Amoz

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Amoz /ˈmɒz/ (bahasa Ibrani: אָמוֹץ, Modern ʼAmōṣ Tiberias ʼĀmōṣ), juga dikenal sebagai Amotz,[1] adalah ayah dari nabi Yesaya,[2] yang disebutkan dalam Yesaya 1:1; 2:1 dan 13:1, dan dalam II Raja-raja 19:2, 20; 20:1. Tidak ada hal lain yang diketahui secara pasti tentang dia.

Ada tradisi Talmud bahwa ketika nama ayah seorang nabi diberikan, sang ayah juga seorang nabi, sehingga Amoz akan menjadi seorang nabi seperti putranya. Meskipun sering disebutkan sebagai gelar patronimik Yesaya, nama Amoz tidak muncul di tempat lain dalam Alkitab. Para rabi Talmud menyatakan, berdasarkan tradisi para rabi, bahwa Amoz adalah saudara laki-laki Amazia (אמציה), raja Yehuda pada waktu itu (dan, akibatnya, bahwa Yesaya sendiri adalah anggota keluarga kerajaan). Menurut beberapa tradisi, Amoz adalah "abdi Allah"[3] dalam 2 Tawarikh 25:7-9 (Seder Olam Rabbah 20), yang memeringatkan Amazia untuk membebaskan tentara bayaran Israel yang telah dia sewa.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Strong's Concordance 531. Amots
  2. ^ "King James Bible Dictionary - Reference List - Amoz". King James Bible Dictionary (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-10-20. 
  3. ^ "Who is AMOZ? - WebBible Encyclopedia - ChristianAnswers.Net". christiananswers.net. Diakses tanggal 2021-10-20.