Top Gear

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Top Gear
275px-TopGearLogo.jpg
Genre Otomotif
Sutradara Brian Klein
Pembawa acara Jeremy Clarkson
Richard Hammond
James May (2003-)
Jason Dawe (2002)
"The Stig"
Lagu pembuka "Jessica"
Komposer Dickey Betts
Negara Britania Raya
Bahasa Inggris
Jumlah seri 19
Jumlah episode 150
Produksi
Produser eksekutif Andy Wilman
Produser Lloyd Washbrook
Penyunting Guy Savin
Dan James
Lokasi Dunsfold Park, Dunsfold, Surrey, England, UK
Durasi 60 minutes
Rumah produksi BBC
Distributor BBC Worldwide
Siaran
Saluran asli BBC Two
BBC HD (since 2009)
Format audio Dolby Digital Stereo
Penayangan perdana 1977–2001
Mengudara sejak 20 Oktober 2002 – sekarang
Pranala luar
www.bbc.co.uk
www.topgear.com

Top Gear adalah serial televisi Inggris tentang kendaraan bermotor, terutama mobil, dan merupakan acara televisi otomotif paling banyak ditonton di dunia.[1] Acara ini dimulai pada tahun 1977 sebagai tampilan majalah otomotif konvensional. Seiring waktu, dan terutama sejak peluncuran kembali pada tahun 2002, telah mengembangkan gaya unik dan menampilkan humor. Acara ini disajikan oleh Jeremy Clarkson, Richard Hammond dan James May, dan memiliki pengemudi tambahan bernama The Stig yang misterius dan biasanya dipakai untuk mengetes catatan waktu mobil atau ikut dalam drag race.

Program ini diperkirakan memiliki sekitar 350 juta pemirsa per minggu di 170 negara yang berbeda[2] dan banyak yang mendownload videonya dari peer-to-peer file sharing, dengan sekitar 300.000 download per episode melalui program torrent[3]. Episode yang pertama disiarkan di Inggris pada BBC Two, lalu sejak Seri 14, ditayangkan juga di BBC HD. Tujuh belas seri telah disiarkan, yang paling baru dimulai pada 26 Juni 2011.

Menurut Jeremy Clarkson, serial berikutnya akan dimulai pada Natal 2012.[4] setelah serial 19 pada Januari 2013.[5][6]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

The Stig, yang biasanya mengetes mobil. Identitasnya masih misteri

Jeremy Clarkson, yang membantu serial asli mencapai puncaknya pada 1990-an, bersama dengan produser Andy Wilman, berhasil membuat format baru untuk Top Gear kepada BBC, yang membalikkan keputusan sebelumnya untuk membatalkan acara pada tahun 2001. Seri baru pertama kali disiarkan pada tahun 2002. Studio Top Gear berlokasi di Dunsfold Aerodrome dan taman bisnis di Waverley, Surrey. Top Gear menggunakan sirkuit balap sementara yang dirancang untuk pertunjukan oleh Lotus dan diletakkan pada bagian dari landasan pacu dan jalur taksi Dunsfold. Sebuah hanggar besar digunakan untuk studio rekaman dengan penonton berdiri.

Format seri baru menggabungkan sejumlah perubahan besar dari serial lama. Waktu acara diperpanjang menjadi satu jam dan dua presenter baru diperkenalkan yaitu : Richard Hammond dan Jason Dawe, dengan James May menggantikan Dawe setelah seri pertama. The Stig yang merupakan pengemudi balap misterius diperkenalkan sebagai test driver. Segmen baru juga ditambahkan, termasuk Star at Reasonably-Priced Car, The Cool Wall, News, Power Lap, dan berbagai acara menarik seperti balapan, kompetisi dan penghancuran karavan dan mobil Morris Marina yang selalu dihancurkan dengan menjatuhkan piano ke atapnya.

Pada awal 2006, BBC telah merencanakan untuk memindahkan studio syuting dari Dunsfold ke Enstone, Oxfordshire untuk syuting seri kedelapan Top Gear, namun langkah itu ditolak oleh pemerintah Oxfordshire Barat karena masalah kebisingan dan polusi. Pembuatan film seri terus berjalan di Dunsfold meskipun tidak memiliki izin untuk melakukannya.

Pada tanggal 20 September 2006, Richard Hammond terluka parah saat mengendarai mobil Vampire Turbojet sampai dengan 314 mil per jam (505 km/jam) di salah satu drag race. BBC menunda tanpa batas waktu siaran Top Gear dan mengumumkan bahwa produksi acara akan ditunda sampai Hammond sudah pulih. Baik BBC dan tim medis melakukan penyelidikan atas kecelakaan itu.

Sebuah program spesial, Top Gear: Polar Special, yang disiarkan di Britania Raya pada 25 Juli 2007 dan episode pertama yang ditampilkan dengan Definisi tinggi. Ini adalah balapan menuju Kutub Magnet Utara[7] dari Resolute, Nunavut, Canada, Jeremy Clarkson dan James May mengemudikan Toyota Hilux 'modifikasi kutub', dan Richard Hammond menggunakan kereta luncur anjing bersama dengan Matty McNair. Clarkson dan May menjadi yang pertama mencapai Kutub Magnet Utara dengan menggunakan mobil, menggunakan navigasi satelit.

