, mereka juga dapat mati, namun kemudian akan tersadar kembali beberapa saat tanpa luka. Cerita ini mengisahkan tokoh utama yakni Otonashi, seorang anak yang mengalami amnesia mengenai kehidupan masa lalunya setelah mngalami kematian. Setelah kebangkitannya di akhirat ini, ia bertemu dengan seorang gadis bernama Yuri yang mengajaknya untuk bergabung dengan Shinda Sekai Sensen (SSS) (死んだ世界戦線?, Afterlife Battlefront). Sebuah organisasi yang ia dirikan untuk berperang melawan Tuhan sebagai protes atas kejamnya nasib para anggota SSS dalam kehidupan mereka sebelumnya. Dalam SSS, terdapat grup band yang beranggotakan empat gadis, dengan nama Girls Dead Monster yang bertindak sebagi pengalih perhatian saat dilakukannya misi. Terdapat pula sebuah organisasi yang disebut Guild yang memasok senjata dan perlengkapan untuk SSS. Musuh mereka satu-satunya di dunia ini adalah ketua OSIS, Angel (天使 Tenshi?), siswi dengan kekuatan supernatural yang bertempur melawan SSS. Yuri berpendapat bahwa orang yang mengikuti perintah dari Angel dan berperilaku seperti siswa normal di sekolah pada akhirnya akan menghilang dan bereinkarnasi.

Karakter pertama yang dapat memenuhi keinginannya dan menghilang adalah Iwasawa, pemimpin Girls Dead Monster. Angel, yang memiliki nama asli Kanade Tachibana, kehilangan posisinya sebagai ketua OSIS dan wakilnya Naoi yang selanjutnya diangkat menjadi ketua OSIS. Naoi menggunakan kekuatan hipnotis untuk mengendalikan NPC agar melawan SSS, tetapi Otonashi berhasil menghentikannya setelah ia mengakui keberadaan Naoi, yang kemudia bergabung dengan SSS. Otonashi mendapatkan kembali sebagian ingatannya yang hilang berkat bantuan hipnotis. Otonashi berteman dengan Kanade dan mengajaknya untuk ikut dalam aktivitas SSS. Setelah Otonashi mengingat kembali detil kehidupan dan kematiannya, ia mulai bekerja sama dengan Kanade untuk membantu anggota SSS yang lain agar berhasil menghilangkan penyesalan sebelum bereinkarnasi. Kanade kembali menjadi ketua OSIS sesuai dengan rencana Otonashi. Yui, gadis yang menggantikan Iwasawa, menjadi karakter kedua yang dapat memenuhi keinginannya dan menghilang.

Saat monster bayangan misterius mulai menyerang SSS, Takamatsu diserang dan muncul kembali sebagai sebuah NPC. Otonashi memberikan alasan atas tindakannya dan angota SSS lainnya setuju untuk menghilang dan melanjutkan ke kehidupan selanjutnya dibandingkan menjadi korban monster bayangan tersebut lalu menjadi NPC. Yuri menghancurkan komputer yang bertanggung jawab terhadap munculnya moster bayangan. Orang-orang yang masih tersisa, yaitu Otonashi, Yuri, Kanade, Hinata dan Naoi melakukan "upacara kelulusan" dimana mereka saling berterima kasih atas bantuannya selama ini. Setelah Naoi, Yuri dan Hinata menghilangkan, Otonashi mengetahui bahwa penyesalan Kanade miliki dalam kehidupannya adalah tidak dapat berterima kasih kepada Otonashi setelah menerima donor jantung darinya. Otonashi patah hati setelah Kanade berterima kasih padanya dan menghilang, karena ia jatuh cinta ada Kanade. Dalam epilog, terlihat dua orang dengan penampilan menyerupai Otonashi dan Kanade bertemu di kehidupan nyata. Sementara dalam sebuah epilog alternatif, terlihat Otonashi tetap tinggal di afterlife untuk membantu orang-orang agar dapat menghilangkan penyesalan yang mereka miliki.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter Utama[sunting | sunting sumber]

