The SpongeBob SquarePants Movie

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
The SpongeBob SquarePants Movie
Spongebob squarepants ver8.jpg
Teater rilis poster
Sutradara Stephen Hillenburg
Produser Derek Drymon
Albie Hecht
Stephen Hillenburg
Julia Pistor
Gina Shay
Penulis Stephen Hillenburg
Derek Drymon
Tim Hill
Kent Osborne
Aaron Springer
Paul Tibbitt
Berdasarkan SpongeBob SquarePants 
karya Stephen Hillenburg
Narator Tom Kenny
Pemeran Tom Kenny
Bill Fagerbakke
Clancy Brown
Rodger Bumpass
Mr. Lawrence
Alec Baldwin
David Hasselhoff
Scarlett Johansson
Jeffrey Tambor
Musik Gregor Narholz
Sinematografi Jerzy Zielinski
Penyunting Lynn Hobson
Tim Hill
Studio Nickelodeon Movies
United Plankton Pictures
Nickelodeon Animation Studios
Distributor Paramount Pictures
Tanggal rilis
Durasi 90 minutes
Negara  Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $30 juta
Pendapatan kotor $140,161,792

The SpongeBob SquarePants Movie adalah sebuah film animasi berdasarkan acara TV hit Nickelodeon SpongeBob SquarePants. Film ini diproduksi dan disutradarai pembuat seri Stephen Hillenburg, serta dibintangi pengisi suara seri Tom Kenny, Bill Fagerbakke, Clancy Brown, Rodger Bumpass, dan Mr. Lawrence, dan bintang tamu Scarlett Johansson, Jeffrey Tambor, Alec Baldwin, dan David Hasselhoff. Film ini diproduksi Nickelodeon Movies, dalam asosiasi dengan perusahaan Stephen Hillenburg United Plankton Pictures, dan didistribusikan oleh Paramount Pictures. Film ini bercerita Plankton mencuri mahkota Raja Neptunus dan menyalahkan Mr. Krabs. SpongeBob dan Patrick harus mengembalikan mahkota itu dari Shell City untuk menyelamatkan Mr. Krabs dan Bikini Bottom.

Selama lebih dari satu tahun, Stephen Hillenburg diminta membuat film berdasarkan seri tapi ditolak. Ketika film diproduksi, Stephen Hillenburg menghentikan produksi seri setelah musim ketiga selesai diproduksi. Tim penulis terdiri dari Stephen Hillenburg, Derek Drymon, Paul Tibbitt, Aaron Springer, Tom Hill, dan Kent Osborne. Aslinya film ini akan menjadi akhir seri, tapi Nickelodeon ingin lebih banyak episode, jadi Paul Tibbitt menggantikan posisi Stephen Hillenburg dan memproduksi musim keempat. Ketika film diproduksi, Jules Engel, mentor Hillenburg di California Institute of the Arts, meninggal; film ini pun didedikasikan kepadanya.

Film ini sangat sukses, menghasilkan $140 juta dan mendapat ulasan positif dari kritikus. Sekuelnya diumumkan pada 2012 dan rencananya akan ditayangkan pada 13 Februari 2015.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Film dimulai dengan urutan kredit live action, di mana sekelompok bajak laut mengambil tiket ke The SpongeBob SquarePants Movie. Bajak laut kemudian menyanyikan SpongeBob SquarePants Theme Song. Bajak laut memasuki bioskop, dan duduk untuk menonton film.

Film ini tepat dimulai dengan situasi darurat di Krusty Krab, lengkap dengan helikopter polisi dan wartawan. Mr. Krabs menjelaskan kepada para wartawan bahwa seorang pelanggan memesan Krabby Patty dengan keju, tetapi tidak menemukan keju. Tiba-tiba, SpongeBob SquarePants, "manajer", tiba di mobil olahraga ramping. Dia memasuki Krusty Krab, ia mengambil sepotong keju dari sebuah koper penuh peralatan berteknologi tinggi, dan perlahan-lahan menempatkan keju di Krabby Patty. Hari itu diselamatkan, orang-orang mulai bersorak untuk SpongeBob. Sorakan mereka segera berganti dengan suara jam alarm SpongeBob, dan ia bangun, mengungkapkan adegan pembuka adalah mimpi.

SpongeBob sangat bersemangat, karena hari ini adalah pembukaan "The Krusty Krab 2" dan dia mengatakan ke Gary bahwa dia akan menjadi manajer sejak dia sudah mendapat penghargaan Karyawan Terbaik Bulan ini 374 kali berturut-turut. Setelah menyiapkan diri untuk hari itu, dan memberi salam ke Squidward dan Patrick, SpongeBob pergi ke Krusty Krab. Kemudian kita melihat flash berita tentang Krusty Krab 2. Plankton memperhatikan semuanya dari teleskop. Dia cemburu. Dia cara ini karena dia tidak pernah memiliki pelanggan. Dia iri kepada Mr. Krabs, dan negara-negara mencoba merencanakan setiap di kabinet dari "A ke Y". Sebenarnya ada 26 huruf abjad, dan Plankton tidak melihat itu pada awalnya, tapi Karen memberitahu dia. Plankton menemukan "Rencana Z" di belakang laci. Dia mencium itu. Ini beraroma lemon. Dia pergi ke luar, hanya untuk terinjak oleh SpongeBob. Dia menarik Plankton dari sepatunya, kemudian berjalan lagi. Sementara itu, Mr. Krabs sedang mempersiapkan upacara pembukaan dari Krusty Krab 2 yang merupakan replika yang tepat dari yang asli dan terletak langsung di sebelah-pintu itu, satu-satunya perbedaan menjadi raksasa bercahaya "2" tanda. SpongeBob bergegas ke panggung untuk menerima promosi, tapi Mr Krabs mengumumkan bahwa Squidward adalah manajer baru sebagai gantinya, banyak yang shock. Mr Krabs menceritakan kepada SpongeBob bahwa ia terlalu muda dan kekanak-kanakan untuk menangani tugas, dan SpongeBob merajuk sambil berkata "Aku siap ... depresi." Patrick tiba-tiba berlalu, telanjang, dan jatuh kedalam set, menyebabkan kebakaran.

Sementara itu, Plankton pergi menuju istana Raja Neptune, sebagai bagian dari "Rencana Z". Di dalam, Neptune berupaya untuk menghukum penggosok mahkota kerajaan karena menyentuh mahkota, tapi dihentikan oleh anaknya yang cerdas, Mindy. Raja Neptune dengan kasar dan tirani mencoba untuk menjelaskan kepada putrinya bahwa ia harus melaksanakan kekuasaannya sebagai raja untuk dihormati, dan bahwa dia akan harus melakukan hal yang sama ketika ia menjadi Ratu. Dia mulai menjelaskan pentingnya mahkotanya, dan ketika ia berbicara, Plankton datang dan mencuri itu. Neptunus, yang botak, terkejut mengetahui bahwa mahkotanya hilang, Plankton telah mencuri itu.

