SpongeBob SquarePants (musim ke-4)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
SpongeBob SquarePants musim ke-4
SBSPseason4-1.jpg
SpongeBob SquarePants, Musim 4 Volume 1
Negara asal Amerika Serikat
Jumlah episode 20 (38)
Siaran
Saluran asal Nickelodeon
Pertama tayang 6 Mei 2005 (2005-5-6) – 24 Juli 2007 (2007-07-24)
Tempat perilisan video
Perilisan DVD
Wilayah 1 11 September 2006 (2006-9-11)(Volume 1)[1]
8 Januari 2007 (2007-1-8)(Volume 2)Kesalahan pengutipan: Tag <ref> harus ditutup oleh </ref>
Wilayah 4 7 November 2008 (2008-11-7)
Kronologi Musim
← Sebelumnya
Musim 3
Berikutnya →
Musim 5
Daftar episode SpongeBob SquarePants

Musim keempat SpongeBob SquarePants ditayangkan dari 6 Mei 2005 sampai 24 Juli 2007. Dimulai dengan "Fear of a Krabby Patty" dan "Shell of a Man" sampai "Squid Wood". DVD Volume 1 dirilis di Wilayah 1 pada tanggal 11 September 2006, diikuti Volume 2 pada tanggal 8 Januari 2007.[2] DVD musim ini dirilis di Wilayah 2 pada tanggal 3 November 2008[3] dan di Wilayah 4 pada 7 November 2008.[4]

Episode[sunting | sunting sumber]

Fear of a Krabby Patty / Shell of a Man[sunting | sunting sumber]

61.Fear of a Krabby Patty
Mr. Krabs membuat jam kerja baru, tapi karena Plankton membuka Chum Bucket selama 23 jam, dia membuka Krusty Krab 24 jam. Plankton berpura-pura memesan Krabby Patty sebanyak 10.000 untuk melelahkan SpongeBob dan memberitahu resep Krabby Patty. Dia berpura-pura menjadi dokter dalam masalah SpongeBob, tapi ketika pengobatan, SpongeBob sembuh sendiri dengan hipnotis Plankton.

Shell of a Man
Mr. Krabs berencana pergi ke reuni, tapi cangkangnya lepas sebelum dia datang. Jadi SpongeBob menggantikannya, tapi dia berbuat hal yang harusnya tidak Mr. Krabs lakukan. Akhirnya dia dan teman-temannya mengakui apa yang sebenarnya terjadi pada dirinya masing-masing.

The Lost Mattress / Krabs vs. Plankton[sunting | sunting sumber]

62.The Lost Mattress
Mr. Krabs tidak bisa tidur karena kasurnya, jadi SpongeBob mengajak Patrick (dan Squidward tapi tidak diterima olehnya) untuk membeli kasur baru, akhirnya Squidward ikut setelah mendatangani kartu yang mau diberikan ke Mr. Krabs. Pada malam hari, SpongeBob, Patrick, dan Squidward muncul di rumah Mr. Krabs ketika Mr. Krabs mau tidur, tapi karena kasur lamanya dibuang ke tempat sampah bersama dengan uangnya yang disimpan di sana dia marah dan masuk rumah sakit. SpongeBob, Patrick, dan Squidward berencana untuk mengambil kasur lama Mr. Krabs, tapi semua rencana Squidward (yang dia buat agar dia tidak terluka) membuat Squidward terluka. Akhirnya Mr. Krabs mendapatkan kasurnya setelah dipindahkan dari Rumah Sakit.

Krabs vs. Plankton
Plankton menuntut Mr. Krabs karena dia terpeleset di lantai Krusty Krab. SpongeBob menjadi pengacara Mr. Krabs karena yang asli terpeleset, tapi karena kopernya sulit dibuka, SpongeBob memanggil saksi dan melakukan beberapa hal lain. Akhirnya kopernya terbuka dan SpongeBob punya ide, idenya adalah menanya kenapa Plankton pergi Krusty Krab dan setelah itu menunjukkan Krabby Patty agar Plankton tergoda dan mengambilnya, tapi dihentikan oleh Mr. Krabs. Akhirnya terbukti bahwa Mr. Krabs tidak bersalah.

