Alternator

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Alternator awal abad-20 yang dibuat di Budapest, Hungaria, di sebuah stasiun pembangkit listrik (foto oleh Prokudin-Gorsky, 1905–1915).
Alternator terpasang pada mesin mobil

Alternator adalah peralatan elektromekanis yang mengkonversikan energi mekanik menjadi energi listrik arus bolak-balik. Pada prinsipnya, generator listrik arus bolak-balik disebut dengan alternator, tetapi pengertian yang berlaku umum adalah generator listrik pada mesin kendaraan. Alternator pada pembangkit listrik yang digerakan dengan turbin uap disebut turbo alternator.

Alternator terdiri dari 3 komponen utama yaitu rotor,stator, dan diode. Rotor untuk menghasilkan medan magnet, stator untuk menghasilkan arus listrik, dan diode untuk menyearahkan arus listrik yang dihasilkan alternator. Sementara terdapat juga komponen penunjang atau tambahan yaitu seperti brush atau sikat, bearing, dan kipas pendingin. Secara konstruksi bisa dilihat pada gambar dibawah ini:

Komponen sistem pengisian

Komponen Alternator

Cara kerja alternator

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Thompson, Sylvanus P., Dynamo-Electric Machinery, A Manual for Students of Electrotechnics, Part 1, Collier and Sons, New York, 1902
  • White, Thomas H.,"Alternator-Transmitter Development (1891-1920)". EarlyRadioHistory.us.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]