Scream 4

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Scream 4
PHlcPummSJJApo 1 m.jpg
Fan Poster
Sutradara Wes Craven
Produser Kevin Williamson
Wes Craven
Iya Labunka
Penulis Kevin Williamson
Berdasarkan Characters 
karya Kevin Williamson
Pemeran David Arquette
Neve Campbell
Courteney Cox
Emma Roberts
Hayden Panettiere
Musik Marco Beltrami
Sinematografi Peter Deming
Penyunting Peter McNulty
Studio Corvus Corax Productions
Outerbanks Entertainment
Distributor Dimension Films
Tanggal rilis
Durasi 111 menit
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $40 juta[1]
Pendapatan kotor $97,138,686[1]

Scream 4 (ditulis sebagai SCRE4M) adalah film horor/slasher yang merupakan bagian kempat dari serial Scream. Film ini dibuat dari pembuat aslinya, yakni sutradara Wes Craven dan penulis Kevin Williamson. Saat pertama, serial installment ini hanya dibuat sebagai trilogi, sepuluh tahun kemudian sejak film ketiganya, sang produser berkeinginan untuk membuat filmnya.[2] Dan film ini akan dijadikan sebagai trilogi baru, memisahkan diri secara tidak langsung dengan ketiga pendahulunya.

Scream 4 dirilis pada 15 April 2011 untuk tinjauan yang beragam. Dibutuhkan $19.300.000 diakhir pekan pembukaannya di Amerika Serikat dan Kanada, sehingga menjadikannya pembukaan terendah kedua sejak film pertama.[3]

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada peringatan kelima belas dari pembunuhan Woodsboro yang asli, siswa SMA Jenny Randall (Aimee Teegarden) dan Marnie Cooper (Britt Robertson) diserang dan dibunuh dengan brutal oleh Ghostface yang baru.

Hari berikutnya, Sidney Prescott (Neve Campbell) kembali ke Woodsboro untuk mempromosikan buku barunya dengan publisisnya Rebecca Walters (Alison Brie). Sidney menjadi tersangka dalam pembunuhan setelah bukti ditemukan dalam mobil sewaannya, dan dia harus tinggal di kota sampai pembunuhan tersebut dapat dipecahkan. Sepupunya, Jill (Emma Roberts), yang berhadapan dengan pengkhianatan mantan pacarnya, Trevor Sheldon (Nico Tortorella) mendapat telepon ancaman dari Ghostface, seperti halnya temannya Olivia Morris (Marielle Jaffe). Jill dan Olivia, bersama teman mereka Kirby Reed (Hayden Panettiere), mempertanyakan tentang panggilan mereka tersebut dengan Dewey Riley (David Arquette), yang kini menjadi sheriff kota, dan salah satu wakilnya, Judy Hicks (Marley Shelton). Sementara itu, Istri Dewey saat ini, Gale Weathers-Riley (Courteney Cox), sedang berjuang dengan karirnya sebagai penulis.

Sidney tinggal dengan bibinya, Kate Roberts (Mary McDonnell). Malam itu, Olivia, yang tinggal bertetangga dengan Jill, diserang dan dibunuh oleh Ghostface disaat Jill dan Kirby menyaksikan pembunuhan tersebut dengan penuh kengerian, sementara Sidney terpotong oleh jeritan saat membaca bukunya. Sidney dan Jill terluka dalam upaya mereka untuk menyelamatkan Olivia, dan dibawa ke rumah sakit, di mana publisisnya (yang telah dipecat saat di rumah sakit) Rebecca dibunuh di garasi parkir. Gale, mencoba untuk memecahkan pembunuhan, dengan memohon bantuan dua kutu buku dari ekskul film SMA, Charlie Walker (Rory Culkin) dan Robbie Mercer (Erik Knudsen), yang menjelaskan bahwa si pembunuh menggunakan aturan pembuatan ulang film dengan pembunuhan. Charlie menyimpulkan bahwa pembunuh kemungkinan akan menyerang di sebuah pesta yang diadakan malam itu.

Gale pergi ke pesta tersebut untuk menyelidiki, tapi diserang dan terluka oleh Ghostface, yang melarikan diri saat Dewey tiba. Dia membawanya ke rumah sakit, dan tak lama setelah itu, di rumah Jill, polisi Anthony Perkins (Anthony Anderson) dan Ross Hoss (Adam Brody) ditemukan mati. Sidney menemukan bahwa Jill telah meninggalkan dan pergi ke rumah Kirby, dan turun untuk memberitahu Kate, tapi si pembunuh datang dan mengejar mereka, di mana Kate dibunuh. Setelah Wakil Deputi Judy Hicks tiba, Sidney bergegas ke rumah Kirby untuk menyelamatkan Jill sendiri.

