Sidharth Malhotra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sidharth Malhotra
Lahir16 Januari 1985 (umur 34)
Bendera India Delhi, India
PekerjaanAktor
Tahun aktif2003–sekarang
Tinggi1,83 cm (12 in)
Orang tuaRimma Malhotra
Sunil Malhotra

Sidharth Malhotra (lahir di Delhi, India, 16 Januari 1985; umur 34 tahun) adalah seorang aktor India dan mantan model yang tampil di film- film Bollywood . Malhotra memulai karirnya sebagai model pada usia 18 tahun. Tidak puas dengan profesinya, ia kemudian bekerja sebagai asisten direktur Karan Johar dalam film 2010 My Name is Khan. Dia membuat debut aktingnya dengan peran utama dalam film drama komedi Johar (2012), yang mendapat penghargaan Filmfare Award untuk kategori Best Male Debut.

Malhotra memainkan seorang calon pengusaha dalam drama komedi kritis Hasee Toh Phasee pada tahun 2014, yang kemudian dibintangi sebagai penjahat yang mengeras dalam film thriller romantis Ek Villain (2014) dan seorang penulis calon dalam drama keluarga Kapoor & Sons (2016). Dua peringkat terakhir di antara film terlaris Malhotra, dengan jumlah kotor di seluruh dunia yang mencapai lebih dari ₹ 1 miliar (US $ 16 juta).

Hidup dan karier[sunting | sunting sumber]

Awal kehidupan dan debut film[sunting | sunting sumber]

Lahir di Delhi , menjadi keluarga Punjabi, kepada Sunil, mantan kapten di Merchant Navy, dan Rimma Malhotra, seorang ibu rumah tangga. Ia dididik di Sekolah Don Bosco Delhi dan Birla Vidya Niketan, New Delhi, dan kemudian bersekolah di Shaheed Bhagat Singh College. Pada usia 18 tahun, Malhotra mulai modeling. Meski berhasil, ia memutuskan untuk berhenti setelah empat tahun karena merasa tidak puas dengan profesinya.

Tertarik untuk mengejar karier akting, ia berhasil mengikuti audisi untuk sebuah film yang akan disutradarai oleh Anubhav Sinha. Namun, film tersebut dipecat, menyusul mana ia bekerja sebagai asisten direktur Karan Johar pada film 2010 My Name is Khan. Pada tahun 2012, Malhotra membuat debut aktingnya dengan Student of the Year Johar bersama Varun Dhawan dan Alia Bhatt. Dia dilemparkan sebagai Abimanyu Singh, seorang siswa beasiswa dengan sarana keuangan terbatas, yang bersaing dengan teman baiknya Rohan (diperankan oleh Dhawan) untuk memenangkan kejuaraan sekolah tahunan. Kritikus film Rajeev Masand dari CNN-IBN menganggap penampilan Malhotra sebagai "sungguh-sungguh", menambahkan bahwa dia memiliki "kehadiran yang menyenangkan." Student of the Year sukses secara finansial, meraup 700 juta dolar (US $ 11 juta) di dalam negeri.

Malhotra kemudian berpasangan dengan Parineeti Chopra dan Adah Sharma untuk komedi romantis Hasee Toh Phasee (2014), yang menceritakan kisah cinta seorang ilmuwan yang menyalahgunakan obat terlarang dan seorang pengusaha bercita-cita yang kurang percaya. Mohar Basu dari Koimoi menemukan penampilannya untuk "terkendali" dan menggambarkan chemistry-nya dengan Chopra sebagai "hidup" dan "tulus"; Saibal Chatterjee dari NDTV memuji kehadiran layarnya dan membandingkannya dengan karya awal Amitabh Bachchan. Film ini tampil cukup baik di box office, dengan pendapatan global sebesar ₹ 620 juta (US $ 9,6 juta).