Sementara itu, Neptune tiba di Krusty Krab setelah menerima bukti yang ditanam oleh Plankton bahwa Mr. Krabs mencuri mahkotanya, dengan maksud agar Mr. Krabs di eksekusi. Mr. Krabs menyangkal mencuri mahkota, tetapi pesan kemudian memutar di telepon seorang pria berterima kasih Mr Krabs untuk memberinya mahkota dan mengatakan bahwa dia menjualnya ke Kota Shell. Panggilan ini sebenarnya dari Plankton. Neptune bertanya kalau ada yang memiliki sesuatu untuk dikatakan ke membela Mr. Krabs, dan SpongeBob "mabuk" tiba dan menghina Mr Krabs karena dendam, tetapi karena menyadari tingkat keparahan membuatnya kembali ke situasi Neptunus dan kembali menjadi normalnya sendiri dan berhenti dari membunuh dia. Mindy meyakinkan ayahnya memberikan SpongeBob kesempatan untuk membuktikan Krabs tidak bersalah, dan ia dan Patrick setuju untuk melakukan perjalanan ke Kota Shell ditakuti, dan kembali dengan mahkota. Sebelum berangkat, Mr Krabs dibekukan dan Mindy, yang mengembangkan Patrick naksir, memberikan duo kantong ajaib angin untuk pulang dengan.

Dengan enam hari untuk mengambil mahkota (awalnya sepuluh sampai Raja Neptunus dan Patrick berpendapat untuk menurunkannya ke enam), SpongeBob dan Patrick mengambil "Patty Wagon", mobil yang berbentuk seperti Krabby Patty. Mereka segera mencapai pompa bensin yang terletak di jalur county, dimana para pemilik dusun menertawakan mereka, menemukan duo dan kendaraan mereka bodoh. Mereka mengatakan SpongeBob dan Patrick bahwa mereka tidak akan bertahan selama 10 detik di atas garis county. Ketika SpongeBob dan Patrick melewati batas, mobil mereka segera dicuri oleh preman. SpongeBob dan Patrick kemudian menyadari bahwa mereka berlangsung selama 12 detik, dan mulai tertawa di hillbillies, yang tercengang oleh kebodohan mereka, karena mereka terus berjalan kaki. Kemudian, mereka menemukan mobil mereka diparkir di "Thug Tug", baris untuk tangguh, ikan berotot. SpongeBob telah Patrick mengalihkan perhatian para preman sehingga ia bisa mendapatkan kunci. Dia tidak berhasil, dan mendapat tangan kotor dalam proses. SpongeBob kepala untuk kamar mandi untuk mencuci tangannya, dan ketika ia menggunakan dispenser sabun, menghasilkan gelembung. SpongeBob dan Patrick mulai memiliki "Bubble Party", tapi satu gelembung mengapung di atas kepada pemimpin dari "Thug Tug", yang mengingatkan para pengunjung bar lainnya kebijakan bahwa semua "Bubble Blowing Babies" akan dipukuli. Pemimpin melanjutkan sebuah "Blowing Bubble Baby Hunt" dengan menghidupkan lagu Goober Goofy Theme, di mana orang pertama untuk memulai bernyanyi ditentukan untuk menjadi pelakunya. SpongeBob dan Patrick perjuangan untuk tidak mulai bernyanyi, maka pemilik mulai bernyanyi ke SpongeBob dan Patrick, menyebabkan mata SpongeBob untuk air dan Patrick untuk mulai mencair, dan mereka hanya diselamatkan ketika meledak Kembar Siam di lagu. Para preman lainnya mulai memukuli mereka, memungkinkan SpongeBob dan Patrick untuk mencuri kunci dan berangkat.

Pada hari berikutnya, Plankton, dengan memanfaatkan Mr. Krabs sedang tidak mampu, telah mampu memperoleh formula rahasia Krabby Patty dan mulai melayani Krabby Patties di Chum Bucket. Dia mencuri formula dengan menyelinap oleh Mr Krabs ketika ia sedang beku, pergi ke kantornya, masukkan kode yang aman dan mencuri formula. Mr. Krabs marah tetapi dia tidak bisa mengatakan apa-apa karena ia beku. Tapi kalau ini episode, ia tidak akan mendapatkan formula dengan Mr. Krabs beku, karena Mr Krabs akan langkah di Plankton. Plankton mulai menyegel Krabby Patties di Chum Bucket, bersama dengan helm ember gratis. Ia juga belajar tentang SpongeBob dan Patrick berusaha untuk mendapatkan mahkota kembali dan menyewa seorang pembunuh bayaran profesional bernama Dennis untuk memastikan bahwa SpongeBob dan Patrick tidak mencapai kota Shell. Keesokan harinya, Squidward melihat semua orang yang memakai helm ember dan setelah seorang wanita mengatakan kepadanya bahwa Plankton memberikan mereka Krabby Patties gratis, dia pergi menghadapi Plankton. Squidward menemukan Plankton yang mencuri mahkota untuk mendapatkan formula Krabby Patties dan memutuskan untuk melaporkan dia untuk Raja Neptunus tapi sebelum dia meninggalkan Chum Bucket, Plankton mengaktifkan perangkat pikiran-kontrol, mengungkapkan bahwa helm ember itu mengendalikan pikiran. Squidward mencoba untuk melarikan diri tetapi warga bekerja keras dan menangkap dia, mengambil menuruni oppositor terakhir Plankton di Bikini Bottom dan mengubah kota menjadi "Planktopolis". SpongeBob dan Patrick bepergian melalui bidang tengkorak, tertawa di atas kemenangan mereka di Thug Tug. Mereka melihat Ice Cream Berdiri, tetapi ketika SpongeBob pergi untuk memesan, wanita tua berjalan stand diturunkan menjadi lidah dari Frogfish mengerikan menggunakan Ice Cream Berdiri sebagai umpan. SpongeBob dan Patrick dikejar oleh raksasa laut besar, akhirnya mengemudi dari tebing dan keluar dari mobil tepat pada waktunya. The Frogfish memikat dari tepi, dan kemudian dimakan oleh binatang yang lebih besar yang muncul dari parit. Tidak mampu untuk melewati parit rakasa-diisi, SpongeBob memutuskan untuk menyerah dan menerima kenyataan bahwa dia dan Patrick hanya anak-anak. Namun, Mindy datang dan menunjukkan kepada mereka apa yang telah terjadi untuk Bikini Bottom saat mereka pergi, dan memberi mereka kumis palsu dalam bentuk rumput laut, meyakinkan mereka bahwa mereka sekarang pria. SpongeBob dan Patrick melewati parit tanpa rasa takut (bernyanyi "Now That We're Men"), tetapi bertemu dengan Dennis di sisi lain. Dia merobek kumis palsu mereka dan menjelaskan untuk mereka bahwa mereka tidak benar-benar pria, dan mempersiapkan untuk membunuh mereka dengan menghancurkan mereka di bawah bootnya. Namun, sebelum ia dapat melakukannya, Dennis sendiri dihancurkan oleh boot raksasa, milik penyelam scuba monsterous bernama "The Cyclops", yang menculik SpongeBob dan Patrick ke permukaan.

