Universitas Durham

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
University of Durham

Lambang perisai Universitas Durham
bahasa Latin: Universitas Dunelmensis
Moto bahasa Latin: Fundamenta eius super montibus sanctis(dari Mazmur 87 [Vulgate, Mazmur 86])
Didirikan 1832
Jenis Public
Dana abadi £61.3M (tidak termasuk kolese-kolese) (per 31 Juli 2011)[1]
Konselor Sir Thomas Allen
Wakil Konselor Professor Chris Higgins
Jumlah mahasiswa 16,355[2]
Sarjana 11,450[2]
Magister 4,905[2]
Lokasi Durham and Stockton-on-Tees, England, UK
Warna      Palatinate Purple
Afiliasi Russell Group, ACU, Association of MBAs, EUA, EQUIS, AACSB, N8 Group, Universities UK, Matariki Network of Universities, Faith and Globalisation Network of Universities
Situs web www.dur.ac.uk
Durham University logo.svg

University of Durham, dikenal masyarakat Indonesia dengan nama Universitas Durham,[3] adalah sebuah universitas riset publik di Durham, Inggris. Universitas ini didirikan oleh Undang-undang Parlemen pada tahun 1832 dan diberi Piagam Kerajaan pada tahun 1837. Hal ini menunjukkan bahwa Universitas Durham adalah salah satu universitas pertama yang dibuka di Inggris selama lebih dari 600 tahun dan memiliki klaim sebagai universitas tertua ketiga di Inggris.[4][5]

Universitas Durham adalah sebuah universitas kolese, dengan fungsi utamanya dibagi antara departemen akademik dan 16 kolese. Secara umum, departemen melakukan penelitian dan memberikan kuliah kepada mahasiswa, sedangkan kolese bertanggung jawab untuk pengaturan domestik dan kesejahteraan mahasiswa, mahasiswa pascasarjana, peneliti pasca-doktoral dan staf universitas.

Saat ini, Universitas Durham menduduki peringkat antara tempat 3 dan 7 oleh peringkat terbaru dari universitas-universitas di Britania Raya.[6][7][8] "Lama didirikan sebagai alternatif selain Oxford dan Cambridge", universitas ini memiliki daya tarik bagi "sebagian besar mahasiswa kelas menengah" menurut The Times Good University Guide. Universitas Durham memiliki proporsi tertinggi kedua untuk kategori mahasiswa yang didik di universitas non publik di Inggris. Pada tahun, The Sunday Times memberikan gelar University of the Year kepada Universitas Durham, setelah sebelumnya telah terpilih untuk penghargaan pada tahun 2004.

Saat ini, akademisi yang ada meliputi 15 Fellows of Royal Society, 18 Fellows of the British Academy, 16 Fellows of the Academy of the Social Science, 2 Fellows of Royal Academy of Engineering dan 2 Fellows of the Medical Scinces.[9] Universitas ini menjadi anggota dari Grup Russell Universitas Britania Raya pada bulan Agustus 2012, setelah diundang untuk bergabung untuk menjadi anggota dari Grup 1994. Universitas Durham juga berafiliasi dengan kelompok beberapa universitas termasuk Kemitraan Penelitian N8, Jaringan Universitas Matariki dan Jaringan Universitas untuk Keyakinan dan Globalisasi.

Kanselir universitas adalah Sir Thomas Allen, menggantikan Bill Bryson pada Januari 2012.[10] Gelar nonimal lulusan dari universitas ini adalah Dunelm (singkatan Latin untuk Durham) untuk menunjukkan nama universitas.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kastil Durham digunakan oleh University College, sebagai bangunan universitas tertua di dunia yang dihuni dan digunakan[11][12]

Tradisi yang kuat dari ajaran teologis di Durham memunculkan berbagai upaya untuk membentuk sebuah universitas di sana, khususnya ketika Raja Henry VIII dan Oliver Cromwell berkuasa, yang mengeluarkan surat paten dan dinominasikan pengawas dan rekan sejawat untuk pembentukan sebuah perguruan tinggi tahun 1657.[13] Namun, keprihatinan yang mendalam diungkapkan oleh Universitas Oxford dan Universitas Cambridge bahwa wewenang untuk pemberian gelar dapat menghambat posisi mereka.[14] Memang kalau bukan karena posisi "terlindung" dari Oxbridge, sistem universitas di Inggris mungkin akan terlihat sangat berbeda saat ini. Akibatnya, pada tahun 1832 ketika Parlemen, atas prakarsa Archdeacon Charles Thorp dan dukungan dari Uskup Durham, William van Mildert, "Undang-undang untuk memberikan wewenang bagi Dekan dan Chapter of Durham [Cathedral] terhadap kepemilikan yang tepat dari bagian gereja mereka dalam rangka pembentukan Universitas yang berhubungan dengannya" untuk mendanai sebuah universitas baru, bahwa Universitas ini didirikan. Undang-ndang tersebut mendapat persetujuan dari Raja William IV dan disahkan menjadi undang-undang pada tanggal 4 Juli 1832. Piagam Kerajaan untuk Universitas diberikan pada tanggal 1 Juni 1837 oleh Raja William IV, dengan siswanya yang pertama lulus seminggu kemudian.[14] Akomodasi disediakan di penginapan Archdeacon dari tahun 1833 hingga tahun 1837. Atas persetujuan Ratu Victoria, sebuah perintah Queen-in-Council dikeluarkan pemberian untuk penggunaan Kastil Durham (sebelumnya Kediaman Uskup) sebagai sebuah kolese universitas.[14]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.dur.ac.uk/resources/treasurer/financial_statements/Financial_Statements2010-11.pdf
  2. ^ a b c "Table 0a – All students by institution, mode of study, level of study, gender and domicile 2010/11" (Microsoft Excel spreadsheet). Higher Education Statistics Agency. Diakses 19 July 2012. 
  3. ^ "The University: Trading Name – Durham University". Dur.ac.uk. 8 April 2011. Diakses 1 November 2011. 
  4. ^ Asthana, Anushka; Sherman, Jill (9 December 2010). "Profile: Durham University". The Sunday Times (London). Diakses 15 September 2010. 
  5. ^ Reference to UCL as third oldest university in England
  6. ^ "University guide: Durham University". The Guardian (London). 8 June 2010. 
  7. ^ The Independent (London) http://www.independent.co.uk/news/education/higher/the-complete-university-guide-league-table-20102011-1976038.html Missing or empty |title= (help). 
  8. ^ ""The Sunday Times University Guide 2012".(subscription required)". Thesundaytimes.co.uk Times Newspapers. 27 October 2011. Diakses 1 November 2011. 
  9. ^ "Members of learned societies". University of Durham. Diakses 22 October 2012. 
  10. ^ "World-famous opera star Sir Thomas Allen appointed Chancellor of Durham University". Durham University - Dur.ac.uk. 13 October 2011. Diakses 1 November 2011. 
  11. ^ Castle JCR
  12. ^ Asthana, Anushka; Sherman, Jill (2 October 2005). "Widening access without diluting quality". The Times (London). Diakses 1 May 2010. 
  13. ^ The Penny Cyclopædia of the Society for the Diffusion of Useful Knowledge. C. Knight, 1838. Diakses 31 May 2009. 
  14. ^ a b c [1][pranala nonaktif]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]