The Last House on the Left

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
The Last House on the Left
Ds27.jpg
Poster film
Sutradara Wes Craven
Produser Sean S. Cunningham
Penulis Wes Craven
Pemeran Sandra Cassel
Lucy Grantham
David Hess
Fred J. Lincoln
Jeramie Rain
Marc Sheffler
Cynthia Carr
Ada Washington
Musik David Alexander Hess
Sinematografi Victor Hurwitz
Penyunting Wes Craven
Distributor Hallmark Releasing Corp.
Tanggal rilis 30 Agustus 1972[1]
Durasi 91 menit
Negara  Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $90.000 (perkiraan)[2]
Pendapatan kotor Bendera Amerika Serikat $3.100.000
Seluruh dunia:
$13.100.000 [3]

The Last House on the Left adalah film horor Amerika Serikat tahun 1972 yang merupakan film perdana yang ditulis dan disutradarai oleh Wes Craven.

Plot[sunting | sunting sumber]

Mari Collingwood (Sandra Cassel) berencana untuk merayakan ulangtahunnya yang ke-17 bersama temannya Phyllis Stone (Lucy Grantham) dengan menghadiri sebuah konser musik. Orangtuanya, John dan Estelle Collingwood sangat perhatian dengan urusan Mari dan sebelum ia pergi, mereka memberikannya sebuah kalung bersimbol kedamaian sebagai hadiah sebelum ia pergi.

Phyllis dan Mari pergi ke kota untuk konser. Saat menuju ke sana, mereka mendengar berita laporan dari radio mobil tentang kaburnya sebuah gerombolan kriminal dari penjara, yakni Krug Stillo (David Hess), anaknya Junior (Marc Sheffler), Sadie (Jeramie Rain), dan Fred "Weasel" Podowski (Fred J. Lincoln). Setelah konser, Mari dan Phyllis berjalan-jalan dan melihat seseorang menjual mariyuana. Mereka menemukan Junior yang membuat mereka pergi ke apartemennya, di sana kedua gadis itu disambut para buronan tersebut. Phyllis melawan dan mendapat balasan berupa pemukulan dan pemerkosaan. Sementara itu, orang tua Mari sudah menyiapkan pesta kejutan untuknya.

Esok paginya, kedua gadis itu dikunci di bagasi mobil dan dibawa ke perbatasan untuk dilibatkan dalam rencana mereka untuk kabur dari negara itu. Kemudian kendaraan yang membawa mereka mengalami kerusakan di dekat rumah Mari, sementara para polisi berada di rumahnya mulai menginvestigasi keberadaan Mari. Di tengah hutan, Mari dan Phyllis disiksa dan diperkosa habis-habisan oleh gerombolan tersebut. Mari berhasil meyakinkan Junior bahwa ayah Mari bisa menolongnya, dan menitipkan kalung Mari padanya. Hal itu terjadi kala Junior mulai menjadi penolong dan karena beberapa momen yang diganggu Krug, kalung itu berada bersama Junior. Phyllis, isi perutnya dikeluarkan hingga akhirnya tewas. Sementara Mari dibunuh setelah ia diperkosa sekali lagi, ia ditembak di tepi danau dan tubuhnya mengambang di sana. Kemudian Weasel, Krug, dan Sadie mengganti baju mereka yang ternoda darah.

Dengan pakaian baru, gerombolan ini pergi ke rumah Collongwood tanpa mengetahui fakta Mari adalah anak dari pasangan itu. Dengan berpura-pura menjadi salesmen, mereka dapat menginap satu malam di rumah itu. Junior menunjukkan identitas mereka saat Estelle melihat Junior memakai kalung itu. Kemudian, pada malamnya ia menguping pembicaraan gerombolan yang menginap di kamar Mari. Estelle melihat baju bernoda darah di bagasi. Lalu Estelle bersama John keluar ke hutan dan menemukan mayat Mari di danau.

Di luar, Estelle melakukan permainan seks bersama Weasel, lalu Estelle menggigit kelamin Weasel dan memotongnya. Di dalam rumah, John membawa senapan gentel menuju kamar putrinya tempat dua kriminal itu tertidur. Krug menyelamatkan diri ke ruang keluarga dan mengalahkan John, tetapi kepalanya kemudian dipukul oleh Junior, anaknya sendiri. Junior mengancam akan membunuh ayahnya, tetapi dengan lihainya Krug memanipulasi psikologis Junior yang menyebabkan Junior bunuh diri. Lalu, Krug menyadari bahwa John menghilang, lalu dokter John Collingwood, membawa gergaji mesin dan menyerang Krug.

Pada saat yang sama, para petugas berwenang datang dan meminta John untuk melepaskan Krug. Tetapi John tetap membunuh Krug. Sadie berlari keluar, di saat itulah ia kehilangan senjatanya saat berlari dan didorong jatuh oleh Estelle. Lalu setelah sebuah perkelahian, Sadie berlari dan tersandung, terjatuh ke kolam keluarga Collingwood. Lalu, Estelle mengejar Sadie dan menggorok lehernya. Pasangan Collingwood kembali bertemu di ruang keluarga dengan pakaian mereka yang bersimbah darah.

Skenario[sunting | sunting sumber]

Naskah skenario film ini ditulis oleh Wes Craven pada tahun 1971, skenario aslinya ditulis bertujuan untuk membuat sebuah film yang keras dan sadis. Namun, setelah syuting dimulai, sebuah keputusan diambil untuk membuat film yang lebih "lembut". Kendati begitu film ini tetap dilarang dan tidak lolos sensor di banyak negara.

Sambutan[sunting | sunting sumber]

Film ini mendapat rating 65% di Rotten Tomatoes.[4]

Pembuatan ulang[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Agustus 2006, Rogue Pictures menyelesaikan persetujuan untuk membuat ulang film The Last House on the Left dengan penulis naskah dan sutradara aslinya Wes Craven dan produser aslinya Sean S. Cunningham sebagai produser. Rumah produksi ini mengusahakan untuk tidak mengubahkan jalan cerita film aslinya. Craven mendeskripsikan keterlibatannya dengan versi buatan ulangnya: I'm far enough removed from these films that the remakes are a little like having grandchildren. The story, about the painful side effects of revenge, is an evergreen. The headlines are full of people and nations taking revenge and getting caught up in endless cycles of violence."[5] Craven membentuk Midnight Pictures, sebuah anak rum-prod dari Rogue Pictures, dan membuat The Last House on the Left sebagai proyek pertamanya. Produksi telah dimulai sejak 2007.[6] Penulis skenario Adam Alleca disewa untuk menulis naskah produksi ulangnya, kemudian naskah diinovasi kembali oleh penulis film Red Eye, Carl Ellsworth. Pada bulan Mei 2007, Rogue Pictures, memasuki negosiasi dengan sutradara Dennis Iliadis untuk menyutradarai filmnya.Borys Kit (2007-05-30). "Iliadis on path to 'House' redo". The Hollywood Reporter. Diakses 2007-10-17. </ref> Filmnya sendiri dirilis di bioskop Amerika Utara pada 13 Maret 2009 dan lebih diterima. [7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]