SpongeBob dan Patrick bangun di mangkuk ikan mas yang penuh dengan kerikil air tawar dan sedimen. Mereka melihat Cyclops membuat "pernak-pernik" dari makhluk laut mati, banyak yang menakutkan mereka, dan segera dibawa keluar dari mangkuk dan diletakkan di atas meja di bawah lampu panas, dan mulai mengering. Segera, SpongeBob mengeluhkan bahwa mereka telah gagal, dan bahwa Bikini Bottom akan tetap berada di bawah kendali pikiran Plankton, Mr Krabs akan dieksekusi, dan mereka juga akan mati. Patrick menunjukkan tanda membaca "Kota Shell: Hadiah Kelautan dan serba-serbi". SpongeBob menyadari bahwa mereka berada di Shell kota, yang sebenarnya sebuah toko hadiah. Mereka melihat mahkota, yang pada layar untuk sembilan dolar. SpongeBob kemudian menyadari bahwa mereka setidaknya sampai ke Kota Shell, dan tidak cukup baik untuk "beberapa goofballs." Mereka berdua meneteskan air mata dan mulai menyanyikan lagu Goofy Goober, seperti yang mereka mengerut. Kembali di gedung bioskop, para bajak laut meratapi hilangnya SpongeBob dan Patrick, ketika burung beo menyarankan mereka untuk tetap menonton film tersebut. Si "Tear dari Goofy Goober" meluncur ke bawah kawat ke soket listrik, menyebabkan ia hubung singkat dan mengeluarkan asap, yang naik dan mengaktifkan sistem sprinkler, menyebabkan semua makhluk laut menghidupkan kembali. Ketika mereka memukuli raksasa, SpongeBob dan Patrick mengambil mahkota dan membawanya ke pantai. Di sana, SpongeBob membaca manual pada Tas Angin, dan Patrick sengaja rilis itu, meninggalkan mereka terdampar di pantai. Namun, David Hasselhoff datang dan membawa mereka melintasi lautan di punggungnya. Di perjalanan pulang ke rumah, boot besar milik penyelam yang sama yang menculik mereka naik dari air, dan Dennis marah muncul dari bawah, yang kembali berusaha untuk menghancurkan SpongeBob dan Patrick dengan boot-nya, tetapi mengetuk ke laut dengan perahu layar mengambang. Sebagai duo ini tiba di Bikini Bottom, Raja Neptune mengeksekusi Mr. Krabs, tapi sedang terhenti oleh Mindy. Hasselhoff membuka otot dada dan menembak duo turun ke Bikini Bottom, di mana mereka jatuh melalui atap Krusty Krab, mahkota trisula membelokkan ledakan yang hampir membunuh Mr Krabs, dan akhirnya Hasselhoff terbakar. Selama perayaan kemenangan mereka, Plankton melempar Raja Ukuran Chum Bucket Ketopong ke Neptune, menempatkan dirinya di bawah kekuasaannya. Sebagai pelayan Plankton terhipnotis mengelilingi pahlawan, SpongeBob membuat pidato menjadi siapa Anda, sebelum mengubah dalam wizard dan melanggar keluar ke versi rock dari lagu tema Goofy Goober (merupakan parodi dari "I Wanna Rock" oleh Twisted Sister), menggunakan laser gitarnya untuk menghancurkan semua ember pengontrol otak.

Plankton diinjak-injak sebelum ia dapat melarikan diri, dan polisi memasukkan dia dalam sangkar kecil dan membawanya pergi. Neptunus mencapai pemahaman tidak hanya dengan Mr Krabs, tetapi juga dengan putrinya, dan berterima kasih SpongeBob dan Patrick. Squidward menyarankan SpongeBob bahwa ia telah belajar bahwa ia tidak benar-benar harus menjadi manajer dari Krusty Krab 2, tapi SpongeBob bersemangat mengambil posisi tetap. Gambar yang ditampilkan di akhir kredit menunjukkan dua perbedaan satu-satunya antara pekerjaan manajer dan goreng-masak adalah bahwa ada topi raksasa dengan kata manajer dicetak di atasnya dan persen tambahan di paycheque nya. Meskipun demikian, SpongeBob mengambil peran manajer Krusty Krab 2 dengan bangga, film tersebut menandakan kesimpulan dari cerita.

Selama akhir kredit, Gambar-gambar ditampilkan SpongeBob tugas sebagai manajer, yang meliputi mengepel lantai, membuang sampah, dan Mr Krabs memegang sebuah koin tunggal (sebuah "menaikkan"). Bagaimanapun, SpongeBob menikmati semuanya. Kembali di teater, penerima tamu memberitahu para bajak laut meninggalkan teater sehingga dia bisa membersihkan.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

"The SpongeBob SquarePants Movie" sudah lama direncanakan,[1] sejak Nickelodeon dan Paramount Pictures meminta Stephen Hillenburg membuat film berdasarkan seri lebih dari satu tahun.[2] Hillenburg khawatir tentang ini, setelah menonton "The Iron Giant" dan "Toy Story" bersama anaknya, dia merasa tertantang memberi karakter SpongeBob dan Patrick sesuatu yang lebih sinematik dan menginspirasi, selama bisa dilakukan tanpa menghilangkan apa yang dia sebut "irama" SpongeBob.[2] Dia berkata "Membuat film berdurasi 75 menit tentang SpongeBob mencoba membuat selai ubur-ubur adalah kesalahan, saya pikir [...] Ini harus SpongeBob dalam petualangan besar. Dari situlah komedi datang, memiliki dua karakter naif, SpongeBob dan Patrick, seorang doofus dan seorang idiot, dalam suatu pengembaraan heroik yang sangat berbahaya dengan semua kemungkinan melawan mereka."[2]

Pada 2002, Hillenburg dan anggota staff acara menghentikan pembuatan episode untuk mengerjakan film, setelah menyelesaikan musim ketiga acara.[3] Plot film awalnya adalah SpongeBob menyelamatkan Patrick dari nelayan di Florida.[3] Acuan pada film Finding Nemo ini kemudian diberitahukan oleh Tom Kenny, pengisi suara SpongeBob, bahwa itu adalah plot "lelucon" untuk membuat penggemar sibuk.[3] Untuk menulis film, Hillenburg duduk dengan lima penulis dan animator lain yang bekerja di acara termasuk Paul Tibbitt, Derek Drymon, Aaron Springer, Kent Osborne dan Tim Hill di dalam ruangan dalam bangunan bekas bank di Glendale, California selama tiga bulan.[2] Osborne berkata "Itu sangat menyenangkan [...] meskipun itu menjadi agak gamy di sana."[2] Pada awal seri, Hillenburg menayangkan host dari tayangan pendek tanpa suara: Laurel and Hardy, Charlie Chaplin dan Buster Keaton, juga sebagai karya dua aktor komik yang modern, Jerry Lewis dan Pee-wee Herman, yang keduanya merupakan inspirasi untuk SpongeBob.[4] Untuk film, para penulis membuat perjalanan pahlawan mitologis, sebuah pencarian mahkota yang dicuri yang membawa SpongeBob dan Patrick ke permukaan laut.[4] Ide ini membuat Hillenburg tertarik untuk membuat film dengan karakternya.[5] Bill Fagerbakke, pengisi suara Patrick, pada ide tersebut, berkata "Itu gila. Aku terus terpesona dan senang dengan apa yang orang-orang ini dapatkan."[5]

