Scream 3

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Scream 3
Scream3 ver2.jpg
Sutradara Wes Craven
Produser Cathy Konrad
Marianne Maddalena
Kevin Williamson
Penulis Ehren Kruger
Pemeran David Arquette
Neve Campbell
Courteney Cox Arquette
Patrick Dempsey
Jenny McCarthy
Parker Posey
Deon Richmond
Musik Marco Beltrami
Distributor Bendera Amerika Serikat Dimension Films
Tanggal rilis 4 Februari 2000
Durasi 117 menit
Negara Bendera Amerika Serikat Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran AS$40,000,000
Pendapatan kotor AS$161,834,276
Didahului oleh Scream 2
Diikuti oleh Scream 4

Scream 3 merupakan sebuah film horor yang sebagian besar berlokasi di California. Film yang disutradarai oleh Wes Craven ini pemainnya antara lain adalah David Arquette, Neve Campbell, Courteney Cox Arquette, Patrick Dempsey, Jenny McCarthy, Parker Posey, Deon Richmond, dan masih banyak lagi. Tanggal rilisnya pada 4 Februari 2000. Film ini adalah serial ketiga dari Serial film Scream.

Plot[sunting | sunting sumber]

Cotton Weary, yang sekarang tinggal di Los Angeles dan mempunyai acaranya sendiri, 100% Cotton, ditelepon oleh Ghostface yang menanyakan keberadaan Sidney Prescott yang menghilang sejak kejadian di Scream 2. Cotton menolak mengatakannya, dan ia serta kekasihnya Christine dibunuh.

Detektif Mark Kincaid bertemu dengan Gale Weathers untuk mendiskusikan pembunuhan itu ketika Gale berada di Hollywood. Sang detektif menemukan sebuah foto yang ditinggalkan Ghostface, yang diidentifikasi Gale sebagai foto Maureen Prescott muda. Gale kemudian bertemu dengan Dewey Riley yang kini bekerja sebagai pembimbing cerita di set studio film Stab 3, sekuel film dari kisah pembunuhan Ghostface. Ghostface membunuh aktris Stab 3, Sarah Darling, dengan bantuan pengubah suara yang bisa meniru berbagai macam jenis suara dan meninggalkan foto Maureen juga. Sidney sekarang hidup mengurung diri sebagai konselor telepon untuk kekerasan terhadap wanita. Setelah Sidney diteror oleh Ghostface, ia yakin ia tak lagi aman dan memutuskan untuk pergi ke Hollywood untuk bergabung bersama yang lain. Ketika para pemeran Stab 3 berkumpul di rumah seorang aktrisnya, Jennifer Jolie, Ghostface membunuh penjaganya Steven Stone dan meledakkan rumah dengan membocorkan gas, membunuh aktor lain Tom Prinze.

Esok harinya, Sidney bertemu dengan Dewey dan Riley di lokasi set Stab 3. Mereka bertemu dengan adik Randy, Martha Meeks. Martha menunjukkan video dari Randy mengenai aturan film ketiga, yakni semua hal akan kembali ke awal, dimana semua hal yang diketahui oleh mereka sebelumnya bisa saja salah. Saat Sidney masuk ke set Stab 3, ia diserang oleh Ghostface. Agar ia aman, Detektif Kinclaid memintanya untuk tinggal di kantor polisi. Gale dan Jennifer mencari foto-foto tersebut ke gudang arsip dan mengetahui bahwa Maureen Prescott di masa mudanya menjadi seorang aktris bernama Rina Reynolds, yang banyak membintangi film-film horor produksi John Milton, produser film Stab juga.

Dewey, Gale, Jennifer, dan pemeran lain dari Stab 3, Angelina Tyler dan Tyson Fox menghadiri pesta ulang tahun sang sutradara Roman Bridger di rumah Milton dimana Ghostface menyerang. Roman, Angelina, Tyson, dan Jennifer kemudian dibunuh. Dewey dan Riley disandera oleh Ghostface. Ia menelepon Sidney untuk menuju rumah Milton. Sesampainya di sana, ia berusaha membebaskan Dewey dan Gale tapi diserang oleh Ghostface. Detektif Kinclaid yang ternyata membuntuti Sidney berusaha menembak Ghostface namun berhasil dijatuhkan. Sidney kabur lewat jalan rahasia yang ternyata menuju tempat screening rahasia milik Milton, bertemu dengan Ghostface.

Ghostface adalah Roman, yang memalsukan kematiannya dan selamat dari tembakan berkat jaket anti peluru. Roman adalah anak Maureen yang dulu masih di Hollywood, setelah ia diperkosa. Ketika ia mencari ibunya, malah menemukan telah berganti nama dan hidup tenang di Woodsboro. Karena merasa dibuang, Roman memancing Billy Loomis untuk membunuh Maureen. Setelah kejadian-kejadian pembunuhan yang membuat Sidney terkenal, ia berusaha membunuh Sidney yang telah merenggut kehidupannya. Sidney dan Roman bertarung, dan di akhir Sidney menusuk Roman dan Dewey menembak kepalanya.

Di rumah Sidney, Dewey melamar Gale ketika Sidney masuk ke rumah. Detektif Kinclaid mengundangnya bersama dengan Gale dan Dewey untuk menonton film horor. Saat Sidney melangkah, ia melihat pintunya terbuka karena angin. Tapi ia memutuskan untuk tetap melangkah, pada akhirnya merasa aman bahwa seluruh rangkaian pembunuhan telah usai.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]