Widya Saputra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Widya Saputra
Lahir Widyaningrum Surya Nugraha
26 Februari 1985 (umur 29)
Cimahi, Indonesia
Nama lain Widya Cat Lady[1]
Almamater Universitas Padjadjaran
Pekerjaan Pembawa acara
Tahun aktif 2005-sekarang
Agama Islam

Widyaningrum Surya Nugraha (atau biasa dikenal pemirsa televisi dengan nama Widya Saputra dan akrab disapa Widya, lahir di Cimahi, Indonesia, 26 Februari 1985; umur 29 tahun) adalah seorang pembawa acara televisi asal Indonesia, saat ini ia banyak dikenal orang sebagai presenter acara-acara olahraga di beberapa stasiun TV di Indonesia.

Pribadi[sunting | sunting sumber]

Widya lahir di Cimahi, pendidikan SD sampai SMA-nya diselesaikan di Cimahi. Sementara pendidikan tingginya saat ini adalah seorang sarjana ilmu komunikasi konsentrasi manajemen komunikasi dari Universitas Padjadjaran, Bandung. Tinggi badannya adalah 167 cm dengan berat 55 kg. Sejak kecil, Widya sudah terbiasa bolak-balik Jakarta-Bandung, namun walaupun begitu, ia termasuk pandai dalam mengatur waktu antara pendidikan dengan kesibukannya sehari-hari, sehingga akhirnya ia bisa menjadi sukses seperti saat ini.

Hobi Widya di luar kesibukannya adalah menyanyi, membaca, dan browsing di internet. Ia juga merupakan seorang penyayang binatang. Hewan yang menjadi favorit Widya adalah kucing, dan oleh sebab itulah ia kerap dijuluki Cat Lady oleh teman-teman seprofesinya.[1][2] Teman akrab Widya antara lain; Lucy Wiryono, Soraya Hylmi, Yuanita Christiani, dan Terry Puteri.

Widya menikah dengan pembalap nasional Dodi Saputra pada tanggal 13 Februari di Cimahi, Jawa Barat.[3][4] Pasangan ini kemudian dikaruniai satu orang anak. Pernikahan pasangan Widya dan Dodi bertahan selama dua tahun lebih sampai awal November 2012 saat mereka memutuskan untuk bercerai.

Nama "Saputra" yang digunakan oleh Widya saat ini berdasarkan dari nama belakang kakeknya yang bernama lengkap Amid Hidayat Saputra.[5]

Karier[sunting | sunting sumber]

1990-an[sunting | sunting sumber]

Widya telah memulai karier di dunia entertainment sejak masih kecil. Pada tahun 1993 ia menjadi penyanyi di grup Trio Laris, dan memenangkan HDX Awards. Ia bertahan di sana sampai tahun 1997. Pada tahun 1997 pula, Widya memenangkan ajang Gadis Gemilang Shower to Shower yang diadakan majalah Gadis. Tahun 1998 ia mengikuti ajang Cover Girl Top Guest Baby-G yang diadakan majalah Aneka, dan kemudian Widya keluar sebagai juara satu dalam ajang tersebut.

Debutnya di televisi juga dimulai pada tahun 1998, saat ia menjadi presenter acara Kring-Kring Olala di TPI. Ia menjadi presenter dalam acara tersebut sampai tahun 2001. Diluar TV dan modeling, ia juga (sejak 1999 sampai 2001) menjadi bintang iklan di beberapa produk dan perusahaan seperti Dago Cellular, Biore Anti Acne, Misyelle Shoes, dan Logo Clothing Co.

2000-an[sunting | sunting sumber]

Memasuki abad ke-21, Widya nampaknya makin popular sebagai pembawa acara di beberapa stasiun TV. Dimulai dengan menjadi presenter acara Musiq di TVRI, dan kemudian disusul dengan beberapa acara lain, baik di TV nasional maupun di TV lokal. Bahkan pada tahun 2003 ia juga sempat menjadi Guest VJ MTV dalam acara MTV Special Ramadhan di GlobalTV.

