Bhiksu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Seorang bhiksu di Sri Lanka.

Bhiksu (Sanskerta: Bhikṣu), atau kadangkala dieja sebagai biksu, bhikkhu dalam mazhab Theravada (yang dieja dengan bahasa Pali) atau bikkhu (biksuni, bhikkhuni, atau bikkhuni untuk wanita) merupakan kata terapan yang diberikan kepada seorang pria yang telah ditahbiskan dalam lingkungan biara Buddhis. Kata ini seringkali dirujukkan sebagai rohaniawan agama Buddha.

Secara praktik, umat Buddha di Indonesia membedakan antara Bhiksu, biksu dengan Bhikkhu karena perbedaan mazhab yang mereka anut. Bhiksu merupakan rohaniawan Buddhis untuk mazhab Mahayana yang berkembang di Tiongkok, Jepang dan Korea. Sedangkan Bhikkhu digunakan untuk rohaniawan Buddhis mazhab Theravada yang kini tersebar di Thailand, Sri Lanka, Myanmar, Kamboja dan Vietnam. Perbedaan penampilan di antara mereka terlihat dari warna dan bentuk jubah yang dikenakan.

Dalam bahasa Sanskerta, seorang bhiksu bukanlah seorang pengemis yang meminta-minta makanan, karena pada prinsipnya mereka bukan meminta makanan dari umat, melainkan menerima pemberian makanan dari umat. Makanannya seluruhnya berasal dari sedekah.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]