Aiyaary

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Aiyaary
Berkas:Aiyaary - Poster.jpg
Theatrical release poster
SutradaraNeeraj Pandey
Produser
PenulisNeeraj Pandey
BerdasarkanAdarsh Housing Society scam
Pemeran
MusikSkor:
Sanjoy Chowdhury
Lagu:
Rochak Kohli
Ankit Tiwari
SinematografiSudheer Palsane
PenyuntingPraveen Kathikuloth
Perusahaan
produksi
DistributorReliance Entertainment
Tanggal rilis
  • 16 Februari 2018 (2018-02-16)
Durasi
160 menit [1]
NegaraIndia
BahasaHindi
Anggaran65 crore[2]
Pendapatan kotor34.07 crore[3]

Aiyaary (Bahasa Indonesia: Menyamar)[4] adalah film Aksi Thriller India tahun 2018[5][6] yang ditulis dan disutradarai oleh Neeraj Pandey.[7] Diproduksi oleh Shital Bhatia, Dhaval Gada & Motion Picture Capital dan didistribusikan oleh Reliance Entertainment, Plan C Studios, Friday Filmworks & Pen India Limited. Film ini menampilkan Sidharth Malhotra, Manoj Bajpayee, Rakul Preet Singh, Pooja Chopra, Adil Hussain, Kumud Mishra, Naseeruddin Shah dan Anupam Kher. Terinspirasi oleh Adarsh Housing society scam,[8] narasi film berpusat di sekitar hubungan antara seorang kolonel dan anak didiknya yang terkena dampak ketika yang terakhir menjadi kecewa setelah mendengar percakapan dan pergi nakal dengan data sensitif terkait dengan organisasi terselubungnya, mendorong sang kolonel berpacu melawan waktu dan memburunya.

Setelah tanggal rilis dijadwalkan kembali dari 26 Januari hingga 9 Februari menjadi satu minggu lagi,[9] dirilis pada 16 Februari 2018.[10][11]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Suatu hari saat melakukan pengawasan Telepon di Blok Selatan, New Delhi, Mayor Jai Bakshi (Sidharth Malhotra), seorang perwira unit operasi khusus DSD (Data & Systems Diagnostics), sengaja mendengar seorang perwakilan dari lobi Senjata India Letnan Jenderal Gurinder Singh (Purnama) (Kumud Mishra), seorang mantan perwira Angkatan Darat, berusaha menyuap kepala Angkatan Darat Pratap Malik (Vikram Gokhale), atas nama perusahaan Ceko, dengan tawaran USD 2,5 juta. Pratap dengan datar menolak dan menolak tawaran itu. Ini membuat marah Gurinder, yang pada gilirannya mengancam untuk mengekspos keberadaan DSD kepada masyarakat umum. Ini membuat Jai mencurigai sebuah penipuan besar yang melibatkan Angkatan Darat India. Setelah 2 bulan pengawasan terus-menerus, ia pergi nakal bersama pacarnya Sonia, seorang pakar cyber (Rakul Preet Singh), dan melarikan diri ke London. Kapten Maya (Pooja Chopra) memberi tahu Kolonel Abhay Singh (Manoj Bajpayee), ketua tim mereka dan mentor Jai, tentang bajingan Jai yang sedang pergi dan pencurian data yang sangat sensitif dari Kantor DSD. Abhay mengaktifkan jaringan intelijennya dan meluncurkan perburuan untuk Jai, akhirnya mengetahui tentang pelarian Jai bersama Sonia. Dia menyerang rumah Jai tetapi tidak menemukan apa pun. Selama ini, seorang petugas khusus yang menyelidiki Brigjen. K Srinivas, memata-matai gerakan Abhay dan terus melaporkannya ke Gurinder. Namun Abhay mengakali Srinivas dan berhasil melarikan diri, dan DSD memindahkan kantor mereka ke lokasi yang dirahasiakan. Melihat rencananya menangkap Abhay gagal, Gurinder menghubungi seorang jurnalis berpengaruh, Kamya, dan memberinya informasi sensitif, yang mengungkap rahasia tentara.