Have You Seen This Snail?[sunting | sunting sumber]

63.Have You Seen This Snail?

SpongeBob mendapat "Tantangan Dirty Bubble", membuat dia lupa memberi makan Gary. Gary sebenarnya sudah mencoba meminta kepada SpongeBob, tapi SpongeBob mengatakan dia harus memenangkan "Tantangan Dirty Bubble". Jadi Gary pergi dan ketika SpongeBob dan Patrick mencarinya, dia memberi surat bahwa dia pergi mencari pemilik baru. SpongeBob mencari-cari Gary sampai tidak tidur, sedangkan Gary mendapatkan majikan baru yang selalu memberikannya makan. Akhirnya, SpongeBob yang sudah putus asa bertemu Gary, Gary kabur karena majikan barunya terlalu sering memberinya makan sampai perutnya terlalu penuh.

Skill Crane / Good Neighbors[sunting | sunting sumber]

64.Skill Crane
Mr. Krabs menaruh sebuah mesin di Krusty Krab untuk dimainkan, SpongeBob selalu menang dan Squidward selalu kalah. Squidward akhirnya diberitahu cara rahasia agar menang, Squidward menang dan menjadi sombong. Akhirnya dia dikelilingi pembangun bangunan karena menghancurkan calon bangunannya.

Good Neighbors
Pada hari Minggu, Squidward diganggu oleh SpongeBob dan Patrick. Patrick dan SpongeBob mencoba menjadi tetangga yang baik, tapi tetap menjadi tetangga yang buruk dan mengambil semua yang dia inginkan pada hari Minggu. Akhirnya rumah Squidward menghancurkan Bikini Bottom dan dia, SpongeBob dan Patrick harus kerja bakti setiap hari Minggu.

Selling Out / Funny Pants[sunting | sunting sumber]

65.Selling Out
Mr. Krabs menjual Krusty Krab kepada Howard Blandy dan pensiun. Tapi dia menjadi malas dan mendapat pekerjaan di Krabby O'Mondays (Krusty Krab setelah dijual Mr. Krabs). Dia menemukan Krabby Patty disana tidak dibuat seperti yang asli, jadi dia menunjukkannya kepada pelanggan sehingga pelanggan-pelanggan pergi. Akhirnya Mr. Krabs membeli Krabby O'Mondays dan menjadi Krusty Krab lagi.

Funny Pants
SpongeBob selalu ketawa karena leluconnya, ini membuat Squidward tidak senang. Ketika SpongeBob sedikit bermasalah ketika tertawa, Squidward mengatakan bahwa kepada SpongeBob dia bisa membakar kotak tertawanya. Akhirnya Squidward mengakui dia berbohong setelah SpongeBob menangis sampai banyak air di sekelilingnya. Squidward dan SpongeBob mulai tertawa, Squidward tertawa berlebihan dan membuat kotak tertawanya rusak. SpongeBob memberikan sebagian kotak tertawanya untuk Squidward, sehingga Squidward tertawa seperti SpongeBob.

Dunces and Dragons[sunting | sunting sumber]

66.Dunces and Dragons
SpongeBob dan Patrick terlempar dari kuda ketika tanpa sengaja mengikuti pertandingan di Medieval Moments, membuat mereka berada di Bikini Bottomshire (Bikini Bottom ketika Abad Pertengahan). Mereka ditahan karena dianggap asing. Di penjara, mereka bertemu Squidley (leluhur Squidward). SpongeBob, Patrick, dan Squidley menghadap Raja Krabs (leluhur Mr. Krabs) (atas keinginan SpongeBob) dan Squidley menyanyikan lagu yang membuat Raja Krabs marah, mereka bertiga dihukum mati. Pada saat mau menghukum, Putri Pearl (leluhur Pearl) mengatakan SpongeBob dan Patrick adalah ksatria yang dimaksud di ramalan dan tiba-tiba Dragon Jellyfish (pengikut Planktonamor) masuk ke istana Raja Krabs dan menculik Putri Pearl, Raja Krabs dilempar dan menghancurkan alat yang ingin dipakai untuk hukuman mati. Raja Krabs mengirim SpongeBob, Patrick dan Squidley (karena musik buruknya) untuk pergi ke menara Planktonamor (leluhur Plankton) untuk mengembalikan Putri Pearl sekaligus mengalahkan Planktonamor.

