Danny Phantom

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Danny Phantom
DannyPhantomTitleCard.jpg

Cuplikan ketika dimulainya acara Danny Phantom
Format Serial animasi televisi
Pembuat Butch Hartman
Pemeran David Kaufman
Colleen O'Shaughnessey
Rob Paulsen
Kath Soucie
Rickey D'Shon Collins
Grey DeLisle
Ron Perlman
Cree Summer
Martin Mull
Negara Amerika Serikat
Jumlah episode 54
Produksi
Durasi 22 menit per episode
Siaran
Saluran asli Nickelodeon
Penayangan awal 3 April 200424 Agustus 2007[1]
Kronologi
Dilanjutkan oleh Ben 10 (Ben 10)

Danny Phantom adalah serial animasi produksi Amerika Serikat yang ditayangkan di Nickelodeon, karya Butch Hartman, yang menceritakan kisah seorang anak yang secara tidak sengaja mendapatkan kekuatan hantu sehingga dia menjadi Pahlawan Pembasmi Hantu. Anak ini menjaga identitasnya bersama dua temannya.

Ringkasan cerita[sunting | sunting sumber]

Daniel Fenton atau dipanggil akrabnya Danny adalah anak dari keluarga Fenton yang percaya akan hantu. Danny hanya anak yang pendiam yang selalu murung karena selalu dikucilkan di sekolahnya. Cerita adanya Danny Phantom adalah karena kecelakaan di laboratorium bawah tanah keluarga Fenton yang akhirnya menuliskan kata 'Fenton Works' di atas rumahnya. Cerita ini berawal saat Danny ingin ke bawah tanah. Dia melihat tempat bawah tanah rumahnya begitu asing. Danny melihat Jack (Jack Fenton), Ayahnya dan Maddie (Maddie Fenton), Ibunya sedang membuat "Portal Hantu". Mereka menjelaskan kepada Danny tentang hantu dan portal yang mereka buat. Begitu ingin dicoba, mesinnya tidak bisa beroperasi. Orangtua Danny pun kecewa. Sementara Danny penasaran dengan portal itu dan memasuki portal itu. Ketika dia menekan tombol "Aktifkan" (dalam tayangan Danny Phantom tertulis On), terjadi kecelakaan. Danny terkena gelombang listrik penghubung dunia nyata dan dunia hantu. Karena kecelakaan itu, garis kehidupan Danny yang biasa tersambung dengan kekuatan hantu. Sejak itulah Danny menyebut dirinya dalam wujud hantu Danny Phantom.Ia menyimpan rahasia hantunya dengan kedua temannya Sam dan Tucker. Danny juga menyimpan perasaan suka diam-diam kepada Sam. Mereka ternyata saling menyukai dan diakhir cerita akhirnya mereka berdua menjalin hubungan lebih daripada seorang sahabat.

Danny Phantom Versi Kedua[sunting | sunting sumber]

Dari cerita Memory Blank, Danny mendapat Dirinya dalam hantunya dalam Versi Kedua. Kali ini, Danny Versi Kedua ini memiliki lambang huruf 'D' di badannya yang mengartikan lambang Kepahlawanan 'Danny Phantom'.

Tokoh-Tokoh[sunting | sunting sumber]

Tokoh Utama[sunting | sunting sumber]

Daniel "Danny" Fenton (Danny Phantom)[sunting | sunting sumber]

Umur 14 Tahun
Jenis Kelamin Laki-laki
Nama Keluarga Fenton
Pekerjaan Pelajar Casper High
Inggris suara David Kaufman
Bahasa Indonesia dubbing suara

Danny adalah anak dari keluarga pemburu hantu. Danny menjaga indentitas diri hantunya agar tidak dicurigai. Berkali-kali dia selalu terdeteksi kalau dia adalah hantu. Dalam Versi Pertama, yang menjaga rahasianya adalah Sam dan Tucker, Versi Kedua, dipegang juga oleh Jazz, kakaknya, yang secara tidak sengaja melihat transformasi Danny menjadi hantu.

Danny Versi Kedua terlihat pada berkas gambar diatas. Danny pertama dengan Danny kedua terlihat perbedaannya dari lambang Pahlawannya. Danny pernah sempat ketahuan berubah menjadi 'Danny Phantom' oleh Orangtuanya ketiak dikendalikan oleh Freakshow. Keluarga Fenton pun juga mengincarnya. Wujud Danny pada masa depan terlihat sangat kuat tapi terlihat jahat. Namun, masa depan berubah oleh Danny di Masa Lalu. Danny juga dikenang sebagai pahlawan super yang mengalahkan pasukan 'Pariah Dark' yang ingin menguasai Dunia Nyata dalam cerita Reign Storm. Danny juga memiliki rambut putih akibat kecelakaan dirinya dan mengubah warna hitam putih di penampilannya. Vlad, Musuh bebuyutan Danny juga mengalaminya. namun warna rambutnya tetap sama. Danny mempercayai Sam, Tucker, dan Jazz yang dapat menjaga rahasia Danny agar Danny tetap tidak dicurigai.