Pada 9 September 2007, Top Gear ikut serta dalam The 2007 Britcar 24-hour race di sirkuit Silverstone, dimana para pembawa acara (termasuk The Stig) mengamudikan BMW 330d bermesin diesel bekas yang mereka modifikasi dan selesai di tempat ke-3 dalam sebuah kelas dan tempat ke-39 secara keseluruhan. Mobil tersebut menggunakan bahan bakar biodiesel yang dihasilkan dari tanaman yang mereka tanam sendiri pada saat pengulasan tentang traktor di seri sebelumnya.

Pada tahun 2008, Top Gear telah menjadi sangat populer sehingga daftar tunggu untuk mendapatkan tiket untuk rekaman melibatkan lebih dari 300.000 nama.[8] seri ini diadaptasi ke dalam format langsung yang bernama Top Gear Live. Tur itu dimulai pada 30 Oktober 2008 di Earls Court, London, pindah ke Birmingham pada bulan November lalu setidaknya ke 15 negara lain di seluruh dunia.

Pada 17 Juni 2008, dalam sebuah wawancara di The Chris Moyles Show di BBC Radio 1, Hammond dan May menyatakan bahwa di seri 11 akan ada seorang "host regular yang tampil sesekali".[9] Lalu hal ini terungkap bahwa sang "host regular yang tampil sesekali" adalah Stunt Man Top Gear. Produser eksekutif Top Gear, Andy Wilman, juga menyatakan bahwa program yang akan datang mengurangi tantangan-tantangan besar:[10]

Kami telah melihat kembali pada dua atau tiga tampilan terakhir dan melihat bahwa program bisa ditelan oleh satu film rakasa – sedikit seperti salah satu album Yes dari tahun 1970-an di mana satu sisi hanya berisi satu track – jadi kami mencoba menenangkan sisi rock progressive kami. Kami pasti masih memiliki fim besar, karena itu satu-satunya cara Anda dapat menikmati mereka bertiga mengolok-olok tentang mereka, namun secara keseluruhan akan lebih pendek, dan kami akan memasukkan lagu punk sepanjang 2 atau 3 menit.

Seri 14, disiarkan pada akhir 2009, menuai kritik dari beberapa pemirsa, yang dirasakan bahwa program itu menjadi dapat diprediksi dengan ketergantungan yang berlebihan pada aksi stunt dan memaksa humor dengan mengorbankan konten serius. Di siaran BBC Points of View pada 13 Desember 2009, Janice Hadlow, pengawas BBC Two, membantah komentar tersebut, mengamati bahwa ia masih senang dengan penilaian Top Gear dan apresiasi penonton.[11] Namun, pada 20 Desember, Andy Wilman mengakui bahwa ketiga presenter "terlalu banyak memainkan karakter kartun mereka di TV". Dia menambahkan, "Ini adil untuk mengatakan inkarnasi Top Gear ini lebih dekat akhir dari pada awal, dan tugas kita adalah untuk mendaratkan pesawat ini dengan martabat yang masih utuh. Namun ironisnya, itu berarti mencoba hal-hal baru untuk, bahkan jika mereka mengacau, karena, ya, itu berarti Anda tidak pernah berhenti berusaha."[12]

Siaran[sunting | sunting sumber]

Selain episode pertama yang disiarkan di Inggris Raya pada BBC Two, dan sejak Seri 14, juga di BBC HD, Top Gear juga ditampilkan pada BBC Amerika, Kanada BBC, RTE Dua & Setanta Irlandia di Irlandia, Veronica di Belanda, Canvas di Belgia, Kanal 9 di Swedia, Media Prima NTV7 di Malaysia, Nine Network dan GO!, Prima COOL di Republik Ceko, Viasat3 dan Viasat6 di Hungaria, di Australia (sebelumnya di SBS telah menunjukkan program ini sampai akhir. Seri 13 ditayangkan pada tahun 2009), Prime TV di Selandia Baru, BBC Entertainment di Amerika Latin, dan sejumlah saluran televisi lain di seluruh dunia.

Popularitas acara telah menyebabkan terciptanya tiga versi internasional, dengan tim produksi lokal dan presenter untuk Australia,Rusia dan Amerika Serikat[13]. Episode versi perdana Australia ditayangkan pada tanggal 29 September 2008 dan NBC memegang versi Amerika untuk siaran pada bulan Februari atau Maret 2009, sebagai pengganti pertengahan musim , tetapi kemudian jatuh dari jadwal mereka sebelum produksi kembali musim lama[14]. Acara ini juga tersedia di Netflix Streaming. Saluran kabel Amerika mendapat hak untuk versi Amerika, yang ditunjukkan perdana pada tanggal 21 November 2010.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Para presenter Top Gear

Pada November 2005, Top Gear memenangkan Penghargaan Emmy dalam kategori Hiburan Tanpa Skrip[15]. Dalam episode di mana presenter menunjukkan penghargaan kepada penonton di studio, Clarkson bergurau bahwa ia tidak dapat pergi ke New York untuk menerima penghargaan karena dia sedang sibuk menulis naskah baru.

Top Gear juga dinominasikan dalam tiga tahun berturut-turut (2004-2006) untuk British Academy Television Awards dalam kategori Fitur Terbaik. Clarkson juga dinominasikan dalam kategori terbaik "Kinerja Hiburan" pada tahun 2006[16].