Yuzuru Otonashi (音無 結弦 Otonashi Yuzuru?)
Suara oleh: Hiroshi Kamiya[1]
Otonashi adalah protagonis utama dalam Angel Beats!. Karena masa lalunya, ia memiliki kepribadian yang peduli dan tidak ingin orang lain mengalami rasa sakit atau kesedihan. Setelah kematiannya, ia kehilangan ingatan saat ia masih hidup, tetapi kemudian dapat mengingatnya kembali. Ia memiliki seorang adik perempuan yang bernama Hatsune, yang meninggal karena sakit. Ketika adiknya meninggal, ia memutuskan untuk melanjutkan sekolah untuk menjadi dokter sebagai alasan hidupnya yang lain setelah kematian Hatsune. Namun, Yuzuru meninggal sebelum iia bisa mengikuti ujian masuk ke perguruan tinggi, tepatnya dalam kecelakaan kereta api yang terjebak dalam reruntuhan terowongan. Sebelum Otonashi meninggal, dia berniat mendonorkan seluruh organ tubuhnya setelah teringat bahwa Hatsune sebenarnya bisa sembuh apabila mendapatkan donor. Awalnya ia tidak terampil dalam menggunakan senjata apapun, kemudian ia mulai berlatih keahlian menembak. Dia membawa Glock 17.[2] Rasa cintanya kepada Kanade tumbuh seiring berjalannya cerita dan akhirnya Yuzuru menyatakan perasaanya di episode terakhir.
Yuri Nakamura (仲村 ゆり Nakamura Yuri?)
Suara oleh: Harumi Sakurai[1]
Yuri, juga dikenal sebagai Yurippe Yurippe (ゆりっぺ?). Dia memiliki kepribadian yang tekun dan penuh tekat. Dialah yang mengundang Otonashi untuk bergabung dengan SSS, sebuah organisasi ia dirikan untuk berperang melawan Tuhan. Dia cerdas dan akurat saat melaksanakan suatu operasi dan mengambil keputusan. Dia membawa sebuah Beretta 92 berwarna perak namun juga pernah menggunakan TDI Vector, CheyTac Intervention, dan M4 carbine dengan sebuah magazine drum. Tidak hanya terampil dengan senjata, namun ia juga tangguh dalam pertarungan jarak dekat. Dia bersumpah untuk berperang dengan Tuhan setelah ketiga adiknya dibunuh oleh sekumpulan perampok dan tidak pernah memaafkan dirinya sendiri karena gagal mencegah kematian mereka. Dia adalah pemimpin yang cekatan, tetapi ia sendiri tidak berpikir demikian. Dia bahkan menyesal telah bertarung dengan Kanadea, karena merasa bahwa bisa saja ia dapat berteman baik dengannya. Dia menghilang di episode terakhir.
Angel (天使 Tenshi?) / Kanade Tachibana (立華 かなで Tachibana Kanade?)
Suara oleh: Kana Hanazawa[1]
Angel adalah ketua OSIS di sekolah Afterlife. Hal ini menempatkan dirinya bertentangan dengan SSS karena tanggung jawabnya untuk menekan kenakalan dan kegiatan lain yang mengganggu kegiatan sekolah. SSS awalnya memanggilnya sebagi "Angel" karena tidak mengetahui nama aslinya. Sulit untuk memahami apa yang ia pikirkan karena dia jarang memperlihatkan emosinya. Meskipun bersikap lembut dan bertubuh kecil, dia sangat kuat dan hampir tak tersentuh. Dia menciptakan kemampuannya melalui program bernama Angel Player. Dia memiliki pribadi yang berdedikasi untuk membantu orang lain mengatasi penyesalan mereka dan membuat mereka dapat pergi dengan tenang. Dia sangat menyukai makanan mapo toufu, walaupun rasanya sangat pedas. Di akhir cerita ia menghilang setelah mendengar pernyataan cinta dari Otonashi, tetapi sepertinya mereka berdua bertemu kembali di kehidupan nyata setelah bereinkarnasi.

Shindai Sekai Sensen[sunting | sunting sumber]

Shindai Sekai Sensen (死んだ世界戦線), atau disingkat menjadi SSS atau Afterlife Battlefont adalah organisasi penentang Tuhan yang dipelopori oleh Yurippe. Namun kebodohan tingkah laku para anggotanya sering kali membuat setiap anggotanya menyadari bahwa mereka bodoh.