Samantha Manson[sunting | sunting sumber]

Umur 14 Tahun
Jenis Kelamin Perempuan
Nama Keluarga Manson
Pekerjaan Pelajar Casper High
Inggris suara Grey DeLisle
Bahasa Indonesia dubbing suara

Samantha atau panggilan akrabnya Sam adalah anak keluarga orang yang kaya. Warisan Nenek keluarganya diberikan kepada orangtuanya. Berbeda dengan yang lain, Sam adalah seorang Vegetarian sehingga tidak disukai anak-anak Casper High. Dia pernah menarik perhatian Tucker ketika dia diajak pergi bersama Tucker. Dia orangnya sangat prihatin akan keadaan Danny setiap kali Danny kalah bertarung. Dia selalu berkata, "Apa kamu tidak apa-apa, Danny?". Ada kemungkinan dia menyukai Danny karena begitu prihatinnya terhadap Danny. Sam pernah dikendalikan oleh Undergrowth dalam cerita Urban Jungle. Akibatnya, Rohnya menyatu dengan belenggu pengendalian tanaman.

Wujud Sam dibawah kendali Undergrowth terlihat pada gambar disamping. Dia terlihat dapat mengendalikan tanaman dengan mudah. Mata Sam tampak seperti belum tidur sama sekali. Dia sangat kuat sampai Danny tak bisa menyelamatkan Sam yang asli. Sam jika ditanya seseorang pasti menjawab, "Dia hanya teman terdekatku". pernah sekali terlihat saat Sam berpura-pura ciuman dengan Danny saat dikejar Valerie, setelahnya, mereka saling malu. Dan saat episode terakhir Danny akan pergi menyelamatkan dunia Sam mencium danny dan Danny berbalik mencium bibir Sam.

Tucker Foley[sunting | sunting sumber]

Umur 14 Tahun
Jenis Kelamin Laki-laki
Nama Keluarga Foley
Pekerjaan Pelajar SMA Casper High
Inggris suara Rickey D'Shon Collins
Bahasa Indonesia dubbing suara

Tucker adalah teman terdekat Danny yang ada dalam pikirannya hanya tentang Elektronik buatannya. dia pernah diejek "Si Sial Tucker" dalam cerita 13 karena bayangan Johnny yang selalu membawakan sial dimanapun Tucker berada. Tucker selalu membantu Danny saat sedang menyelesaikan masalah.

Jack Fenton[sunting | sunting sumber]

Umur 30-40 Tahun
Jenis Kelamin Laki-laki
Nama Keluarga Fenton (sebagai kepala keluarga)
Pekerjaan Pemburu Hantu
Inggris suara Rob Paulsen
Bahasa Indonesia dubbing suara

Jack adalah pemilik 'Fenton Works' sekaligus pembuat Portal hantu. Dimanapun ada hantu, pasti akan dia kejar. Saat dia masih Kuliah, dia berkelompok dengan Maddie dan Vlad. Dia selalu bersemangat untuk menangkap hantu bersama Maddie. Dia yang sebelumnya memburu Danny Phantom kini percaya terhadap Danny Phantom.

Maddie Fenton[sunting | sunting sumber]

Umur 30-40 Tahun
Jenis Kelamin Perempuan
Nama Keluarga Fenton
Pekerjaan Pemburu Hantu
Inggris suara Kath Soucie
Bahasa Indonesia dubbing suara

Maddie adalah istri dari Jack Fenton yang tidak menyukai perilaku Vlad. Dia juga pemburu hantu yang lembut dan menyayangi Danny walaupun dia belum tahu siapa Danny Phantom. Maddie juga percaya dengan Jazz yang dapat mengurusi Danny. Saat keluarga Fenton pergi berkemah, Maddie memberikan boneka Einstein kepada Jazz.

Jasmine 'Jazz' Fenton[sunting | sunting sumber]

Umur 16 Tahun
Jenis Kelamin Perempuan
Nama Keluarga Fenton
Pekerjaan Pelajar SMA Casper High
(walau kata officialnya adalah kuliah)
Inggris suara Colleen O'Shaughnessey
Bahasa Indonesia dubbing suara

Jazz adalah kakak dari Danny yang menjaga rahasia Danny yang tidak suka berburu hantu. Dia berpikir berburu hantu adalah ide tidak masuk akal. Dia mengetahui Danny itu hantu secara tidak sengaja ketika mengejar Danny yang kabur darinya ketika Jazz sedang curiga dengan Danny. Sebelum dia mengetahui Danny itu hantu, dia pernah menanyakan teman terdekatnya Danny untuk memberitahu siapa sosok hantu itu. Jazz pernah membantu Danny ketika dia ingin berubah tapi diikuti Maddie dengan menjatuhkan bukunya tepat di bawah kakinya. Dia juga dicurigai oleh Danny karena telah mengetahui wujud asli Danny. Dalam cerita "Ultimate Enemy", Danny dan Jazz menjadikan identitas Danny sebagai rahasia.

