Śrāmaṇera

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Śrāmaṇera di Thailand
Śrāmaṇeras dari tradisi Buddhisme di Korea

Śrāmaṇera (Sanskrit; Pali: sāmaṇera; Hanzi tradisional: 沙彌; pinyin: Shāmí; bahasa Korea: 사미; bahasa Myanmar: ရှင်သာမဏေ shin thamanei, bahasa Thai: สามเณร samanen', bahasa Khmer: សាមណេរ "samaner") merupakan seorang calon bhikkhu dalam konteks Buddhis. Sementara itu, calon Bhikkhuni disebut Śrāmaṇerī (Sanskrit; Pali: sāmaṇerī).[1]

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Arti literal dari śrāmaṇera adalah "śramaṇa kecil" yang artinya pertapa kecil, pengartian "kecil" merujuk baik itu anak pria ataupun anak wanita.

Sramanera atau Sramanerika adalah sebutan untuk siswa atau siswi Buddhis yang berkomitemen untuk menjalankan penahbisan yang lebih rendah untuk mengamati sepuluh sila (attasila). Siswa-siswi ini kebanyakan adalah anak-anak dengan usia minimum tujuh tahun, berdasarkan usia Rahula (putra Buddha) yaitu Samanera pertama yang memasuki Sangha.[2]

Ikhtisar[sunting | sunting sumber]

Dalam aturan monastik Vinaya, seorang yang berumur dibawah 20 tahun tidak boleh ditahbiskan sebagai seorang bhikṣu, namun boleh ditahbiskan sebagai seorang śrāmaṇera. Panggilan perempuan yang menjadi śrāmaṇera adalah śrāmaṇerī. Śrāmaṇera dan śrāmaṇerī menjalankan Dasa Sila sebagai aturan tingkah lakunya, dan menjalani kehidupan relijius Buddhist.

Penahbisan berbeda antara śrāmaṇera dan śrāmaṇerī.

Transisi untuk penahbisan penuh[sunting | sunting sumber]

Setelah berusia 20 tahun atau lebih, seorang samanera bisa dipertimbangkan untuk ditahbiskan sebagai seorang Bhikkhu atau Bhikkhuni (Pāḷi: Upasampada). Beberapa vihara mewajibkan seseorang yang ingin ditahbiskan sebagai bhikkhu harus menjadi samanera untuk beberapa waktu, sebagai persiapan dan penyesuaian.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Cunda J. Supandi. Desember 1995. Tatabahasa Pāli, hal. 305. Edisi revisi Pustaka Karaniya. Taipei, Taiwan: The Corporate Body of the Buddha Educational Foundation.
  2. ^ The Van Hien Study Group. 2003. The Seeker's Glossary of Buddhism, hal. 732. Third Edition. Taipei, Taiwan: The Corporate Body of the Buddha Educational Foundation.