MAP sensor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Manifold Absolute Pressure Sensor (MAP sensor) merupakan salah satu sensor yang digunakan dalam sistem kontrol elektronik mesin pembakaran internal.

Mesin yang menggunakan sensor MAP biasanya bahan bakar injeksi. Manifold sensor tekanan absolut memberikan informasi tekanan manifold seketika ke unit kontrol elektronik mesin (ECU). Data tersebut digunakan untuk menghitung kepadatan udara dan menentukan laju aliran massa udara mesin, yang pada gilirannya menentukan metering bahan bakar yang diperlukan untuk pembakaran yang optimal (lihat stoikiometri) dan mempengaruhi muka atau retard timing pengapian. Sebuah mesin injeksi bahan bakar secara bergantian dapat menggunakan sensor aliran udara massa (sensor MAF) untuk mendeteksi aliran udara intake. Sebuah konfigurasi khas menggunakan satu atau yang lain, tetapi jarang keduanya.

Data sensor MAP dapat dikonversi menjadi data massa udara menggunakan metode kecepatan-kepadatan. Kecepatan mesin (RPM) dan suhu udara juga diperlukan untuk menyelesaikan perhitungan kecepatan-kepadatan. Sensor MAP juga dapat digunakan dalam aplikasi OBD II (on-board diagnostik) untuk menguji katup untuk fungsi EGR (exhaust gas recirculation), aplikasi khas di OBD II dilengkapi mesin General Motors.

Referensi[sunting | sunting sumber]