Cursed (film 2005)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Cursed
Cursed poster.jpg
Poster Promosi
Sutradara Wes Craven
Produser Bob Weinstein
Harvey Weinstein
Kevin Williamson
Penulis Kevin Williamson
Pemeran Christina Ricci
Joshua Jackson
Jesse Eisenberg
Judy Greer
Scott Baio
Milo Ventimiglia
Shannon Elizabeth
Mýa
Musik Marco Beltrami
Sinematografi Robert McLachlan
Penyunting Patrick Lussier
Lisa Romaniw
Studio Outerbanks Entertainment
Distributor Dimension Films
Tanggal rilis 25 Februari 2005[1]
Durasi Theatrical cut
97 min.
Unrated cut
99 min.
Negara  Amerika Serikat
Jerman
Bahasa English
Anggaran $38,000,000 [2]
Pendapatan kotor $29,621,722 [3]

Cursed adalah film horor/misteri Amerika-Jerman tahun 2005 yang ditulis oleh Kevin Williamson dan disutradarai oleh Wes Craven. Keduanya adalah pembuat inti dari film Scream dan film Cursed dibuat oleh studio yang sama. Kisah film ini mengetengahkan tentang tiga orang yang diserang oleh manusia serigala yang bebas di Los Angeles. Film ini dishooting di setting aslinya, dengan penambahan spesial efek di Winnipeg, Manitoba yang ada di Kanada. Kendati film ini merugi secara komersial dan kualitas, film ini menjadi cult di antara penggemar Wes Craven dan film ini lebih laris saat dipasarkan dalam DVD.

Film ini oleh MPAA mendapatkan rating PG-13 untuk "horror violence/terror, some sexual references, nudity, language, and a brief drug reference". (Kekerasan Horor/Teror, beberapa referensi seksual, nuditas, bahasa, dan satu referensi narkotik.

Plot[sunting | sunting sumber]

Film dimulai dengan dua orang teman, Jenny Tate (Mýa) dan Becky Morton (Shannon Elizabeth), yang menghadiri sebuah pekan raya dan disebuah kios ramalan, mereka diramal akan mendapatkan kengerian dan kematian yang menakutkan tidak lama lagi. Dan mereka tidak mempercayainya. Setelah berapa lama, Becky kehilangan Jenny dan memutuskan untuk pulang.

Pada malam yang sama, dua bersaudara Ellie (Christina Ricci) dan Jimmy (Jesse Eissenberg) menabrak sebuah mobil dan binatang disaat yang nyaris bersamaan disebuah persimpangan yang sepi dekat hutan di wilayah Los Angeles. Mereka berdua turun dari mobil dan berusaha menolong Becky Morton, sang pengendara yang ditabrak mereka, dan segera Ellie dan Jimmy berada dalam suasana horor kala Becky ditarik kedalam hutan dan dimakan oleh sesuatu. Sementara itu Ellie dan Jimmy mendapat luka goresan dari hewan tersebut. Jimmy mulai percaya bahwa sang penyerang adalah manusia serigala, namun tak seorangpun mempercayainya termasuk Ellie. Mereka berdua secara terpisah mendapat berbagai pertanda kekuatan manusia serigala termasuk Ellie yang bisa mencium bau darah dan Jimmy yang menjadi lebih kuat, sehingga dapat mengalahkan seorang penyiksanya di sekolahnya, Bo (Milo Ventimiglia) dalam sebuah klub gulat.

Sementara itu, dalam sebuah pesta yang dihadiri Ellie, Jenny Tate terbunuh oleh manusia serigala. Menjadikan ramalan mengenai Jenny dan Becky tepat. Dan Ellie mulai mempercayai ide manusia serigala itu dan Jimmy membuktikannya terpisah ketika ia memegang pisau perak, tangannya terbakar. Dia segera pergi untuk menemui Ellie. Dirumahnya ia menemui Bo yang ternyata seorang gay, Jimmy mengklarifikasikan bahwa ia benar-benar menyukai lawan jenis dan Bo akhirnya membantu Jimmy. Setelah mendapat serangan dari anjing Jimmy yang ternyata ikut menjadi buas, Bo dan Jimmy segera kabur dengan mobil Bo menuju pesta peresmian yang dihadiri Ellie. Ternyata disana ada serangan dari manusia serigala lain, yang ternyata adalah Joanie (Judy Greer) yang dulu punya hubungan dengan Jake (Joshua Jackson) yangs sekarang jadi kekasih Ellie. Joanie ternyata dengan bentuk serigalanya, membunuh semua wanita yang pernah dekat dengan Jake demi membalas dendam.