Di perjalanan, Planktonamor melihat mereka dan mengirim Dragon Jellyfish untuk Raja Krabs bahwa putrinya akan dibunuh kecuali jika dia memberikan kekuasaannya. Di saat yang bersamaan, SpongeBob, Patrick dan Squidley bertemu "Ksatria Kegelapan" (leluhur Sandy dan pengikut Planktonamor (kemungkinan)) dan SpongeBob bertarung dengannya. SpongeBob berhasil mengalahkannya dan Ksatria Kegelapan bergabung dengan mereka. Saat Putri Pearl mau dihukum, mereka berempat berhasil masuk (dengan tipuan mereka) dan sampai di puncak menara. Mereka berhasil menyelamatkan Putri Pearl, hanya perlu mengalahkan Planktonamor. Dragon Jellyfish membantu Planktonamor, SpongeBob dan Patrick awalnya ingin memakan Krabby Patty yang mereka bawa, tapi Dragon Jellyfish memakannya dan menyukainya, diapun juga menjadi berteman dengan SpongeBob dan menghancurkan Planktonamor. SpongeBob dan Patrick kemudian terlempar dari kuda lagi karena musik Squidley dan mereka sadar semuanya adalah mimpi, Squidley tiba-tiba juga ada tertindih Patrick.

Enemy In-Law / Mermaid Man and Barnacle Boy VI: The Motion Picture[sunting | sunting sumber]

67.Enemy In-Law
Ketika Plankton dan Karen bertengkar, Mama Krabs yang baru mengunjungi anaknya dilihat Plankton. Plankton jatuh cinta dengan Mama Krabs. Dia mematikan Karen dan menculik Mama Krabs untuk diperlihatkan rasa cintanya kepadanya. Setelah berhasil, Plankton kemudian menelpon Mama Krabs untuk berkencan dan Mama Krabs memilih mereka berkencan di Krusty Krab. Ketika mereka berkencan, Mr. Krabs mekihat mereka dan mencoba membuang Plankton (seperti di episode-episode lain), tapi Mama Krabs menyuruh Mr. Krabs mengembalikan Plankton dan pergi bersamanya. Hari berikutnya, Mr. Krabs menyuruh Plankton tidak mendekati ibunya karena curiga niat Plankton mengetahui resep Krabby Patty dan semua anggota keluarga Krabs tahu resepnya, tapi ini malah memberikan ide untuk Plankton. Di Krusty Krab, Plankton mencoba menikah dengan Mama Krabs untuk mengetahui resep Krabby Patty. Tapi Mama Krabs tidak mau karena sebuah alasan, Plankton tanpa sengaja menyuruh Mama Krabs memberitahu resep Krabby Patty tanpa sengaja, Mama Krabs segera memukul Plankton ke Chum Bucket. Plankton menyalakan Karen dan semuanya membaik.

Mermaid Man and Barnacle Boy VI: The Motion Picture
Sebuah film Mermaid Man and Barnacle Boy dibuat dan Mermaid Man dan Barnacle Boy diganti dengan aktor. SpongeBob dan Patrick marah karena tidak memakai Mermaid Man dan Barnacle Boy yang asli dan melapor ke Mermaid Man dan Barnacle Boy dan memiliki ide membuat film sendiri. Mereka membuat naskah di Krusty Krab, kemudian film dibuat. SpongeBob menjadi sutradara, Patrick menjadi kamerawan, Mr. Krabs menjadi penyedia makanan, Plankton menjadi pemegang mikrofon dan Sandy menjadi pembuat beberapa action berbahaya. Banyak kesalahan terjadi, Mermaid Man membuat kesalahan pada awal dialog, Plankton kelelahan mengangkat mikrofon, Pearl (sebagai Invisible Boatmobile) terlalu berat untuk diangkat ke puncak tebing dan Patrick memasang penutup lensa saat kamera dipakai. SpongeBob marah dan sedih karena masalah terakhir, Mermaid Man menceritakan sebuah cerita untuk menenangkannya, SpongeBob dan Patrick merekamnya dan dijadikan jalur cerita film. Di Krusty Krab, tempat film ditayangkan, cukup banyak penonton melihat film yang bisa dikategorikan "jelek". Begitu film selesai, hanya Mermaid Man, Barnacle Boy, SpongeBob dan Patrick yang bersorak.

