Penghargaan Templeton

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Penghargaan Templeton untuk Kemajuan dalam Penelitian atau Penemuan Mengenai Realitas-realitas Spiritual adalah sebuah penghargaan yang diberikan setiap tahunnya oleh Yayasan Templeton. Penghargaan yang dibentuk pada 1972 ini diberikan kepada seseorang yang masih hidup yang, menurut penilaian para anggota juri, memperlihatkan "berbagai cara yang terbaik untuk menghasilkan penemuan dan terobosan untuk memperluas persepsi manusia tentang keilahian dan untuk menolong meningkatkan kreativitas ilahi."

Penghargaan ini diberi nama menurut nama Sir John Templeton, seorang pengusaha Britania kelahiran Amerika, yang mendapatkan gelar kebangsawanan dari Ratu Elizabeth II pada 1987 karena usaha-usaha filantropisnya. Hingga 2001 nama penghargaan ini adalah Penghargaan Templeton untuk Kemajuan dalam Agama. Penghargaan ini biasanya diserahkan oleh Pangeran Phillip dalam sebuah upacara di Istana Buckingham.

Nilai penghargaan ini dalam bentuk uang adalah (795.000 GBP atau sekitar AS$ 1,4 juta pada 2006) disesuaikan sehingga melampaui nilai Hadiah Nobel. Pada 2006 penghargaan ini merupakan nilai terbesar tahunan yang diberikan kepada seseorang untuk keberhasilan intelektual.

Penghargaan ini telah dikritik oleh Richard Dawkins, seorang etologiwan dan ateis Britania, yang mengatakan bahwa penghargaan ini hanyalah "sejumlah besar uang yang diberikan (...) biasanya kepada seorang ilmuwan yang siap mengatakan sesuatu yang menyenangkan tentang agama" (Dawkins 2006).

Penerima penghargaan[sunting | sunting sumber]

Para pemeluk agama Hindu, Kristen, Yahudi, Buddhis dan Islam telah duduk sebagai anggota juri dan juga sebagai penerima penghargaan ini.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]