Rise of Nations

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Rise of Nations
Rise of Nations Coverart.png
Pengembang Big Huge Games
Penerbit Microsoft Game Studios
Perancang Brian Reynolds
Versi 02.04.04.2903[1][2]
Platform Microsoft Windows, Mac OS X
Tanggal rilis AS 20 Mei 2003


UE 23 Mei 2003

Genre Real-time strategy
Mode Single player, Multiplayer
Rating ESRB: T (Remaja)
USK: 12+


PEGI: 12+
OFLC: G8

Media digital/distribusi 1 CD-ROM
Kebutuhan sistem

500 MHz prosesor, 128 MB RAM,

800 MB ruang cakram keras, 16 MB GPU, Windows 98

Rise of Nations adalah sebuah permainan komputer berjenis real-time strategy yang dikembangkan oleh Big Huge Games dan diterbitkan oleh Microsoft pada 20 Mei 2003. Rise of Nations menampilkan 18 bangsa yang dapat dimainkan selama 8 zaman sejarah dunia.

Pada 28 April 2004, Big Huge Games merilis Rise of Nations: Thrones and Patriots, seri ekspansi dari permainan ini. Tahun berikutnya, edisi emas permainan ini yang memuat edisi awal dan seri ekspansinya diterbitkan.

Konsep[sunting | sunting sumber]

Rise of Nations menggunakan konsep permainan "daerah". Pemain hanya dibolehkan membangun bangunan di dalam wilayah pemain tersebut atau wilayah sekutunya. Membesarkan wilayah dapat dilakukan dengan membangun kota, benteng, peningkatan riset, dan mengumpulkan sumber daya langka. Teknologi dan sumber daya yang lain dapat menyebabkan unit musush mengalami kerusakan dan cedera dalam beberapa waktu, yang secara bertahap dapat menghancurkan pasukan invasi yang tak terdukung.

Kota adalah hal yang penting dalam permainan; kebanyakan bangunan hanya dapat dibangun jika tidak terlalu jauh dengan sebuah kota, perbatasan paling mudah diperluas dengan membangun dan memperluas kota, dan kota adalah satu-satunya penghasil unit pengumpul sumber daya—Citizen (Rakyat). Jumlah kota yang dapat dibangun dibatasi dan kota hanya dapat dihancurkan oleh yang memilikinya. Kota yang direbut dikuasai oleh pihak yang merebutnya.

Secara bawaannya, rakyat (citizen; pekerja pengumpul sumber daya) dalam Rise of Nations tidak diam saja setelah melakukan sesuatu sampai diberi perintah; sebaliknya, setelah beberapa waktu, rakyat yang tak bekerja akan mencari daerah konstruksi, bangunan pengumpul sumber daya yang belum penuh, atau bangunan yang rusak yang berada di dekat mereka dan secara otomatis bergerak ke sana untuk membangun, mengumpulkan, atau memperbaikinya. Opsi ini dapat dinonaktifkan dan disesuaikan dengan kebutuhan. Semua sumber dari sumber daya di Rise of Nations bersifat tak terbatas, tidak seperti pada, contohnya, Warcraft di mode pemain tunggal. Di Rise of Nations yang dibatasi adalah jumlah sumber daya yang dapat dikumpulkan dalam 30 detik, yang batasnya dapat dinaikkan lewat penelitian/riset (research).

Tidak seperti kebanyakan permainan RTS, yang hanya menampilkan tiga sumber daya (seperti Warcraft), dua sumber daya (Starcraft, Warhammer 40,000: Dawn of War), atau bahkan hanya satu sumber daya (Homeworld, Command & Conquer 3: Tiberium Wars), terdapat enam sumber daya di Rise of Nations, lima di antaranya (Makanan, Kayu, Logam, Minyak bumi, dan Uang) kebanyakan digunakan untuk membangun unit dan bangunan. Sumber daya keenam, Pengetahuan, digunakan untuk meriset (researching) teknologi, walaupun sumber daya pengetahuan juga penting untuk pembuatan rudal dan dua bangunan keajaiban terakhir (Supercollider dan Program Antariksa). Beberapa sumber daya hanya tersedia setelah pemain tiba pada zaman tertentu; sebagai contoh, pemain tidak dapat mengumpulkan minyak bumi sampai mereka telah memasuki Era Industri karena minyak bumi tidak dibutuhkan hingga setelah Revolusi Industri.