Sementara semua ini terjadi, Jenderal Malik bertemu Abhay dan menginformasikan tentang penghentian DSD, keterlibatan Asing dalam Kesepakatan Pertahanan India dan keterlibatan Letnan Gen Gurinder Singh dengan dealer Senjata Mukesh Kapoor (Adil Hussain) yang berbasis di London yang kuat di London. siapa penyebab utama di balik semua kegagalan ini. Abhay berjanji akan mengekspos para pelaku untuk melindungi integritas Angkatan Darat India. Setelah pertemuan, dengan Srinivas masih melacaknya, Abhay menuju ke kantor DSD, di mana ia memberi tahu timnya bahwa mereka telah ditolak, dengan Pemerintah menyangkal keberadaan mereka. Abhay dan Maya memperingatkan semua sumber mereka dan memerintahkan mereka untuk tidak menonjolkan diri, untuk menghindari deteksi. Abhay terbang ke London, untuk mengejar Jai, sementara anggota DSD tetap di India.

Di London, Jai memanggil dan mengancam Gurinder dalam menegosiasikan kembali kesepakatan, mengungkapkan bahwa ia telah menyadap rumah Gurinder. Gurinder yang ketakutan dengan enggan menyetujui dan mentransfer uang itu ke rekening Jai. Abhay tiba di London dan dengan bantuan Tariq Bhai (Anupam Kher), seorang imigran yang berbasis di London dan seorang perantara untuk agen-agen Intelijen, berupaya untuk menemukan Jai dan Sonia, tetapi gagal dan sebaliknya memperingatkan Jai. Abhay yang putus asa bertemu dengan Mukesh Kapoor dan memberitahunya tentang Jai yang memiliki data sensitif yang berbahaya yang berbahaya bagi bisnisnya dan dengan demikian memintanya untuk menghilangkan Jai, selain mengungkapkan penguasaan Gurinder oleh DSD. Namun, Abhay memberi tahu Sonia tentang ancaman terhadap kehidupan Jai dan memerintahkannya untuk memikatnya ke lokasi yang dirahasiakan. Pertemuan tetap Jai dengan perwira MI-6 berakhir dengan baku tembak menewaskan dua agen. Seorang Jai yang terluka berhasil sampai ke tempat Abhay dan Sonia menunggunya. Abhay mencemoohnya sebagai pengkhianat yang membenarkan tindakannya dan memanggil generasi tua yang bertanggung jawab atas korupsi besar-besaran di India. Dia lebih lanjut mempertanyakan warisan yang generasi tua rencanakan untuk pergi bagi pemuda, sehingga memaksa Abhay untuk setuju dengannya.

Merasa ditipu, Mukesh mengambil sandera Tariq Bhai dan berencana untuk mengeksekusinya, tetapi berhenti ketika Jai ​​memberitahunya bahwa ia akan menyerahkan semua informasi sensitif mengenai penawaran dan permintaan Mukesh Kapoor untuk pertemuan pribadi. Mukesh, menyadari bahwa Abhay masih memiliki Gurinder Singh, dengan enggan setuju. Jai memberi tahu Abhay tentang penipuan penipuan perumahan tentara besar di Mumbai, yang melibatkan Gurinder Singh dan Menteri Pertahanan. Dia lebih lanjut mengatakan bahwa satu-satunya saksi mata untuk seluruh penipuan, seorang penjaga bernama Baburao Shastri (Naseeruddin Shah) disembunyikan oleh Jai di sebuah hotel kecil di Paharganj, Delhi. Abhay bertemu Baburao, mencatat pernyataannya dan memberikannya pada Kamya, yang kebetulan adalah mantan pacarnya. Dia memutuskan untuk menjalankan cerita Abhay bukan cerita Gurinder, sehingga memutuskan untuk mengekspos penipuan perumahan menteri.