Pada tahun 2004 dan 2005, Top Gear juga beberapa kali dinominasikan untuk Penghargaan Televisi Nasional dalam kategori Program Faktual Paling Populer; memenangkan penghargaan pada tahun 2006, 2007, 2008 dan 2011. Menerima penghargaan pada Oktober 2007, Richard Hammond membuat komentar bahwa mereka benar-benar layak mendapatkannya tahun ini, karena ia tidak harus membuat sensasi untuk mendapatkan beberapa suara simpati[17].

Presenter Top Gear juga mengumumkan di acara bahwa mereka telah memenangkan beberapa penghargaan berprofil sedikit lebih rendah. Dalam Seri 10, Richard Hammond memenangkan penghargaan untuk Potongan Rambut Terbaik dan James May memenangkan penghargaan untuk yang terburuk. Ketiga presenter telah memenangkan penghargaan untuk "selebriti dengan gaya teraneh" versi majalah Heat.

Dalam seri 11, The Stig memenangkan penghargaan dari Pramuka untuk Layanan Instruksi.

Pada akhir tahun 2009, Top Gear terpilih sebagai Program Terbaik Dekade Ini dalam survei yang dilakukan Channel 4. Industri orang dalam dan pakar televisi memilih; juga seribu anggota masyarakat mengambil bagian dalam jajak pendapat YouGov. Hasil disiarkan pada 27 Desember 2009.[18][19]

Segmen[sunting | sunting sumber]

Balapan[sunting | sunting sumber]

Segmen ini secara teratur menampilkan balapan jarak jauh. Dalam segmen ini biasanya Jeremy Clarkson (atau salah satu presenter lainnya) mengendarai mobil dan balapan dengan bentuk-bentuk transportasi lainnya. Tantangan biasanya melibatkan Richard Hammond dan James May mengambil perjalanan yang sama dengan kombinasi pesawat, kereta api atau feri. Segmen ini diedit dengan cara yang menghibur untuk menggambarkan hasil sebagai dekat dan untuk menyembunyikan pemenang sampai akhir lomba (terlepas dari kedekatan aktual dari perlombaan).

Sejumlah balapan skala yang lebih kecil juga terjadi yang menunjukkan berbagai kekuatan dan, lebih sering, kelemahan mobil. Balapan ini melibatkan salah satu presenter, di dalam mobil yang dipilih dengan cermat, berpacu head-to-head melawan seorang atlet dalam kondisi yang menguntungkan kedua. Program ini juga menampilkan berbagai balapan kecil, biasanya berlangsung beberapa menit, seperti sebuah mobil baru melawan mobil balap tua.

Tantangan[sunting | sunting sumber]

Mobil Toybota milik Jeremy Clarkson, sisa dari tantangan mobil amfibi

Pada seri-seri awal, mereka meluncurkan tantangan baru dan film aksi pendek, biasanya didasarkan pada tempat masuk akal, seperti bus melompati sepeda motor (yang bertentangan dengan skenario yang lebih khas, motor melompati bus) atau biarawati mengendarai truk raksasa. Tidak ada film aksi muncul antara Seri Tujuh dan Seri Sepuluh, tetapi Seri Sebelas memperkenalkan segmen aksi dengan seorang stunt anonim (dikreditkan sebagai "Stunt Man Top Gear") melakukan lompatan mobil.

Dimulai dengan Seri Lima, banyak tantangan acara diperkenalkan dengan slogan, "Seberapa sulitnya itu?". Ini termasuk tantangan di mana presenter mencoba untuk membangun Espace Renault konversi, menjadi roadies untuk The Who, berpartisipasi dalam lomba ketahanan mobil Britcar 24 jam di Silverstone dan mencoba untuk membangun sebuah kendaraan listrik yang akan lebih murah dari G-Wiz.

Dimulai dengan Seri Empat, satu episode setiap seri telah menampilkan sebuah film yang dibangun di sekitar premis "mobil murah", dimana presenter diberikan anggaran (biasanya sekitar £1.500, tetapi juga ada antara £ 100 dan £ 10.000, tergantung pada jenis mobil) untuk membeli mobil bekas sesuai dengan kriteria tertentu. Setelah dibeli, presenter saling bersaing dalam serangkaian tantangan untuk menentukan siapa yang telah membeli mobil terbaik. Para presenter tidak memiliki pengetahuan sebelumnya tentang apa jenis tesnya, meskipun mereka biasanya melibatkan perjalanan panjang untuk mengevaluasi keandalan mobil dan ekonomi bahan bakar, dan acara drag race untuk menentukan kinerja.

Banyak kreasi mobil dari tantangan-tantangan tersebut yang dipajang di World of Top Gear di Musim Motor Nasional, Beaulieu, Hampshire, Inggris.

Misi jarak jauh[sunting | sunting sumber]

Dimulai 2007, beberapa serial spesial menampilkan tiga presenter bertualang ke negara-negara yang jauh dengan mobil dengan dana terbatas.