Setelah film selesai, Hillenburg ingin mengakhiri seri "agar acara tidak melompati hiu," tapi Nickelodeon ingin lebih banyak episode.[6] Hillenburg berkata "Begini, ada kekhawatiran ketika kami membuat film [pada tahun 2004] bahwa acara telah memuncak. Ada kekhawatiran di kalangan eksekutif Nickelodeon."[7][8] Hillenburg berhenti menjadi showrunner seri,[9] dan memilih Paul Tibbitt, untuk menggantikannya.[10] Hillenburg menganggap Tibbitt sebagai salah satu anggota favorit dari kru acara,[11] dan "benar-benar mempercayainya [Paul Tibbitt]."[12] Hillenburg tidak lagi menulis atau menjalankan seri dengan basis hari per hari, tapi menilai setiap episode dan memberi saran.[9][13] Tom Kenny dan Bill Fagerbakke dan sisa kru mengkonfirmasi bahwa mereka telah menyelesailkan empat episode baru untuk ditayangkan di Nickelodeon pada awal 2005,[14][15] dan berencana menyelesaikan sekitar 20 total episode untuk musim yang kemudian menjadi musim keempat.[14][15]

Ketika film diproduksi, Jules Engel, mentor Hillenburg ketika dia mempelajari animasi eksperimental di California Institute of the Arts, meninggal pada September 2003.[16] Hillenburg memutuskan untuk mendedikasikan film ini kepadanya dan berkata "Dia benar-benar adalah orang artistik yang paling berpengaruh dalam hidupku. Aku menganggapnya 'Ayah Seni'-ku."[17][18][19]

Animasi[sunting | sunting sumber]

Ada banyak langkah dalam film film dari proses animasi kasar dimana ide digambar pada Post-it note.[20] Penulis menggambar, bekerja dari garis besar kasar bukan skrip berisi dialog, membuat humor lebih visual daripada verbal.[4] Hillenburg berkata "itu ada dalam bahasa tubuh tertinggi karakter, dalam bagaimana mereka merayap tidak terduga di sekitar bingkai datar."[4] Seniman papan cerita, termasuk Sherm Cohen, kemudian menggambar ide dari penulis.[5] Dalam seri, Tom Yasumi dan Andrew Overtoom melakukan animatik, tapi sutradara Stephen Hillenburg dan penulis Derek Drymon melakukan animatik sendiri.[21] Hillenburg dan Drymon terus-menerus mengerjakannya.[21] Yasumi dan Overtoom menjadi Sutradara Pengaturan Tempo Animasi untuk film dimana mereka berkonsentrasi dalam melakukan pekerjaan pada lembaran.[21] The SpongeBob SquarePants Movie dianimasikan di Rough Draft Studios di Korea Selatan.[1] Animator bekerja dengan cara semi-digital dimana gambaran-pensil digabungkan ke dalam rancangan di Photoshop.[22]

Erik Wiese, penulis dan seniman papan cerita seri, meninggalkan acara untuk mengerjakan Samurai Jack dan Danny Phantom selama satu tahun tapi kembali untuk papan cerita dan rancangan karakter untuk film.[6] Dia kembali karena dia "selalu ingin menjadi animatornya, dan film ini terasa seperti aku sedang dalam akhir animasi karakter." Dia menjelaskan pengalamannya sebagai "sebuah ledakan terasa seperti pulang ke rumah."[6]

Hillenburg menikmati proses pembuatan film,[3] bahkan bila "jadwal TV padat, dan kau tidak selalu punya banyak waktu untuk mengerjakan gambarmu."[3] Hillenburg mengapresiasi animasi gambaran tangan, dengan berkata "Aku merasan gambar film lebih unggul dari acara TV," meski animasi CGI sudah berkembang ketika film dirilis.[3] Dia berkata "Ada banyak pembicaraan tentang 2-D sudah mati, dan aku berharap orang tidak berpikir seperti itu. Bahkan Brad Bird mendukung 2-D. Dia setuju denganku bahwa semuanya tentang apa yang kau ingin katakan. Ada banyak cara untuk meberi cerita, dan hal unik tentang animasi adalah bahwa ada banyak gaya untuk memberi cerita."[3] Adegan animasi tanah liat difilmkan oleh Mark Caballero, Seamus Walsh, dan Chris Finnegan di Screen Novelties di Los Angeles, California.[19]

Syuting[sunting | sunting sumber]

Film ini memiliki adegan aksi langsung disutradarai Mark Osborne di Santa Monica, Kalifornia.[5][23] Pada pembukaan film berdurasi 30-detik yang berisi bajak laut menyanyikan lagu tema, perahu yang digunakan adalah Bounty.[24][25] Kapal dengan panjang 180 kaki adalah pembuatan ulang yang diperbesar dari kapal 1787 Angkatan Laut Britania Raya HMS Bounty yang asli yang dibuat untuk film 1962 Mutiny on the Bounty, dan juga pernah muncul di film Treasure Island, Pirates of the Caribbean: Dead Man's Chest dan Pirates of the Caribbean: At World's End.[26][27]

Bintang Baywatch dan Knight Rider David Hasselhoff muncul di adegan aksi langsung dimana dia mengantar SpongeBob dan Patrick ke Bikini Bottom.[28] Awalnya, penulis menulis adegan itu tanpa menanya Hasselhoff.[14][15] Hillenburg sangat senang setelah dia selesai membuat garis besar papan cerita untuk adegan itu.[6] Sherm Cohen, seniman papan cerita, berkata "Dia telah bergulat dengan bagian penutup untuk cukup lama, dan akhirnya dia siap untuk mempitch idenya ke beberapa seniman papan lainnya."[6] Hillenburg tergantung pada pemeranan Hasselhoff dan pertanyaan kepadanya adalah, "Jadi, apa kita punya Hasselhoff?"[6] Hillenburg menjawab "Tidak" dengan tersenyum.[6] Pada akhirnya, Hasselhoff berkata "Aku ikut" bahkan sebelum dia melihat skripnya.[14][15] Hillenburg berkata "Dia orang yang hebat[...] Dia hebat dalam mentertawakan dirinya."[14][15]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Film ini dibintang anggota pemeran utama seri termasuk Tom Kenny sebagai SpongeBob SquarePants, Bill Fagerbakke sebagai Patrick Star, Rodger Bumpass sebagai Squidward Tentacles, Clancy Brown sebagai Mr. Krabs, Carolyn Lawrence sebagai Sandy Cheeks, dan Mr. Lawrence sebagai Plankton. Film ini juga dibintangi Jill Talley sebagai Karen, Mary Jo Catlett sebagai Mrs. Puff, Lori Alan sebagai Pearl, Dee Bradley Baker sebagai Perch Perkins, Carlos Alazraqui sebagai pengawal Raja Neptunus, dan Neil Ross sebagai Cyclops. Selain pemeran seri, telah dilaporkan pada 23 Maret 2004 bahwa Scarlett Johansson, Jeffrey Tambor, Alec Baldwin akan memerankan karakter baru, Mindy, King Neptune, dan Dennis, dengan David Hasselhoff sebagai dirinya sendiri.[29][30]