Sementara itu, Brig. Srinivas akhirnya menangkap semua anggota DSD dan membebaskan Gurinder, tetapi pada gilirannya DSD dibebaskan dari semua kejahatan dan penipuan perumahan terungkap. Gurinder Singh, diliputi ketakutan dan rasa bersalah, menembak dirinya sendiri sampai mati.

Dua bulan kemudian Jai kembali bekerja untuk DSD memutuskan untuk tidak memberikan informasi apa pun kepada Mukesh.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Film ini diumumkan pada bulan April 2017. Ini diambil di Delhi, London, Kashmir, Kairo, Agra dan banyak lagi. Aiyaary disutradarai oleh Neeraj Pandey.

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Aiyaary
Album soundtrack karya Rochak Kohli, Ankit Tiwari
Dirilis1 Februari 2018 (2018-02-1)[12]
GenreFeature film soundtrack
Durasi13:12
BahasaHindi
LabelZee Music Company
Kronologi Rochak Kohli
Monsoon Shootout
(2017)
Aiyaary
(2018)
Sonu Ke Titu Ki Sweety
(2018)
Kronologi Ankit Tiwari
Baadshaho
(2017)
Aiyaary
(2018)
Lover
(2018)
Audio luar
AUDIO JUKEBOX di YouTube

Musik film ini disusun oleh Rochak Kohli dan Ankit Tiwari sementara liriknya ditulis oleh Manoj Muntashir. Skor latar belakang disusun oleh Sanjoy Chowdhury. Lagu-lagu tersebut dinyanyikan oleh Sunidhi Chauhan, Palak Muchhal, Ankit Tiwari, Amit Mishra, Neha Bhasin dan Rochak Kohli. Lagu pertama dari film ini, Lae Dooba yang dinyanyikan oleh Sunidhi Chauhan dirilis pada tanggal 29 Desember 2017. Lagu kedua dari film, Yaad Hai yang dinyanyikan oleh Palak Muchhal dan Ankit Tiwari dirilis pada 17 Januari 2018. Lagu ketiga dari film yang akan dirilis adalah Shuru Kar yang dinyanyikan oleh Amit Mishra, Neha Bhasin dan Rochak Kohli dan dirilis pada 25 Januari 2018. Album musik film ini mencakup 3 lagu dan dirilis pada 1 Februari 2018 di YouTube oleh Zee Music Company.

Track listing
No.JudulMusikPenyanyiDurasi
1."Lae Dooba"Rochak KohliSunidhi Chauhan3:49
2."Yaad Hai"Ankit TiwariPalak Muchhal, Ankit Tiwari5:20
3."Shuru Kar"Rochak KohliAmit Mishra, Neha Bhasin & Rochak Kohli4:03
Durasi total:13:12

Rilis[sunting | sunting sumber]

Film ini awalnya dijadwalkan akan dirilis pada 26 Januari 2018 tetapi ini dipindahkan untuk menghindari perselisihan dengan Padmaavat. Film ini kemudian dijadwalkan akan dirilis di seluruh dunia pada 9 Februari 2018.[13] but was later postponed to 16 February 2018.[14]

Pasca rilis teater, film ini dirilis di DVD oleh Reliance Home Video & Games. Hak satelit diamankan oleh Star Gold sementara hak streaming digital dialihkan ke Netflix, di mana film ini dirilis tanpa sensor.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Di situs agregator ulasan Rotten Tomatoes, film ini memiliki skor busuk sebesar 40% berdasarkan 5 ulasan dengan nilai rata-rata 4,8 / 10.[15] based on 14 reviews.