Seperti dalam Civilization, setiap bangsa dapat dimainkan dalam zaman kapanpun, tanpa memperhatikan kehancuran bangsa itu dalam sejarah sebenarnya. Beberapa unit khusus berdasar unit yang dimiliki oleh bangsa tertentu tidak mempedulikan sejarah nyatanya dari bangsa tersebut. Sebagai contoh, bangsa-bangsa pribumi Amerika (Aztek, Maya, dan Inka) memiliki unit khusus dalam era Modern dan Informasi yang menyerupai pemberontak Iberia-Amerika Selatan dunia nyata. Selesainya permainan juga dibuat netral terhadap sejarah, di mana pemain dapat memenangi permainan dengan menguasai ibu kota, keunggulan daerah, meriset empat teknologi yang mendominasi, dengan bangunan keajaiban, atau dengan skor. Hal ini juga dapat berarti kota yang sama dapat dibangun oleh lebih dari satu bangsa. Sebagai contoh, jika bangsa Romawi, Yunani, dan Turki dimainkan dalam satu babak yang sama, mungkin saja terdapat kota Byzantium, Konstantinopel, dan Istanbul berada di waktu yang sama, walaupun faktanya itu adalah nama-nama yang berbeda untuk kota yang sama.

Setiap 18 bangsa di Rise of Nations memiliki latarnya masing-masing untuk unit khususnya yaitu sekitar empat hingga delapan unit khusus yang tersebar di berbagai era. Bila suatu bangsa tidak memiliki unit khusus pada suatu era, namun era tersebut sedang dimainkan, bangsa tersebut menggunakan unit biasa yang digunakan pada era itu. Rise of Nations menggunakan sistem 2D/3D hibrida untuk menampilkan bangunan dan sistem 3D untuk menampilkan unit, lahan, dan efek istimewa[3].

Salah satu tampilan campaign Conquer the World.

Sebuah campaign satu pemain, Conquer the World (Kuasai Dunia) tesedia di dalam permainan. Campaign ini dapat dibandingkan dengan permainan papan Risk, hanya saja penyerangan terhadap wilayah musuh menggunakan pertempuran permainan seperti biasanya, namun terdiri atas berbagai skenario yang dapat menggunakan waktu hingga 120 menit. Peta campaign ini terlihat mirip dengan yang ada dalam permainan Risk. Pemain dapat pula membeli bala bantuan atau kartu bonus dan mengatur diplomasi dengan bangsa lain. Campaign bermula dari Era Kuno (Ancient Age) dan berlanjut secara perlahan hingga selesainya di Era Informasi (Information Age). Dalam pertempuran, berkembang ke era selanjutnya adalah hal yang mungkin (dengan demikian tersedia pula riset-riset yang lain).

NB : Indonesia tidak termasuk dalam wilayah permainan meskipun peta Indonesia ada disana.

Permainan[sunting | sunting sumber]

Salah satu tampilan pertempuran di Rise of Nations. Tampak pada gambar salah satu bangunan keajaiban, Menara Porselen.

Permainan berfokus kepada pembuatan keseimbangan antara menyerang, bertahan, dan ekonomi bangsa. Dalam setiap pertempuran, ekonomi adalah hal inti untuk menang. Perlu diketahui juga jika suatu bangsa kehilangan seluruh kotanya, bangsa tersebut telah kalah dalam pertempuran. Keahlian militer juga dibutuhkan di permainan ini seperti kebanyakan permainan RTS lainnya. Termasuk juga pengaturan dan pertimbangan pasukan (sebagai contoh, kavaleri dapat lebih mudah dibunuh dengan menggunakan Pikemen daripada Cannon). Unit "Jendral" juga dapat dibuat dari benteng untuk membantu tentara dalam jangkauan tertentu.

Lima taktik formasi tersedia, termasuk kemampuan untuk mengecilkan atau memperluas garis pertempuran. Saat sebuah taktik formasi dipilih, unit yang terkait secara otomatis mengubah posisi mereka secara berurut, tipe unit yang cepat di depan unit yang lebih lambat, sehingga unit yang berada di samping rentan diserang.

Dengan cara yang mirip seperti catur, sedikit kesalahan strategi di awal permainan dapat menjadi masalah besar nantinya. Contohnya, jika pemain memulai dengan pengaturan nomaden (di mana tidak ada kota saat permulaan) adalah hal yang bijak untuk mencari wilayah yang memiliki sumber daya yang memadai sebelum membangun sebuah kota, karena tanpa sumber daya tidak ada tentara dan pemain akan kalah.

Multi-pemain[sunting | sunting sumber]

Di sistem operasi komputer Microsoft Windows, Rise of Nations menggunakan pelayanan GameSpy. Sementara di sistem operasi komputer Mac OS X, Rise of Nations menggunakan pelayanan GameRanger. Jaringan Area Lokal (LAN) juga dapat melayani fungsi multi-pemain permainan ini. Perbedaan sistem operasi komputer kemungkinan tidak akan mendukung memainkan permainan ini dalam fungsi multi-pemain.

