Abu Ubaidah (Hamas)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Abu Ubaidah
Foto Abu Ubaidah di Istanbul, Turki
Informasi pribadi
Lahirtidak diketahui
KebangsaanPalestina
Partai politikHamas
AgamaIslam
Karier militer
Pihak Palestina
Dinas/cabangBrigade Izzuddin al-Qassam
PangkatJuru Bicara
Pertempuran/perangOperasi Pilar Pertahanan
Perang Gaza 2014
Krisis Israel–Palestina 2021
Perang Israel−Hamas 2023
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Abu Ubaidah (Arab: أبو عبيدة, translit. Abū ʿUbaidah), juga dieja Abu Obayda, Abu Ubayda dan Abu Ubaydah, adalah nama samaran dari seorang militan Palestina yang merupakan juru bicara Brigade Izzuddin al-Qassam, sayap militer organisasi politik dan militer Islam Palestina Hamas.[1]

Data pribadi[sunting | sunting sumber]

Nama asli Abu Ubaidah tidak diketahui, begitu pula sebagian besar data pribadinya. Ia hanya tampak mengenakan kuffiyah yang menutupi wajahnya. Pada tahun 2014, media Israel merilis foto yang diduga milik Abu Ubaidah dengan nama Huzaifa Samir Abdullah al-Kahloot. Namun, keabsahan foto dan nama tersebut ditolak oleh Brigade al-Qassam,  seorang pemimpin senior yang mengatakan bahwa Abu Ubaidah "tidak dan tidak akan muncul di media," dan hanya sejumlah kecil orang yang tahu siapa dia sebenarnya.

Nama samaran tersebut kemungkinan besar merujuk pada Abu Ubaidah bin al-Jarrah, sahabat Nabi Islam Muhammad dan komandan pasukan Kekhalifahan Rashidun selama Pertempuran Yarmuk dan Pengepungan Yerusalem pada abad ke-7.

Kemunculan pertama Abu Ubaidah adalah pada tahun 2006, ketika ia mengumumkan penangkapan tentara Israel Gilad Shalit.

Pernyataan[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Juni 2020, sebagai tanggapan terhadap rencana para pemimpin Israel untuk secara resmi mencaplok sebagian Tepi Barat, Abu Ubaidah mengatakan bahwa "kekuatan perlawanan akan dengan setia melindungi rakyat Palestina," dan bersumpah untuk "membuat musuh gigit jari karena penyesalan." untuk keputusan yang penuh dosa." Dia menggambarkan rencana Israel sebagai “deklarasi perang.”[2]

Selama eskalasi konflik Palestina-Israel pada tahun 2021, Abu Ubaidah mengatakan bahwa menyerang Tel Aviv, Dimona, Ashdod, Ashkelon, dan Bersyeba, "lebih mudah bagi kami daripada minum air," menyatakan bahwa "tidak ada garis merah ketika merespons agresi itu." Setelah kesepakatan gencatan senjata tercapai, dia berkata, "Dengan bantuan Allah, kami mampu mempermalukan musuh, entitasnya yang rapuh, dan pasukannya yang buas."

Pada bulan September 2021, setelah empat dari enam tahanan yang melarikan diri dari penjara Gilboa ditangkap kembali oleh pasukan Israel, Abu Ubaidah mengumumkan bahwa pertukaran tahanan dengan Israel tidak akan terjadi di masa depan tanpa membebaskan para tahanan tersebut, dengan mengatakan bahwa “jika para pahlawan Terowongan Kemerdekaan telah membebaskan diri mereka sendiri.” kali ini dari bawah tanah, kami berjanji kepada mereka dan tahanan kami yang bebas bahwa mereka akan segera dibebaskan, Insya Allah, dari atas tanah.”[3]

Pada bulan Mei 2022, sebagai tanggapan atas seruan Israel untuk membunuh pemimpin Hamas Yahya Sinwar menyusul beberapa serangan Palestina terhadap warga Israel, Abu Ubaidah mengatakan bahwa jika “musuh dan kepemimpinannya yang gagal” menyakiti Sinwar, hal itu akan memicu “gempa bumi regional dan respons yang belum pernah terjadi sebelumnya."[4]

Pada Juni 2022, Abu Ubaidah mengumumkan bahwa kondisi kesehatan salah satu tawanan Israel di Gaza memburuk. Brigade al-Qassam kemudian merilis video yang menunjukkan bahwa tawanan tersebut adalah Hisham al-Sayed.

Pada bulan Oktober 2023, selama perang Israel–Hamas tahun 2023, Abu Ubaidah mengatakan bahwa Hamas akan membunuh satu sandera sipil setiap kali Israel menargetkan Gaza "tanpa peringatan". “Kami mengumumkan bahwa setiap penargetan terhadap rakyat kami yang aman di rumah mereka tanpa peringatan, kami akan menghadapi eksekusi sandera sipil musuh kami,” kata Ubaidah dalam pernyataannya. Dia juga mengatakan bahwa eksekusi tersebut akan disiarkan “dalam bentuk audio dan video.”[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "What about Hamas? Question snarls peace bid". NBC News (dalam bahasa Inggris). 2009-10-07. Diakses tanggal 2023-11-20. 
  2. ^ "Hamas Says West Bank Annexation Is 'A Declaration of War,' Israel 'Will Regret It'". Haaretz (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-11-20. 
  3. ^ Rubin, Shira (2021-09-13). "With rockets and rhetoric, Hamas seeks to leverage Palestinian prisoner escape". Washington Post (dalam bahasa Inggris). ISSN 0190-8286. Diakses tanggal 2023-11-20. 
  4. ^ "Egyptian Officials Mediating to Prevent Gaza Rocket Fire at Israel, Report Says". Haaretz (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-11-20. 
  5. ^ "Hamas threatens to kill a civilian hostage every time Israel hits Gaza civilians". NBC News (dalam bahasa Inggris). 2023-10-09. Diakses tanggal 2023-11-20.