Alaka Sahani dari Indian Express memberi film tersebut peringkat 2,5 bintang dari 5 dan mengatakan bahwa "Meskipun film ini mengumpulkan para pemain ensembel yang mengesankan yang terdiri dari beberapa aktor terbaik kami, butuh banyak waktu untuk membangun karakter. Seorang veteran di film Neeraj Pandey, Manoj Bajpayee membawa film di atas bahunya."[16] Bollywood Hungama memberi film ini peringkat 2 bintang dari 5 dan menulis "Secara keseluruhan, AIYAARY kehilangan tanda dan merupakan kekecewaan besar pada akun skrip cacatnya dan runtime yang panjang. Di box office, itu akan menjadi ongkos yang mengecewakan."[17] Saibal Chatterjee dari NDTV mengkritik film yang mengatakan bahwa, "Aiyaary, koma dan berbelit-belit, seperti seorang pasien yang didorong dengan tandu dan dinyatakan meninggal pada saat kedatangan. Ia tidak pernah berhasil bangkit dan masuk ke dalam Saunter, apalagi sprint." dan memberi film ini peringkat 1,5 bintang dari 5.[18] Rohit Vats of Hindustan Times memberi film ini peringkat 1 bintang dari 5 dan mengatakan bahwa, "Aiyaary ditulis dengan sketsa dan tidak menarik. Ia menguji kesabaran bahkan jika Anda adalah penggemar genre.."[19]

Shrishti Negi dari News 18 memberi film tersebut peringkat 1,5 bintang dari 5 dan mengatakan bahwa, "Tidak seperti film-film Pandey lainnya, ada omong kosong tentang kerataan di Aiyaary. Terlepas dari beberapa adegan, film ini tampaknya menjadi dibangun secara acak dan gagal membangkitkan sensasi apa pun."[20]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Aiyaary". BBFC. 
  2. ^ "Aiyaary box office collection: Siddharth Malhotra sulks yet again". 
  3. ^ https://www.bollywoodhungama.com/movie/aiyaary/box-office/
  4. ^ "Sidharth Malhotra on working with Neeraj Pandey, Manoj Bajpayee in Aiyaary: It's a film I'm very proud to be part of- Entertainment News, Firstpost". 
  5. ^ "Aiyaary (2018) - Neeraj Pandey - Synopsis, Characteristics, Moods, Themes and Related - AllMovie". AllMovie. 
  6. ^ "Neeraj Pandey's action-thriller Aiyaary is based on Adarsh Scam - NewsX". 8 February 2018. 
  7. ^ "Aiyaary Trailer — Neeraj Pandey". YouTube. 
  8. ^ "Big relief for Aiyaary! SC rejects Adarsh society plea to stay Neeraj Pandey film's release", Financial Express, 16 February 2018 
  9. ^ "The Real Reason Why Aiyaary Rescheduled Its Release Date". 
  10. ^ Hungama, Bollywood (17 February 2018). "Box Office: Worldwide collections and day wise break up of Aiyaary - Bollywood Hungama". 
  11. ^ "Just like the movies, audience remains unpredictable". The Hans India. 
  12. ^ "Aiyaary (Original Motion Picture Soundtrack)". iTunes. 
  13. ^ "BREAKING: Sidharth Malhotra – Manoj Bajpayee starrer Aiyaary shifted to February 9". Bollywood Hungama. 8 January 2018. Diakses tanggal 9 January 2018. 
  14. ^ "Aiyaary misses the mark and is a huge letdown". Bollywood Hungama. 
  15. ^ "Aiyaary: Rotten Tomatoes". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal 2018-03-05. 
  16. ^ "Aiyaary movie review: Manoj Bajpayee carries the film on his shoulders". The Indian Express. 
  17. ^ "Movie Review: Aiyaary misses the mark and is a huge letdown". Bollywood Hungama. 
  18. ^ "Aiyaary Movie Review: Below-Par Sidharth Malhotra Stars In Comatose Film". NDTV. 
  19. ^ "Aiyaary movie review: Manoj Bajpayee, Sidharth Malhotra film reminds you of TV show CID". Hindustan Times. 
  20. ^ "Aiyaary Movie Review: Manoj Bajpayee Rescues The Film From Sidharth Malhotra". News 18. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]