Karakter-karakter dalam Angel Beats! (dari kiri ke kanan): Irie, Sekine, Takamatsu, Matsushita, TK, Naoi, Otonashi, Yuri, Angel (Kanade), Noda, Hinata, Yui, Ōyama, Fujimaki, Iwasawa, Hisako, Takeyama, Shiina, dan Yusa.
Hideki Hinata (日向 秀樹 Hinata Hideki?)
Suara oleh: Ryōhei Kimura
Hinata adalah 'moodmaker' di SSS dan juga sahabat terdekat dari Yurippe. Ia juga akrab dengan Otonashi. Ia dan Yui memiliki kebiasaan saling mencela atau bahkan berkelahi satu sama lain. Namun jauh di lubuk hatinya, ia peduli pada Yui, bahkan jatuh cinta pada gadis itu. Selama hidupnya, ia adalah pemain baseball berbakat. Ia juga pelopor panggilan Yurippe karena ia tidak nyaman memanggil Yuri saja. Yuri juga adalah nama ibunya. Ia meninggal setelah tertabrak truk, namun ada hint bahwa Hinata meninggal karena sebelumnya mengonsumsi obat-obatan terlarang setelah ia frustasi atas kegagalannya dalam pertandingan prefektur. Dia 'menghilang' di episode terakhir setelah mengucapkan salam perpisahan terhadap Otonashi.
Takamatsu (高松?)
Suara oleh: Takahiro Mizushima
Takamatsu adalah siswa teladan yang memiliki kepribadian yang sopan. Badannya kekar dan terkadang sering melepaskan bajunya untuk memamerkan tubuhnya. Meski menggunakan kacamata, Yurippe tetap menanggapnya idiot. Di tengah cerita dia berubah menjadi seroang NPC karena di serang oleh Shadow namun menjelang akhir cerita dia akhirnya bisa 'menghilang' setelah sadar kalau dia bukanlah NPC biasa.
Noda (野田?)
Suara oleh: Shun Takagi
Berbeda dari anggota SSS lain, ia bertarung menggunakan halberd, sebuah kapak besar. Dia tidak akan mendengarkan siapapun, kecuali Yuri yang sangat ia sukai. Ia juga menganggap Otonashi yang sangat dekat dengan Yuri sebagai rival sepihak. Ia tidak takut untuk menyakiti atau membunuh siapapun yang menghina Yuri. Menurut banyak tokoh tingkat kebodohan Noda sudah tidak bisa diukur lagi.
Eri Shiina (椎名 枝里 Shiina Eri?)
Suara oleh: Fūko Saitō
Shiina adalah seorang kunoichi (ninja wanita) yang bertarung menggunakan kodachi dan shuriken. Ia bisa merasakan saat bahaya datang. Dibalik sifatnya yang selalu misterius, hobinya (juga kelemahannya) adalah hal-hal yang lucu seperti boneka binatang. Ia jarang bicara tapi sering kali mengatakan "asahakanari" (pikiran dangkal) jika ada yang mengatakan hal bodoh.
Yusa (遊佐?)
Suara oleh: Yui Makino
Yusa adalah operator di SSS yang menyampaikan keadaan di medan perang kepada Yuri. Gadis sopan, tenang, dan lembut dengan karakter sederhana. Seperti Angel, dia tidak mengekspresikan emosinya dan disebut menakutkan baik oleh Otonashi maupun Hinata. Dia tidak bisa tenang tanpa earphonenya. Jarang berbicara, dan sekalinya berbicara, kadang-kadang menusuk ke orang lain, meskipun dia tidak berniat seperti itu. Yusa adalah satu diantara sedikit orang yang bisa menipu Yuri.
Fujimaki (藤巻?)
Suara oleh: Yūki Masuda
Ia bertarung menggunakan sebuah Shirasaya (pedang Jepang) yang panjang. Ia sedikit sinis pada orang-orang baru seperti Otonashi tapi bukan berarti dia jahat. Berteman baik dengan Ooyama dan kelemahannya satu: tidak bisa berenang. Selain itu dia adalah orang yang berapi-api sehingga sering kali dia 'mati' di awal maupun di pertengahan operasi konyol yang diciptakan Yuri.