Bulan & Tahun Nama serial Mobil Hammond Mobil Clarkson Mobil May Mobil cadangan Dana Misi
Februari 2007 Top Gear Spesial Amerika Serikat 1991 Dodge Ram 1991 Chevrolet Camaro RS 1989 Cadillac Brougham N/A $1000 (£510) Berkendara dari Miami ke New Orleans.
Juli 2007 Top Gear Spesial Kutub Utara Dogsled (bersama Matty McNair) Toyota Hilux (bersama May) Toyota Hilux (bersama Clarkson) N/A N/A Berkendara dari Resolute, Kanada ke Kutub Utara.
November 2007 Top Gear Spesial Botswana 1963 Opel Kadett 1981 Lancia Beta Coupe 1985 Mercedes-Benz 230E 1968 Volkswagen Beetle £1500 Berkendara dari perbatasan Zimbabwe ke perbatasan Namibia
Desember 2008 Top Gear Spesial Vietnam 1991 125cc Minsk Vespa Piaggio 50cc Honda Super Cub Honda Z50 15,000,000₫ (£550) Berkendara dari Saigon ke Ha Lang dalam 8 hari
Desember 2009 Top Gear Spesial Bolivia 1974 Toyota Land Cruiser 1984 Range Rover 1988 Suzuki Samurai N/A £3500 Berkendara dari hutan hujan Bolivia ke pesisir Pasifik Cili di sebuah kendaraan off-road bekas, dibeli secara online di Amerika Selatan.
Desember 2010 Top Gear Spesial Timur Tengah Fiat Barchetta 2000 Mazda MX-5 BMW Z3 1995 Opel Astra cabriolet £3500
May menghabiskan £3,966
Berkendara di Rute Nativitas, perjalanan dari Irak Utara ke Bethlehem dengan konvertibel bekas.
Desember 2011 Top Gear Spesial India 2000 Mini Cooper 1995 Jaguar XJS 1975 Rolls-Royce Silver Shadow 1979 Austin Allegro £7000 Untuk mengawal pemerintah Inggris di acara persetujuan dagang, menyusuri India menggunakan mobil buatan Inggris.
Maret 2013 Top Gear Spesial Afrika 2002 Subaru Impreza WRX Estate 1999 BMW 528i Touring 1996 Volvo 850R Wagon 1998 Ford Scorpio Ghia Estate £1,500 Menemukan sumber sesungguhnya dari Sungai Nil menggunakan mobil estate bekas.
Maret 2014 Top Gear Spesial Myanmar Isuzu TXD Isuzu TXD Hino Ranger N/A "Anggaran Terbatas" Melewati Myanmar untuk membuat jembatan melintasi Sungai Kwai,[20] namun jembatan "secara tidak sengaja" dibuat melintasi Sungai Kok.

Bintang di Mobil Berharga Layak[sunting | sunting sumber]

Dalam setiap episode, Clarkson akan mewawancarai satu orang selebriti. Kemudian, mereka dan penonton di studio menonton cuplikan film dari lap tercepat sang tamu sekitar jalur uji Top Gear. Waktu dicatat pada sebuah papan khusus. Untuk tujuh seri awal Top Gear, mobil yang diuji oleh para selebriti adalah adalah Suzuki Liana/

Pada awal dari seri kedelapan, Liana digantikan oleh Chevrolet Lacetti. Lacetti lebih kuat, Papan Pencatat direstrukturisasi, yang telah memungkinkan beberapa selebriti untuk kembali, termasuk Boris Johnson, kini Walikota London. Format untuk menetapkan waktu putaran juga berubah: setiap selebriti diperbolehkan mendapat lima lap latihan, kemudian lap sebenarnya yang waktunya dicatat. Lacetti diganti dengan mobil baru untuk seri kelima belas, Kia Cee'd.

Ellen MacArthur mencatat waktu putaran tercepat di Liana, dengan waktu 1:46.7. Waktu putaran tercepat di Chevrolet Lacetti direbut oleh Jay Kay dengan waktu 1:45.83. Waktu tercepat di Cee'd dipegang Matt LeBlanc yang mencapai waktu tercepat saat ini, 1:42.1 pada Februari 2012.

Michael Gambon berkeliling tikungan terakhir dengan dua roda, membuat Clarkson harus menamai tikungan tersebut dengan nama Tikungan Gambon. Lionel Richie dan Trevor Eve kehilangan satu roda saat pencatatan waktu dan David Soul menghancurkan sistem pencengkeram jalan dua buah mobil; mobil utama dan cadangan.

Ada Papan Pencatat terpisah untuk para pebalap Formula Satu. Sebastian Vettel saat ini memimpin, dengan waktu 1:44.0. Semua waktu pebalap Formula Satu, bahkan setelah seri ketujuh, mengemudikan Suzuki Liana.

Power Lap[sunting | sunting sumber]

Trek uji Top Gear di Dunsfold Aerodrome

Di segmen Power Lap, The Stig menyelesaikan satu putaran di trek uji Top Gear untuk mengukur kinerja berbagai mobil. Jalur Top Gear dirancang oleh Lotus.

Kualifikasi untuk masuk Papan Pencatat Power Lap adalah mobil yang sedang diuji harus layak jalan, tersedia secara komersial, dan mampu mengatasi polisi tidur[21]. Ada papan tidak resmi terpisah dari Papan Pencatat resmi untuk mobil yang tidak diproduksi secara komersial, seperti Aston Martin DBR9 Le Mans.

