Peringkat perguruan tinggi dan universitas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Peringkat perguruan tinggi dan universitas adalah peringkat institusi pendidikan tinggi berdasarkan berbagai kombinasi dari bermacam-macam faktor. Tidak ada satu pun dari pemeringkatan yang memberikan gambaran komprehensif tentang "kekuatan" sebuah institusi pendidikan tinggi yang diberi peringkat, karena semuanya memilih serangkaian karakteristik yang mudah diukur untuk dijadikan sebagai dasar dari hasilnya. Pemeringkatan paling sering dilakukan oleh majalah, surat kabar, situs web, pemerintah, atau akademisi. Selain pemeringkatan seluruh institusi pendidikan tinggi, sebuah organisasi juga melakukan pemeringkatan program, departemen, dan sekolah tertentu. Berbagai peringkat mempertimbangkan kombinasi ukuran pendanaan dan sumbangan, keunggulan penelitian dan/atau dampaknya, keahlian spesialisasi, pengakuan, jumlah penghargaan, pilihan siswa, internasionalisasi, pekerjaan lulusan, hubungan industri, reputasi historis dan kriteria lainnya. Berbagai peringkat sebagian besar mengevaluasi hasil institusional berdasarkan penelitian. Beberapa peringkat hanya mengevaluasi institusi pendidikan tinggi skala nasional, sedangkan yang lainnya menilai institusi pendidikan tinggi di seluruh dunia. Data peringkat perguruan tinggi telah menimbulkan banyak perdebatan tentang kegunaannya dan akurasi peringkat itu sendiri.[1] Keragaman yang meluas dalam metodologi pemeringkatan dan kritik yang menyertainya, menunjukkan kurangnya konsensus di lapangan. Selain itu, tampaknya ada memungkinkan untuk mengatur sistem peringkat melalui kutipan yang berlebihan[2] atau oleh para peneliti yang saling mendukung dalam survei. UNESCO telah mempertanyakan apakah peringkat "lebih berbahaya ketimbang manfaatnya", sambil mengakui bahwa "Benar atau salah, peringkat perguruan tinggi dianggap sebagai ukuran kualitas dan dengan demikian menciptakan persaingan yang ketat antar universitas di seluruh dunia".[3]

Tiga pemeringkat global yang sudah paling lama terbentuk dan paling berpengaruh adalah: Quacquarelli Symonds (QS), Times Higher Education (THE) dan ShanghaiRanking Consultancy (Academic Ranking of World Universities, ARWU). Ketiganya, bersama dengan pemeringkat global lainnya, kebanyakan mengukur kinerja penelitian universitas daripada sistem pengajaran di universitas.[4][5][6][7][8][9] Mereka telah dikritik karena "sebagian besar didasarkan pada apa yang dapat diukur ketimbang apa yang relevan dan penting bagi universitas",[8] di samping itu, validitas data yang tersedia secara global juga telah dipertanyakan.[5]

QS World University Rankings produksi Quacquarelli Symonds, adalah pemeringkatan universitas top dunia, yang menerbitkan daftar peringkat versi mereka setiap tahun sejak 2004. Pada tahun 2016, mereka memeringkat 916 universitas, dengan Massachusetts Institute of Technology (MIT), Universitas Stanford, dan Universitas Harvard di peringkat tiga teratas.[10] Sejak penerbitan daftar peringkat perdana mereka pada tahun 2004, posisi tiga teratas selalu ditempati oleh institusi-institusi pendidikan tinggi dari Amerika Serikat.[11] Menurut Alexa Internet, daftar peringkat universitas versi mereka ini yang paling banyak dilihat di seluruh dunia.[12]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Marklein, Mary Beth. "Rankings create 'perverse incentives' – Hazelkorn". University World News. University World News. Diakses tanggal 14 September 2016. 
  2. ^ Mussard, Maxime; James, Alex Pappachen (26 July 2017). "How to boost the ranking of your university using self-citations? An example of the weaknesses of university ranking systems". Figshare. doi:10.6084/m9.figshare.5245867.v1. 
  3. ^ "Rankings and Accountability in Higher Education: Uses and Misuses". www.unesco.org. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 November 2016. 
  4. ^ Philip G. Altbach (11 November 2010). "The State of the Rankings". Inside Higher Ed. Diakses tanggal 11 June 2017. 
  5. ^ a b Bahram Bekhradnia (15 December 2016). "International university rankings: For good or ill?" (PDF). Higher Education Policy Institute. Diakses tanggal 26 May 2017. 
  6. ^ Ariel Zirulnick (16 September 2010). "New world university ranking puts Harvard back on top". The Christian Science Monitor. Diakses tanggal 11 June 2017. 
  7. ^ Andrew Marszal (4 October 2012). "University rankings: which world university rankings should we trust?". The Daily Telegraph. Diakses tanggal 11 June 2017. 
  8. ^ a b Qiang Zha (4 December 2016). "University Rankings in Perspective". Inside Higher Ed. Diakses tanggal 11 June 2017. 
  9. ^ Olcay, Gokcen Arkali; Bulu, Melih (1 October 2017). "Is measuring the knowledge creation of universities possible?: A review of university rankings". Technological Forecasting and Social Change. 123: 153–160. doi:10.1016/j.techfore.2016.03.029. 
  10. ^ "QS World University Rankings® 2016-2017". Top Universities. QS Quacquarelli Symonds. 25 August 2016. Diakses tanggal 14 September 2016. 
  11. ^ O'Malley, Brendan. "US, Asia rise as Europe falters in university ranking". University World News. University World News. Diakses tanggal 14 September 2016. 
  12. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-07-28. Diakses tanggal 2021-07-26.