Selain itu, pada tahun 2003 juga Widya sempat menjajal sinetron, dengan menjadi salah satu pemain dalam sinetron seri Puteri Keempat di RCTI, bersama Tya Ariestya dan Irfan Hakim. Dan pada tahun 2006, Widya sempat bermain dalam film Pocong 1 yang disutradarai oleh Rudi Soedjarwo.

Spesialis olahraga[sunting | sunting sumber]

Widya Saputra bersama Rio Haryanto di studio MetroTV.

Saat ini Widya banyak dikenal orang sebagai pembawa acara olahraga di stasiun TV Trans7. Acara olahraga sebenarnya telah lama dibawakan oleh Widya, tepatnya sejak 2003 saat ia menjadi presenter Calcio Action Serie-A di SCTV. Namun mulai tahun 2004 hingga sekaranglah Widya lebih banyak membawakan acara olahraga di TV, dengan dimulai dari acara Drag Mania, Quiz Liga Inggris, dan juga WSBK di TV7.

Tahun 2006 ia masuk sebagai presenter di acara MotoGP Trans7, dan bertahan hingga saat ini, kecuali di dua balapan terakhir musim 2008 saat ia harus meliput ajang Asian Beach Games di Bali. Posisinya saat itu digantikan oleh Lucy Wiryono. Widya lantas kemudian muncul di ESPN-Star Sports dalam acara jurnal Asian Beach Games di stasiun TV satelit tersebut.

Musim 2007-08, Widya juga mendapatkan tantangan sebagai presenter acara Lega Calcio Live di Trans7, walaupun awalnya sempat nervous, tetapi akhirnya ia bisa membawakan acara tersebut dengan baik, sekaligus mensejajarkan dirinya dengan Hilbram Dunar, Feni Rose, Intan Erlita, Vinalia, dan Soraya Hylmi yang sukses menjadi presenter acara motorsport dan juga acara sepakbola.

Awal tahun 2010, Widya kemudian muncul sebagai presenter di acara ProLiga di tvOne dan kemudian di akhir Maret 2010 ia tampil sebagai presenter Metro Sport di Metro TV.

Statistik[sunting | sunting sumber]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Keterangan
2003 Puteri Keempat serial TV
2006 Pocong[6] film

Acara TV[sunting | sunting sumber]

Tahun Acara TV Saluran Keterangan
19982001 Kring-Kring Olala TPI Program anak-anak
2001 Musiq TVRI
2002 Bidik ANTV
2003 Calcio Action Serie-A SCTV Program highlights Liga Seri-A[7]
MTV Special Ramadhan Global TV VJ tamu
20042005 Drag Mania TV 7
Liga Inggris Sebagai presenter kuis[7]
WTA Tournament Bali
Otomotive Night Race
Tennis Challenge Hemaviton
WSBK
2005 Motor Impian TPI Program reality show
Auto Glitz Jak TV
2006 Clasakustik Indosiar
20062008 MotoGP Trans7 Kecuali dua GP terakhir musim 2008
20072009 Lega Calcio Trans7 Sebagai presenter utama[7]
2008 Asian Beach Games 2008 ESPN Reporter[8]
Speedy Tour d’Indonesia Trans7 Presenter sekaligus reporter
20082009 Liga Dunia Trans7 Program EPL dan Serie-A[7]
2010 Proliga TV ONE Hanya beberapa pertandingan saja
2010–sekarang MetroSports Metro TV Penyiar berita[9]
Spirit Football Metro TV

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "METRO CORNER: WIdya Si Cat Lady". Metro TV. Diakses 2012-05-29. 
  2. ^ Widya Kapok Ngebut, Detik.com
  3. ^ Pasangan Pengantin Pembalap Dan Host MotoGP
  4. ^ Dody & Widya: From GP To GT, OTOMOTIFNET.COM
  5. ^ Widya Saputra, anchor baru Metro Sport
  6. ^ Berperan sebagai peran pendukung.
  7. ^ a b c d Tampil bergantian bersama beberapa presenter lainnya.
  8. ^ Juga menjadi reporter untuk Trans 7.
  9. ^ Bergantian dengan beberapa penyiar berita MetroTV lainnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]