Jill, Kirby, Charlie, Robbie dan Trevor berada di rumah Kirby ketika Ghostface muncul dan membunuh Robbie yang tengah mabuk. Sidney tiba di rumah. Kirby dipaksa untuk menjawab trivia film horor untuk menyelamatkan Charlie, yang terikat di luar. Sidney pergi ke atas untuk menemukan Jill, menjanjikan untuk kembali ke Kirby. Kirby menjawab pertanyaan Ghostface, dan, percaya bahwa dia telah memenangkan permainan, lantas ia pergi keluar untuk melepaskan Charlie, tapi tak diduga, Charlie justru menusuk perutnya dan mengungkapkan dirinya sebagai Ghostface. Sidney dihadapkan oleh Charlie dan Ghostface kedua, yang membuka tabirnya sebagai Jill. Dia menjelaskan bahwa dia ingin perhatian yang Sidney miliki, dan bahwa keduanya ingin menjadi terkenal karena selamat dari pembunuhan. Berniat menjadikan Trevor sebagai Ghostface, dia kemudian menarik Trevor keluar dari lemari dan mengeksekusi dia dengan tembakan ke kepala. Jill kemudian mengkhianati Charlie dan membunuhnya juga, lantas menghilangkan dia sebagai kaki tangan Trevor, serta membuatnya menjadi satu-satunya orang yang selamat. Jill menusuk Sidney di perut dua kali dan melukai dirinya sendiri untuk membuatnya tampak seolah-olah diserang oleh Trevor, sementara Dewey, Judy, dan seluruh polisi tersandung atas pembantaian itu.

Jill kemudian dibawa ke rumah sakit. Setelah menemukan bahwa Sidney selamat, dia pergi ke kamar rumah sakit Sidney dan mencoba untuk membunuhnya. Hanya dalam hitungan waktu, Dewey, Gale, dan Judy campur tangan, yang telah mendapat petunjuk dari detail tentang cedera Gale yang entah bagaimana tidak diketahui Jill. Jill yang selamat menundukkan Sidney, yang memberikan Sidney kesempatan untuk menembaknya di dada, membunuhnya. Dewey memanggil semua unit polisi, disaat wartawan media luar mengkonfirmasikan Jill sebagai "pahlawan tunggal-yang masih hidup".

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Film keempat ini pertama kali diumumkan The Weinstein Company pada Juli 2008,[7] dengan Wes Craven yang berkata dia tidak keberatan akan menyutradarainya jika skenarionya sebagus Scream.[8] Pada Maret 2010 Craven mengkonfirmasikan bahwa dia akan menjadi sutradaranya [9] dan menyatakan bahwa "I am delighted to accept Bob Weinstein's offer to take the reins on a whole new chapter in 'Scream' history. Working with Courteney, David and Neve was a blast ten years ago and I'm sure it will be again. And I can't wait to find the talent that will bring new blood to the screen as well. Kevin is right on his game with the new script - the characters and story crackle with energy and originality - to say nothing of some of the most hair-raising scares I've seen in a script since... well, since the original 'Scream' series. Let me at it".

Penulisan[sunting | sunting sumber]

Craven menyatakan sudah sepuluh tahun sejak kejadian Scream 3 dengan film keempat ini dan tidak akan ada pembunuhan Ghostface yang "kehidupan nyata" tetapi sekuel-sekuel film-di dalam-dilm, Stab. Craven juga menyatakan bahwa status hidup Sidney Prescott, "She's done her best to move on from the events that occurred in the previous films, even releasing a successful book". Craven berkata sekuel yang tiada habisnya, remake yang modern, studio film, dan sutradara akan berkahir dalam parodi. Karakter-karakter utamanya berusaha menjelaskan bagaimana sebuah figur modern yang sudah banyak dikenal benar-benar terjadi disekitar mereka.[2]

Demi kerahasiaan klimaksnya dan karakter asli sang pembunuh, skenario Kevin Williamson hanya dibaca beberapa orang seperti para produser inti, sang penulis, dan Wes Craven selaku sutradara. Selain itu untuk para aktor dan aktris, mereka hanya diberikan 75 halaman skrip saja yang nanti setelah menyelesaikan adegan dalam halaman-halaman itu, baru akan diberikan lagi. [10]

Casting[sunting | sunting sumber]

Jamie Kennedy mengatakan kepada iFMagazine pada tahun 2008 bahwa dia dalam perbincangan untuk kembali memerankan Randy Meeks. Mengesampingan fakta bahwa karakternya sudah meninggal di Scream 2, Kennedy berkata "I actually had a conversation with somebody very big in the organization, and there's a way. I don't know what's going to happen, but they have plans for a lot of things. You can see new faces you wouldn't expect and you can see old faces that you wouldn't believe. There's a way to bring a lot of things around."[11] Williamson melanjutkan dengan membantah banyak rumor yang beredar sejak ide kembalinya Randy (Meeks.red), dengan berkata bahwa Randy sudah meninggal dan tidak bisa dihidupkan lagi. Dalam ajang penerimaan Golden Globe Awards, pasangan Arquette memberikan kemungkinan kembalinya mereka dalam Scream 4 dan juga Neve Campbell.[12]