Patrick SmartPants / SquidBob TentaclePants[sunting | sunting sumber]

68.Patrick SmartPants
Ketika bermain di ladang ubur-ubur, Patrick jatuh dari tebing dan kepala bagian atasnya lepas. SpongeBob menaruhnya kembali dan Patrick menjadi pintar. Patrick menjadi tidak suka permainan-permainan lama mereka dan suka melakukan hal yang menggunakan ilmu pengetahuan. Patrick dan SpongeBob pergi ke rumah Squidward untuk Patrick menyanyikan sebuah musik. Squidward terkejut karena kepintaran musik Patrick dan menjadikan Patrick guru musiknya, tapi musik Squidward sangat buruk dan Patrick berhenti menjadi guru musik Squidward. SpongeBob kemudian mengajak Patrick bermain lagi, tapi Patrick tetap tidak mau dan mengatakan mereka akan berpisah. Malamnya, Patrick dan SpongeBob merindukan sahabatnya dan Patrick mencoba menyatukan persahabatan mereka lagi. Esok harinya, Patrick membawa SpongeBob untuk bermain dengannya, dia kemudian ingat sejak kapan dia menjadi pintar dan melakukan hal yang dia lakukan saat itu, tapi tidak terjadi apa-apa. Patrick menemukan kepala bagian atasnya yang asli dan yang diambil SpongeBob adalah Brain Coral Fields. SpongeBob menaruh kepala asli Patrick (Yang ketika ditanya dia lebih memilih menjadi orang bodoh dan sahabatnya dengan "Pengetahuan tidak dapat mengganti persahabatan") dan Patrick kembali bodoh.

SquidBob TentaclePants
Squidward memiliki resital klarinet, tapi dia bersatu dengan SpongeBob karena mesin teleportasi Sandy. Sandy memberitahu dia memiliki sebuah mesin yang masih dibuat. Pada sore hari, SpongeBob dan Squidward pergi ke rumah Sandy untuk menanyakan dia sudah selesai atau belum, Sandy mengatakan "ikan pari pemisah"-nya belum selesai dan selesai lusa, Squidward ingin selesai besok dan Sandy menurutinya. Saat resital klarinet Squidward dimulai, Squidward memakai jubah untuk menutupi SpongeBob, tapi jubah itu terlepas ketika resital klarinet berlengsung. Semua penonton menyoraki mereka berdua, tapi Sandy datang dengan ikan pari pemisahnya dan semua penonton pergi kecuali beberapa teman mereka. Squidward mencoba mengembalikannya kembali, tapi ini membuat dia, SpongeBob, Sandy, Patrick, Mr. Krabs, Pearl, Mrs. Puff dan Larry bersatu.

Krusty Towers / Mrs. Puff, You're Fired[sunting | sunting sumber]

69.Krusty Towers
SpongeBob dan Squidward melihat Krusty Krab menjadi hotel, Mr. Krabs memberitahu itu karena dia pernah ke hotel dan ketika dia pergi, dia harus membayar mahal. Hotel itu mottonya adalah "Kami akan melayani tamu meski permintaannya aneh-aneh" dan Mr. Krabs mengikutinya. Patrick menjadi orang pertama yang menginap dan menyusahkan Squidward, dia harus mengangkat koper Patrick yang berisi batu, membersihkan toiletnya dan memandikan Patrick sesuai dengan motto Krusty Towers. Squidward pergi dan menjadi penginap di Krusty Towers, Mr. Krabs harus mengendong Squidward ke kamarnya, memakan Krabby Patty dengan kuku kaki dan bulu hidung (sebenarnya diminta dengan keju, tapi tidak ada), memasak kue buatan ibunya, mengubah gaya kamarnya (akhirnya seperti semula). Di kolam renang dalam ruangan, Patrick menghancurkan Krusty Towers dengan gaya bola meriamnya sehingga mereka berempat masuk rumah sakit. Mr. Krabs mendapat tagihan yang jauh lebih besar jika dibanding dengan ketika dia menginap di hotel dari rumah sakit dan memiliki ide mengubah Krusty Krab menjadi rumah sakit.