Banyak skenario multi-pemain telah dikembangkan oleh pengguna. Skenario tersebut biasanya digunakan dengan latar sejarah. Untuk membuat lebih banyak bangsa daripada yang terbuat dalam permainan, pemain memilih bangsa asli mereka dari dalam permainan dengan berjalan ke wilayah yang ditandai. Setelah mereka memilih bangsanya, mereka memberi kota aslinya di peta yang akurat baik sejarah maupun geografi dari pengaturan yang telah diberi. Tidak ada kota baru yang dapat dibangun, dan bangsa-bangsa awal lumayan seimbang. Karena biasanya bangsa yang tersedia di peta lebih banyak daripada jumlah maksimum pemain dalam satu peta (8 pemain), beberapa kota tidak diberikan. Jadi, kota-kota tersebut dikendalikan oleh non-aktif AI, yang tidak akan melawan serangan, dan kota-kota tersebutpun dapat diambil. Mikro manajemen ekonomi juga tak ada di skenario ini, karena mengumpulkan sumber daya menjadi hal yang tidak mungkin. Malahan, setiap dua menit (atau dimaksud dengan "giliran") pemain mendapatkan sumber daya secara otomatis berdasarkan kepada kota yang ia kendalikan. Akhrinya, batas populasi sering meningkat. Properti skenario ini mengubah fokus permainan dari optimisasi domestik menjadi diplomasi dan perang.

Unit[sunting | sunting sumber]

Unit yang dimaksud di sini adalah tentara. Dapat pula mengacu kepada kavaleri, artileri, rakyat, pedagang (merchant), karavan, angkatan laut/udara, dll. Terdapat lebih dari 200 tipe berbeda dari unit di Rise of Nations, mulai dari di Era Kuno (seperti, Hoplite) hingga di Era Informasi (seperti, Stealth Bomber). Unit militer dibuat dari beberapa bangunan yaitu: Barracks, Stable/Auto Plant, Siege Factory/Factory, Dock/Shipyard/Anchorage, Airfield, Missile Silo, dan Fort/Castle/Fortress/Redoubt.

Kebanyakan unit infantri beroperasi dengan 3 individu per unitnya. Saat pemain membangun 1 unit infantri, 3 pasukan akan terproduksi. Hal ini tidak berlaku pada unit: Explorer/Scout/Special Forces, armed civilians, flamthrowers, dan machine gunners.

Tipe-tipe unit seperti Light Infantry, Heavy Infantry, dan Ranged Cavalry dapat diperbarui seiring pemain melaju dari era ke era. Peningktan ini biasanya mewakili revolusi di wilayah tertentu mereka. Sebagai contoh, Arquebusier dari Era Mesiu menjadi Musketeer di Era Pencerahan.

Setiap bangsa juga dapat memproduksi unit unik mereka sendiri. Unit unik adalah unit yag hanya dimiliki oleh bangsa tersebut.

Bangunan Keajaiban[sunting | sunting sumber]

Bangunan Keajaiban (Wonders) adalah bangunan penting dalam permainan. Tersedia berbagai macam dari Colossus hingga Supercollider. Kegunaan mereka bermacam-macam dari meningkatkan nilai pengumpulan sumber daya hingga menghasilkan pasukan. Bangunan Keajaiban juga dapat digunakan sebagai penentu kemenangan apabila pertempuran dimainkan dengan mengaktifkan fungsi Wonder Victory. Bangunan keajaiban mulai dapat dibangun pada Era Klasik. Pengecualian terhadap bangsa Mesir, mereka dapat membangunnya di era yang lebih dahulu. Sebagaimana pemain melaju dalam era, poin untuk bangunan keajaiban semakin tinggi.

Berikut bangunan-bangunan keajaiban yang tersedia di dalam permainan.

Bangsa[sunting | sunting sumber]

Tersedia 18 bangsa di permainan ini dan setiap bangsa memiliki kelebihan tersendiri. Berikut ke-18 bangsa tersebut.

Tanggapan[sunting | sunting sumber]

Rise of Nations menerima banyak respons positif dari mayoritas situs web dan majalah serta menerima beberapa anugerah.

Penilaian[sunting | sunting sumber]

Anugerah[sunting | sunting sumber]

  • GameSpy 2003 Permainan Tahun ini - PC RTS[4]
  • Salah satu dari 10 permainan RTS terbaik menurut GameSpy
  • Permainan Strategi Terbaik tahun 2003 menurut Gamespot
  • Permainan Komputer Terbaik tahun 2003 menurut Gamespot

Penjualan[sunting | sunting sumber]

Penjualan Rise of Nations dan versi ekspansinya Rise of Nations: Thrones and Patriots bila digabungkan berjumlah lebih dari 1 juta salinan.[5]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]