Deadly Blessing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Deadly Blessing
Deadlyblessing.jpg
Poster
Sutradara Wes Craven
Produser William Gilmore,
Patricia Herskovic,
Max A. Keller,
Micheline H. Keller
Penulis Cerita/Skenario
Glenn M. Benest
Matthew Barr
Skenario
Wes Craven
Pemeran Maren Jensen,
Sharon Stone,
Susan Buckner,
Jeff East
Musik James Horner
Sinematografi Robert C. Jessup
Penyunting Richard Bracken
Distributor United Artists (USA, theatrical),
Embassy Home Entertainment (video)
Tanggal rilis 14 Agustus 1981[1]
Durasi 100 menit
Negara  Amerika Serikat
Bahasa English
Anggaran $ 2,500,000 (perkiraan)[2]
Pendapatan kotor $ 8,279,042 (USA) [3]

Deadly Blessing adalah film horor yang disutradarai oleh Wes Craven, dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 14 Agustus 1981.

Plot[sunting | sunting sumber]

Martha dan Tom Schmidt adalah pasangan menikah yang bahagia. Mereka hidup disebuah ladang pertanian terpencil bernama Our Blessing. Tom adalah seorang Hitite, sebuah komunitas dengan ciri dan perilaku yang lebih ekstrem dari Amish, salah satunya menanggap bahwa semua alat modern adalah hasil kerja setan. Ketika Tom berada di kehidupan barunya, ia harus meninggalkan komunitasnya. Martha juga harus meninggalkan cita-citanya di Los Angeles. Kemudian Martha hamil, Martha memberitahu semua orang termasuk janda Louisa Stohler, ibu dari Faith Stohler (Lisa Hartman) seorang anak yang menghabiskan waktunya dengan melukis pemandangan di atas kanvas.

Tom meninggal saat terbunuh dengan traktor yang berjalan sendiri. Sebelum kematiannya, ia melihat sebuah gambar setan Incubus didinding gudang.

Teman LA Martha, Lana Marcus (Sharon Stone) dan Vicky Anderson (Susan Buckner) mengunjungi pemakaman Tom dan menghibur teman mereka, Martha. Mereka menginap dan melihat Martha menolak untuk menjual ladangnya kepada Jim Schmidt (Douglas Barr), seorang pemimpin Hitites dengan wajah yang menakutkan. Isaiah Gluntz dan temannya, pergi melihat Marthe yang tengah telanjang. Ketika mereka kabur, isaiah kehilangan sepatu dan ayahnya, Matthew Gluntz (Lawrence Montaigne) untuk menemuinya di ladang Martha tapi tidak menemukannya. Leopold, salah satu teman Isaiah dipukul dengan sebuah balok oleh Jim.

Lana, ditempat itu mulai mengalami kejadian aneh berikut mimpi buruk mencekam tentang setan. Dan kemudian ia menemukan mayat Isaiah tergantung. Sang sheriff setempat mengusulkan agar Martha, Lana, dan Vicky agar segera pindah dari Our Blessing karena Our Blessing terpencil dan berbahaya. Namun Martha memutuskan untuk tinggal dan membeli sebuah pistol.

Saudara ipar Martha, John Schmidt (Jeff East) adalah tunangan Melissa (Colleen Riley), tetapi mereka bersumpah untuk tidak melakukan hubungan seks sebelum menikah. Melissa sangat menghargai itu dan membuat sifatnya yang ramah. Pada suatu ketika, John melihat Vicky jogging dengan pakaian yang mengundang, membuat John memaksa Melissa untuk berhubungan seks dengannya saat berada di bioskop. Melissa lari ke rumahnya dan dikejar John. Keluarga Melissa yang juga tahu sumpah Hitite itu, mengusir John. Lalu John kembali ke bioskop dan melihat Vicky sendirian. John mengajak Vicky pulang sambil dengan John (yang tidak bisa mengoperasikan alat modern) membawa mobil Vicky. Diperjalanan, sebuah kecelakaan kecil membuat mereka berakhir bermesraan, tiba-tiba mereka diserang oleh seseorang dengan pisau besar dan mereka mati terbunuh.

Kembali di rumah, Martha yang sedang mandi di bathtub yang dimasuki ular oleh seseorang. Martha selamat dan berhasil membunuh ular itu dan tidak berpikir lebih lanjut karena yakin ular itu masuk dengan sendirinya.

Kemudian, setelah terbunuhnya Vicky dan John, Lana menemukan darah di botol jus, dan Martha menemukan orang-orangan sawah diikat di kamarnya. Lana dan Martha akhirnya berujung dengan melawan Louisa dan Faith. Merekalah orang yang membunuh semuanya. Lana sangat histeris ketika mengetahuinya dan Martha memukulnya hingga pingsan. Tapi, saat Lana terbangun, ia mengambil sebuah pistol dan membunuh Louisa. Louisa berusaha menjelaskan kepada Faith bahwa dia tidak bisa memiliki Martha terlalu lama, karena dia mengandung anak Tom. Sepertinya motifnya karena ladang dan kekacauan duniawi yang dibawa ketiga teman itu yang mengubah kaum Hitite menjadi berpikiran konservatif. Kemudian saat Faith ingin membunuh Martha dan Lana, Jim datang dan membunuhnya. Jim berkata, Faith kini sudah tiada dan setan Incubus sudah dikalahkan.

Trivia[sunting | sunting sumber]

Trivia untuk film Deadly Blessing.[4]

  • Ini adalah film kedua Sharon Stone. Aktor pemenang Academy Award, Ernest Borgnine mandapatkan nominasi dari Razzie Award untuk aktingnya di film ini.
  • Adalah laba-laba asli yang dimasukkan di mulut Sharon Stone. Wes Craven sebagai sutradara menginginkannya begitu dan Sharon Stone akhirnya setuju setelah gigi laba-laba itu dicabut.
  • Michael Berryman bermain dalam film The Hills Have Eyes sebagai karakter yang sama. Film itu juga disutradarai Wes Craven.
  • Saat adegan dimana John Schmidt (Jeff East) dan Vicky Anderson (Susan Buckner) ada di bioskop. Sebuah iklan spanduk film Wes Craven Stranger in Our House ditampilkan. Jeff East termasuk aktor yang bermain di film itu.
  • Susan Buckner dan Douglas Barr sama-sama berasal dari serial TV yang sama sebelum direkrut untuk bermain di film ini.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]