Mrs. Puff, You're Fired
SpongeBob harus lulus atau Mrs. Puff diganti, dia gagal dan Mrs. Puff dilarang mengajar lagi. Guru pengganti Mrs. Puff sangat keras dan di kelas lamanya, tidak ada yang tidak lulus, dia membuat peraturan "tidak boleh ngobrol di kelas" dan "tidak boleh makan di kelas" yang membuat semua murid kabur kecuali SpongeBob. SpongeBob harus merangkak, berjalan dan berlari di sebuah trek ekstrem, dia berhasil. Berikutnya, SpongeBob harus membongkar kapal dan memasangnya lagi, dia membongkar kapal dan menjadikannya roket. Ketika mengemudi, SpongeBob hanya bisa ketika ketika dia tidak melihat. Ketika dia tes dengan pengawas yang sama seperti sebelumnya, dia tidak boleh mengemudi dengan mata tertutup, dia mengahancurkan kota. Mrs. Puff terbawa kapal dan guru baru SpongeBob yang ingin menghentikan kapal tertabrak dan terlempar. Celana Patrick tanpa sengaja menutupi muka SpongeBob dan dia kembali baik dalam mengemudi, tapi karena bagian "penghancuran kota", dia tidak lulus dan Mrs. Puff diterima kembali. Pengawas itu juga bilang SpongeBob "tidak bisa diajari bahkan oleh guru terbaik".

Ghost Host / Chimps Ahoy[sunting | sunting sumber]

70.Ghost Host
Kapal Flying Dutchman rusak dan dia berencana tinggal di rumah SpongeBob sehingga bisa menakut-nakutinya. Lama-kelamaan, SpongeBob tidak takut dan menyuruh Flying Dutchman menakut-nakuti orang lain, tapi beberapa hari kemudian dia membuat kerusakan di rumah SpongeBob. SpongeBob memutar sebuah video untuk Flying Dutchman dan dia segera menakut-nakuti orang. Dia (ditemani SpongeBob) menakut-nakuti orang-orang tapi gagal, SpongeBob memiliki ide menakut-nakuti orang yang tidak percaya hantu, orang itu adalah Squidward. Flying Dutchman sukses menakut-nakuti Squidward dan dia memberitahu SpongeBob kapalnya sudah dierbaiki 3 bulan yang lalu. Dia akhirnya pergi dari rumah SpongeBob.

Chimps Ahoy
SpongeBob dan Patrick mendapatkan penggaruk punggung baru dan berniat meminjamkannya ke Sandy, tapi Sandy sedang gugup karena bosnya akan datang dan dia belum membuat penemuan yang bagus. Sandy pergi (hanya ke tempat bus), SpongeBob dan Patrick membuat penemuan buatan mereka. Pada pagi ketika bos Sandy datang, SpongeBob dan Patrick memperkenalkan mesin buatan mereka. Salah satu di antara bos Sandy disuruh Patrick mencobanya dan hampir mati karena sebuah kerusakan, Sandy kembali ke rumahnya untuk melihat apa yang terjadi. Robot pembuka kacang buatan Sandy mengupas kulit pisang dan Sandy tetap di Bikini Bottom.

Whale of a Bhirtday / Karate Island[sunting | sunting sumber]

71.Whale of a Bhirtday
Besok adalah hari ulang tahun Pearl, Pearl menyuruh ayahnya untuk tidak menghancurkan pestanya. Mr. Krabs menyuruh SpongeBob membeli hadiah yang diinginkan Pearl dengan cara memata-matainya dan membayar dengan kartu kredit, sedangkan Mr. Krabs dan Squidward membuat daftar benda yang Pearl inginkan termasuk "Boys Who Cry", band favorit Pearl. Keesokan harinya, Pearl dan teman-temannya datang dan melihat pesta tidak sesuai dengan yang diinginkan, Pearl lari keluar dan menangis. Tapi di saat yang bersamaan, SpongeBob mengarahkan mobil yang membawa seluruh hadiah termasuk kapal dan Boys Who Cry. Mr. Krabs terkejut uang kreditnya menurun karena banyak sekali tagihannya.

