Agur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Unruk desa modern di Israel, lihat Agur, Israel.

Agur ben Jakeh (bahasa Ibrani: אגור בן יקה‎) adalah pengkompilasi kumpulan peribahasa yang ditemukan dalam Amsal 30, yang terkadang disebut sebagai Kitab Agur atau Firman Agur.

Catatan Alkitab[sunting | sunting sumber]

Perkataan Agur bin Yake dari Masa. Tutur kata orang itu: Aku berlelah-lelah, ya Allah, aku berlelah-lelah, sampai habis tenagaku. Sebab aku ini lebih bodoh daripada orang lain, pengertian manusia tidak ada padaku. Juga tidak kupelajari hikmat, sehingga tidak dapat kukenal Yang Mahakudus. Siapakah yang naik ke sorga lalu turun? Siapakah yang telah mengumpulkan angin dalam genggamnya? Siapakah yang telah membungkus air dengan kain? Siapakah yang telah menetapkan segala ujung bumi? Siapa namanya dan siapa nama anaknya? Engkau tentu tahu!

Status sebagai Nabi Kristen[sunting | sunting sumber]

Pertanyaan Agur "Siapa namanya dan siapa nama anaknya? Engkau tentu tahu!" dalam Amsal 30:4 ditafsirkan oleh beberapa penulis Kristen sebagai salah satu alusi dalam Perjanjian Lama tentang kedatangan Kristus, Putra Allah.[1] Sudut pandang tersebut juga ditorehkan dalam "On the Purity of The Heart" karya John Witherspoon.

Namun, Rashi menafsirkan ayat tersebut dan ayat sebelumnya (Amsal 30:3) merujuk kepada Musa.[2][3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Artikel ini memadukan teks dari Jewish Encyclopedia 1901–1906 , sebuah terbitan yang kini berada di ranah publik.
  • Dillon, E. J. (1895–1973), The Sceptics of the Old Testament: Job, Koheleth, Agur, New York: Haskell House .
  • Leo G. Perdue: Proverbs (Interpretation, a Bible Commentary for Teaching and Preaching), Westminster John Knox Press, 2000. (ISBN 0-8042-3116-8)

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The American Tract Society (c. 1800s), The Great Prophecies and Allusions to Christ in the Old Testament, diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-05-22, diakses tanggal 2008-07-18 
  2. ^ Compare Templat:Bibleverse-lb
  3. ^ Chabad.org, Proverbs Chapter 30 with Rashi Commentary, diakses tanggal 2013-03-19 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]