Pada sebuah wawancara pada 23 April 2010 dengan FEARnet, WIlliamson mengkonfirmasikan bahwa tiga pemain inti (Arquette,Campbell, dan Cox) akan kembali dan membantah bahwa Kennedy akan kembali dan berkata "I would love nothing more than to have Jamie Kennedy in the film. However to have Randy in the film, it sort of just takes it… I mean Scream 2 was a lie, you know? It's a false move. So I just won't do it. I can't do that. I just won't do it".[13]

Saat konferensi pers digelar untuk Repo Men, Liev Schreiber-pemain yang memerankan Cotton Weary mengatakan tidak punya rencana untuk kembali memerankan Weary. Pada bulan april, lebih dari 12 casting dimulai untuk merebut perhatian penonton kepada filmnya.ref name="Showfax"/> Bulan selanjutnya, pemain-pemain utama baru ditawarkan kepada tiga orang yakni, Ashley Greene, Hayden Panettiere, dan Rory Culkin. Jika diterima, Greene akan memerankan Jill, sepupu Sidney; Panettiere akan memerankan Kirby; teman baik Jill; sementara Culkin akan menjadi Charlie, seorang pasangan main Jill. Lake Bell masih dalam negosiasi menjadi seorang deputi sekolah yang mengetahui Sidney sejak SMU.[5] Namun, akhirnya Emma Robertslah yang menjadi Jill Kessler.

Dalam twitternya, Kevin Williamson memberitahu bahwa Patrick Dempsey tidak akan kembali memerankan Detektif Kinkaid.

Pada syuting yang akan dilakukan pada pergantian Juni ke Juli, beberapa nama telah dilansir akan bermain pada film ini. Diantaranya Adam Brody, Erik Knudsen, dan Marley Shelton. [14]

Shooting[sunting | sunting sumber]

Sebenarnya, proses produksi shooting sudah dimulai sejak Mei 2010 sebagai rencana. Namun, tim produksi baru bisa memulai pada Juli 2010 di Michigan.[15][5][16]

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Waktu Rilis
(USA)
Budget
(estimasi)
Pendapatan Box Office[1]
USA/Kanada Pasar Lain Seluruh Dunia
15 April 2011 $40,000,000[1] $38,180,928 $58,957,758 $97,138,686

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d "Scream 4(2011)". Box Office Mojo. Amazon.com. Diakses May 10, 2011. 
  2. ^ a b c d e Young, John (April 28, 2010). "Exclusive: New 'Scream 4' poster, plus an interview with director Wes Craven". PopWatch (Entertainment Weekly). Diakses May 1, 2010. 
  3. ^ "Scream 4 Coming to Theaters April 15, 2011". ComingSoon.net (CraveOnline). March 23, 2010. Diakses May 1, 2010. 
  4. ^ http://hollywoodinsider.ew.com/2010/05/27/scream-4-emma-roberts/
  5. ^ a b c d Kit, Zorianna and Kit, Borys (May 20, 2010). "Will Ashley Greene, Hayden Panettiere join 'Scream 4'? (exclusive)". Heat Vision (The Hollywood Reporter). Diakses May 21, 2010. 
  6. ^ a b "Wes Craven's "Scream 4" Is Casting Actors!". NewFaces.com. Diakses May 21, 2010. 
  7. ^ Fletcher, Alex (July 15, 2008). "Weinstein Company confirms 'Scream 4'". Digital Spy (Digital Spy Limited). Diarsipkan dari aslinya tanggal May 22, 2009. Diakses May 22, 2009. 
  8. ^ Shearer, Joe (February 29, 2010). "Scream 4: It's Happening". Paste Magazine (Paste Media Group). Diakses May 1, 2010. 
  9. ^ "Official: Wes Craven Back for Scream 4". DreadCentral (CraveOnline). March 23, 2010. Diakses May 1, 2010. 
  10. ^ http://www.21cineplex.com/slowmotion/scream-4-merahasiakan-naskah-dari-aktor,1488.htm
  11. ^ Cheng, Charlene (July 21, 2008). "Exclusive: Jamie Kennedy Talks Fourth 'Scream' Film and Director Wes Craven May Be Involved". IfMagazine (Electric Entertainment). Diakses May 1, 2010. 
  12. ^ Rosenberg, Adam (January 18, 2010). "EXCLUSIVE: David Arquette Confirms Wes Craven 'Is In' For 'Scream 4'". MTV Movies Blog (MTV). Diakses May 1, 2010. 
  13. ^ McCabe, Joseph (April 23, 2010). "Exclusive: Kevin Williamson Talks 'Scream 4', '5' and '6". FEARnet (Horror Entertainment). Diakses May 1, 2010. 
  14. ^ http://www.21cineplex.com/slowmotion/scream-4-merahasiakan-naskah-dari-aktor,1488.htm
  15. ^ King, Susan (February 18, 2010). "Wes Craven's retirement plan? 'My goal is die in my 90s on the set'". Los Angeles Times (Tribune Company). Diakses May 1, 2010. 
  16. ^ Hinds, Julie (April 16, 2010). "Michigan's a hot spot for making movies". Freep.com (Gannett Company). Diakses May 5, 2010. 


Pranala Luar[sunting | sunting sumber]