Sharon Stone

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sharon Stone
LahirSharon Yvonne Stone
PekerjaanAktris
Produser
Model
Tahun aktif1980 - sekarang
Tinggi174 cm (5 ft 9 in)
Suami/istriMichael Greenburg (1984–1987)
Phil Bronstein (1998–2004)

Sharon Vonne Stone (lahir 10 Maret 1958) adalah seorang aktris, produser film, dan model dari Amerika Serikat. Ia menjadi terkenal lewat perannya dalam film Basic Instinct.

Ia mulai terkenal sebagai istri Arnold Schwarzenegger dalam film Total Recall (1990). Ia kemudian berpose telanjang untuk majalah Playboy dan dipilih sebagai salah satu dari 25 bintang terseksi abad ke-20 oleh majalah tersebut. Setelah itu ia tidak mendapatkan peran berarti lagi selama dua tahun dan harus berjuang keras untuk mendapatkan peran Catherine Tramell dalam Basic Instinct.

Dalam sebuah adegan yang menghebohkan, ia sedang diinterogasi oleh polisi dan mengangkangkan kakinya sambil tidak mengenakan celana dalam. Ketika ia melihat hal ini, ia menampar sutradara Paul Verhoeven. "Saya tahu saya harus mengangkangkan kaki begitu, tetapi saya tidak tahu bahwa vagina saya akan terpampang di layar lebar," katanya. Sutradara Verhoeven menyuruhnya menanggalkan celana dalamnya karena terlihat dari luar bajunya, tetapi tidak memberi tahu bahwa ia memasang kamera tersembunyi untuk merekam gambar tersebut.

Pada 1996, ia menerima nominasi Academy Award for Best Actress untuk perannya sebagai Ginger dalam film Casino (1995).

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]