Musik[sunting | sunting sumber]

Gregor Narholz menyusun musik untuk film.[31][32][33] Narholz mengadakan sesi menyusun, direkam dalam 5.1 surround sound, dengan London Metropolitan Orchestra di Abbey Road Studios di London.[34][35] Narholz dipekerjakan untuk menyusun musik ketika editor musik seri Nick Carr menyarankannya ke Hillenburg, karena mereka telah bekerja bersama sebelumnya di perpustakaan Associated Production Music.[6] Pada 2005, Narholz diberi penghargaan oleh ASCAP Film and Television Music Awards untuk pekerjaannya di film ini.[36] Dia juga dinominasikan di 32nd Annie Awards untuk Music in an Animated Feature Production.[37][38]

Rilis[sunting | sunting sumber]

Trailer film dirilis pada 19 Mei 2004.[39] The SpongeBob SquarePants Movie ditayangkan di teater pada 19 November 2004[40] dan penayangan perdanana dunia dilaksanakan di Grauman's Chinese Theatre di Hollywood, California pada 14 November 2004.[41][42][43] "Karpet kuning" digulung dan beberapa selebriti yang menonton penayangan perdana yaitu Ray Romano, Larry King, Ice Cube, Gary Dourdan dan Lisa Kudrow.[44] Karpet itu adalah pengingat rumah yang menggangu untuk Tom Kenny, pemeran suara SpongeBob. Kenny berkata "Aku punya seorang anak perempuan berumur 15 bulan, jadi aku tidak asing dengan karpet kuning."[44]

Di Amerika Serikat, Motion Picture Association of America menilai film ini "PG" karena "beberapa humor kasar ringan."[45] Di Britania Raya, film ini dinilai "U", karena "ancaman dan bahaya sangat ringan".[46] Di Australia, film ini dinilai "G" oleh Australian Classification Board.[47]

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Julia Pistor, co-produser film, mengaku bahwa Nickelodeon ingin menjual tas, kotak makan siang dan jam tangan yang bisa menguntukan penampungan gambar karakter, tapi bersikeras bahwa Nickelodeon, yang memiliki merek dagang SpongeBob, juga menghargai integritas Hillenburg dan memberinya pengendalian dalam pemasaran.[4] Hillenburg tidak bermasalah dengan permen dan es krim, kata Pistor, karena permen dan es krim karena penting untuk anak-anak,[4] tapi Hillenburg memiliki isu dengan makanan cepat saji, yang, menurutnya, "penuh dengan bahan tambahan tersembunyi."[4] Pistor berkata "Masalahnya adalah kau tidak bisa pergi untuk menonton film animasi tanpa makanan cepat saji[...] Otang tidak menganggapmu serius."[4] Hillenburg membalas "Yah, baiklah, anggapanku adalah bahwa kita sebaiknya jangan melakukan itu[...] Kita tidak ingin tiba-tiba terjadi orang memakan makanan yang tidak baik untukmu - terutama anak-anak. Kita bekerja dengan Burger King, dan mereka membuat maianan dan jam. Tapi untuk benar-benar mengambil langkah dalam mendesak makanan, itu melewati batas. Aku tidak ingin menjadi Pied Pipernya makanan cepat saji."[4]

Promosi film terjadi di Amerika Serikat. Nickelodeon berhubungan dengan Burger King untuk merilis mainan berdasarkan film.[48] Pelanggan juga bisa memilih lima jam tangan berbeda berisi SpongeBob dan temannya untuk $1.99 dengan pembelian makanan.[48] Pada 2004, jaringan toko Burger King di Amerika Serikat meletakkan figur SpongeBob tiup di atap mereka sebagai bagian dari promosi.[48]

Media rumah[sunting | sunting sumber]

Film ini dirilis di DVD pada 1 Maret 2005, dengan edisi layar lebar dan layar penuh yang terpisah dari Paramount Home Entertainment.[49] DVD ini memiliki fitur 18 menit bernama The Absorbing Tale Behind The SpongeBob SquarePants Movie yang berisi wawancara dengan para kru dan pemeran, fitur 15 menit bernama Case of the Sponge "Bob" dituan rumahi Jean-Michel Cousteau, animatik 20 menit berisi seluruh adegan dari film dengan dialog dari seniman awal, dan trailer film.[49] Film ini dirilis dalam pack kombo Blu-ray + DVD pada 29 Maret 2011.[50] Versi VHS juga dirilis pada 1 Maret 2005, dan merupakan film animasi dari Nickelodeon Movies yang dibuat dalam VHS.[51]

Sebagai minuman tie-in untuk DVD film, toko 7-Eleven merilis minuman Slurpee edisi terbatatas bernama "Under-the-Sea Pineapple Slurpee" pada Maret 2005.[52][53][54]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Box office[sunting | sunting sumber]

The SpongeBob SquarePants Movie menghasilkan $9,559,752 pada hari pembukaanya di Amerika Serikat menjadikannya peringkat 2 dibelakang film Disney National Treasure dengan $11 juta.[55][56] Ini meraup total $32.018.216 di akhir pekan pembukaannya pada 4.300 layar di 3.212 bioskop, rata-rata sekitar $9.968 per tempat atau rata-rata $ 7.446 per layar,[57] dan menjadi peringkat 2 dibelakang National Treasure untuk box office pada akhir pekan itu.[57][58][59][60] Namun, film ini kemudian menjadi lebih besar dari yang diharapkan yaitu 44% selama akhir pekan Thanksgiving, kemudian menjadi 57% pada akhir pekan berikutnya.[61][62][63] Pembukaan akhir pekan berakhir dengan menaikkan 37,48% dari keuntungan kotor akhir film.[61] Film ditutup pada 24 Maret 2005, tapi tidak berhasil melebihi pesaing animasi liburannya, The Incredibles dari Disney/Pixar ($261,441,092), dan The Polar Express dari Warner Bros. ($183,373,735). Ini tetap menjadi keuntungan besar bagi distributor Paramount Pictures dan produser Nickelodeon Movies, karena meraih $85.417.988 di Amerika Serikat dan $140.161.792 di seluruh dunia, sementara diproduksi hanya dengan anggaran $30 juta.[64] Film ini adalah film dengan keuntungan kotor terbesar ke-29 pada 2004 di dalam negeri itu[65] dan film yang diadaptasi dari animasi TV dengan keuntungan kotor terbesar ke-4 sepanjang sejarah.[66]

Penerimaan kritikal[sunting | sunting sumber]

