Snow White and the Huntsman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Snow White & the Huntsman
Snow White and the Huntsman Poster.jpg
Poster film
Sutradara Rupert Sanders
Produser Sam Mercer
Palak Patel
Joe Roth
Skenario Evan Daugherty
John Lee Hancock
Hossein Amini
Berdasarkan Snow White 
karya Brothers Grimm
Pemeran Kristen Stewart
Charlize Theron
Chris Hemsworth
Sam Claflin
Musik James Newton Howard
Sinematografi Greig Fraser[1]
Penyunting Conrad Buff IV
Neil Smith
Studio Roth Films
Distributor Universal Pictures
Tanggal rilis
Durasi 127 menit[2]
Negara Amerika Serikat
Britania Raya
Bahasa Inggris
Anggaran $170 juta[3]
Pendapatan kotor $396,397,203[4]


Snow White and the Huntsman adalah sebuah film aksi fantasi tahun 2012 yang disutradarai oleh Rupert Sanders. Cerita film ini didasari oleh kisah dongeng terkenal asal Jerman berjudul Snow White and Seven Dwarfs. Film ini dibintangi oleh Kristen Stewart, Chris Hemsworth, Charlize Theron dan dirilis pada tanggal 1 Juni 2012 di Amerika Serikat.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Kecantikan Ravenna (Charlize Theron) sangat mempesona pandangan King Magnus (Noah Huntley), ayah Snow White (Kristen Stewart) pada pandangan pertama. Wanita yang didapatnya dari hasil rampasan perang inipun tidak lama kemudian langsung ia jadikan istri. Maklum saja, ayah Snow White memang sudah lama menduda sejak kematian istri yang dicintainya. Sayangnya, dimalam pertama yang seharusnya penuh kebahagiaan mendadak berubah menjadi petaka besar. Sang raja tewas dan kerajaannya jatuh ketangan Ravenna.

Snow White yang menyaksikan ayahnya tewas langsung melarikan diri bersama pasukan ayahnya yang masih setia. Malangnya, ia tertangkap oleh pasukan Ravenna yang kemudian mengklaim dirinya sebagai ratu dan memenjarakannya di menara tinggi yang bersebelahan dengan laut. Disana ia bertemu dengan wanita-wanita cantik yang juga ditawan oleh Ravenna untuk dijadikan tumbal kecantikannya. Aura kecantikan dan kehidupan dari diri mereka dihisap hingga tak bersisa. Jika mereka tidak mati, maka dipastikan kalau wajah mereka akan jadi buruk rupa.

Suatu hari, setelah menumbalkan seorang wanita, sang ratu bertanya pada cermin ajaibnya tentang siapa wanita yang paling cantik didunia. Saat itulah cermin memberitahunya kalau Snow White lah yang paling cantik. Dan siapapun yang bisa memakan jantungnya akan memperoleh kecantikannya dan bisa hidup awet muda selamanya. Sang ratu pun segera memerintahkan saudaranya, Finn (Sam Spruell) untuk membawa Snow White kehadapannya. Sementara itu, dipenjara Snow White kedatangan burung yang dulunya pernah ia selamatkan. Penasaran dengan tingkah aneh sang burung, Snow White mendekati tempat hinggapnya. Disana, Snow White menemukan sebuah paku yang langsung ia pungut.

Saat Finn datang dan berusaha memperkosa dirinya, ia menusukkan paku tadi ke wajah Finn. Kemudian Snow White langsung kabur dan mendapati sang burung berada di sebuah lobang air. Ia pun segera masuk kelobang tersebut dan selanjutnya ia berada di pinggir sebuah tebing yang curam. Snow White akhirnya nekad terjun dari jurang tersebut dan berenang menuju tepian. Disana, Snow White menemukan seekor kuda putih yang kemudian membawa Snow White ke hutan gelap. Pasukan Finn mengejarnya yang berakibat ia harus kehilangan kudanya karena terjebak di lumpur. Seorang diri, Snow White menjelajahi hutan makin jauh kedalam, ia bahkan jatuh pingsan setelah lolos dari incaran kayu monster.

Sang ratu tidak berhasil mendapatkan Snow White dan di dead forest sang ratu tidak bisa menggunakan kekuatannya, ia kemudian menyuruh seorang pemburu ulung yang kehilangan istri bernama Eric The Huntsman (Chris Hemsworth) untuk menangkap Snow White. The Huntsman dijanjikan kalau ia akan mendapatkan istrinya kembali jika ia berhasil menangkap Snow White. Singkat cerita, iapun berhasil menangkap Snow White. Namun, sebelum menyerahkannya ia menagih janji sang ratu yang ternyata Cuma omong kosong belaka. The Huntsman pun marah besar dan terjadilah perkelahian. Tapi, The Huntsman kini malah berupaya untuk melindungi Snow White. Mereka berdua pun kabur ke sebuah perkampungan dan dinyatakan sebagai buronan kerajaan.

Finn dan pasukannya berhasil menemukan persembunyian mereka berdua. Perkampungan itu hangus dibakar dan banyak penduduk yang tewas. The Huntsman berhasil menyelamatkan Snow White tapi mereka berdua kemudian diselamatkan oleh sekawanan kurcaci yang dipimpin oleh Beith (Ian McShane) dan mereka berdua dibawa ke hutan peri. Saat beristirahat disana, Snow White terpesona oleh kehadiran seekor rusa putih yang cantik. Saat mengikuti rusa tersebut, Snow White bertemu dengan Finn. Kemudian, terjadilah pertarungan antara pasukan Finn dengan The Huntsman dan para kurcaci. Finn terbunuh dan sekali lagi mereka berdua berhasil lolos.

Kematian saudaranya membuat Ratu Ravenna murka. Ia kemudian menyamar menjadi William (Sam Claflin), lelaki yang disukai Snow White sejak kecil. Ia berhasil menemukan Snow White dan merayunya agar memakan apel yang sudah diracuninya. Baru menggigit satu gigitan, Snow White pun langsung lemas. Kesempatan itu segera digunakan sang Ratu untuk mengubah diri kebentuk aslinya dan langsung menghabisi Snow White. Snow White yang diracuni dinyatakan meninggal dunia. William menciumnya, namun Snow White masih tidak bergerak. Acara pemakaman pun diadakan.

The Huntsman yang telah jatuh cinta kepada Snow White selama perjalanan dalam menemaninya, diam-diam mendekati jenazah Snow White yang dibaringkan. Ia pun mengucapkan perpisahan akhir dan mencium Snow White.

"True love kiss" membangunkan Snow White dari mati surinya dan mulai memimpin pemberontakan melawan Queen Ravenna.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Kurcaci
  • Ian McShane sebagai Beith.[5]
  • Bob Hoskins sebagai Muir.[5]
  • Johnny Harris sebagai Quert.[5]
  • Toby Jones sebagai Coll, Duir's brother.[5]
  • Eddie Marsan sebagai Duir.[5]
  • Ray Winstone sebagai Gort.[5]
  • Nick Frost sebagai Nion.[5]
  • Brian Gleeson sebagai Gus.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]