Vassa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Vassa (berasal dari bahasa Pāli vasso, Sanskrit varṣaḥ, berarti "hujan" - bahasa Myanmar: ဝါတွင်း, pengucapan bahasa Burma: [wàdwín]; bahasa Khmer: វស្សា or ព្រះវស្សា; bahasa Laos: ພັນສາ Templat:IPA-lo, ວັດສາ Templat:IPA-lo; bahasa Thai: พรรษา, phansaa), disebut juga Retreat Musim Hujan, Rains Retreat,[1] atau Buddhist Lent[2], merupakan perayaan yang berlangsung selama 3 bulan lamanya. Perayaan retreat dilakukan dengan mengamati praktek-prakter buddhis. Perayaan ini biasa diperingati oleh umat Buddha aliran Theravada.

Seiring dengan musim hujan, Vassa berlangsung selama tiga bulan, biasanya antara Juli sampai Oktober. Selama kurun waktu ini, para biksu atau biksuni menetap di dalam wihara-wihara dan kuil-kuil.[3][4] Di beberapa wihara, para biksu dan biksuni dengan tekun berlatih meditasi dan memberikan ceramah. Sedangkan bagi beberapa umat awam memilih untuk mengadopsi latihan buddhis seperti tidak memakan daging, meminum alkohol atau merokok. Di beberapa wihara juga terdapat latihan pabbaja bagi umat awam untuk merasakan kehidupan selayaknya seorang biksu atau biksuni. Mereka yang mengikuti pelatihan ini diwajibkan untuk menjalankan aturan moral buddhis (sila) dan tinggal di wihara.

Vassa diikuti oleh Kathina, sebuah perayaan dimana para umat awam mengekspresikan rasa hormat dan syukur mereka kepada para biksu dan biksuni.[5][6] Umat awam buddhis akan datang ke wihara dan memberikan donasi, terutama jubah baru bagi para biksu dan biksuni.[5][6][7]

Tradisi Vassa ini telah ada sejak jaman kehidupan Buddha Gautama. Ini adalah praktek dimana para pertapa di India tidak melakukan perjalanan jauh selama musim hujan sehingga mereka tidak akan membunuh serangga dan melukai tanaman-tanaman selama dalam perjalanan tersebut.

Banyak pula kaum buddhis yang tidak tinggal di negara-negara dengan musim hujan sehingga Vassa tidak dikenal begitu luas.[6]

Lihat Juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Templat:Buddhism-stub