The SpongeBob SquarePants Movie kebanyakan mendapat ulasan positif dari kritikus media dan penggemar. Situs web pengumpul ulasan Rotten Tomatoes melaporkan bahwa, dari total 125 ulasan, 68% bersifat positif, dengan nilai rata-rata 6,2/10.[67] 68% juga merupakan kumpulan penilaian dari kritikus top yang dipilih berdasarkan 36 ulasan.[68] Konsensus situs itu menganggap film ini "Secara surealis konyol dan menghibus untuk anak-anak dan orang tua mereka."[67] Metacritic melaporkan nilai kumpulan yaitu 66 dari 100 berdasarkan 32 ulasan, mengindikasikan "Umumnya ulasan baik".[69]

Roger Ebert merespon film secara positif dan memberinya 3 bintang dari 4 dan memanggilnya "animasi 'Good Burger'" yang "menceburkan kita kedalam sebuah perang makanan cepat saji yang dilakukan oleh spons, bintang laut, kepiting, plankton kecil dan Raja Neptunus yang berkuasa."[70] Ed Park dari The Village Voice menikmatinya dan menulis, "Bukan Pixar? Bukan masalah! Sebuah pembangkit situasi hati yang baik yang tidak dapat dihentikan, 2-D mantap [The] SpongeBob SquarePants Movie punya lebih banyak yuks daripada Shark Tale dan cukup jiwa untuk menelan seluruh The Polar Express.[71] Michael Rechtshaffen di The Hollywood Reporter memberi film ini reaksi positif, memanggilnya "sebuah petualangan animasi yang lebih lucu dari Shark Tale dan lebih mempesona dari The Polar Express."[72] Randy Cordova dari The Arizona Republic juga memberinya ulasan positif, berkata "seperti acara TV yang mendasarkannya, ini sebuah kreasi daffy, bisa dinikmati."[73] Jami Bernard di New York Daily News memberinya nilai 3/4, mengatakan bahwa "ini bukan The Incredibles, atau salah satu animasi lain yang menghabiskan miliaran untuk desain karakter, asal usul dan hal yang kelihatan seperti nyata. Tapi SpongeBob adalah benda manis, lucu dengan sebuah estetika ramah untuk anak semua dengan sendiri."[74] Will Lawrence dari Empire memberi film ini 4 bintang dari 5 dan menulis "sebuah film untuk anak, siswa, stoner, semua yang menikmati beristirahat dari realitas."[75]

David Edelstein di Slate mengkritik plot film, berkata bahwa itu adalah "jangkar besar, berat dari sebuah struktur cerita untuk memberatkannya ke bawah."[76] Mike Clark di USA Today memanggil film ini "Tanpa berbahaya tanpa persiapan — tapi menghadapi jauh lebih banyak persingan keturunan multiplex," menulis "SpongeBob hanya dinilai sebagai OK ketika dibandingkan dengan The Incredibles."[77] Pengulas menulis untuk Time Out London mengatakan bahwa "siapapun yang mengharapkan apapun lebih beresiko akan sangat kecewa."[78] Dalam ulasannya untuk Variety, Todd McCarthy berkata film ini "mengambil agak terlalu banyak air dalam penyelaman sepanjang tajuk karangan diperpanjangnya."[79] David N. Butterworth, anggota staff Internet Movie Database, memberinya 0 bintang dari 4, berkata, "Untuk kebanyakan seperti ikan, The SpongeBob SquarePants Movie benar-benar bau."[80]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Nominee Hasil Sumber
2005 2005 Golden Trailer Awards Best Animation/Family Nominasi [81]
Most Original Nominasi
31st People's Choice Awards Favorite Animated Movie Nominasi [82]
9th Golden Satellite Awards Best Animated or Mixed Media Feature Nominasi [83]
32nd Annie Awards Best Animated Feature Nominasi [37]
Directing in an Animated Feature Production Stephen Hillenburg Nominasi
Music in an Animated Feature Production Gregor Narholz Nominasi
26th Young Artist Awards Best Family Feature Film – Animation Nominasi [84]
ASCAP Film and Television Music Awards Top Box Office Films Menang [85]
2006 MTV Russia Movie Awards 2006 Best Cartoon Nominasi [86]

Permainan video[sunting | sunting sumber]

Video game[sunting | sunting sumber]

Permainan video dengan nama yang sama dan berdasarkan film dirilis untuk PlayStation 2,[87] PC,[88] Game Boy Advance,[89] Xbox[90] dan GameCube pada 27 Oktober 2004.[91] Permainan ini juga dirilis di Mac OS X pada 2005,[92] dan PlayStation 3 pada 7 Februari 2012.[93] Versi konsol dikembangkan oleh Heavy Iron Studios,[94] sementara versi Game Boy Advance dikembangkan WayForward Technologies,[89] dan dibpublikasikan oleh THQ.[95][96]

Sekuel[sunting | sunting sumber]

