Lok Buntar, Sungai Tabuk, Banjar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lok Buntar
Negara Indonesia
ProvinsiKalimantan Selatan
KabupatenBanjar
KecamatanSungai Tabuk
Kode pos
70653
Kode Kemendagri63.03.04.2011 Edit nilai pada Wikidata
Luas32 km²
Jumlah penduduk2280 jiwa
Kepadatan... jiwa/km²


Lok Buntar adalah salah satu desa di kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Indonesia.

Desa Lok buntar berada di Kecamatan Sungai Tabuk. Dahulu Lok Buntar terdiri dari gabungan 2 Desa yaitu Lok Buntar Ulu dan Lok Buntar Ilir. Namun, setelah diadakan pemekaran kini Lok Buntar Ulu menjadi Lok Buntar yang sekarang, sedangkan Lok Buntar Ilir menjadi Desa Pembantanan.

Desa Lok Buntar memiliki luas wilayah sebesar 32 km2, yang mana sebagian besarnya di penuhi oleh persawahan dan persungaian. Secara administratif perbatasan Desa Lok Buntar sebelah Utara ialah Desa Pejambuan, sebelah Timur Desa Sungai Bangkal, Selatan Desa Gudang Tengah dan sebelah Barat Desa Pembantanan.

Berdasarkan data desa pada bulan mei 2018 penduduk Desa Lok Buntar sebanyak 2280 jiwa dengan jumlah laki-laki 1149 jiwa dan perempuan 1131 jiwa.

Berbicara mengenai potensi alam Lok Buntar ialah salah satu penghasil padi terbanyak di Kabupaten Banjar dan salah satu penghasil batu bata kualitas terbaik se-Kabupaten Banjar. Maka dari itu pengasilan utama Desa Lok Buntar ialah padi dan batu bata.

Mengenai kependudukan Desa Lok Buntar, pekerjaan warga desa di dominasi oleh petani dan pekerja batu bata, selain itu juga ada yang berprofesi sebagai nelayan, guru, pedagang, dan buruh bangunan.

Desa Lok Buntar memiliki 1 masjid besar dan 7 langgar yang terbagi di beberapa RT. Kemudian memiliki 7 bangunan sekolah yang terdiri dari 1 TK Ananda, 1 PAUD Sejahtera, 2 TK-TPA, 1 SDN Lok Buntar, 1 MTS Miftahul Ulum dan 1 MIS Miftahul ulum.