Have You Seen This Snail?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
"Have You Seen This Snail?"
Episode SpongeBob SquarePants
Where's Gary-Promo art.jpg
Gambar promo episode dengan isi SpongeBob menempelkan poster
Episode no. Musim 4
Episode 63
Sutradara Aaron Springer
Penulis Aaron Springer
Paul Tibbitt
Kode produksi 63
Tanggal siar 11 November 2005
Kronologi episode
← Sebelumnya
"Krabs vs. Plankton"
Selanjutnya →
"Skill Crane"
SpongeBob SquarePants (musim ke-4)
Daftar episode SpongeBob SquarePants

"Have You Seen This Snail?" adalah sebuah episode dari season 4 dari SpongeBob SquarePants. Episode ini pertama kali disiarkan di Nickelodeon pada tanggal 11 November 2005. Dalam episode ini, setelah SpongeBob mengabaikan Gary selama sepuluh hari, Gary melarikan diri dari rumah untuk mencari kehidupan baru.

"Have You Seen This Snail" ditulis oleh Aaron Springer dan Paul Tibbitt dan disutradarai oleh Springer. Episode ini dibintang tamui oleh Amy Poehler sebagai Nenek dan Stew, yang melakukan nomor musik "​​Gary, Come Home". Episode mendapatkan delapan juta penonton, mencapai jumlah tertinggi pemirsa televisi kabel berusia enam hingga sebelas tahun untuk tahun 2005, dan mendapat tinjauan yang beragam dari para kritikus.

Cerita[sunting | sunting sumber]

SpongeBob menerima Paddle Ball Mermaid Man dan Barnacle Boy baru yang terletak di surat dan memutuskan untuk mengambil Tantangan Dirty Bubble yaitu memukul bola 29.998.559.671.349 kali berturut-turut. Dia benar-benar dikonsumsi oleh tantangan dan lupa Gary selama sepuluh hari. Gary merasa diabaikan dan melarikan diri dari rumah. Ketika Patrick tiba, SpongeBob bentak keluar dari itu dan tidak dapat menemukan Gary. SpongeBob menemukan catatan mengatakan bahwa Gary telah meninggalkan untuk mencari pemilik baru. Sementara itu, Gary telah mengembara ke sebuah kota baru. Dia mendapat takut oleh beberapa siput liar yang di luar tampak keras, tapi hanya mencoba untuk bersikap ramah. Seorang wanita tua seperti menemukan Gary dan kesalahan dia untuk salah satu hewan peliharaan sendiri, "Miss Tuftsy". Gary menghujani dengan cinta dan makanan sementara SpongeBob pergi untuk bekerja, depresi bahwa Gary belum muncul. Mr Krabs berkata, "Setiap masalah yang Anda miliki dapat diselesaikan dengan sedikit kerja keras", berusaha untuk mendorong dia untuk bekerja. Tapi SpongeBob salah menafsirkan, dan ia mengambil hari libur untuk mencari Gary. Dia menempatkan poster dan tanda-tanda di mana-mana dengan harapan menemukan Gary.[1]

Gary, di rumah wanita tua itu, telah diberi banyak dan perlu pergi ke kamar mandi. Wanita tua itu menaruh lembaran baru kertas selebaran yang diberikan kepadanya oleh Patrick, yang membantu SpongeBob dalam upayanya untuk mendapatkan Gary untuk kembali kepadanya. Setelah membacanya, Gary menyadari bahwa SpongeBob benar-benar mencintai dia dan ingin dia kembali. Dia mencoba untuk pergi, tapi bukannya melakukan itu, akhirnya dia pergi ke lemari, diisi dengan cangkang siput kosong. Ketika wanita tua mencoba untuk memberi makan dia lagi, Gary menemukan bahwa wanita tua kemungkinan besar memiliki motif jahat - ia mungkin mencoba untuk menggemukkan dia dan kemudian memakannya seperti babi. Dia membuat melarikan diri, tetapi wanita tua mengejar dia keluar ke jalan-jalan. Gary cepat menemukan bekicot bahwa ia melihat sebelumnya, dimana wanita tua sekarang kesalahan untuk "Miss Tuftsy", dan membutuhkan rumah. Di tempat lain, SpongeBob menyerah pada pencarian untuk Gary, dan sedang berusaha untuk melupakan dia dengan mengambil jalan-jalan, tapi kenangan terus datang ke pikiran dan mengganggu dia. Dia terus-menerus mengingatkan sebagai jalan-jalan dipenuhi dengan "hewan peliharaan yang hilang" tipe-poster dan tanda-tanda untuk Gary. SpongeBob kemudian mendengar meong. Pada awalnya dia pikir dia membayangkan Gary di sana, tetapi kemudian ia berbalik untuk menemukan Gary sebenarnya di sisinya, dan dia sangat gembira untuk melihat hewan peliharaan kesayangan lagi. SpongeBob kemudian memutuskan untuk dibawa pulang Gary, berpikir bahwa ia mungkin sangat lapar. Tapi Gary, yang telah agak kebanyakan makan oleh wanita tua, erangan.[1]

Produksi[sunting | sunting sumber]

"Have You Seen This Snail?" adalah episode spesial yang ditulis oleh Paul Tibbitt, dengan Aaron Springer sebagai penulis dan sutradara.[1] Episode ini pertama kali ditayangkan di Nickelodeon di Amerika Serikat pada 11 November 2005 dan di CBS pada 24 November 2005.[2][3] Sebelum ditayangkan di TV, Nickelodeon menayangkan klip prapenayangan di Turbo Nick.[3][4]