Mobil tercepat yang memenuhi persyaratan Power Lap adalah Ariel Atom V8 dengan waktu lap dari 1:15.1, mengalahkan tempat kedua McLaren MP4-12C, dengan 1,1 detik.

Dinding Keren[sunting | sunting sumber]

Diperkenalkan dalam episode keenam dari Seri Pertama, Clarkson dan Hammond memutuskan mana mobil yang keren dan yang tidak dengan menempatkan foto-foto mereka ke berbagai bagian dari papan besar, yang dikenal sebagai Dinding Keren. Kategori-kategori tersebut, dari kiri ke kanan; "Sangat Tidak Keren", "Tidak Keren", "Keren", "Sub-Zero", dan "Aston Martin DB9 SuperCool Fridge".

Menurut Andy Wilman, produser acara, faktor ke-keren-an setiap mobil yang diberikan itu berdasarkan pada berbagai atribut yang tidak selalu berhubungan dengan kualitas mobil itu sendiri[22]. Sebagai contoh., Wilman menunjukkan bahwa "mobil modis" seperti Audi TT, Chrysler PT Cruiser, Jaguar S-Type, dan Volkswagen Beetle yang tidak keren karena mereka "membuat dampak yang besar selama lima menit, ".

Selain itu, jika presenter Top Gear memiliki salah satu kendaraan itu, secara otomatis masuk ke bagian "Sangat Tidak Keren".

Penghargaan-penghargaan khusus[sunting | sunting sumber]

Mobil Terbaik Tahun Ini[sunting | sunting sumber]

Volkswagen Golf, Mobil Terbaik 2004

Pada akhir setiap musim gugur, para presenter menyajikan penghargaan kepada mobil favorit mereka tahun ini. Satu-satunya kriteria untuk penghargaan ini adalah bahwa ketiga presenter harus menemui kata sepakat. Para pemenang adalah :

Tahun Jenis mobil
2002 Land Rover Range Rover
2003 Rolls-Royce Phantom
2004 Volkswagen Golf GTI
2005 Bugatti Veyron
2006 Lamborghini Gallardo Spyder
2007 Subaru Legacy Outback/Ford Mondeo
2008 Caterham Seven R500
2009 Lamborghini Gallardo LP550-2 Valentino Balboni
2010 Citroën DS3
2011 Range Rover Evoque
2012 Toyota GT86
2013 Ford Fiesta ST

Mobil Terbaik Dekade Ini[sunting | sunting sumber]

Bugatti Veyron, pemenang Mobil Terbaik Dekade Ini

Pada episode terakhir dari Seri 14 (disiarkan 3 Januari 2010), selama Upacara Penghargaan Top Gear, Clarkson memutuskan bahwa, sebagai akhir dekade, mereka juga bisa mengumumkan 'Car of the Decade' Clarkson berkomentar bahwa pemenang penghargaan ini, Bugatti Veyron, adalah satu-satunya mobil benar-benar layak penghargaan. Karena Top Gear dimulai pada tahun 2000, hanya ada satu pemenang sejauh ini.

Dekade Jenis mobil
2000-an Bugatti Veyron

Survei kepemilikan[sunting | sunting sumber]

Dari tahun 2003 hingga 2006, Top Gear melakukan survei tahunan yang melibatkan ribuan warga Inggris mengenai survei kepuasan mereka terhadap mobil yang mereka miliki. Survei ini meminta responden untuk menilai mobil di kualitas pembuatan, kreativitas, pengalaman berkendara, biaya kepemilikan dan layanan pelanggan. Sedangkan untuk alasan hukum, survei kini dilakukan melalui majalah Top Gear, hasilnya masih digunakan di acara televisi. Survei, sebelumnya dilakukan bersama dengan JD Power, kini dilakukan oleh Experian. Berdasarkan kriteria tersebut, mobil-mobil peringkat terbaik dan terburuk dari survei ini adalah:

Tahun Kepemilikan terbaik Kepemilikan Terburuk
2003 Jaguar XJ[23] Volkswagen Sharan[24]
2004 Honda S2000 Mercedes M-Class
2005 Honda S2000 Peugeot 807
2006 Honda S2000 Peugeot 807

Rilis media[sunting | sunting sumber]

Kompilasi musik[sunting | sunting sumber]

Nama Tanggal rilis Catatan
Top Gear: Rock 26 Mei 1994 Double CD
Top Gear Vol.2 4 Mei 1995 Double CD
Top Gear 3-Rock Ballads 22 Februari 1996 Double CD
Top Gear: On the Road Again 20 September 1996 Double CD
Top Gear Anthems 14 September 1998 Double CD
Top Gear: The Greatest Driving Album This Year! 10 November 2003 Double CD
Top Gear: The Ultimate Driving Experience 14 November 2005 Double CD
Top Gear: Anthems – The Greatest Ever Driving Songs 21 Mei 2007 Double CD
Top Gear: Seriously Cool Driving Music 12 November 2007 Double CD
Top Gear: Anthems 2008 – Seriously Hot Driving Music 2 Juni 2008 Double CD
Top Gear: Sub Zero Driving Anthems 17 November 2008 Double CD
Top Gear: Australian Anthems 17 November 2008 Double CD
Top Gear: Seriously Hot Driving Anthems 27 Oktober 2009 Double CD
Top Gear: Seriously Rock 'N' Roll 26 November 2009 Double CD
Top Gear: Full Throttle 8 November 2010 Double CD

