Académie française

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
L'Institut de France

L'Académie française (pengucapan bahasa Prancis: [lakademi fʁɑ̃sɛz]), juga disebut Akademi Bahasa Prancis, adalah lembaga terpelajar Prancis yang menangani segala hal tentang bahasa Prancis. Akademi ini secara resmi didirikan tahun 1635 oleh Kardinal Richelieu, menteri kepala untuk Raja Louis XIII.[1] Lembaga ini dibubarkan tahun 1793 ketika Revolusi Prancis, tetapi dibentuk kembali tahun 1803 oleh Napoleon Bonaparte.[1] Akademi ini adalah yang tertua di antara lima académies milik Institut de France.

Akademi ini terdiri dari empat puluh anggota yang disebut sebagai immortels (orang-orang abadi).[2] Anggota-anggota baru dipilih oleh anggota Académie itu sendiri. Para akademisi menjabat seumur hidup, tetapi dapat dipecat karena penyalahgunaan jabatan. Lembaga ini memiliki peranan sebagai otoritas resmi bahasa Prancis; tugasnya adalah menerbitkan kamus bahasa Prancis resmi. Peraturannya hanya bersifat saran, tidak memihak pada publik atau pemerintah.

Anggota saat ini[sunting | sunting sumber]

Anggota Académie française saat ini diurutkan menurut nomor kursi:

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b . Académie Française official website http://www.academie-francaise.fr/histoire/index.html. Diakses tanggal 2010-01-13.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  2. ^ . Académie Française official website http://www.academie-francaise.fr/immortels/index.html. Diakses tanggal 2010-01-13.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]