Abumbun Jaya, Sungai Tabuk, Banjar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Abumbun Jaya
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiKalimantan Selatan
KabupatenBanjar
KecamatanSungai Tabuk
Kodepos70653
Luas4,86 km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Abumbun Jaya adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia.

Pertanian[sunting | sunting sumber]

Desa Abumbun Jaya merupakan desa yang penduduk mayoritasnya bekerja sebagai petani. Petani setempat selain menanam padi setiap tahunnya juga menanam berbagai macam sayuran, seperti tomat, cabai rawit, kacang panjang, buncis, terung, dan lain-lain.

Penduduk[sunting | sunting sumber]

Penduduk setempat kebanyakan bukan orang asli Banjar, atau bukan orang Sungai Tabuk asli. Penduduknya merupakan orang yang berasal dari Pulau Jawa. Mereka mengikuti program transmigrasi sehingga mereka berada di desa tersebut. Seiring dengan perkembangan zaman, penduduk di desa tersebut pun mengalami percampuran budaya dengan masuknya orang Banjar asli dan orang Sungai Tabuk pada umunya. sehingga saat ini desa tersebut tidak hanya ditempati warga asal Pulau Jawa akan tetapi oleh orang Banjar asli. Dengan kerja sama dan toleransi budaya, cara-cara kehidupan warga pun berubah, warga desa mengikuti tata cara orang asli, dan orang asli memahami bagaimana cara hidup orang pindahan.