Pada 15 November 2005, "Have You Seen This Snail?" dirilis di DVD bernama "Where's Gary?". DVD ini juga berisi enam episode lain yaitu "The Lost Mattress", "Skill Crane", "Krabs vs. Plankton", "The Great Snail Race", dan "Good Neighbor".[3][5][6] "Have You Seen This Snail?" juga dirilis dalam DVD SpongeBob SquarePants: The Complete 4th Season[1][7] dan SpongeBob SquarePants: The First 100 Episodes.[8][9][10]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

"Have You Seen This Snail?" ditonton oleh delapan juta orang.[11] Itu adalah program dengan rating tertinggi dari semua TV dengan anak-anak berusia dua sampai sebelas untuk tahun 2005 dibelakang Super Bowl dan Super Bowl kick-off, dan program dengan rating tertinggi dari semua televisi kabel dengan anak-anak berusia dua sampai sebelas dan anak-anak berusia enam sampai sebelas dalam 2005.[12][13]

Tom Shales di The Washington Post memanggil episode ini sangat lucu dan menggambarkan plotnya sebagai sebuah "kerusuhan pahit manis". Dia memberi perhatian kepada bagaimana cerita mirip dengan plot "Dumped", episode dimana Gary meninggalkan SpongeBob.[14] David Johnson di DVD Verdict bereaksi positif pada DVD episode dan berkata "Aku tidak yakin apa yang harus dikatakan, di sini. Tuan Squarepants sangat populer, disk ini akan pastinya menjual dirinya senidri."[15] Aida Ekberg di Yahoo! Voices memasukkan Amy Poehler dalam daftar "Top 10 SpongeBob SquarePants Guest Stars"-nya dan berkata "Aku terkejut banyak komedian yang belum pernah membintangi SpongeBob. Amy Poehler melakukan pekerjaan bagus dengan suara nenek menyeramkannya, memainkan kejahatan murni bertopeng dibelakang piring setelah piring kue chip coklat."[16] Paul Mavis di DVD Talk menyukai adegan "[...]Ketika Gary menyadari dia harus kabur dari cinta menghancurkan (yang sama dengan kelebihan makan) atau mati seperti cangkang siput lain yang dia temukan[...]" Dia berkata "itu lucu dan agak menyentuh."[7]

Kritikus televisi menulis untuk St. Petersburg Times tidak terlalu positif kepada episode ini, mengkritik karakter kecewa dan sedih SpongeBob untuk "Have You Seen This Snail?" agak berbeda dengan kepribadian normal karakter yang riang.[17] Blogger dan penemu Blogcritics Eric Olsen berkata "episodenya sendiri agak lemah dan kendur, terutamanya kekurangan udara giddy zaniness jutaan pria, wanita dan, um, anak-anak sangat senang membelahnya."[18]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d SpongeBob SquarePants: Season Four, Volume 1. DVD. Paramount Home Entertainment, 2006.
  2. ^ Gates, Anita (November 11, 2005). "WHAT'S ON TONIGHT". The New York Times. Diakses August 9, 2013. 
  3. ^ a b c "SpongeBob is Shell-Shocked When His Beloved Pet Gary Runs Away From Home, Leaving No Snail Trail Behind". PR Newswire. November 1, 2005. Diakses May 4, 2013. 
  4. ^ Olsen, Eric (November 3, 2005). "“Where’s Gary?” – New SpongeBob Special". Blogcritics. Diakses August 9, 2013. 
  5. ^ SpongeBob SquarePants: Where's Gary?. DVD. Paramount Home Entertainment, 2005.
  6. ^ "SpongeBob SquarePants - Where's Gary?". TVShowsOnDVD.com. Diakses August 9, 2013. 
  7. ^ a b Mavis, Paul (September 11, 2006). "SpongeBob SquarePants - Season 4, Vol. 1". DVD Talk. Diakses August 9, 2013. 
  8. ^ SpongeBob SquarePants: The First 100 Episodes. DVD. Paramount Home Entertainment, 2009.
  9. ^ Lacey, Gord (September 29, 2009). "SpongeBob SquarePants - The First 100 Episodes (Seasons 1-5) Review". TVShowsOnDVD.com. Diakses August 2, 2013. 
  10. ^ SpongeBob SquarePants: The First 100 Episodes. DVD. Paramount Home Entertainment, 2009.
  11. ^ de Moraes, Lisa (November 16, 2005). "CBS Cruises, but SpongeBob Sops Up Viewers". The Washington Post. Diakses November 15, 2005. 
  12. ^ "SpongeBob SquarePants 'Where's Gary' Scores Colossal Ratings". PR Newswire. November 14, 2005. Diakses November 15, 2005. 
  13. ^ Aurther, Kate (November 16, 2005). "Arts, Briefly; Cowboys and Snail Score". The New York Times. Diakses August 9, 2013. 
  14. ^ Shales, Tom (November 11, 2005). "SpongeBob Squeezes Tears Of Laughter Out of Snail Tale". The Washington Post. Diakses November 15, 2005. 
  15. ^ Johnson, David. "Spongebob Squarepants: Where's Gary?". DVD Verdict. Diakses August 9, 2013. 
  16. ^ Ekberg, Aida (July 17, 2009). "Top 10 'SpongeBob SquarePants' Guest Stars". Yahoo! Voices. Yahoo!. Diakses August 9, 2013. 
  17. ^ Michael, Nader (November 7, 2005). "'SpongeBob' special moves at a snail's pace". St. Petersburg Times. Diakses November 15, 2005. 
  18. ^ Olsen, Eric (November 17, 2005). "SpongeBob SquarePants "Where's Gary" - Promotional Triumph". Blogcritics. Diakses May 4, 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]