Tokoh Lainnya[sunting | sunting sumber]

Dash Baxter[sunting | sunting sumber]

Umur 14 Tahun
Jenis Kelamin Laki-laki
Nama Keluarga Baxter
Pekerjaan Pelajar SMA Casper High.
Inggris suara S. Scott Bullock
Bahasa Indonesia dubbing suara

Dash adalah orang yang mengusilkan Danny bersama temannya, Kwan. Dash juga orang yang diusilkan oleh Danny dengan kekuatan hantunya.

Kwan[sunting | sunting sumber]

Umur 14 Tahun
Jenis Kelamin Laki-laki
Nama Keluarga -
Pekerjaan Pelajar SMA Casper High.
Inggris suara Dat Phan, kemudian James Sie
Bahasa Indonesia dubbing suara

Kwan adalah teman setia Dash yang juga selalu mengusilkan anak-anak yang lebih lemah darinya. Saat Danny menjadi pacar Paulina, Kwan menjadikan teman bekas Danny menjadi teman terdekatnya dan mengucilkan Dash.

Lancer[sunting | sunting sumber]

Umur 40an Tahun
Jenis Kelamin Laki-laki
Nama Keluarga -
Pekerjaan Guru SMA Casper High.
Inggris suara Ron Perlman
Bahasa Indonesia dubbing suara

Lancer (Dalam Danny Phantom, Mr.Lancer) adalah guru yang sangat percaya diri sehingga sering menghukum Danny Dkk. kedalam hukuman yang fatal. Guru Danny yang parah ini juga seringkali memuji Sam karena Dia seorang Vegetarian dan mengambil daging untuk Guru-guru lain terutama kepala sekolah Ishiyama.

Paulina[sunting | sunting sumber]

Umur 16 Tahun
Jenis Kelamin Perempuan
Nama Keluarga -
Pekerjaan Pelajar Kelas 2 SMA Casper High.
Inggris suara Maria Canals Barrera
Bahasa Indonesia dubbing suara

Paulina adalah perempuan murid Casper High yang paling disegani kecantikannya. Dia juga selalu menghina Sam yang dikiranya tidak cantik. Paulina pernah dirasuki oleh Kitty untuk menjadi pacar Danny agar dia tetap bisa menjauh dari Johnny.

Valerie 'Val' Gray[sunting | sunting sumber]

Umur 14 Tahun
Jenis Kelamin Perempuan
Nama Keluarga Gray
Pekerjaan Pelajar Casper High & Pemburu Hantu.
Inggris suara Grey DeLisle dan Cree Summer
Bahasa Indonesia dubbing suara

Valerie, atau panggilan akrabnya Val, adalah anak perempuan yang bersemangat mendapatkan keuntungan. Dia juga menjaga identitasnya sebagai pemburu hantu. Namun ayahnya tahu soal anaknya sehingga ayahnya marah-marah terus setiap kali Valerie menggunakan persenjataan pemburu hantu.

Danielle 'Dani' Fenton (Dani Phantom)[sunting | sunting sumber]

Umur Kurang jelas. Kemungkinan 10 Tahun
Jenis Kelamin Perempuan
Nama Keluarga Fenton
Pekerjaan Belum Diketahui
Inggris suara AnnaSophia Robb/Krista Swan
Bahasa Indonesia dubbing suara

Danielle, atau panggilan akrabnya Dani, adalah pahlawan hasil penggandaan (Kloning) dari Danny oleh Vlad. Nama 'Danielle' diambil dari kata 'Daniel'. Kloning Danny ini wujudnya dalam bentuk perempuan agar dapat dibedakan mana yang Danny dan Dani. Dani memiliki lambang badan yang sama seperti Danny, yanitu huruf 'D' buatan Sam. Dani juga sama seperti Danny, mempunyai badan setengah manusia, setengah hantu. dia pertama kali muncul di episode "Kindred Spirits".

Dani juga memiliki kekuatan yang sama. Semuanya sama seperti Danny. Hampir seluruh kepribadian Dani sama seperti Danny, hanya pakaiannya saja yang berbeda. Dani memiliki pakaian berbeda dengan pakaian pertama kali Danny mendapatkan kekuatan Hantu. Dani menghilang dalam episode "D-Stabilized". Dia dibuat mencair oleh Vlad. Dani memiliki rambut yang berbeda dari seluruh murid Casper High. Rambutnya memiliki gaya yang sama seperti Vicky dalam Fairly Odd Parents. Anak ini juga Pahlawan super pendamping Danny sampai membuat "Team Phantom" yang beanggotakan 2 "Halfa". Tidak seperti Vlad. Dia memiliki nama 'Plasmius' sehingga tidak dapat diterima sebagai anggota Tim. Dani juga memiliki kepribadian setengah laki-laki, setengah perempuan.

Gambar disamping memperlihatkan gambar "Team Phantom" sedang bergaya untuk siap bertarung. Seperti yang anda lihat, mereka memiliki pakaian yang berbeda sehingga mudah membedakan Danny & Dani. Mudah pula membedakannya dari ukuran tinggi badannya sehingga lebih mudah membedakannya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ DPOF, " New premiere date for new Danny eps, Straight from Da Boss's mouth", 11 Juni 2007. [1]