Ibrani modern

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Ibrani Modern
Ibrani Israel
עברית חדשה ʿivrít ḥadašá[h]
Shalom black.svg
Kasa shalom seperti yang dituliskan dalam Ibrani Modern, yang meliputi titik vowel
Dituturkan di Israel
Penutur bahasa
9,0 juta  (2014)[1]
termasuk pemakai asli, pembicara, dan non-pembicara.[2][3]
Bentuk awal
Abjad Ibrani
Braille Ibrani
Ibrani Isyarat (Ibrani lisan dijelaskan dengan isyarat)[4]
Status resmi
Bahasa resmi di
 Israel
Diatur oleh Akademi Bahasa Ibrani
האקדמיה ללשון העברית (HaAkademia LaLashon HaʿIvrit)
Kode bahasa
ISO 639-3 heb
Glottolog hebr1245[5]
{{{mapalt}}}
Wilayah yang menggunakan bahasa Ibrani:
  wilayah dimana Ibrani menjadi bahasa mayoritas
  wilayah dimana Ibrani menjadi bahasa minoritas signifikan

Bahasa Ibrani Modern, bahasa Ibrani Kiwari atau bahasa Ibrani Israel (bahasa Ibrani: עברית חדשה ʿivrít ḥadašá[h] - "Ibrani Modern" atau "Ibrani Baru"), umumnya disebut oleh para pemakainya dengan kependekannya Ibrani (עברית Ivrit), adalah bentuk standar dari bahasa Ibrani yang dipakai saat ini. Dipakai pada zaman kuno, bahasa Ibrani, sebuah bahasa Kanaan, digunakan sebagai pengucapan Yahudi melalui dialek barat Aram pada abad ketiga SM, meskipun bahasa tersebut tetap digunakan sebagai bahasa sastra dan liturgi. Bahasa tersebut bangkit sebagai bahasa yang diucapkan pada abad ke-19 dan ke-20 dan merupakan salah satu dari dua bahasa resmi di Israel, bersama dengan bahasa Arab Baku & Kiwari.

Ibrani Modern dipakai oleh sekitar sembilan juta orang, yang meliputi pemakai asli, pembicara dan non-pembicara.[2][3] Sebagian besar pemakainya adalah warga negara Israel: sekitar lima juga pemakainya adalah orang Israel yang memakai Ibrani Modern sebagai bahasa asli mereka, 1.5 juta adalah imigran di Israel, 1.5 juta adalah warga Arab di Israel, yang bahasa utamanya biasanya adalah bahasa Arab, dan satu setengah juta ekspatriat Israel atau diaspora Yahudi yang tinggal di luar Israel.

Organisasi yang secara resmi mengembangkan bahasa Ibrani Modern, di bawah hukum Negara Israel, adalah Akademi Bahasa Ibrani.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dekel 2014
  2. ^ a b Klein, Zeev (18 Maret 2013). "A million and a half Israelis struggle with Hebrew". Israel Hayom. Diakses tanggal 2 November 2013. 
  3. ^ a b Nachman Gur, Behadrey Haredim. "Kometz Aleph – Au• How many Hebrew speakers are there in the world?". Diakses tanggal 2 November 2013. 
  4. ^ Meir & Sandler, 2013, A Language in Space: The Story of Israeli Sign Language
  5. ^ Nordhoff, Sebastian; Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2013). "Ibrani". Glottolog. Leipzig: Max Planck Institute for Evolutionary Anthropology. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Rumpun bahasa Semitik Modern Templat:Rumpun bahasa Yahudi