Deadly Friend

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Deadly Friend
Deadly friend movie poster.jpg
Poster Deadly Friend.
Sutradara Wes Craven
Produser Robert L. Crawford
Patrick Kelley
Robert M. Sherman
Penulis Novel:
Diana Henstell
Skenario:
Bruce Joel Rubin
Pemeran Matthew Laborteaux
Kristy Swanson
Musik Charles Bernstein
Sinematografi Philip H. Lathop
Penyunting Michael Eliot
Distributor Warner Bros.
Tanggal rilis 10 Oktober 1986
Durasi 91 menit
Negara  Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Pendapatan kotor $8,988,731 (USA)[1]


Deadly Friend adalah film horor/sci-fi 1986 yang disutradarai Wes Craven. Film ini dibuat berdasarkan novel berjudul Friend oleh Diana Henstell.

Plot[sunting | sunting sumber]

Seorang anak bernama Paul Conway dan ibunya, Jeannie, baru saja pindah ke kota baru dan semuanya berjalan bagus. Paul memperlajari ilmu neurologi dan kecerdasan buatan di universitas lokal, dan membuat sebuah robot canggih bernama BB. Paul juga mempunyai teman-teman baru seperti Tom, seorang anak sederajat yang bekerja sebagai penjual koran dan seorang gfadis bernama Samantha yang bertetangga dengan keluarga Conway. Mereka sebal dengan seorang wanita tua bernama Elvira Parker yang tidak suka bersosialisasi dengan tetangganya. Pada sebuah malam Halloween, Paul, Tom, dan Samantha membuat sebuah lelucon dengan menggunakan BB. BB disuruh membuka gerbang pintu Elvira yang diberikan pengamanan canggih, lalu seseorang dari mereka akan memencet bel Elvira untuk menakutinya. Samantha yang akan melakukannya, tapi alarm berbunyi dan membuat mereka bersembunyi di bawah balkon rumah Elvira. Sementara BB berjalan kembali dan mendatangi Elvira setelah mendobrak pagar. Elvira mengambil shotgunnya dan menembak BB.

Samantha yang hidup bersama ayahnya yang kejam, diserang hingga sekarat olehnya. Paul yang menemukan Samantha menemui dokter yang merawat Sam, berkata bahwa hidupnya tidak akan lama. Paul dan TOm kemudian mengambil tubuh Samantha dan menaruh chip kecerdasan buatan milik BB ke otak Samantha. Samantha yang "aktif" oleh BB menjadi hidup dan membuat beberapa serangan yang mengerikan. Dia membunuh orang-orang yang tampak jahat. Karena ia mempunyai otak BB, dia menjadi liar. Keuntungan bagi polisi, pekerjaan untuk mencarinya sangat mudah, saat ia disekap di tengah hutan kecil dimana Paul menyembunyikannya agar tidak terjadi masalah lagi. Saat itulah otak asli Samantha kembali dan saat Paul dihampiri para polisi, Samantha bunuh diri dengan pistol polisi. Kemudian, tubuh Samantha berada di kamar mayat, dimana para koroner selesai melakukan autopsi. Paul mendatangi tubuh Samantha yang kemudian otak BB-nya berubah menjadi versi yang lebih jahat tiba-tiba dan membunuhnya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Rilis[sunting | sunting sumber]

Versi alternatif film ini[sunting | sunting sumber]

Perilisan VHS di Amerika Serikat untuk film ini mengandung beberapa adegan yang dipotong untuk menghindari rating X (saat itu rating NC-17 belum diciptakan). Beberapa adegan telah dikembalikan dalan perilisan DVDnya dari Twisted Terror Collection yang dirilis Warner Bros. pada tanggal 25 September 2007. Beberapa adegan itu termasuk:

  • Adegan dimana Samantha bermimpi mengenai ayahnya yang mendobrak masuk kamarnya, lalu Samantha memecahkan vas dan menusuk perut ayahnya dengan pecahan itu. Di perilisan VHS, adegan itu dimunculkan dengan cipratan darah yang ada di tempat tidur Samantha dan wajah tertawa ayahnya. Sementara dalam edisi DVD, adegan itu hanya dimunculkan dengan wajah Sam yang terciprat darah dan ia berteriak.
  • Adegan dimana Sam membalas dendam akan ayahnya, Sam menjebak ayahnya dari tangga ke ruang pendidih dan membakarnya di dalam pendidih itu. Dalam edisi VHS, saat Paul menyembunyikan tubuh sang ayah, adegan itu diedit dengan cepat dan hanya memunculkan Paul menarik mayat ayah Sam saja. Dalam edisi DVD, Paul menarik tubuh sang ayah dari pendidih, sang ayah masih sedikit terbakar ditambah satu shot tubuhnya yang terbakar mengerikan.
  • Dalam adegan 'bola basket' yang terkenal, Samantha menghancurkan kepala Elvira dengan melempari kepalanya dengan bola basket yang disita Elvira dari beberapa remaja. Dalam edisi VHS, ketika Sam melempari kepala Elvira, tubuh tak berkepala itu berjalan sejenak sampai tubuh itu tergeletak. Dalam edisi DVD, ssaat Sam melempari bola ke kepala Elvira, hancurnya kepala lebih jelas dan langsung terjatuh ditempat itu dengan kepala hancur. Lalu Sam melihat hal tersebut dengan terkejut saat tubuh itu terbaring di lantai.
  • Dalam adegan awal film, kematian Elvira direkam dengan hasil yang lebih halus dan tidak sadis dari hasil akhirnya. Alih-alih dibunuh dengan bola basket, kepala Elvira dijepit dipintu dan kepalanya menggelinding di luar sementara tubuhnya masih di dalam.Dalam adegan dimana Paul bermimpi ayah Sam keluar dari ranjangnya, ayah Sam keluar dan menerjang Paul. Dalam adegan akhir film, kepalanya keluar dari ranjang dan mengepulkan asap. Semua adegan itu bisa ditemukan dalam cuplikan promosi untuk edisi DVDnya.

Remake[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 2 Mei 2010, Warner Bros. berencana untuk membuat remake film ini dalam bentuk 3 dimensi pada tahun 2011 dengan rumor bahwa Kristen Stewart akan menjadi pelakon karakter Sam.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]