Wikipedia:Arsip halaman utama/2021/04/25

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Artikel pilihan

Komodor Udara Cobby (kiri) dan Kapten Grup Caldwell (kanan) di Morotai pada Januari 1945

Pemberontakan Morotai adalah sebuah insiden bulan April 1945 yang melibatkan anggota Australian First Tactical Air Force yang berpangkalan di Pulau Morotai, Hindia Belanda. Delapan pilot senior, termasuk penerbang ulung Australia, Kapten Grup Clive Caldwell, menyatakan pengunduran diri mereka untuk memprotes suatu hal yang mereka anggap sebagai penurunan pangkat terhadap skadron tempur Royal Australian Air Force (RAAF) yang dipindahtugaskan ke misi-misi serangan darat tak penting dari segi strategi melawan pasukan Jepang yang sudah dilewati oleh kampanye "lompat pulau" Sekutu. Penyelidikan pemerintah menyatakan bahwa para "pemberontak", dan tiga perwira berpangkat tinggi di First Tactical Air Force Headquarters, termasuk sang komandan, Komodor Udara Harry Cobby, penerbang ulung Australian Flying Corps semasa Perang Dunia I, dipecat dari jabatannya. (Selengkapnya...)

Peristiwa terkini

PenyakitVirusKronologiMenurut lokasiVaksinLangkah pencegahanKematianPortal
Wikipedia tidak memberikan nasihat medis.
Saluran siaga COVID-19 Indonesia adalah 119 ext 9 / 021-5210411 / 081212123119
KRI Nanggala
KRI Nanggala

Tahukah Anda

  • "... bahwa gajah jantan dewasa mengalami fase peningkatan testosteron yang disebut musth? Gajah jantan akan menjadi sangat agresif selama musth."
  • "... bahwa meskipun Patturioloang Gowa menyebut bahwa Daeng Pamatte merupakan orang yang "membuat lontara' Makassar", para sejarawan dan ahli bahasa sepakat bahwa ungkapan ini merujuk pada penyusunan pustaka (terutama catatan sejarah) dan bukannya penciptaan aksara Makassar itu sendiri?"
  • "... bahwa politikus Utsmaniyah Mehmet Celal Bey dikenal sebagai Oscar Schindler dari Turki karena menyelamatkan beberapa orang pada masa Genosida Armenia?"
  • ... bahwa pada tahun 1986 ketika konflik Chad-Libya akan berakhir, sebagian besar pasukan Chad bersatu untuk mengusir Libya dengan tingkat persatuan yang tidak pernah terlihat sebelumnya di Chad?"

Tantangan kolaborasi

Hari ini dalam sejarah

25 April: Hari Anzac (Australia dan Selandia Baru); Hari Kebebasan di Portugal (1974); Minggu Palma (Kristen Timur, 2021)

Tanggal lain: 24 April 25 April 26 April

Hari ini tanggal 25 April 2021 (UTC) – Muat ulang

Gambar pilihan

Upacara adat usaba dangsil di desa Kertha Mandala Abang, Karangasem, Bali, yang dilaksanakan dua tahun sekali. Warga desa mengusung dangsil, yaitu hiasan bambu berisi persembahan melewati persawahan menuju pura desa.
Upacara adat usaba dangsil di desa Kertha Mandala Abang, Karangasem, Bali, yang dilaksanakan dua tahun sekali. Warga desa mengusung dangsil, yaitu hiasan bambu berisi persembahan melewati persawahan menuju pura desa.
(ukuran asli: 2.500 × 1.633 piksel, 2,12 MB)

Oleh: Giri Wijayanto
Lisensi: CC BY-SA 4.0