TK
Suara oleh: Michael Rivas
Anggota SSS yang paling misterius. Ia berbicara menggunakan bahasa Inggris atau kadang Jepang, bahkan suka menggabungkan keduanya. Anggota lain kadang tidak mengerti apa yang dia maksud. Hobinya adalah break dance yang akan dilakukannya dimana saja dan kapan saja tanpa peduli situasi. Tidak ada yang tahu nama asli atau masa lalunya tapi dia hanya mau dipanggil TK. Ia membawa Browning Hi-Power dan LAR Grizzly Win Mag atau PP-19 Bizon dan Submachine Gun selama misi. TK sepertinya cukup akrab dengan anggota lainnya ini dibuktikan ketika anggota SSS di kerubungi oleh Shadow, tanpa ragu dia menerobos untuk menolong mereka kemudian mengatakan "Knocking on the Heavens Door." yang entah kenapa sangat cocok untuk situasi tersebut.
Matsushita (松下?)
Suara oleh: Eiichirō Tokumoto
Anggota SSS kerap memanggilnya Matsuhita 5-Dan. Jago judo dan sangat mudah dibujuk dengan imbalan makanan. Ia tidak akan pernah lupa dengan utangnya (baik kebaikan atau uang) terutama jika itu adalah makanan. Ia membawa senjata berat seperti peluncur roket atau senapan mesin ke dalam pertempuran. Setelah melakukan latihan di pegunungan, ia menjadi kurus dan hampir tidak bisa dikenali lagi, satu-satunya hal yang membuatnya dikenal selain Judo dan hobi makan adalah matanya yang selalu tertutup.
Ōyama (大山?)
Suara oleh: Yumiko Kobayashi
Anak biasa tanpa bakat khusus. Tidak unggul dalam apapun dan bisa dibilang paling normal di antara yang lain. Sifatnya paling polos dan lugu. Hatinya gampang terluka jika melihat temannya "mati". Dalam misi ia kadang membawa Remington 700 atau SIG Sauer P226. Kerap mengatakan, "shimatta! wasuraretta!" yang berarti "Sial! Aku lupa!"
Takeyama (竹山?)
Suara oleh: Mitsuhiro Ichiki
Anak cerdas juga hacker di SSS. Ialah yang membuat "Briefing Manager", program yang digunakan Yuri untuk memberikan misi kepada anggota SSS. Ia selalu menegaskan agar orang lain memanggilnya "Christ" walaupun tidak ada yang menghiraukannya. Dia mencoba untuk melaksanakan semua rencana sesempurna mungkin. Dia tidak terlibat dalam pertempuran atau operasi fisik lainnya, melainkan mengumpulkan data dan informasi.
Chā (チャー?)
Suara oleh: Hiroki Tōchi
Pemimpin di Guild, sebuah tempat dimana persenjataan SSS dibuat. Meski tampak jauh lebih tua, tapi usianya sama dengan Otonashi dan yang lainnya.
Ayato Naoi (直井 文人 Naoi Ayato?)
Suara oleh: Megumi Ogata
Tadinya ia disangka sebuah NPC oleh anggota SSS. Setelah meninggal, ia mengembangkan kemampuan hiptonis, kemampuan yang memungkinkannya untuk mengendalinkan orang lain dan membuat mereka memasuki keadaan seperti dalam mimpi. Setelah disadarkan oleh Otonashi, ia bergabung dengan SSS. Ia juga wakil ketua OSIS dan selalu mengklaim dirinya adalah Tuhan. Ayato kerap mengejek anggota SSS dengan sindirannya yang sinis dengan Otonashi sebagai perkecualian. Ayato sangat mengagumi dan mengidolakan sosok Otonashi yang dianggapnya sebagai penyelamatnya. Dia seperti Hinata 'menghilang' setelah mengucapkan salam perpisaha kepada Otonashi.