Pada 28 Februari 2012, sekuel film ini diumumkan sedang diproduksi, dengan perkiraan waktu penayangan pada akhir 2014.[97][98][99] Film itu akan disutradarai Paul Tibbitt, ditulis oleh Jonathan Aibel dan Glenn Berger, dan diproduksi eksekutif oleh Stephen Hillenburg.[100] On August 1, 2013, Paramount scheduled to release the film on February 13, 2015.[101][102][103]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Richmond, Ray (January 15, 2004). "Special Report: Animation". The Hollywood Reporter. Diakses August 18, 2013. 
  2. ^ a b c d e Edelstein, David (November 7, 2004). "He Lives in a Pineapple, but Then What?". The New York Times. Burbank, California. hlm. 1. Diakses August 19, 2013. 
  3. ^ a b c d e f g Koltnow, Barry (November 14, 2004). "SpongeBob creator is soaking up success". East Valley Tribune. Diakses June 16, 2013. 
  4. ^ a b c d e f g h i Edelstein, David (November 7, 2004). "He Lives in a Pineapple, but Then What?". The New York Times. Burbank, California. hlm. 2. Diakses August 19, 2013. 
  5. ^ a b c d The SpongeBob SquarePants Movie: The Absorbing Tale Behind The SpongeBob SquarePants Movie. DVD. Paramount Home Entertainment, 2005.
  6. ^ a b c d e f g h Heintjes, Tom (September 21, 2012). "The Oral History of SpongeBob SquarePants". Hogan's Alley. Diakses August 23, 2013. 
  7. ^ Cavna, Michael (July 14, 2009). "The Interview: 'SpongeBob' Creator Stephen Hillenburg". The Washington Post. Diakses August 18, 2013. 
  8. ^ "The brilliance behind SpongeBob". Boston.com. July 16, 2009. Diakses August 18, 2013. 
  9. ^ a b Bauder, David (July 13, 2009). "SpongeBob Turns 10 Valued At $8 Billion". Huffington Post. Diakses May 22, 2013. 
  10. ^ Fletcher, Alex (April 3, 2011). "Paul Tibbitt ('Spongebob Squarepants')". Digital Spy. Diakses May 25, 2013. 
  11. ^ Hillenburg, Stephen. The First 100 Episodes - Square Roots: The Story of SpongeBob SquarePants DVD. Paramount Home Entertainment.
  12. ^ Cavna, Michael (July 14, 2009). "The Interview: 'SpongeBob' Creator Stephen Hillenburg". The Washington Post. Diakses May 25, 2013. 
  13. ^ "Nickelodeon’s ‘SpongeBob SquarePants’ Reaches A Milestone: 10 Years". Access Hollywood. July 13, 2009. Diakses May 25, 2013. 
  14. ^ a b c d e "10 secrets of SpongeBob SquarePants". The Chicago Tribune. November 19, 2004. Diakses August 18, 2013. 
  15. ^ a b c d e "Ten secrets of the SpongeBob movie". Today. Diakses August 18, 2013. 
  16. ^ "ules Engel Centennial Celebration Honored Legendary Animator and Founder of CalArts Animation". California Institute of the Arts. Diakses August 18, 2013. 
  17. ^ "VISUALIZING ART HISTORY: EXPERIMENTAL ANIMATION & ITS MENTOR, JULES ENGEL". Indie Gogo. Diakses August 18, 2013. 
  18. ^ "(SpongeBob Creator’s "Art Dad": JULES ENGEL [Short Form of Feature]". The Richest. March 5, 2013. Diakses August 18, 2013. 
  19. ^ a b Amidi, Amid (November 28, 2004). "More Thoughts on the Spongebob Movie". Cartoon Brew. Diakses August 18, 2013. 
  20. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama InsidePineapple
  21. ^ a b c "Andrew Overtoom Looks Back On VFS, Angry Beavers And SpongeBob SquarePants". Vancouver Film School. April 8, 2013. Diakses August 18, 2013. 
  22. ^ Cohen, Sherm (March 29, 2013). "While making the SpongeBob movie, it was the first...". Tumblr. Diakses August 23, 2013. 
  23. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Replica1
  24. ^ Burgeson, John (August 14, 2012). "HMS Bounty, star of 1962 'Mutiny,' in Bridgeport this weekend". Connecticut Post. Diakses August 23, 2013. 
  25. ^ Siegel, Andrea F. (June 14, 2012). "Tall ship, replica of Bounty docked in Annapolis for tours". The Baltimore Sun. Diakses August 23, 2013. 
  26. ^ Curtis, Abigail (August 8, 2012). "Ship replica used in ‘Mutiny on the Bounty,’ ‘Pirates of the Caribbean’ opens to visitors in Belfast". Bangor Daily News. Diakses August 23, 2013. 
  27. ^ Suehle, Ruth (October 31, 2012). "Remembering the HMS Bounty and Her Role in the Movies". Wired. Diakses August 23, 2013. 
  28. ^ "Movie chat: Actor David Hasselhoff". USA Today. November 11, 2004. Diakses August 18, 2013. 
  29. ^ "Scarlett Johansson, Alec Baldwin and Jeffrey Tambor to voice 'The SpongeBob SquarePants Movie'". MovieWeb. March 23, 2004. Diakses August 18, 2013. 
  30. ^ "Johansson And Baldwin In Spongebob Movie". Contact Music. March 25, 2004. Diakses August 18, 2013. 
  31. ^ "APM Film and Television Composer Gregor Narholz Signs on to Score Activision's X-Men(TM) Legends Sequel". PR Newswire. March 9, 2005. Diakses August 18, 2013. 
  32. ^ "APM Film and Television Composer Gregor Narholz Signs on to Score Activision's X-Men(TM) Legends Sequel". Activision. March 9, 2005. Diakses August 18, 2013. 
  33. ^ "Gregor Narholz Scores X-Men". IGN. March 10, 2005. Diakses August 18, 2013. 
  34. ^ Gregor, Narholz. "Recording SpongeBob SquarePants". GregorNarholz.com. Diakses August 22, 2013. 
  35. ^ "Spongebob Squarepants Movie Taps APM/Sonoton". Tutorial Finder. November 17, 2004. Diakses August 23, 2013. 
  36. ^ Gallo, Phil (April 27, 2005). "Composers score kudos". Variety. Diakses August 18, 2013. 
  37. ^ a b "32nd Annual Annie Award Nominees and Winners (2004)". Annie Award. Diarsipkan dari aslinya tanggal 9 May 2008. Diakses 22 May 2013. 
  38. ^ "Spongebob Composer". American Society of Composers, Authors and Publishers. December 1, 2005. Diakses August 18, 2013. 
  39. ^ IGN Staff (May 19, 2004). "SpongeBob Movie Preview". IGN. Diakses August 18, 2013. 
  40. ^ "'The SpongeBob SquarePants Movie' Opens Nationwide on Friday, November 19". PR Newswire. November 10, 2004. Diakses August 21, 2013. 
  41. ^ "2004 Premieres". TCL Chinese Theatre. Diakses August 18, 2013. 
  42. ^ "SPONGEBOB PREMIERE". UPI.com. Diakses August 18, 2013. 
  43. ^ "7.7 million watched SpongeBob special". October 15, 2008. Diakses August 18, 2013. 
  44. ^ a b Keck, William (November 15, 2004). "SpongeBob soaks up night". USA Today. Diakses August 18, 2013. 
  45. ^ Gustafson, Rod (November 15, 2004). "The SpongeBob SquarePants Movie". Parent Previews. 
  46. ^ "The SpongeBob SquarePants Movie (2004)". British Board of Film Classification. 2004. Diakses August 21, 2013. 
  47. ^ "The SpongeBob SquarePants Movie". Australian Classification Board. 2004. Diakses August 21, 2013. 
  48. ^ a b c "Burger King Corporation Offers 'Reward' For Missing SpongeBob SquarePants Inflatables". PR Newswire. December 2, 2004. Diakses August 17, 2013. 