Ek penjahat dan seterusnya (2014 - sekarang)[sunting | sunting sumber]

Pelepasan kedua Malhotra tahun 2014 adalah film thriller romantis Mohit Suri yang didominasi Ek Villain. Malhotra dilemparkan sebagai Guru, seorang penjahat mengeras yang istrinya yang sakit parah (diperankan oleh Shraddha Kapoor) dibunuh oleh seorang pembunuh berantai (diperankan oleh Riteish Deshmukh). Shubhra Gupta dari The Indian Express mengulas: "Sidharth Malhotra ditonton bahkan jika dia memiliki waktu yang sulit melakukan ancaman - dia sepertinya sangat baik dan sehat sepanjang waktu, bahkan saat dia sedang mengunyah tulang belulang." Film ini umumnya dianggap menjiplak dari film Korea I Saw the Devil, walaupun Suri menolak tuduhan tersebut. Film ini akhirnya muncul sebagai sukses komersial besar dengan pendapatan domestik lebih dari ₹ 1 miliar (US $ 16 juta). Pertunjukan box office dari film tersebut menjadikan Malhotra sebagai salah satu yang paling sukses di antara generasi baru aktor Bollywood.

Pada tahun 2015, Malhotra muncul dalam pemutaran ulang film Hollywood Warrior (2011), yang berjudul Brothers, disutradarai oleh Karan Malhotra dan dibintangi oleh Akshay Kumar, Jacqueline Fernandez dan Jackie Shroff. Meskipun ada ekspektasi tinggi dari para analis perdagangan, film tersebut mendapat ulasan negatif dan kurang dilakukan di box office. Namun, rilisan berikutnya, drama keluarga Shakun Batra yang terinspirasi Kapoor & Sons, terbukti sukses secara kritis dan komersial. Menampilkan pemeran ensemble termasuk Rishi Kapoor, Ratna Pathak Shah, Rajat Kapoor, Fawad Khan, dan Alia Bhatt, film ini menceritakan tentang dua saudara laki-laki dengan kepribadian yang kontras (Malhotra dan Khan) yang pulang ke rumah untuk disfungsional mereka. Keluarga setelah kakek mereka menderita serangan jantung. Seorang reviewer untuk India Today berpikir bahwa Malhotra dibayangi oleh Khan dalam film tersebut, meskipun Namrata Joshi dari The Hindu menulis bahwa "dia memegang dirinya sendiri dengan kehadirannya yang solid dan pandangan yang rentan".

Pada tahun 2016, Malhotra membintangi sebagai matematikawan yang melakukan perjalanan dalam waktu, sehingga belajar nilai kehidupan keluarga, dalam komedi romantis Baar Baar Dekho, yang dibintangi oleh Katrina Kaif. Dia sedang syuting film aksi komedi tanpa judul dengan Jacqueline Fernandez dari direktur duo Raj Nidimoru dan Krishna DK, dan juga telah berkomitmen untuk bersatu kembali dengan Bhatt dalam romansa Aashiqui 3, yang akan menandai kolaborasi keduanya dengan sutradara Mohit Suri. Selain itu, Malhotra akan membintangi remake 2017 dari film misteri 1969 Ittefaq, di seberang Sonakshi Sinha.

Pekerjaan lainnya[sunting | sunting sumber]

Selain berakting di film, Malhotra adalah endorser beberapa merek dan produk, seperti Coca-Cola, Corneto, dan American Swan. Dia juga melakukan pekerjaan amal. Pada tahun 2013, Malhotra tampil di sebuah acara bersama Varun Dhawan, Alia Bhatt, Aditya Roy Kapur, Shraddha Kapoor dan Huma Qureshi untuk mengumpulkan dana bagi korban banjir Uttarakhand. Ia berkolaborasi dengan PETA untuk sebuah kampanye untuk menciptakan kesadaran tentang anjing. Pada bulan Agustus 2016, dia tampil di berbagai kota di Amerika Serikat sebagai bagian dari tur "Dream Team 2016", yang juga menampilkan sesama aktor Alia Bhatt, Varun Dhawan, Katrina Kaif, Parineeti Chopra, dan Aditya Roy Kapur, juga Sebagai pembuat film Karan Johar dan rapper Badshah.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Kunci
Films that have not yet been released Menunjukkan film yang belum dirilis
Tahun Film Peran Catatan
2010 My Name Is Khan Asisten Direktur
2012 Student of the Year Abhimanyu Singh Akting debut
2014 Hasee Toh Phasee Nikhil Bharadwaj
2014 Ek Villain Guru Pratap Singh / Dipu
2015 Brothers Monty Fernandez
2016 Kapoor & Sons Arjun Kapoor
2016 Baar Baar Dekho Jai Varma
2017 A Gentleman Films that have not yet been released Gaurav Pasca produksi
2017 Ittefaq Films that have not yet been released Vikram Pembuatan film[1]
2018 Aiyaary Films that have not yet been released TBA Pembuatan film[2]