Girls Dead Monster[sunting | sunting sumber]

Girls Dead Monster (GirlDeMo) adalah grup band yang digunakan oleh SSS sebagai pengalih perhatian para guru dan siswa lain selama anggota lain SSS melakukan hal-hal ilegal. Anggota GirlDeMo terdiri dari:

Masami Iwasawa (岩沢 まさみ Iwasawa Masami?)
Suara oleh: Miyuki Sawashiro
Iwasawa semula adalah pemimpin dari Girls Dead Monster yang juga sebagai vokalis dan pemain rhytm gitar. Dia juga menulis lirik dan mengkomposisi musik untuk lagu-lagu band tersebut. Dia memainkan gitar jenis Sienna Sunburst/Maple Fender Stratocaster. Pada kesehariannya dia pendiam, dan mampu menarik perhatian pendengar dengan lagu-lagunya yang mengekspresikan perasaanya. Dia menggunakan music sebagai alat melarikan diri dari kedua orangtuanya yang selalu bertengkar semasa masih hidup. Nama lengkapnya adalah Asami Iwasawa. Iwasawa adalah yang pertama kali "lulus" dari akademi ini setelah menyelesaikan penyesalannya dan menemukan jawaban atas masalahnya.
Hisako (ひさ子?)
Suara oleh: Chie Matsuura
Hisako adalah wakil ketua dalam Girls Dead Monster yang memainkan gitar Fender Jazzmaster electric guitar sebagai lead gitaris. Dia memiliki kepribadian yang jujur dan suka bermain mahjong, yang mana dia memiliki keberuntungan yang luar biasa dalam bermain. Menurut Hinata, Hisaka juga seorang yang atletis dan sangat dikagumi oleh Yui untuk permainan gitarnya.
Irie (入江?)
Suara oleh: Kana Asumi
Irie adalah drummer Girls Dead Monster yang, walaupun sudah meninggal, ketakutan jika mendengar cerita mengenai hantu atau arwah, yang sering dimanfaatkan oleh Sekine. Dia adalah teman baik dari Sekine dan bergabung dengan Girls Dead Monster pada saat yang sama dengannya. Nama lengkapnya adalah Miyuki Irie.
Sekine (関根?)
Suara oleh: Emiri Katō
Sekine memainkan G&L L-2000 bass di Girls Dead Monster. Dia sering melakukan keusilan pada orang-orang disekitarnya untuk melihat wajah kaget dari korbannya. Dia juga suka untuk tiba-tiba melakukan improvisasi saat pertunjukkan. Nama lengkapnya adalah Shiori Sekine.
Yui (ユイ?)
Suara oleh: Eri Kitamura
Yui adalah fans berat dan sebelumnya adalah asisten dari Girls Dead Monster. Dia dikenal bersifat hiperaktif dan berbicara sangat cepat. Hinata menganggap Yui mengesalkan. Alhasil mereka berdua selalu bertengkar, walaupun sesungguhya mereka benar-benar peduli satu sama lain, bahkan mengatakan bahwa jika mereka telah bertemu sebelum mati, mereka akan jatuh cinta satu sama lain. Dia mengenakan ekor iblis dan gelang berbentuk borgol, memberi dia image seorang iblis kecil. Dia juga memiliki sayap di punggungnya yang disembunyikan oleh rambutnya. Setelah kepergian Iwasawa, Yui menjadi rhytm gitaris dan vokalis baru Girls Dead Monster, juga sebagai ketuanya. Yui memainkan gitar listrik Gibson SG Special. Dia kemudian menjadi anggota utama SSS, mengikuti mereka pada saat misi, walaupun tidak berperan banyak. Yui 'menghilang' setelah mendengar pernyataan cinta dari Hinata.

Daftar episode[sunting | sunting sumber]