Disana Jimmy dan Bo datang, Bo terkena serangan dan pingsan. Joanie semakin mengamuk dengan menghajar Jake yang melindungi Ellie. Akhirnya Ellie dan Jimmy berhasil melawannya dan tepat saat polisi datang dan Joanie dalam bentuk manusia menjadi bentuk serigala, satu polisi menembak kepalanya. Kemudian Bo diperiksa di mobil ambulan sementara Jimmy dan Ellie pulang.

Saat pulang ke rumah yang rusak karena anjing Jimmy, Jimmy digigit dan saat itu bulan purnama saat ia tiba-tiba mulai berubah menjadi manusia serigala. Lalu Jake datang, Jake berkata bahwa ialah yang menyerang Ellie dan Jimmy di hutan kala mereka berada di kecelakaan. Jake menawarkan kehidupan bahagia selamanya, apabila Ellie mengizinkannya untuk membunuh Jimmy. Ellie menolak, dan terjadilah perkelahian. Jimmy dalam keadaan menjadi serigala memanjat diatas plafon dan menyerang Jake. Saat itu Ellie mengambil sebuah pisau kue perak yang besar dan menusuk Jake. Kemudian Ellie mengambil sekop dan memenggal kepala Jake, mematahkan kutukan terhadap Jimmy, Ellie, dan anjing mereka. Kemudian, Brooke, seorang gadis yang Jimmy sukai datang bersama Bo untuk meluruskan segala maksud mereka mengenai hubungan yang terjadi. Bo dan Jimmy kini berteman dan bersama dengan Brooke, mereka berjalan keluar rumah. Dan Ellie membersihkan kekacauan yang ada dirumah bersama anjingnya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Produksi film ini ditunda selama setahun karena masalah produksi dan skenarionya. Beberapa pemain yang semula ikut andil dalam film ini terpaksa keluar dari proyek karena jadwal syuting yang bentrok dari film lain.

Beberapa pemain yang semula direkrut, terpaksa diganti, termasuk Skeet Ulrich, Mandy Moore, Omar Epps, Illeana Douglas, Heather Langenkamp, Scott Foley, Robert Forster, dan Corey Feldman. Beberapa adegan yang sudah direkam, dihapus oleh Wes Craven sendiri.

Proses produksinya banyak memuat sekolah yang dulu sering menjadi beberapa setting di serial TV terkenal termasuk Buffy the Vampire Slayer dan 90210.[4]

Di Amerika Utara film ini mulanya akan dirilis dengan rating R dengan adegan kekerasannya. Namun, pihak studio mengharapkan rating PG-13 yang lebih menjual dan film ini diedit dan dipasarkan sebagai film berating PG-13. Banyak pihak kritikus yang beranggapan film ini akan lebih sukses dengan rating R.

Perilisan dan Sambutan[sunting | sunting sumber]

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Di Kanada, karena banyaknya klasifikator di Kanada yang berbeda sesuai daerahnya, maka edisi Unrated dan PG-13 dirilis di bioskop bersamaan. Seperti di Alberta, Manitoba, dan Ontario yang mengklasifikasikan film Cursed di rating 14A. Sementara di British Columbia, film ini diberikan rating 14A dan menggunakan edisi rating PG-13 setelah edisi Unrated yang tayang pertamakali dengan rating 18A tidak sukses.[5]

Kritik[sunting | sunting sumber]

Film ini mendapatkan banyak reaksi negatif dari para kritikus, mendapatkan rating 17% atau 'Rotten' dari Rotten Tomatoes yang menyimpulkan bahwa film ini "[a] predictable plot and cheesy special effects make Cursed a less-than-scary experience."[6]

Box office[sunting | sunting sumber]

Film ini dirilis di bioskop pada 25 Februari 2005, dan menghasilkan $ 19,000,000 sebagai pendapatan kotornya di Amerika Utara berdasarkan bujetnya yang berjumlah $38,000,000. Kemudian film ini mendapatkan jumlah pendapatan yang nyaris sama dengan pendapatan domestiknya dari seluruh dunia, yakni $ 10,324,200, membuat total pendapatan $ 29,324,200.[7]

Media Rumah[sunting | sunting sumber]

Saat film ini dirilis dalam bentuk DVD di Amerika Serikat pada 21 Juni 2005, dua versi sekaligus dirilis. Dua versi itu ialah versi bioskopnya yang berating PG-13 dengan durasi 97 menit, dan versi Unratednya yang lebih lama 2 menit dari versi bioskopnya. Di Kanada, Alliance, distributor DVD tersebut melabeli DVDnya dengan tulisan 'Uncensored' dan versi 'Unrated' itu hanyalah satu-satunya versi DVD yang dipasarkan disana. Hal itu berlawanan dengan pihak distributor DVD DImension Home Video, dan cover DVDnya diubah agar menjadi sama dengan poster aslinya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]