Red Eye (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Red Eye
Red Eye poster.JPG
Poster Resmi
Sutradara Wes Craven
Produser Chris Bender
Marianne Maddalena
Penulis Cerita:
Carl Ellsworth
Dan Foos
Skenario:
Carl Ellsworth
Pemeran Rachel McAdams
Cillian Murphy
Brian Cox
Jayma Mays
Musik Marco Beltrami
Sinematografi Robert D. Yeoman
Penyunting Patrick Lussier
Stuart Levy
Distributor DreamWorks Pictures
Tanggal rilis 19 Agustus 2005
Durasi 85 menit
Negara  Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $26,000,000
Pendapatan kotor $95,577,774

Red Eye adalah film cerita getaran Amerika tahun 2005 yang disutradarai oleh Wes Craven.

Plot[sunting | sunting sumber]

Lisa Reisert (Rachel McAdams) adalah seorang manajer ramah di sebuah hotel yang bernama Lux Atlantic di Miami. Kesikapannya yang bagus membuat banyak tamu langganan lebih menyukainya dibanding pengurus muda yang masih kikuk, Cynthia (Jayma Mays) yang juga asistennya. Lisa yang akan terbang ke Miami setelah dari Dallas untuk menghadiri pemakaman neneknya, melihat pesawatnya ditunda penerbangannya karena badai, ia bertemu pria menyenangkan bernama Jackson Rippner (Cillian Murphy).

Penerbangan menjadi tak terduga kala kursi Jackson berada di sebelah kursi Lisa. Penerbangan red-eye (istilah terbang malam) itu menjadi mengerikan kala Jackson mengungkapkan maksudnya. Jackson adalah pelaksana lancarnya operasi pembunuhan Charles Keefe, seorang Menteri Keamanan Negara yang merupakan tamu langganan Lux Atlantic dan mengenal Lisa, ia akan datang bersama keluarganya pada jam 5:30 untuk memulai perjalanan kunjungannya. Jackson menyuruh Lisa yang berwenang untuk mengganti kamar Keefe, menelepon hotel dan memindahkan kamar Keefe ke tempat yang berhadapan dengan laut, dimana di sana sudah ada para pembunuh dengan senapan rudal. Apabila Lisa tidak mau bekerja sama, maka ayah Lisa, Joe Reisert (Brian Cox) akan dibunuh oleh rekan Jackson yang sudah bersiap di depan rumah Joe, tinggal menunggu telepon Jackson untuk menghabisi nyawa Joe.

Dengan paksaan dari Jackson, Lisa berusaha meminta tolong kepada sesama penumpang. Namun semuanya mengira baik-baik saja karena Jackson mencitrakan dirinya sebagai pria yang baik. Setelah berbagai perlawanan Lisa yang sunyi dan berhasil dipadamkan Jackson, Lisa akhirnya menelepon Cynthia dan berkata seperti yang diinginkan Jackson. Para pelaksana pembunuhanpun sudah bersiap dan mengambil senjata setelah kapal mereka dirazia pengawal Keefe.

Di hotel, karena pergantian kamar disetujui oleh Lisa, Keefe segera melancarkan beberapa argumen pengawalnya. Saat pesawat sudah mendarat, Lisa menceritakan pemerkosaannya yang membuat bekas luka di dadanya, dan tidak akan membiarkan hal itu terjadi lagi. Ia mengambil pulpen milik seseorang yang jatuh dan menusuknya di leher Jackson. Ia mengambil handphone milik Jackson, keluar ke Bandara dan berhasil keluar dari kejaran Jackson maupun polisi dengan mengambil mobil orang. Sementara Jackson mengambil syal milik seorang wanita dan melilitkannya di leher untuk menghentikan pendarahan.

Di perjalanan menuju rumah Lisa, Lisa menelepon Cynthia dan menyuruhnya menarik alarm kebakaran dan berkata kepada pengawal Keefe bahwa Keefe menjadi sasaran pembunuhan. Untunglah Cynthia bertindak cepat dengan melakukan yang dikatakan Lisa, sebelum rudal mengenai kamar Keefe, Keefe sudah memasuki lift. Sementara Lisa, tiba di rumahnya dan ketika melihat orang yang mencurigakan di luar rumah, refleks menabraknya. Lisa berjalan melewatinya dan menemukan dia sudah mati, lalu setelah duduk sebentar dan menunggu ayahnya datang membwa obat, Jackson datang dan mulai mengejar Lisa sementara Joe pingsan.

Aksi kejar-kejaran ini berlangsung di penjuru rumah hingga akhirnya di lantai dua, Jackson melempar Lisa ke lantai bawah. Di situlah, Lisa merangkak dan mengambil pistol sang pembunuh, setelah menembakkannya ke perut Jackson, Jackson menendang pistol dari tangan Lisa, sebelum Jackson menghabisi nyawa Lisa, Joe datang dan mengambil pistol, lalu menembakkannya ke dada Jackson. Setelah rumah didatangi polisi dan Jackson diangkut ke rumah sakit, Lisa segera menuju Lux Atlantic, bertemu dengan Cynthia dan bersama-sama menuju bar untuk minum.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Saat penulisan, film ini rencananya akan dimainkan oleh Sean Penn dan Robin Wright Penn. Craven memutuskan untuk mengambil pemain yang tidak terlalu terkenal. Tetapi, Winona Ryder juga mendapat kesempatan untuk memainkan peran yang akhirnya diambil oleh McAdams.

Karena aksen Irlandia Murphy, Craven tidak yakin apakah dia bisa bermain sebagai Jackson Rippner, yang sejak awal penulisan dan pra-casting, karakter itu dispesifikasikan sebagai orang Amerika.[1]

Kritikan[sunting | sunting sumber]

Red Eye secara luas sangat dipuji saat filmnya diputar, dan mendapatkan rating 79% di Rotten Tomatoes dan 71 dari 100 di Metacritic.

Red Eye juga mendapat banyak publikasi yang bagus, termasuk dari The Washington Post, Rolling Stone, Entertainment Weekly, Los Angeles Times, The New York Times, dan Chicago Sun-Times.

Pendapatan[sunting | sunting sumber]

Secara domestik film ini mendapatkan $57,891,803, dua kali lipat dari perkiraan budgetnya yang hanya $ 26,000,000. Dari peredaran internasional film ini mendapat tambahan $37,685,971, totalnya adalah $95,577,774. Red Eye juga membuktikan diri dengan menjadi hit di perentalan kasetnya, dengan tambahan pendapatan $49,620,000.

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Penghargaan
Penghargaan Kategori Name Hasil
Golden Trailer Awards Best Thriller Nominasi
Irish Film and Television Awards Best Actor in a Feature Film Cillian Murphy Nominasi
MTV Movie Awards Best Performance Rachel McAdams Nominasi
Saturn Awards Best Action/Adventure/Thriller Film Nominasi
Best Actress Rachel McAdams Nominasi
Best Supporting Actor Cillian Murphy Nominasi
Teen Choice Awards Movies - Choice Thriller Menang
Movie - Choice Scream Rachel McAdams Nominasi
Choice Sleazebag Cillian Murphy Nominasi

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Craven, Wes. "Making Red Eye" Red Eye (DVD special features).

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]