Karate Island
SpongeBob mendapat video yang mengatakan dia akan diangkat menjadi "Raja Karate" di "Pulau Karate. Sandy merasa ini tipuan dan ikut dengan SpongeBob. Di Pulau Karate, mereka berdua bertemu dengan Master Udon. SpongeBob menjadi sombong dengan Sandy, Sandy mau meninggalkan Pulau Karate. Tapi di saat yang sama, SpongeBob sadar ini tipuan dan ditangkap. Sandy kembali untuk menyelamatkan SpongeBob dengan mengalahkan 3 orang dan sampai di ruangan Master Udon menahan SpongeBob. Master Udon mengatakan maksud sebenarnya berhubungan dengan bisnis dan nama asli pulau itu adalah Pulau Kondo. Sandy bertarung dengannya dan mengalahkannya. Mereka berdua pergi dari Pulau Kondo, tapi Squidward sampai di sana untuk menjadi "Raja Klarinet".

All That Glitters / Wishing You Well[sunting | sunting sumber]

72.All That Glitters
Suatu ketika, ada pelanggan yang memesan "Monster Krabby Patty". Ketika SpongeBob memasak "Monster Patty", Spat (Spatula SpongeBob) patah dan SpongeBob menangis di depan banyak orang. Spat dibawa ke rumah sakit. SpongeBob datang ke rumah sakit dan seorang aktor yang sedang mencari peran mengatakan "berpikir tentang spatula pengganti". SpongeBob melihat spatula mewah bernama "Le Spatula", dia memberikan hampir seluruh bendanya dan akhirnya mendapatkan Le Spatula dengan seluruh hartanya, bahkan pakaiannya sendiri. Ketika memasak Krabby Patty, Le Spatula tidak mau memasaknya dan pergi. SpongeBob sadar spatula yang harus dipakai olehnya adalah yang setia, bukan yang mewah. Dia pergi ke rumah sakit dan melihat Spat sudah sembuh, tapi Spat seperti tidak mau dan SpongeBob menyesal. Ketika dia kembali ke dapur Krusty Krab, Spat sedang memasak Krabby Patty, SpongeBob senang tapi ada pesanan Monster Krabby Patty dan kali ini, tangan SpongeBob yang patah.

Wishing You Well
Mr. Krabs melihat orang-orang menjatuhkan koin ke sebuah sumur, seseorang mengatakan sumur itu adalah sumur harapan dan memberitahu cara menggunakannya. Mr. Krabs menyuruh SpongeBob dan Squidward membuat sumur harapan, Squidward tidak mau dan SpongeBob bekerja sendirian. Pada malam, Patrick mengira sumur Mr. Krabs tempat sampah dan melempar sampah ke dalam. SpongeBob menyuruh Patrick jatuhkan koin dan buat permohonan, dia menjatuhkan koin tanpa melepasnya sehingga dia ikut masuk. Ketika Mr. Krabs kembali untuk mengambil koin, mereka baru mendapatkan 3 koin. SpongeBob dan Patrick menggali lebih dalam untuk menemukan keajaiban dan berhasil. Squidward melihat mereka dan tertawa-tawa bahwa mereka terjebak, tanpa sengaja terjatuh.setelah itu. Squidward tentacles berkelahi pada Patrick star sehingga keajaiban itu menghilang. Pada pagi hari, Mr. Krabs kembali ke sumur dan SpongeBob, Patrick dan Squidward keluar. Squidward tertabrak bus dan Patrick pergi. SpongeBob mengatakan dia tidak mendapatkan koin, tapi mendapatkan keajaiban. Orang-orang yang menjatuhkan koin ke dalam juga permintaannya terwujud. Mr. Krabs tidak percaya dan mencobanya dengan permohonan yan mengatakan di dijadikan makanan dan berhasil.

