Motion Picture Association of America

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Motion Picture Association of America (MPAA), dulunya bernama Motion Picture Producers and Distributors of America (MPPDA) adalah asosiasi perdagangan nirlaba Amerika Serikat yang bertujuan memajukan kepentingan bisnis studio film. MPAA juga menetapkan sistem penilaian film.

Di Amerika Serikat, organisasi ini memakai nama MPAA, sementara di luar Amerika Serikat memakai nama Motion Picture Association (Asosiasi Film Amerika, disingkat MPA). Anggota MPAA terdiri dari enam studio besar Hollywood:

  1. The Walt Disney Company
  2. Sony Pictures
  3. Paramount Pictures (ViacomDreamWorks)
  4. 20th Century Fox (News Corporation)
  5. Universal Studios (NBC Universal)
  6. Warner Bros. (Time Warner)
  7. MGM (MGM Holdings)
  8. Dimension Films/Miramax Films (The Weinstein Company)
  9. Lionsgate (Lions Gate Entertainment)

MGM pernah menjadi anggota MPAA hingga tahun 2005. Studio independen The Weinstein Company dan Lions Gate Entertainment juga ikut serta dalam sistem rating film MPAA. Sebagai ketua dan CEO yang sekarang adalah Dan Glickman.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

MPAA didirikan pada tahun 1922 sebagai asosiasi perdagangan untuk industri film Amerika. Sementara itu, Motion Picture Export Association of America (Asosiasi Ekspor film Amerika, disingkat MPA) dibentuk tahun 1945 untuk memajukan pemasaran film Amerika di seluruh dunia, dan membuka proteksi impor di berbagai negara terhadap film Amerika Serikat. Pada tahun 1994, Motion Picture Export Association of America (MPA) berganti nama menjadi Motion Picture Association (MPA).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]