DVD[sunting | sunting sumber]

Top Gear juga telah mengeluarkan sejumlah DVD, pertama kali dirilis Oktober 2003.[25]

Top Gear di Facebook[sunting | sunting sumber]

Pada Agustus 2011, BBC mengumumkan bahwa episode lengkap Top Gear tersedia untuk dibeli melalui Facebook Credits dan ditonton di Facebook. [26]

Kritikan[sunting | sunting sumber]

Top Gear telah sering dikritik karena konten program oleh beberapa anggota masyarakat dan oleh Ofcom. Sebagian besar kritik berasal dari komentar dari tim pembawa acara, namun aspek lain dari program tersebut telah digarisbawahi sebagai tidak cocok. Insiden dan konten mulai dari (tetapi tidak terbatas pada) pernyataan dianggap oleh beberapa pemirsa untuk menyinggung[27], seperti mempromosikan mengemudi tidak bertanggung jawab[28], isu-isu lingkungan[29], mengejek Jerman[30][31], Meksiko[32], dan Polandia[33] dan dugaan homofobia[34] telah menghasilkan keluhan. Komedian Inggris dan tamu acara tersebut, Steve Coogan mengecam acara itu, menuduhnya malas, humor remaja dan "rasisme kasual, "[35].

Program ini juga telah dituduh mengelirukan produsen kendaraan Tesla dalam sebuah episode pertama ditayangkan pada tahun 2008. Perusahaan itu menuntut Top Gear ke pengadilan karena fitnah dan kebohongan berbahaya setelah Top Gear menyebut salah satu kendaraan Roadster produksi Tesla sudah kehabisan tenaga setelah hanya 55 mil[36][37]. Pada tanggal 19 Oktober 2011, Pengadilan Tinggi di London menolak klaim fitnah Tesla[38].

Clarkson sendiri sering bersikap kritis kepada BBC atas penanganan program. Dalam edisi Februari 2006 di majalah Top Gear, Clarkson menyuarakan pendapatnya bahwa BBC tidak menganggap Top Gear dengan serius. Ia juga berkomentar tentang ketidaksukaannya kepada para petinggi BBC yang memilih lama program dan sering mengganti acara dengan pertandingan snooker (yang dikatakan Clarkson sebagai "para pria mabuk bermain biliar," ), meskipun Top Gear memiliki rating lebih tinggi[39].

Produksi internasional[sunting | sunting sumber]

Top Gear disiarkan di 170 negara berbeda, dan BBC mengklaim bahwa Top Gear ditonton 350 juta orang setiap pekan. Nomor ini hanyalah spekulasi dan tidak dikonfirmasi oleh rating BBC yang telah dirilis[40] . Meskipun perdebatan itu tak pernah selesai, Top Gear tetap merupakan salah satu acara televisi paling banyak ditonton di seluruh dunia.

Australia[sunting | sunting sumber]

Logo resmi Top Gear Australia

Pada 19 November 2007, Special Broadcasting Service mengumumkan akan menyiarkan Top Gear versi Australia dengan kerjasama Freehand Productions, partner resmi BBC Worldwide untuk kawasan Australasia. Pengumuman ini menjadi kali pertama Top Gear diinternasionalisasikan secara eksklusif untuk pasar asing. Tak ada indikasi jelas mengenai gaya acara tersebut, selain dipastikan mempunyai gaya Australia.[41]

Para presenter Top Gear Australia untuk Seri Pertama: Cox, Brown dan Pizzati

SBS menggelar audisi untuk memilih para presenter, dan pada Mei 2008, diumumkan bahwa presenter yang terpilih adalah Charlie Cox, Warren Brown, Steve Pizzati dan seorang 'sepupu' The Stig.[42]. James Morrison menggantikan Charlie untuk seri kedua.

Jeremy Clarkson berkata, "Saya bersemangat mengetahui Top Gear ada di Australia."[43]

Rusia[sunting | sunting sumber]

Logo resmi Top Gear Rusia

Pada 14 Oktober 2008, situs resmi Top Gear mengonfirmasi bahwa edisi Rusia akan diluncurkan pada akhir tahun tersebut. Lima belas episode akan disiarkan.[44]

Pada 20 Desember, Top Gear: Russian Version direkam untuk disiarkan pada 22 Februari 2009.[45]Formatnya sama dengan versi asli, dengan tiga orang presenter: mantan gitaris rock Nikolai Formenko, eks VJ MTV Oscar Kuchera dan jurnalis otomotif Mikhail Petrovsky.

Setelah hanya setengah dari seri pertama, penyiaran edisi Rusia dihentikan karena kritikan dari penonton.

