Alexis Piron

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Alexis Piron, oleh Jacques Caffieri.

Alexis Piron (9 Juli 1689 – 21 Januari 1773) adalah seorang epigramatis dan dramawan Prancis.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Ia lahir di Dijon, di mana ayahnya, Aimé Piron, adalah seorang apoteker. Piron senior menulis puisi dalam Bahasa Burgundia. Alexis memulai hidupnya sebagai klerk dan sekretaris seorang bankir, dan kemudian belajar hukum. Pada tahun 1719, ketika hampir berusia tiga puluh tahun, ia pergi ke Paris, di mana sebuah kecelakaan membawanya mendapat uang dan ketenaran. Rasa cemburu dari para aktor reguler menghasilkan sebuah perintah yang membatasi Théâtre de la Foire, atau kedai yang memiliki izin pada waktu pameran, untuk hanya satu karakter di atas panggung. Tidak ada dari penulis biasa untuk teater ini yang mau mencoba monolog-drama untuk tujuan tersebut, dan Piron berhasil besar dengan sebuah karya berjudul Arlequin Deucalion, yang menggambarkan Deucalion segera setelah Air Bah, yang bersenang-senang dengan menciptakan berbagai jenis manusia secara berturut-turut.

Pada tahun 1728, ia mempersembahkan Les Fils ingrats (yang kemudian dikenal sebagai L'Ecole des pères) di Comédie-Française. Ia mencoba tragedi dengan Callisthene (1730), Gustave Vasa (1733) dan Fernand Cortes (1744), tetapi tidak ada yang berhasil, dan Piron kembali ke komedi dengan La Metromanie (1738), di mana sang hero, Damis, menderita mania puisi.

Rekan-rekan terdekatnya pada saat itu adalah Mademoiselle Quinault, aktris, dan temannya Marie Thérèse Quénaudon, yang dikenal sebagai Mlle de Bar. Wanita ini sedikit lebih tua dari Piron dan tidak cantik, tetapi setelah dua puluh tahun kenal, ia menikahinya pada tahun 1741. Ia terpilih sebagai anggota Académie française pada tahun 1753, tetapi musuh-musuhnya mengungkit Ode à Priape tertentu, yang berasal dari masa mudanya, dan meyakinkan Louis XV untuk menginterupsi vetonya. Meskipun demikian, Piron diberi pensiun, dan selama lima puluh tahun terakhir hidupnya ia tidak pernah kekurangan. Pencapaiannya yang terbaik terletak pada epigramnya. Epitaf burlesknya untuk dirinya sendiri, di mana ia mengejek Akademi — "Ci-gît Piron qui ne fut rien/Pas même académicien" "Di sini terbaring Piron, yang tak ada apa-apanya,/Bahkan bukan anggota Akademi [Prancis]"—dikenal luas, sementara banyak lainnya sama briliannya. Friedrich Melchior, baron von Grimm menyebutnya sebagai "mesin untuk lelucon." Ia kemudian (1762) terpilih sebagai anggota Académie des Sciences, Arts et Belles-Lettres de Dijon.

Piron memublikasikan karya teater sendiri pada tahun 1758, dan setelah kematiannya, temannya dan eksekutor sastra, Rigoley de Juvigny, menerbitkan Œuvres completes-nya. M. Bonhomme memproduksi edisi kritis pada tahun 1859, yang diselesaikan oleh Poésies choisies et pièces inédites pada tahun 1879.

Piron dibandingkan dengan Si Tua dalam The Brothers Karamazov oleh Fyodor Pavlovich sebagai komplimen kecerdasan.

Referensi[sunting | sunting sumber]