New Leaf / Once Bitten[sunting | sunting sumber]

73. New Leaf
Suatu hari di Bikini Bottom, Mr. Krabs melihat Plankton mengibarkan bendera di Chum Bucket. Lalu Plankton mengubah Chum Bucket sebagai pertokoan kecil yang diberi nama Chumporium. Mr. Krabs tidak percaya dan menghancurkannya. Mr.Krabs sengaja meninggalkan resep Krabby Patty, tapi Plankton tidak mau menerimanya. Mr. Krabs mulai percaya dan mengajaknya melakukan banyak hal. Mr. Krabs memberi Plankton resep rahasianya. Rupanya Plankton berpura-pura, tapi Mr. Krabs tahu itu dan yang dia berikan bukan resep rahasia.

Once Bitten
Gary mengotori halaman Squidward lagi, jadi Squidward membuat pagar kayu. Gary menaiki kayu itu kemudian menggigit Squiward. Patrick memberitahu SpongeBob dan Squidward itu bisa menyebabkan penyakit siput gila yang bisa membuat orang menjadi zombie. Gary pergi dan menggigit semua orang yang memegang cangkangknya. Warga Bikini Bottom mulai menjadi zombie sedangkan yang tidak berlindung di Krusty Krab. Gary muncul dan menggigit SpongeBob. Orang-orang ingin menyerang Gary tapi dokter siput datang dan menjelaskan Gary hanya tertusuk kayu dan penyakit siput gila itu tidak ada.

Bummer Vacation / Wigstruck[sunting | sunting sumber]

Bummer Vacation
Mr. Krabs mendapat surat yang menyuruhnya memberi liburan kepada SpongeBob kecuali bila membayar. SpongeBob tidak tahu liburan dan kembali keesokan harinya. Mr. Krabs melarang SpongeBob bekerja dan menggantinya dengan Patrick. SpongeBob mencoba kembali ke Krusty Krab berkali-kali, tapi gagal. SpongeBob mengira waktu liburannya adalah selamanya. SpongeBob membuat Patrick tetap di rumah dan berpura-pura menjadi Patrick. Mr. Krabs baru saja mau memberitahu SpongeBob bahwa liburannya selesai.

Wigstruck
Salah satu anggota Ned and Needle Fish memakai wig dari tisu, tapi wig itu keluar dari bus dan berhenti di kepqla SpongeBob. Semua orang yang bertemu SpongeBob menertawakannya kecuali Squidward dan Mr. Krabs yang merassa wig itu mengganggu. SpongeBob mengira mereka memujinya. Di bioskop, wig SpobgeBob menghalangi layar dan orang-orang mengejarnya. SpongeBob melepasnya dan wig itu diambil pemilik aslinya. Wig itu menjadi populer dan Patrick meminjamkan punyanya kepada SpongeBob.

Squidtastic Voyage / That's No Lady[sunting | sunting sumber]

Squidtastick Voyage
Ketika sedang berdansa, SpongeBob tanpa sengaja memasukkan klarinet Squidward ke mulut Squidward. Ketika dikeluarkan, ada bagian kecil yang tersisa. Sandy akan mengambilnya, tapi dia ingin membawa persediaan makanan. SpongeBob dan Patrick menjaga kapal selam Sandy dari dalam dan mengecilkan diri mereka sendiri. SpongeBob dan Patrick pergi ke otak Squidward dimana mereka bertengkar kemudian ke lambung dimana mereka hampir tenggelam. Ketika sampai di tujuan, SpongeBob menggunakan tariannya agar Squidward memuntahkannya. Tapi Patrick menekan tombol untuk membesar ketika masih di dalam.

That's No Lady
Seseorang menawarkan Patrick brosur liburan di luar kota, tapi Patrick mengira dia diusir. SpongeBob tidak mau Patrick pergi jadi dia menyamarkan Patrick sebagai Patricia. Ketika Mr. Krabs menyuruh SpongeBob bekerja, Mr. Krabs terpesona dengan Patricia dan menyuruhnya ikut bekerja. Squidward juga terpesona dan menawarinya kencan. Orang yang menawarkan Patrick datang lagi dan menjelaskan maksudnya. Patrick membuka penyamarannya dan dipecat Mr. Krabs.

