Comédie-Française

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Comédie-Française
Théâtre de la République
Théâtre-Français
Alamat2 rue de Richelieu,
arondisemen pertama
Paris
Koordinat48°51′49″N 2°20′10″E / 48.8635°N 2.3362°E / 48.8635; 2.3362Koordinat: 48°51′49″N 2°20′10″E / 48.8635°N 2.3362°E / 48.8635; 2.3362
Kapasitas1.100
Konstruksi
Dibuka1680 (Comédie-Française didirikan)
1790 (Salle Richelieu dibuka)
1799 (Comédie-Française pindah ke Salle Richelieu)
Dibangun kembali1900
ArsitekVictor Louis
Situs web
www.comedie-francaise.fr
Comédie-Française, akhir abad ke-18
Tampilan Interior, akhir abad ke-18

Comédie-Française (pengucapan bahasa Prancis: [kɔmedi fʁɑ̃sɛz]) atau Téâtre-Français (IPA: [teatʁə fʁɑ̃sɛ]) adalah salah satu dari teater negara di Prancis dan dianggap sebagai teater tertua yang masih aktif di dunia. Teater ini satu-satunya teater negara yang memiliki kelompok aktor sendiri. Venue utamanya adalah Salle Richelieu. Teater ini adalah bagian dari kompleks Palais-Royal dan berada di 2 rue de Richelieu.

Teater ini juga telah dikenal sebagai Théâtre de la République dan La maison de Molière (bahasa Indonesia: Rumah Molière). Nama teater ini diambil dari nama kelompok dramawan yang paling terkenal yang berasosiasi dengan Comédie-Française, Molière. Ia dianggap sebagai pelindung kalangan aktor Prancis. Ia meninggal tujuh tahun sebelum "La maison de Molière" diubah menjadi "Comédie-Française" dan teater itu terus lebih populer dikenal dengan nama sebelumnya, bahkan setelah berubah nama secara resmi.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pojok yang menjadi ikon, pintu masuk ke Salle Richelieu, 2009.

Comédie-Française didirikan berdasarkan keputusan Louis XIV pada tanggal 8 Agustus 1680 untuk menggabungkan dua kelompok peran Paris pada saat itu, yaitu Teater Guénégaud dan Hôtel de Bourgogne. Saat kematian Molière pada tahun 1673, kelompok di Guénégaud telah dibentuk dengan menggabungkan Théâtre du Marais dan Troupe de Molière.[2] Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa Comédie-Française memiliki tradisi tidak terputus dengan Molière dan memiliki teater koneksi selama lebih dari satu abad sebelum kematian sang dramawan besar.[1] Pada tahun 1680, ditampilkan repertoar yang terdiri atas koleksi karya teatrikal Molière dan Jean Racine, bersama dengan beberapa karya Pierre Corneille, Paul Scarron, dan Jean Rotrou. Dua tahun setelah penggabungan perusahaan-perusahaan drama, mereka menerima hibah kerajaan £12.000 per tahun dan tujuh tahun kemudian mereka mengambil sebutan "para pemain Comédie Française" sebagai nama mereka.[1]

Pada abad ke-18, Comédie-Française sering dinikmati oleh para bangsawan Prancis, karena tarif menonton di teater itu mahal.

Pada penampilan drama anti-monarki Charles IX karya Marie-Joseph Chénier tahun 1789, diskusi politik yang keras muncul di antara para pemain dan pada akhirnya mereka terpisah menjadi dua bagian, yaitu kelompok Republik, di bawah pimpinan pelakon muda Talma, membentuk sebuah teater baru dengan nama "Théâtre de la République," di situs yang saat ini adalah bangunan di Rue de Richelieu, sedangkan kelompok Royalis mengambil nama "Théâtre de la Nation".[2] Pada tanggal 3 September 1793, saat Revolusi Prancis, Théâtre de la Nation ditutup berdasarkan perintah Komite Keselamatan Publik atas dugaan menghasut publik melalui drama Pamela dan para pemerannya dipenjara meskipun mereka dibebaskan secara bertahap nantinya. Pada tanggal 31 Mei 1799, pemerintah baru membuka kembali salle Richelieu dan memungkinkan para aktor untuk menyusun kembali kelompoknya.

Comédie-Française sekarang memiliki repertoar dari 3.000 karya dan ada tiga teater di Paris (salle Richelieu, di samping Palais Royal; théâtre du Vieux Colombier; Studio-Théâtre).

Bangunan teater[sunting | sunting sumber]

Comédie-Française telah memiliki beberapa tempat sejak awal berdiri. Pada tahun 1689, teater ini didirikan berseberangan dengan Café Procope. Odéon dirancang oleh arsitek Marie-Joseph Peyre (1730-1785) dan Charles De Wailly (1730-1798). Sejak tahun 1770 hingga 1782, Comédie memberikan penampilan di teater di istana kerajaan Tuileries.[1] Sejak tahun 1799, Comédie-Française bermarkas di salle Richelieu (karya arsitek Louis Victor) di 2, rue de Richelieu. Teater ini diperbesar dan dimodifikasi pada tahun 1800-an, kemudian dibangun kembali pada tahun 1900 setelah mengalami kebakaran parah.

Kelompok teatrikal[sunting | sunting sumber]

Keanggotaan kelompok teatrikal ini dibagi menjadi "sociétaires" dan "pensionnaires." Kelompok pertama adalah anggota reguler organisasi dan setelah 20 tahun mengabdi menerima pensiun, sedangkan kelompok kedua adalah para aktor yang dibayar yang mungkin, setelah masa bakti tertentu, menjadi anggota "sociétaires." Nama-nama hampir semua aktor dan dramawan besar Prancis, pada beberapa waktu dalam karier mereka, pernah berasosiasi dengan Comédie-Française.[1]

Administrator Comédie-Française[sunting | sunting sumber]

Kepala administrator Comédie-Française diberi gelar administrateur général sejak Simonis memegang jabatan itu tahun 1850. Sebelum itu, diberikan berbagai gelar.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e Wikisource-logo.svg Rines, George Edwin, ed. (1920). "Comédie Française". Encyclopedia Americana. 
  2. ^ a b Wikisource-logo.svg "Comédie Française". New International Encyclopedia. 1905. 

Referensi[sunting | sunting sumber]

Sumber lain
  • Laugier, Eugène (1853). Dokumen historiques sur la Comédie-Française pendant le règne de S. M. l'empereur Napoléon Ier. Paris: Firmin-Didot. Salinan 1, 2, dan 3 di Internet Archive.
  • Maurice, Charles (1860). Le Théâtre-Français, monumen et dépendances, edisi kedua, revisi, dan diperbesar. Paris: Garnier. Salinan 1 dan 2 di Internet Archive.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]