  49. ^ a b Lecter, Scott. "The SpongeBob SquarePants Movie". DVD Talk. Diakses May 26, 2013. 
  50. ^ "The SpongeBob SquarePants Movie Blu-ray". Blu-ray. Diakses April 26, 2013. 
  51. ^ "The Spongebob Squarepants Movie (VHS)". Tower Records. Diakses August 17, 2013. 
  52. ^ Meitner, Sarah Hale (March 2, 2005). "Slurpee Galaxy Expands With Nod To 'Star Wars'". Orlando Sentinel. Diarsipkan dari aslinya tanggal May 24, 2013. Diakses May 22, 2013. 
  53. ^ "Slurpee® Fun Facts" (PDF). e-Press Center. Diakses August 18, 2013. 
  54. ^ Otte, Timothy M. (April 26, 2005). "7-Eleven's SpongeBob Quarter". The Motley Fool. Diakses August 18, 2013. 
  55. ^ "Daily Box Office for Friday, November 19, 2004". Box Office Mojo. 2004. 
  56. ^ Duong, Senh (November 20, 2004). "BOX OFFICE: Friday Estimates - 1. ?Treasure? $11M, 2. ?Square pants? $9.4M". Rotten Tomatoes. Diakses August 18, 2013. 
  57. ^ a b "November 19-21, 2004 Weekend". Box Office Mojo. Diakses August 18, 2013. 
  58. ^ Gray, Brandon (November 22, 2004). "'National Treasure,' 'SpongeBob' Clean Up". Box Office Mojo. Diakses August 18, 2013. 
  59. ^ "SpongeBob squeezed at box office". BBC. November 22, 2004. Diakses August 18, 2013. 
  60. ^ Peterson, Todd (November 22, 2004). "Treasure Makes Bank at the Box Office". People. Diakses August 18, 2013. 
  61. ^ a b "The SpongeBob SquarePants Movie (2004) Weekend Box Office Results". Box Office Mojo. Diakses August 18, 2013. 
  62. ^ "‘National Treasure’ Retains Box-Office Booty". Red Orbit. December 6, 2004. Diakses August 18, 2013. 
  63. ^ Duong, Senh (December 6, 2004). "National Treasure Tops Box Office for Third Straight Week". Rotten Tomatoes. Diakses August 18, 2013. 
  64. ^ "The SpongeBob SquarePants Movie (2004)". Box Office Mojo. Diakses July 20, 2009. 
  65. ^ "2004 DOMESTIC GROSSES". Box Office Mojo. Diakses August 18, 2013. 
  66. ^ "Animation - TV Adaption Movies at the Box Office - Box Office Mojo". Box Office Mojo. Diakses March 2, 2013. 
  67. ^ a b "The Spongebob Squarepants Movie (2004)". Rotten Tomatoes. Flixster. Diakses July 9, 2010. 
  68. ^ "The Spongebob Squarepants Movie (2004)". Rotten Tomatoes. Flixster. Diakses July 9, 2010. 
  69. ^ "SpongeBob SquarePants Movie, The". Metacritic. CBS. Diakses July 9, 2010. 
  70. ^ Ebert, Roger (November 18, 2004). "THE SPONGEBOB SQUAREPANTS MOVIE Movie Review". Diakses April 26, 2013. 
  71. ^ Park, Ed (November 16, 2004). "Porous Is Burning! SpongeBob Breaks Into the Real World.". The Village Voice. Diakses October 17, 2012. 
  72. ^ Rechtshaffen, Michael (November 15, 2004). "SpongeBob SquarePants". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari aslinya tanggal September 23, 2007. Diakses August 17, 2013. 
  73. ^ Cordova, Randy (November 19, 2004). "Kids, parents alike will soak up some fun with 'SpongeBob' film". The Arizona Republic. Diakses April 26, 2013. 
  74. ^ Bernard, Jami. "Make 'SpongeBob' your main squeeze". New York Daily News. Diarsipkan dari aslinya tanggal March 5, 2005. Diakses August 18, 2013. 
  75. ^ Lawrence, Wil. "The SpongeBob SquarePants Movie". Empire. Diakses April 26, 2013. 
  76. ^ Edelstein, David (November 18, 2004). "SpongeBob Squared". Slate. Diakses April 26, 2013. 
  77. ^ Clark, Mike (November 18, 2004). "Airy 'SpongeBob' is mildly absorbing". USA Today. Diakses April 26, 2013. 
  78. ^ "The Spongebob Squarepants Movie". Time Out. 2004. Diakses April 26, 2013. 
  79. ^ McCarthy, Todd (November 13, 2004). "Review: "The Spongebob Squarepants Movie"". Variety. Diakses August 17, 2013. 
  80. ^ Butterworth, David N. (2004). "The SpongeBob SquarePants Movie (2004)". Internet Movie Database. Diakses April 26, 2013. 
  81. ^ "2005 Golden Trailer Awards Nominations and Wins". Golden Trailer Award. Diakses 2 September 2012. 
  82. ^ Susman, Gary (6 December 2004). "Ogre Achiever". Entertainment Weekly. Diakses 19 August 2013. 
  83. ^ "Satellite Awards 2004". Diakses 26 April 2013. 
  84. ^ "26th Annual Young Artist Awards Nominations and Wins". Young Artst Award. Diakses 2 September 2012. 
  85. ^ "List of Winners (2005)". American Society of Composers, Authors and Publishers. 2005. Diakses 17 August 2013. 
  86. ^ "Истории / Звездный лайфстайл". Star Story. Diakses 22 May 2013. 
  87. ^ "The SpongeBob SquarePants Movie - PlayStation 2". IGN. Diakses August 18, 2013. 
  88. ^ "The SpongeBob SquarePants Movie - PC". IGN. Diakses August 18, 2013. 
  89. ^ a b "The SpongeBob SquarePants Movie - Game Boy Advance". IGN. Diakses August 18, 2013. 
  90. ^ "The SpongeBob SquarePants Movie - Xbox". IGN. Diakses August 18, 2013. 
  91. ^ Adams, David (October 27, 2004). "SpongeBob Ships". IGN. Diakses August 18, 2013. 
  92. ^ "The SpongeBob SquarePants Movie - Macintosh". IGN. Diakses August 18, 2013. 
  93. ^ "The SpongeBob SquarePants Movie - PlayStation 3". IGN. Diakses August 18, 2013. 
  94. ^ IGN Staff (August 25, 2004). "Spongebob Squarepants: The Movie Update". IGN. Diakses August 18, 2013. 
  95. ^ "Best-Selling Videogame The SpongeBob SquarePants Movie(TM) Reaches Coveted Sales Milestone Across Major Systems". PR Newswire. July 29, 2004. Diakses August 18, 2013. 
  96. ^ Murray, Rebecca (November 22, 2004). ""The SpongeBob SquarePants Movie" Becomes a Videogame". About.com. Diakses August 18, 2013. 
  97. ^ Szalai, Georg (February 28, 2012). "Paramount to Release 'SpongeBob' Movie in Late 2014 - The Hollywood Reporter". The Hollywood Reporter. Diakses December 11, 2012. 
  98. ^ Miller, Daniel (February 28, 2012). "Paramount to Release 'SpongeBob' Movie in Late 2014". The Hollywood Reporter. Diakses February 28, 2012. 
  99. ^ Levine, Daniel (February 28, 2012). "Paramount announces plans to release second ‘Spongebob Squarepants’ film in 2014". TheCelebrityCafe.com. Diakses October 5, 2012. 
  100. ^ Graser, Marc; Kroll, Justin (August 16, 2012). "Paramount ramping up animation slate". Variety. Diakses August 17, 2012. 
  101. ^ "Paramount Dates 'Spongebob Squarepants 2,' 'Monster Trucks' for 2015". The Hollywood Reporter. January 8, 2013. Diakses August 2, 2013. 
  102. ^ Chitwood, Adam (August 2, 2013). "MONSTER TRUCKS and SPONGEBOB 2 Get 2015 Release Dates; Robert Downey Jr.’s THE JUDGE Opens 10/11/2014; OUT OF THE FURNACE Shifted". Collider. Diakses August 2, 2013. 
  103. ^ "TOLDJA! Paramount Sets Date For ‘Monster Trucks’ & ‘SpongeBob’ Movies". Deadline.com. August 1, 2013. Diakses August 3, 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]