Awards and nominations[sunting | sunting sumber]

Tahun Film Penghargaan Kategori Hasil
2012 Student of the Year BIG Star Entertainment Awards Most Entertaining Actor (Film) Debut—Male Nominasi[3]
2013 ETC Bollywood Business Awards Most Profitable Debut (Male) Nominasi[4]
Filmfare Awards Best Male Debut Nominasi[5]
Screen Awards Most Promising Newcomer—Male Nominasi[6]
Stardust Awards Most Promising Debut Male Menang[7]
Superstar of Tomorrow—Male Nominasi[8]
Star Guild Awards Best Male Debut Nominasi[9]
Times of India Film Awards Best Debut—Male Nominasi[10]
South Africa India Film and Television Awards Debut Actor of the Year—Male Menang[11]
2014 Hasee Toh Phasee BIG Star Entertainment Awards Most Entertaining Actor in a Romantic Film – Male Menang[12]
2014 N/A BIG Star Entertainment Awards Entertainer of the Year (shared with Alia Bhatt) Menang[13]
2014 Ek Villain Stardust Awards Superstar of Tomorrow – Male Nominasi[14]
2014 BIG Star Entertainment Awards Most Entertaining Actor in a Thriller Film – Male Nominasi[15]
2015 Screen Awards Best Actor – Popular Choice Nominasi[16]

Penghargaan lainnya[sunting | sunting sumber]

  • 2014: Times of Most Desireable Men of 2013 #11
  • 2013: Waktu Pria Paling Diinginkan di India pada 2012 #12
  • 2013: The Times of Hotlist India Paling Menjanjikan Pendatang Baru 2012 :#3
  • 2013: The Times of India 50 Hunks Cantik di 100 tahun Cinema India :#27
  • 2014: Penghargaan Kecantikan Vogue Paling Cantik

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "'Ittefaq' remake: Sonakshi Sinha and Siddharth Malhotra starts shooting, Shah Rukh Khan gives thumbs-up". ABP News. Diakses tanggal 23 February 2017. 
  2. ^ Aiyaary motion poster: Sidharth Malhotra, Manoj Bajpayee and Neeraj Pandey’s film looks gritty, see pic
  3. ^ "3rd Annual BIG Star Entertainment Awards Nominations". Diakses tanggal 17 December 2012. 
  4. ^ "Nominations announced for ETC Bollywood Business Awards". Diakses tanggal 27 December 2012. 
  5. ^ "Sidharth Malhotra–Awards". Bollywood Hungama. Diakses tanggal 14 October 2013. 
  6. ^ "Nominations for 19th Annual Colors Screen Awards". Diakses tanggal 4 January 2012. 
  7. ^ "Stardust Awards 2013: list of winners". NDTV. Diakses tanggal 20 June 2013. 
  8. ^ "Nominations for Stardust Awards 2013". Bollywood Hungama. Diakses tanggal 20 June 2013. 
  9. ^ Trivedi, Dhiren. "8th Star Guild Apsara Awards Nominations: Shahrukh Khan or Ranbir Kapoor, Vidya Balan or Priyanka Chopra – who will win?". Diakses tanggal 20 June 2013. 
  10. ^ "TOIFA Awards 2013 Nominations". Indicine. Diakses tanggal 20 June 2013. 
  11. ^ "Winners of SAIFTA Awards 2013". Bollywood Hungama. 7 September 2013. Diakses tanggal 14 October 2013. 
  12. ^ "Bollywood's youth brigade rock the Big Star Entertainment Awards". Daily Mail. 19 December 2014. Diakses tanggal 31 December 2014. 
  13. ^ "92.7 BIG FM". Twitter. Diakses tanggal 31 December 2014. 
  14. ^ "Nominations for Stardust Awards 2014". Bollywood Hungama. 8 December 2014. Diakses tanggal 8 December 2014. 
  15. ^ "Big Star Entertainment Awards Nominations List 2014". Reliance Broadcast Network. Diakses tanggal 24 December 2014. 
  16. ^ "Crowd Favourites". Indian Express. Diakses tanggal 3 January 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]