Amerika Serikat[sunting | sunting sumber]

Rilis resmi pertama mengenai versi Amerika Serikat muncul pada Januari 2006, saat situs resmi Top Gear merilis berita mengenai syuting versi Amerika, diproduksi oleh Discovery Channel[46]. Proyek rintisan ini menampilkan Bruno Massel sebagai salah satu presenter, tetapi tidak pernah terpilih.[47]

Pada April 2007, BBC melaporkan berita The Sun bahwa Top Gear sedang dalam perbincangan untuk versi Amerika. Presenter saat ini akan dipertahankan, tetapi acara itu akan fokus kepada mobil Amerika dan menampilkan selebritas Amerika.[48] Rencana untuk versi Amerika kemudian gagal terwujud, sebagian karena keluhan Clarkson mengenai syuting beberapa bulan yang membosankan, jauh dari keluarganya.[49]

NBC mengumumkan bahwa mereka akan bekerjasama dengan BBC Worldwide Amerika, untuk menghidupkan kembali proyek rintisan Top Gear versi Amerika[50]. Direkam pada Juni 2008, dengan presenter radio Adam Carolla, pembalap reli Tanner Froust dan penyiar televisi Eric Stormer[51]. Meski begitu, NBC tak meletakkannya di jadwal siaran, mengindikasikan bahwa akan disiarkan pada musim dingin atau musim panas 2009.[52]

Akhirnya, NBC meninggalkan acara tersebut. Pada Februari 2010 di Australia, Clarkson berkomentar bahwa versi Amerika sudah "terhenti".[53]

Acara tersebut dihidupkan kembali pada Februari 2010, setelah History Channel memesan antara 10 hingga 12 episode.[54] Acara tersebut diproduksi kembali pada Agustus 2010, dan disiarkan buat pertama kali pada 21 November 2010.[55][56]

Korea Selatan[sunting | sunting sumber]

Pada 20 Agustus 2011, episode pertama Top Gear Korea, diproduksi oleh XTM Channel, disiarkan dengan jumlah 13 episode. Pada 8 April 2012, episode kedua versi Korea tersebut disiarkan 10 episode. Presenter yang pernah membawakan acara ini termasuk Kim Kap-su dan Jo Min-gi.