The Thing / Hocus Pocus[sunting | sunting sumber]

The Thing
SpongeBob dan Patrick menggangu Squidward ketika menonton televisi. Squidward pergi dan tanpa sengaja tertutupi semen. SpongeBob dan Patrick menemukannya di Ladang Ubur-ubur dan menamainya Smelly. Squidward dibawa ke rumah SpongeBob tapi Gary mengenalinya dan menyerangnya. Ketika di rumah Patrick, Squidward menakuti Patrick sehingga Patrick memanggil polisi. Squidward dipermalukan di kebun binatang jadi SpongeBob dan Patrick mengeluarkannya dan menemukan tempat yang didiami makhluk seperti Smelly jadi mereka meninggalkan Smelly di sana.

Hocus Pocus
SpongeBob membeli peralatan sulap dan mempraktekannya di depan Squidward. Squidward pergi ketika tidak dilihat dan sebuah es krim terjatuh di tempatnya. SpongeBob mengira dia mengubah Squidward tapi tidak bisa mengembalikannya. SpongeBob memperlakukan es krim itu seperti Squidward, tapi es krim tidak bisa bertahan di tempat biasa jadi SpongeBob memasukkannya ke kulkas. Patrick mengambilnya dan ketika ingin dimakan es krim itu mencair. SpongeBob dan Patrick menemui Tuan Magic tapi peralatan sulap itu hanya agar penjualnya mendapat uang. Ketika SpongeBob menangis, Squidward kembali dan kabur begitu SpongeBob ingin bermain sulap lagi.

Driven to Tears / Rule of Dumb[sunting | sunting sumber]

Driven to Tears
SpongeBob gagal tes mengemudi tapi Patrick berhasil dan mendapat SIM serta mobil mewah. Patrick mulai bertingkah sombong sedangkan SpongeBob menjadi iri. Ketika Patrick melanggar lampu merah, Patrick tetap menganggap dirinya adalah pengemudi jenius. SpongeBob bertambah marah dan merobek SIM Patrick. Polisi melihat sisa sampahnya dan menahan Patrick. SpongeBob memberitahu Patrick tidak bersalah dan menggantikannya.

Rule of Dumb
Seseorang dari kerajaan memberitahu Patrick bahwa dia adalah raja. SpongeBob memberitahu Patrick bahwa raja bisa melakukan apapun yang dia mau. Patrick menyalahgunakan perkataan SpongeBob dengan mengambil semua barang penduduk. Squidward melihatnya dan menyadarkan orang-orang sehingga orang-orang pergi. SpongeBob juga merasa Patrick berlaku kejam jadi dia pergi. Patrick melihat dirinya di cermin dan menyadari dia menjadi monster. Orang dari kerajaan kembali untuk memberi mahkota kepada raja yang sebenarnya, yaitu Gary.

Born to Be Wild / Best Frenemies[sunting | sunting sumber]

Born to Be Wild
SpongeBob melihat geng motor dan merobek sebagian jaketnya yang bertulisan "W" dan mengira namanya Wild One. Seseorang memberitahu Wild One adalah pengendara motor yang ganas. SpongeBob memperingatkan teman-temannya tapi hanya Patrick yang mendengarkan. Mereka berpakaian seperti geng motor untuk menakuti Wild One. Ketika Wild One datang, seluruh Krusty Krab takut. Tapi rupanya nama asli dari geng motor itu adalah Mild One.

Best Frenemies
Pembelian minuman di Krusty Krab menurun karena minuman baru bernama "Kelp Shake". Bisnis Mr. Krabs dan Plankton menjadi hancur sehingga mereka berteman untuk mencuri resepnya. Setelah beberapa percobaan yang menyiksa Plankton, Mr. Krabs membeli satu dan mencari resepnya di Chum Bucket. Mr. Krabs dan Plankton meminumnya sebelum Karen memberitahu bahwa ada bahan berbahaya di dalam Kelp Shake.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "SpongeBob SquarePants - Season 4, Volume 1". TV Shows on DVD. Diakses 24 May 2013. 
  2. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Wilayah_1
  3. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Wilayah_2
  4. ^ "Spongebob Squarepants; S4". Sanity. Diakses 24 May 2013. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]