Episode 1 Departure
Otonashi baru saja sampai di Afterlife dan diajak bergabung dengan SSS oleh Yuri Nakamura. Setelah menyetujui ajakan tersebut Otonashi bertemu dengan musuh utama SSS, Angel (Kanade Tachibana), dan menjalani misi pertamanya: Operation Tornado.
Episode 2 Guild
SSS melakukan Operation Parasut, operasi menuju guild untuk mengambil senjata baru. Namun ternyata tidak mudah karena perangkap masih diaktifkan oleh para anggota guild.
Episode 3 My Song
Yuri memutuskan untuk menyelinap ke kamar Angel untuk menyelidiki guard skill miliknya. Karena itulah dibutuhkan pertunjukkan GirlDeMo besar-besaran agar dapat menarik perhatian semua orang. Di tengah konser tersebut, datang para guru untuk menghentikan konser tersebut. Menceritakan tentang Iwasawa di masa ketika ia masih hidup dan apa yang menjadi tujuannya selama ini.
Episode 4 Day Game
Ada seorang kandidat untuk vokalis GirlDeMo yang baru, yaitu Yui. Gadis periang (dan bodoh) yang dianggap sifatnya sangat berlawanan dengan Iwasawa yang keren dan cantik. Yuri juga memerintahkan SSS untuk ikut berpartisipasi dalam pertandingan baseball. Menceritakan tentang Hinata dan penyesalan hidupnya.
Episode 5 Favorite Flavour
Ujian akan segera dimulai dan Yuri memutuskan untuk membuat nilai Angel alias Kanade Tachibana anjlok agar ia dicopot dari jabatannya sebagai ketua OSIS dan tidak bisa bertindak apapun terhadap SSS. Terungkap bahwa Kanade menyukai makanan mapo tofu.
Episode 6 Family Affair
Otonashi mengajak Kanade makan mafo tofu berdua, berujung pada dikurungnya di ruang hukuman oleh ketua OSIS yang baru, Ayato Naoi. Yuri juga mengemukakan bahwa Naoi bukanlah NPC, melainkan manusia yang memanfaatkan kemampuan hipnotisnya dan para NPC. Yuri meminta Otonashi untuk segera keluar dari ruang hukuman dan membawa Kanade, sebelum semuanya terlambat.
Episode 7 Alive
Setelah bergabung dengan SSS, Yuri memerintahkan Naoi untuk menghipnotis Otonashi untuk mendapatkan ingatannya kembali semasa masih hidup. Setelah itu, para anggota SSS memutuskan untuk memancing di sungai. Otonashi mengajak Kanade, dan gadis itu mampu menarik ikan terbesar yang membutuhkan tenaga semua anggota SSS. Setelah berhasil menaklukan ikan raksasa tersebut, mereka membagikan ikan tersebut secara gratis pada para NPC. Yuri datang dalam keadaan luka parah karena diserang klon Kanade.
Episode 8 Dancer in The Dark
Kanade diculik oleh klon nya yang jahat. Untuk itu, Yuri mengerahkan SSS untuk menyelamatkan Kanade agar semua klon nya dapat menghilang. Namun ternyata jumlah klon Kanade jauh dari yang mereka kira.
Episode 9 In Your Memory
Kelanjutan dari "Alive", menceritakan Otonashi di ambang kematiannya. Ia juga berjanji akan membantu Kanade untuk 'meluluskan' para anggota SSS.
Episode 10 Goodbye Days
Otonashi dan Kanade memutuskan untuk 'meluluskan' Yui terlebih dahulu. Tapi ternyata cita-cita Yui tidak hanya ingin bermain dalam grup band, tapi ia juga ingin melakukan gulat dengan gaya German Suplex, memasukan bola melawan 5 orang sekaligus, juga melakukan home run di baseball. Dan ada satu lagi, yaitu menikah.
Episode 11 Change The World
Tiba-tiba Takamatsu diserang 'bayangan' sehingga menjadi NPC.
Episode 12 Knockin' on Heaven's Door
Yuri menemui seorang murid misterius di sebuah tempat misterius.
Episode 13 Graduation
Akhirnya Yuri, Otonashi, Kanade, Hinata, dan Naoi "meluluskan" diri.

Musik[sunting | sunting sumber]

Musik pada anime ini disusun oleh Maeda dan Anant-Garde Eyes. Musik dirilis pada Key Sounds Label. Lagu tema pembukanya adalah "My Soul, Your Beats!" oleh Lia dan lagu tema penutupnya adalah "Brave Song" oleh Aoi Tada. Single yang berisi kedua lagu tersebut dengan judul "My Soul, Your Beats! / Brave Song" dirilis ada 26 Mei 2010.[3] Lima single dari Girls Dead Monster, grup band yang ada dalam cerita Angel Beats ini, dirilis pada 2010. Yang pertama, "Crow Song", dirilis pada 23 April berisi lagu yang dinyanyikan oleh Marina. Single kedua dan ketiga, "Thousand Enemies" dan "Little Braver", masing-masing dirilis pada 12 Mei dan 9 Juni, dengan lagu yang dinyanyikan oleh LiSA.[3] Single keempat adalah "Last Song" oleh Marina dan yang kelima adalah "Ichiban no Takaramono (Yui final ver.)" (一番の宝物~Yui final ver.~?) oleh LiSA; keduanya dirilis pada 8 Desember. Sebuah album Girls Dead Monster berjudul Keep The Beats! dirilis ada 30 Juni 2010.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "キャスト | Angel Beats! 公式サイト" [Cast | Angel Beats! Official Website] (in Japanese). Aniplex. Diakses tanggal August 19, 2014. 
  2. ^ "Yuzuru Otonashi". Visual Style (in Japanese) (VisualArt's) 16 (Agustus 2010): 10. 
  3. ^ a b "CD" (in Japanese). Aniplex. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 April 2010. Diakses tanggal 10 April 2010. 
  4. ^ "Girls Dead Monster rare tracks" (in Japanese). Key Sounds Label. Diakses tanggal 26 Juni 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]