Saat ini acara tersebut dibawakan oleh Yeon Jung-hoon, Pak Jun-gyu dan Kim Jin-pyo. Seri ketiga diluncurkan pada Oktober 2012.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sir Bruce Forsyth becomes record breaker". BBC News Online. 7 September 2012. Diakses 7 September 2012. "motoring show Top Gear, is also recognised in the 2013 volume. The BBC Two fixture holds the record for the world's most widely-watched factual TV programme, having now been broadcast in 212 territories." 
  2. ^ "The Secret Behind the Hit TV Car Show "Top Gear"". CBS News. Reuters. 1 January 2008. Diakses 2 January 2008. "Top Gear is at number two" 
  3. ^ The guidelines: Ten most popular downloaded US TV shows in 2009 – guardian.co.uk home]
  4. ^ https://twitter.com/#!/jcrclarksonesq/status/200124115900837888 Jeremy Clarkson confirming no Top Gear autumn series in 2012
  5. ^ https://twitter.com/#!/jcrclarksonesq/status/200132467288584193 Jeremy Clarkson confirming new Top Gear season January 2013
  6. ^ http://www.gtspirit.com/2012/05/09/top-gear-to-return-in-2013/
  7. ^ Stephenson, David (15 July 2007). "Top Gear Team in Hot Water over Pole Race". Daily Express (UK). Diakses 30 March 2009. 
  8. ^ By  Chris Shunk RSS feed. "Want to watch Top Gear in person? Prepare to wait 21 years". Autoblog. Diakses 14 April 2014. 
  9. ^ "Radio 1: Chris Moyles interview". BBC. 24 February 2007. Diakses 28 December 2010. 
  10. ^ Radio Times 21–27 June 2008: Changing Gear
  11. ^ BBC Points of View, 13 December 2009
  12. ^ "Top Gear Transmission Blogs – Series 14: where we're at". 20 December 2009. Diakses 23 December 2009. 
  13. ^ "Top Gear Russia news – Top Gear goes Russian – 2008 – BBC Top Gear". Topgear.com. 14 October 2008. Diakses 18 November 2008. 
  14. ^ "Breaking News — NBC Details New Beers Series, Midseason Options". Futoncritic.com. Diakses 18 November 2008. 
  15. ^ BBC (23 November 2005). BBC picks up two International Emmy Awards. Siaran pers. Diakses pada 28 December 2005.
  16. ^ Bafta TV Awards 2006: The shortlist |accessdate =25 November 2008.
  17. ^ Awards for Top Gear. IMDb. Retrieved on 1 January 2006. On 20 January 2010 Top Gear was once again nominated for a National Television Award, in the category "Best Factual Program" however, they lost out to Loose Women
  18. ^ Cable, Simon (26 December 2009). "Top Gear takes decade's top show accolade". Daily Mail (UK). Diarsipkan dari aslinya tanggal 29 December 2009. Diakses 29 December 2009. 
  19. ^ Chater, David (19 December 2009). "Sunday Dec 27's Top TV". The Times (UK). Diarsipkan dari aslinya tanggal 29 December 2009. Diakses 29 December 2009. 
  20. ^ "Burma Special – Part 1". bbc.co.uk. Diakses 5 March 2014. 
  21. ^ Top Gear Power Laps Top Gear Website Retrieved on 2006.11.13 In order to qualify for the power laps board, a car must be road legal and be a car. For this reason, the F1 car (0.59.0), Aston Martin DBR9 (1.08.6) and Sea Harrier (0.31.2) do not appear.
  22. ^ Wilman, Andy (19 March 2006). "Anatomy of cool: how to pick cars with credibility". London: The Times Online. Diakses 3 December 2008. 
  23. ^ (Inggris) "BBC Top Gear Motoring Survey 2003 (top 10)" (shtml). BBC. Diakses 3 Juli 2009. 
  24. ^ (Inggris) "BBC Top Gear Motoring Survey 2003 (last 10)" (shtml). BBC. Diakses 3 Juli 2009. 
  25. ^ http://en.wikipedia.org/wiki/Top_Gear_%282002_TV_series%29
  26. ^ http://www.topgear.com/uk/car-news/top-gear-polar-special-now-on-facebook-2011-08-22
  27. ^ Plunkett, John (26 July 2006). "Top Gear: 0 to offensive in 6.5 seconds". The Guardian (London). Diakses 25 November 2008. 
  28. ^ Akwagyiram, Alexis (12 April 2005). "'Petrolheads' under attack". BBC. Diakses 28 December 2008. 
  29. ^ "Top Gear 'damaged African plains'". BBC World News. 8 July 2007. Diakses 22 July 2008. 
  30. ^ Hall, Allan (15 December 2005). "Germans up in arms over Clarkson's mocking Nazi salute". The Scotsman (Edinburgh). Diakses 2 August 2006. 
  31. ^ "BBC Complaints – Appeals to the Governors April to June 2006". July 2006. Diakses 9 November 2007. 
  32. ^ Turner, Mimi (2 February 2011). "Mexico wants apology after Top Gear tirade". Reuters. Diakses 2 February 2011. 
  33. ^ "Jeremy Clarkson offends Polish on Top Gear tank stunt". Herald Sun. 5 August 2009. Diakses 21 August 2011. 
  34. ^ BBC (18 December 2006). "BBC condemns Clarkson 'gay' jibe". BBC News. Diakses 18 December 2006. 
  35. ^ Coogan, Steve (5 February 2011). "I'm a huge fan of Top Gear. But this time I've had enough". The Guardian (London). 
  36. ^ "Newsbeat - BBC denies rigging Top Gear Tesla Roadster car race". BBC. 30 March 2011. Diakses 21 August 2011. 
  37. ^ Adam Vaughan (30 March 2011). "Tesla sues Top Gear over 'faked' electric car race | Environment | guardian.co.uk". London: Guardian. Diakses 21 August 2011. 
  38. ^ [Tesla losing Top Gear court challenge "http://www.iol.co.za/motoring/industry-news/tesla-losing-top-gear-court-challenge-1.1162112"] Check |url= scheme (help). The Independent. 21 October 2011. Diakses 21 October 2011. 
  39. ^ Clarkson, Jeremy (1 February 2006). "Clarkson's right on cue". Top Gear Magazine. Diakses 12 July 2008. 
  40. ^ "The Secret Behind the Hit TV Car Show "Top Gear". CBS News. Reuters. 
  41. ^ "Car fans wanted for Aussie 'Top Gear'". NEWS.com.au. 19 November 2007. Diakses 19 November 2007. 
  42. ^ "SBS wheels out its Top Gear team". theaustralian.news.com.au. 29 May 2008. Diakses 29 May 2008. 
  43. ^ "Australia moves into top gear". The Sydney Morning Herald. 19 November 2007. Diakses 16 February 2008. 
  44. ^ Top Gear goes Russia TopGear.com (14 October 2008)
  45. ^ "Final Gear – Top Gear Russia Pilot Has Been Filmed, Airs February 22nd". Finalgear.com. 20 December 2008. Diakses 28 December 2010. 
  46. ^ "In Top Gear we trust". Top Gear. Diakses 18 January 2006. 
  47. ^ "brunomassel.com". 
  48. ^ "BBC Top Gear in US TV deal talks". BBC News. 9 April 2007. Diakses 9 April 2007. 
  49. ^ "The Sun It's Stop Gear for the States". The Sun (London). 26 July 2007. Diakses 25 November 2008. 
  50. ^ "BBC Worldwide". BBC Worldwide. 21 April 2009. Diakses 28 December 2010. 
  51. ^ "Start Your Engines! NBC's 'Top Gear' Buckles up its Hosts for Gigh-Octane Pilot from BBC Worldwide America Based on International Hit Franchise". NBC. 16 June 2008. 
  52. ^ Futon Critic Staff (14 May 2008). "NBC Details New Beers Series, Mid-season Options". Futon Critic. Diakses 30 November 2008. 
  53. ^ "Top Gear Australia Live Interview with Clarkson and Hammond". 
  54. ^ "Top Gear USA Alive, Heading To History Channel". Jalopnik.com. 15 February 2010. Diakses 28 December 2010. 
  55. ^ Seidman, Robert. "HISTORY in Production with BBC on U.S. Version of 'Top Gear' Hosted by Adam Ferrara, Tanner Foust and Rutledge Wood". Tvbythenumbers.com. Diakses 28 December 2010. 
  56. ^ Ireson, Nelson (20 October 2010). "Video: Two New Top Gear USA Trailers, Show Airs November 21". Motorauthority.com. Diakses 28 December 2010. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]